Kelas A & B Jonh Fredrik Ulysses STMIK PALANGKARAYA - JFU - 2012.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
EXCEPTION HANDLING.
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek (Project)
Pemrograman Dasar IS – 104 Introduction. Perkenalan • Nama: Yosua Timotius Kipling • • Tujuan perkuliahan: Mengenal konsep.
Malang,22 November 2012
 public static void main(String[] args) {  int bil1=3;  do {  System.out.print(bil1+",");  bil1=bil1+4;  }  while(bil1
JAVA Network Programming. Apa itu JAVA? ● Bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun ● Dikembangkan.
Java Progamming Operasi I/O
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Jaringan Socket Programming Aurelio Rahmadian.
Komunikasi antar Proses
Sistem Komunikasi.
Abstract Class & Interface
Asep Taufik Muharram UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2013.
Workshop SCS: Java Game Programming
Pemrograman Client Server
Pengenalan Pemrograman Jaringan Materi 1 Pemrograman Jaringan Dosen: Eko Prasetyo Teknik Informatika UMG 2012.
Flow Control & Exception Handling
Oleh : Sukma Murdani, S.Kom. SILABUS PENDAHULUAN Pengenalan OOP Pengenalan JAVA OOP (Object Oriented Programming) JAVA Class, Java Interface Encapsulation.
PERTEMUAN 4 Penyeleksian kondisi
Pemrograman Berorientasi Objek
SLIDE OTOMATIS PINDAH DALAM WAKTU 4-5 MENIT. A:kiriB:kanan Deklarasikan sebuah variabel dengan nama ‘isi’ yang mempunyai type array of double dengan ukuran.
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Pemrograman Berorientasi Objek
Dasar exception handling
Pemrograman Berorientasi Objek 1
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
- PERTEMUAN 9 - BERBAGAI KELAS UTILITAS DI JAVA
EXCEPTION TRY-CATCH-FINALLY
Socket Programming Hernando Ivan Teddy S.Kom. Pertemuan 6 Pemrograman Jaringan STMIK GI MDP PALEMBANG 2013.
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Pertemuan : Object Oriented Programming
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Socket Programming Isbat Uzzin.
Pengembang aplikasi memiliki kemampuan untuk memperbaiki beberapa parameter TCP, seperti buffer dan maksimum ukuran segmen maksimum Socket Programming.
Network Programming Oleh: Idris Winarno.
UDP Socket Programming
UDP.
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
Pertemuan: Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Obyek Lanjut (IT251)
DASAR SOCKET PROGRAMMING
- PERTEMUAN 8- NETWORK PBO. Pengantar Java mengijinkan anda untuk mempermudah mengembangkan aplikasi yang mengerjakan berbagai pekerjaan melalui jaringan.
TCP Socket Programmning
Exceptional Pendahuluan Bugs dan error dalam sebuah program sangat sering muncul meskipun program tersebut dibuat oleh programmer berkemampuan tinggi.
Pertemuan 12 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Bab 12 Application Layer Abdillah, MIT.
Perulangan (Iteration)
MATERI IV OOP (Object Oriented Programming) Chapter II.
Dasar exception handling
Pemrograman berbasis obyek
Penanganan Eksepsi.
Mendapatkan input dari keyboard
Socket Programming - 1 (TCP)
Java Remote Object Invocation (RMI)
Jaringan.
Yuliana Setiowati Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Application Layer Abdillah, MIT.
Bab 12 Application Layer Abdillah, MIT.
Socket Programming - 1 (TCP)
Socket Programming - 2 (UDP)
PEMROGRAMAN WEB 1 PERTEMUAN 1
Komunikasi antar Proses
Pemrograman Berorientasi Objek
TCP Socket Programming
Transcript presentasi:

Kelas A & B Jonh Fredrik Ulysses STMIK PALANGKARAYA - JFU

Paradigma client/server Paradigma client/server adalah dasar untuk framework jaringan Java. Tentunya, penetapan ini terdiri dari dua elemen besar, yaitu client dan server. Client adalah mesin yang membutuhkan beberapa jenis informasi sedangkan server adalah mesin yang menyimpan informasi dan menunggu untuk menyampaikannya pada client. STMIK PALANGKARAYA - JFU

Paradigma client/server Paradigma ini menjelaskan sebuah skenario sederhana. Tentunya, client terhubung dengan server dan meminta informasi. Kemudian server mengingat permintaan dan mengembalikan informasi yang tersedia kepada client. STMIK PALANGKARAYA - JFU

Sockets Konsep umum jaringan pada Java networking adalah dengan memperhatikan sockets. Kebanyakan pemrograman Java network menggunakan jenis khusus dari komunikasi jaringan yang diketahui sebagai sockets. STMIK PALANGKARAYA - JFU

Socket Socket adalah software abstrak untuk media input atau output komunikasi. Socket digunakan oleh Java untuk mengatasi komunikasi pada jaringan level rendah. Jalur komunikasi ini memungkinkan untuk mentransfer data melalui port khusus. Singkatnya, socket adalah point terakhir untuk komunikasi antara dua mesin. STMIK PALANGKARAYA - JFU

Operasi Socket Socket dapat melakukan operasi: Koneksi ke mesin remote Mengirim data Menerima data Mentutup koneksi Bind to a port Listen pada data yang masuk Menerima koneksi dari mesin remote pada port tertentu Di tiap mesin yang saling berinterkoneksi, harus terpasang socket. STMIK PALANGKARAYA - JFU

Socket API in Java Pada J2SE telah disediakan paket java.net yang berisi kelas- kelas dan interface yang menyediakan API (Application Programming Interface): level rendah (Socket, ServerSocket, DatagramSocket) level tinggi (URL, URLConnection). Disimpan pada package java.net.* STMIK PALANGKARAYA - JFU

InetAddress class Kelas ini digunakan untuk mengambil informasi IP suatu komputer. Kelas ini bersifat static dan tidak memiliki konstruktor. Method-methodnya adalah: getByName(namahost) yang akan menerima sebuah string nama host dan mengembalikan alamat IP berdasarkan DNS, berupa object InetAddress. Untuk menampilkannya: gunakan method toString() getLocalHost() yang akan mengembalikan alamat IP dan nama host pada komputer lokal. getAllByName(namahost) mengembalikan array InetAddress Kemungkinan error: UnknownHostException STMIK PALANGKARAYA - JFU

Contoh getByName import java.net.*; import java.util.*; /** * Jonh Fredrik U */ public class IPFinder { public static void main(String[] args) { String host; Scanner input = new Scanner(System.in); System.out.print("\n\nMasukan nama host: "); host = input.next(); try { InetAddress address = InetAddress.getByName(host); System.out.println("IP address : " + address.toString()); } catch(UnknownHostException uhEx) { System.out.println("Could not find " + host); } STMIK PALANGKARAYA - JFU

Contoh getLocalHost import java.net.*; /** * Jonh Fredrik U */ public class MyLocalIPAddress { public static void main(String[] args) { try { InetAddress address = InetAddress.getLocalHost(); System.out.println(address); } catch(UnknownHostException uhEx) { System.out.println("Tidak menemukan local address"); } STMIK PALANGKARAYA - JFU

Contoh getAllByName import java.net.*; /** * Jonh Fredrik U */ public class Jaringan { public static void main(String[] args) { try { InetAddress address = InetAddress.getByName(" System.out.println(address); InetAddress[] addresses = InetAddress.getAllByName("localhost"); for(int i=0;i<addresses.length;i++) System.out.println(addresses[i]); InetAddress mesin = InetAddress.getLocalHost(); System.out.println(mesin); String lokal = mesin.getHostName(); String ip = mesin.getHostAddress(); System.out.println(lokal); System.out.println(ip); } catch(UnknownHostException uhEx) { } STMIK PALANGKARAYA - JFU

Connection-oriented & Connectionless Socket A socket programming construct can make use of either the UDP (User Datagram Protocol) or TCP (Transmission Control Protocol). Sockets that use UDP for transport are known as datagram sockets, while sockets that use TCP are termed stream sockets/TCP sockets. STMIK PALANGKARAYA - JFU

IP Protocol Suite STMIK PALANGKARAYA - JFU

Socket to Socket Communication STMIK PALANGKARAYA - JFU

Review: TCP vs. UDP TCP Connection-oriented Reliable Stateful UDP Connectionless Unreliable Stateless STMIK PALANGKARAYA - JFU

Review: Ports Used to differentiate applications running on same host (address) Represented as 16-bit integer Well-known ports: 0 – 1023 Registered: 1024 – Dynamic Ports: STMIK PALANGKARAYA - JFU

Java Socket & ServerSocket class Untuk Socket Connection Oriented Programming This means that the connection between server and client remains open throughout the duration of the dialogue between the two and is only broken (under normal circumstances) when one end of the dialogue formally terminates the exchanges (via an agreed protocol) Kelas java.net.ServerSocket digunakan oleh Server untuk listen koneksi Kelas java.net.Socket digunakan oleh Client untuk inisialisasi koneksi. Setelah client terkoneksi ke server dengan menggunakan Socket, maka ServerSocket akan mengembalikan status server ke client melalui koneksiyang terbentuk sebelumnya. STMIK PALANGKARAYA - JFU

Prinsip ServerSocket Create a ServerSocket object. ServerSocket servSock = new ServerSocket(1234); Put the server into a waiting state. Socket link = servSock.accept(); Set up input and output streams. Scanner input = new Scanner(link.getInputStream()); PrintWriter output = new PrintWriter(link.getOutputStream(),true); Send and receive data. output.println("Awaiting data..."); String input = input.nextLine(); Close the connection (after completion of the dialogue). link.close(); STMIK PALANGKARAYA - JFU

Prinsip Socket (client) Establish a connection to the server. the server's IP address (of type InetAddress); the appropriate port number for the service. Socket link = new Socket(InetAddress.getLocalHost(),1234); Set up input and output streams. Scanner input = new Scanner(link.getInputStream()); PrintWriter output = new PrintWriter(link.getOutputStream(),true); Send and receive data. The Scanner object at the client will receive messages sent by the PrintWriter object at the server, while the PrintWriter object at the client will send messages that are received by the Scanner object at the server (using methods nextLine and println respectively). Close the connection. STMIK PALANGKARAYA - JFU

Simple Port Scanner import java.io.IOException; import java.net.InetAddress; import java.net.Socket; /** * Jonh Fredrik U */ public class PortScanner { public static void main(String[] args) throws Exception { String host = "localhost"; InetAddress inetAddress = InetAddress.getByName(host); String hostName = inetAddress.getHostName(); //for (int port = 0; port <= 65535; port++) for (int port = 0; port <= 80; port++) { try { Socket socket = new Socket(hostName, port); String text = hostName + " is listening on port " + port; System.out.println(text); socket.close(); } catch (IOException e) { String s = hostName + " is not listening on port " + port; System.out.println(s); } STMIK PALANGKARAYA - JFU