SOFTWARE ENGINEERING Software Project Planning
Scope – Penentuan Ruang Lingkup Aktifitas pertama pada tahap perencanaan Unambigous dan bisa dimengerti oleh pada tataran manajemen maupun teknik Pernyataan/asumsi pada ruang lingkup perangkat lunak harus dibatasi
Scope – Tentang apa ? Data Kendali proses (control) Kinerja (performance) Hambatan/Keterbatasan (constraints) Antarmuka (interfaces) Ketahanan (reliability)
Scope – Fungsi Function Statement of Scope Accepted Refined Decomposition
Scope – Kinerja Processing Respon-time
Scope – Hambatan (constraint) Keterbatasan yang disebabkan oleh Perangkat Keras Ketersediaan Memori Sistem yang telah ada (existing system)
Scope – Antarmuka Antarmuka Sistem dengan pengguna Sistem dengan sistem (data communication)
Scope – Bagaimana? Mengumpulkan informasi yang diperlukan Feasibility
Informasi yang diperlukan Cara Wawancara/Pertemuan Awal Observasi Tujuan Membatasi gap komunikasi yang terjadi
Apa yang harus ditanyakan Context-free Question Tujuan Ice breaking
Context Free Question Sekumpulan pertanyaan yang akan menuntun pada pengertian dasar tentang permasalahan, orang yang menghendaki solusi, dan latar belakang dari masalah itu sendiri Ada tiga fokus Customer - tujuan dan keuntungan Basic Problem Effectiveness of Meeting
Context Free Question - Customer Siapa yang meminta untuk membuat perangkat lunak? Siapa yang akan menggunakan? Apakah keuntungan yang akan diperoleh? Apakah terdapat kemungkinan adanya solusi lain?
Context Free Question – Basic Problem Digunakan untuk mempermudah developer memahami permasalahan Contoh: Persepsi tentang “good product” dan “solution” Lingkungan yang akan digunakan? Kinerja dikehendaki? Hambatan yang dihadapi?
Context Free Question – Effectiveness of Meeting Meta Question Contoh: Apakah anda orang yang tepat untuk menjawab pertanyaan ini? Apakah pertanyaan saya relevan dengan masalah yang anda hadapi? Apakah saya terlalu banyak bertanya? Adakah orang lain yang bisa menyediakan informasi? Haruskah saya menanyakan hal lain kepada anda?
Contoh Pembuatan Scope Perangkat Lunak ATM Scope: ATM menggunakan pecahan 50 rb-an. Pengguna bisa melihat saldo dalam rekeningnya, bisa mengambil uang dan bisa melakukan transfer ke rekening lain. Pengambilan uang maksimal 5 juta dalam satu hari dan harus menyisakan uang di rekening minimal 15 rb rupiah. Didalam mesin ATM terdapat HW card reader untuk membaca kartu, printer untuk mencetak transaksi dan money counter untuk menghitung uang.