Rekayasa Perangkat Lunak ( Software Engineering ) Sabriansyah Rizqika Akbar
Sabriansyah Rizqika Akbar www. twitter. com/hahan Sabrian@ub. ac Sabriansyah Rizqika Akbar www.twitter.com/hahan Sabrian@ub.ac.id 081328358088
Tata Tertib perkuliahan Keterlambatan Toleransi keterlambatan Jika saya terlambat > 30 menit tanpa pemberitahuan silahkan ditinggal Tertib dalam mengumpulkan tugas ( tepat waktu ) menggunakan elearning Kehadiran minimum 80% Berpakaian rapi dan sopan
Lebih lanjut tentang presensi… Presensi adalah tanggung jawab anda dan recording. Recording selalu recheck presensi sehari setelah perkuliahan dilakukan. Usahakan isi presensi, tapi jangan titip presensi :D. Anda diperbolehkan isi presensi saja tanpa mengikuti perkuliahan saya secara penuh. Urus presensi MAX sehari setelah anda hadir kembali diperkuliahan. ( Surat dokter dsb ) Surat ketidak hadiran yang sah menurut recording adalah “Surat Keterangan Dokter/ RS” Sadari juga pentingnya presensi di UTS dan UAS. Bila anda hadir tanpa presensi anda mendapatkan “K” di nilai akhir.
Team Teaching Issa Arwani S.Kom, M.Sc Ismiarta Aknuranda ST.,M.Sc.,Phd Sabriansyah R.A ST.,M.Eng
Komposisi ( Fleksible ) UTS 1 bobot nilai 15% UTS 2 bobot nilai 15% UAS bobot nilai 30% Persyaratan Kehadiran minimal 80% Tugas Besar Perkuliahan ( Software Project Documentation ) Dikumpulkan sebelum UAS – Perkelompok 30% Absensi > 90% bobot nilai 10% Kelas C- Billy 081234003210 Kelas G – Yuris 085730041793 Kelas K – Fariz 083834663388 Kelas F – Surya 0341-2194504 Kelas E – Welly 085646578019 Kelas D – Adi 081252588881
DESKRIPSI PERKULIAHAN Kuliah ini memberikan gambaran umum dan pengenalan tentang rekayasa perangkat lunak.
KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN DICAPAI OLEH PESERTA Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan: Memahami pentingnya rekayasa perangkat lunak Mengenal berbagai macam sistem perangkat lunak Mengenal berbagai model proses pengembangan sistam perangkat lunak Memahami manajemen proyek Membuat spesifikasi sistem perangkat lunak
ISI MATERI PERKULIAHAN Pengenalan pentingnya rekayasa perangkat lunak dan masalah yang dihadapi dalam rekayasa perangkat lunak. Peserta akan mendapat pemahaman tentang sistem secara umum dan sistem perangkat lunak secara khusus di awal kuliah. Setelah itu, mereka akan diperkenalkan dengan beberapa model perangkat lunak, kelebihan dan kekurangannya, dan manajemen untuk mengelola projek perangkat lunak. Terakhir peserta mendapat kesempatan untuk berlatih membuat spesifikasi perangkat lunak berdasarkan acuan yang dibuat oleh IEEE.
Strategi Perkuliahan Tatap Muka Dosen dan Mahasiswa Elearning-Moodle Group discussion Quiz / UTS ( E-learning Multiperchoice ) UAS ( E-learning Multiperchoice ) Final Project & Presentation While We are studying … We are Having fun!!
Silabus Sommerville, Ian. 2006. Software Engineering 8th edition. Addison-Wesley. Pressman, Roger S. 2001. Software Engineering: A Practitioner’s Approach. 5th Edition. New Delhi: Prentice Hall of India.
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS) Pendahuluan Perkenalan dan Pendahuluan ,Tata tertib, Sistem Penilian www.comp.lanc.ac.uk/computing/resources/IanS/SE8/Presentations/index.html Slide Sistem Karakteristik Sistem, Rekayasa Sistem Sistem Organisasi, Manusia dan komputer.,Sistem Legacy Sistem kritis Sistem Kritis sederhana, Keandalan Sistem, Keselamatan ,Keamanan Proses perangkat lunak Sistem Perangkat lunak, Model proses, Iterasi proses, Kegiatan proses, Rational unified proses, CASE
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS) .. Proses Perangkat lunak lanjutan Metode lincah, pemrograman extrem, RAD, Prototype Perangkat lunak. Manajamen Proyek Kegiatan Manajemen, Perencanaan proyek, penjadwalan proyek, manajemen resiko Persyaratan perangkat lunak Fungsional dan nonfungsional, persyaratan dari pengguna, persyaratan sistem,Dokumentasi persyaratan. UTS Proses rekayasa persyaratan Studi kelayakan, pengumpulan dan analisis persyaratan, validasi persyaratan, manajemen persyaratan
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS) .. Model sistem untuk persyaratan perangkat lunak Model Konteks, Analisis use case, Pembuatan spesifikasi Project : SRS ( 3 x meetings ) UAS atau Presentasi Project Konversi Nilai: (N>80) A, (75<N≤80) B+, (69<N≤75) B, (60<N≤69) C+, (55<N≤60) C, (50<N≤55) D+, (44<N≤50) D, (≤44) E
Tugas Besar RPL 1 Kelompok 4 orang Dokumentasi Sistem Informasi( Don’t Pick one of these ) Sistem Informasi Peminjaman buku Sistem Informasi Peminjaman Film Sistem Informasi Reservasi Penerbangan Sistem Informasi Reservasi Hotel Sistem Informasi Point of sale Sistem Informasi Jual beli Online Sistem Informasi Penggajian Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak & Dokumentasi Kebutuhan Perangkat Lunak Context Diagram Diagram Alir data / UML Interface Design 2 Pertemuan Terakhir kita gunakan sebagai Presentasi Project
Please don’t do this :D
Please don’t do this :D
Software engineering ?
Pertemuan 1 Pendahuluan Rekayasa Sistem Berbasis Komputer FAQ RPL Tanggung Jawab profesional dan etika Rekayasa Sistem Berbasis Komputer Properti Sistem baru Sistem dan lingkungan Pemodelan sistem Proses rekayasa sistem Pengadaan sistem
Introduction to Software Engineering Chapter 1 Introduction to Software Engineering
Tujuan Memperkenalkan Rekayasa Perangkat Lunak Pertanyaan kunci mengenai software engineering Memperkenalkan Tanggung Jawab profesional dan etika
F.A.Q Software engineering What is software? What is software engineering? What is the difference between software engineering and computer science? What is the difference between software engineering and system engineering? What is a software process? What is a software process model?
F.A.Q Software engineering What are the costs of software engineering? What are software engineering methods? What is CASE (Computer-Aided Software Engineering) What are the attributes of good software? What are the key challenges facing software engineering?
What Is Software ? ( Perangkat Lunak ) Program komputer+dokumen pendukung seperti model design dan user manual yang diperlukan agar program dapat beroperasi dengan benar. Diciptakan oleh software engineer untuk klien tertentu atau pada sebuah pasar/market yang general Generic produk biasanya merupakan standalone product yang diproduksi oleh organisasi pengembang dan dijual pada pasar terbuka. A.K.A shrink wrapped Bespoke produk dikembangkan untuk klien tertentu sesuai dengan permintaan.
Apa yang dimaksud dengan rekayasa perangkat lunak ? Adalah sebuah disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi / pengembangan sebuah perangkat lunak. Seorang software engineer membuat suatu perangkat lunak untuk bekerja dengan baik dengan menggunakan metode, teori, alat bantu yang sesuai dengan selektif.
Challenge in Software engineering
Perbedaan Software engineering dengan computer science dan dengan system engineering Computer science berhubungan dengan teori dan metode yang mendasari sistem komputer dan perangkat lunak, rekayasa perangkat lunak berhubungan dengan masalah praktis dalam memproduksi perangkat lunak. System engineering atau computer sistem engineering berhubungan dengan semua aspek pengembangan dan evolusi sistem kompleks dimana perangkat lunak memainkan peran utama .
What is Software process Kumpulan dari aktifitas yang bertujuan untuk mengembangkan atau menghasilkan sebuah perangkat lunak. Aktifitas umum pada sebuah software proses : Spesifikasi apa yang software harus kerjakan dan batasan operasi software tersebut. Pengembangan Proses produksi dari sistem perangkat lunak. Validasi apakah sudah sesuai dengan keinginan customer ? Evolusi Update
What is Software process model ? Deskripsi yang disederhanakan dari proses perangkat lunak yang dipresentasikan dari sudut pandang tertentu. Contoh jenis model proses perangkat lunak : Model aliran kerja ( workflow) Model aliran data ( data flow ) Model Role-action Generic proses model Waterfall Iterative development Transformasi formal Asembling sistem dari komponen yang terdahulu.
What is software cost ? Secara kasar 60% untuk pengembangan dan 40% untuk testing Bergantung dengan tipe software & requirement software tersebut Distribusi biaya bergantung dengan model development yang digunakan
Activity cost distribution
Product development cost
Atribut perangkat lunak yang baik Dapat dipelihara Harus dapat berubah sesuai dengan proses bisnis Dapat diandalkan Kehandalan, keamanan , dan keselamatan Efisien Memori, Harddisk capacity consume, Acceptabillity Harus dapat dipakai tanpa usaha yang tidak perlu ( good interface & good documentation )
Please Minimize this !