Penggunaan KS Dalam Katekese

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sabda Kehidupan Sabda Kehidupan Januari 2012 Januari 2012.
Advertisements

Lesson 11 for June 14, 2014 PARA RASUL DAN HUKUM.
Katekese Inisiasi Kristiani/Katolik
KERAJAAN SERIBU TAHUN PASAL 20.
Media Dalam Katekese L. Atrik Wibawa.
SabdaKehidupan September 2009 “Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu” (Mt 6:33)
“Membangun Gaya Hidup Iman Anak dan Remaja yang Missioner”
Seminar Hidup dalam Roh
Sabda Kehidupan Sabda Kehidupan Maret 2012 Maret 2012.
“Eksistensi Dalam Persekutuan” PA Interaktif GKI Cinere Selasa, 21 Februari 2012 “Eksistensi Diri Di Tengah Kehidupan PErSEKUTUAN”
teks oleh Chiara Lubich
Juni 2009 SabdaKehidupan “Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak,
Tommy's Window Slideshow
LISTEN AND DO I Sam 3: 1-31 Bahan PAI 06 Mei 2014 GKI Cinere Pdt.Agus Wiyanto.
BAHAN AJAR Kelas XII Semester II (Genap).
WAHYU 10 KITAB TERBUKA.
GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
MATERI KAM - GPIB JEMAAT IMMANUEL BEKASI 04 OKTOBER 2010
VERBUM DOMINI MANET IN AETERNUM
Keluargaku meniru Tuhanku
JANJI DOA Pelajaran 10 Maret 10, 2012.
Tjuk Indarsin
BERSAMA PASTOR FX. SUGIYANA, Pr (Ketua KOMKAT KAS)
KATEKESE ANALISIS SOSIAL
Langkah-langkah Eksposisi Alkitab
Berjalan Bersama dengan Allah Bagaimana belajar Alkitab
MUSIK GEREJA.
BAB 2 KARYA TULIS ILMIAH Konsep Dasar Karya Tulis Ilmiah
KESEMPURNAAN ALKITAB 2 Tim. 3:16; 2 Pet. 1:20-21
Baptisan Roh Kudus Bacaan: Kis 2:1-13.
Kisah Para Rasul 15:1-21 TANTANGAN DOKTRINAL.
PASAL 19 NYANYIAN ATAS JATUHNYA BABEL, PERJAMUAN KAWIN ANAK DOMBA,
MARILAH MEMENANGKAN PERTANDINGAN FILIPI 3: 12-16
KEBAKTIAN SEKOLAH MINGGU 11 JANUARI 2015
TRITUNGGAL MAHA KUDUS ALLAH BAPA ALLAH PUTERA ALLAH ROH KUDUS.
BULAN KITAB SUCI NASIONAL 2011 “MENDENGARKAN TUHAN BERCERITA” "Aku mau membuka mulut-Ku mengatakan perumpamaan, Aku mau mengucapkan hal yang tersembunyi.
MATERI KELAS ALKITAB MALAM SURAT 2 PETRUS
PERAN ALLAH DALAM KELUARGA
S.A.K.R.A.M.E.N.T.A.L.I Sakramentali: tanda2 suci yg ditetapkan o/ Gereja u/ mengudusan macam2 situasi kehidupan. Doa yg diiringi dg tanda salib dan tanda2.
Doa untuk KELIMPAHAN BERKAT (Efesus 1:15-23)
RAHMAT AKTUAL Jumat, 18 Juli 2014 Grace Puspita. Filipi 2 : Filipi 2:12-18 Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena.
Aksi Puasa Pembangunan Keuskupan Bogor : Keluarga Bertanggung Jawab 2011 : Kaum Muda Membangun Diri di Era Globalisasi 2012 : Membangun Gaya.
BAHTERA NUH Ibrani 11:7.
Biarkan Anak-Anak Datang Kepada-Ku
Komitmen Pengurus Lingkungan Gereja St. Ignatius Paroki Jl
MATERI KAM GPIB JEMAAT IMMANUEL BEKASI 16 AGUSTUS 2010
IMAN YANG BERAKAR,BERTUMBUH DAN BERBUAH
KATEKESE UMAT PENGANTAR L. Atrik Wibawa
PELAYANAN SETIAP ANGGOTA
AKSI PUASA PEMBANGUNAN (APP) 2012 DIPERSATUKAN DALAM EKARISTI, DIUTUS UNTUK BERBAGI KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA.
SPIRITUALITAS ALLAH BAPA
MEMPERTANGGUNGJAWABKAN IMAN KATOLIK
Awam Dalam Kiprah Pewartaan Injil
PENGEMBANGAN PENYAJIAN Salah satu cara untuk mencapai potensi yang maksimal bukan hanya berdasarkan pendidikan Melainkan mengebangkan kemampuan dalam studi.
PERSEKUTUAN DOA KARISMATIK KATOLIK
ROH KUDUS.
Keluargaku, Pendidikku
TRITUNGGAL MAHA KUDUS ALLAH BAPA ALLAH PUTERA ALLAH ROH KUDUS.
4 PILAR GEREJA MEMBANGUN JEMAAT RD RUDY HARTONO.
Ekaristi Sumber Berkat Dalam Keluarga
TEMA APP 2012 KATOLIK SEJATI HARUS PEDULI DAN BERBAGI
ALKITAB/ KITAB SUCI PERJANJIAN LAMA/ PERJANJIAN. BARU
MERAYAKAN ADVEN MENYIAPKAN NATAL
Berasal dari bahasa Arab Dari 2 kata AL Dan Kitab AL : kata sandang atau tambahan Kitab : Buku/Kitab Jadi Alkitab : Buku itu / Buku / Kitab Bahasa.
MELEPASKAN DIRI DARI CARA-CARA DUNIA
1. MENELUSURI HAKIKAT GEREJA a. Gereja : umat allah Dalam perjanjian baru gambaran gereja sebagai umat allah dapat ditemukan dalam 1ptr. 2:10; rm. 9:25.
BAB VII YESUS SEBAGAI SAHABAT, TOKOH IDOLA, DAN JURUSELAMAT
Hukum ALLAH. Hukum ALLAH Waktu ALLAH menyampaikan hukum di atas Bukit Sinai, Allah tidak hanya menyatakan diri-Nya sendiri sebagai penguasa tertinggi.
Injil Dari Patmos Lesson 1 for January 5, 2019.
“.... Sebab sebentar lagi akan datang keselamatan yang dari Pada-Ku” (Yes 56:1-8) “....sesungguhnya, seorang raja akan memerintah menurut kebenaran...”
Transcript presentasi:

Penggunaan KS Dalam Katekese Disampaikan oleh Ignas L.

Pendahuluan Harus diakui bahwa tidaklah sangat mudah menggunakan KS dalam hidup kita , termasuk dalam sebuah katekese. Karena, KS mempunyai sejarah panjang yang perlu “ditelusuri” pada zamannya, hingga sampai di tangan kita pada zaman ini. Namun demikian bukan berarti kita menghindarinya, melainkan semakin tertarik karena KS sejatinya memang sangat mempesona (fascinosum). Karena itu, ikutilah nasehat St. Agustinus ini : “tole lege “ (angkat dan bacalah )! Harapan dari penyampaian materi ini supaya para peserta kursus semakin mencintai KS. Konkritnya menyusun sebuah katekese dengan penggunaan KS.

Mengapa menggunakan KS ? Sabda / Firman Tuhan dan Rahasia Rahmat. KS adalah buku iman Buku pegangan umat beriman Buku kesalehan sejati Sumber inspirasi dan nilai-nilai keutamaan Sumber utama pewartaan Mendidik umat ( 2 Tim. 3:15-17)

Cara penggunaan KS yang praktis dalam Katekese Pertama-tama KS sebagai sarana atau alat dari Tuhan untuk kepentingan manusia. Oleh karena itu, tidak pernah dapat dibenarkan apabila manusia justru dikorbankan demi KS KS adalah sumber inspirasi dan nilai-nilai keutamaan. Karena itu, dapat lebih dahulu ditentukan dan baru kemudian dijelaskan dan dicarikan penerapannya dalam kehidupan. Atau lebih dahulu diungkapkan suatu pengalaman dalam kehidupan dan baru kemudian dibenarkan oleh KS Membaca KS , memahami, pembahasan dan penerapannya secara konkrit Pengalaman/peristiwa/cerita dianalisis, dilanjutkan dengan perumusan nilai-nilai yang termuat di dalamnya, dan pada akhirnya dicarikan pembenaran dari KS Cat: Perlu diingat bahwa KS adalah satu di antara yang lain. Oleh karena itu tak pernah dapat dimutlakan sebagai satu-satunya seperti yang terdengar dalam semboyan “Sola Scriptura” (Hanya Kitab Suci). Selain itu KS berisi prinsip atau ajaran umum. Dengan demikian diperlukan aturan, hukum, atau norma disipliner dalam penerapannya. Tujuan yang baik menuntut cara yang baik pula !

Beberapa hal pokok untuk memahami KS Tuhan sendirilah penulis sejati KS. Ia memberikan ilham kepada manusia berkarya dalam dan melalui manusia ( DV 11) Roh Kudus adalah penterjemah KS. (Lk. 24:45) Kristus adalah pusat dan puncak Kepada manusia dengan cara manusiawi (DV 12) KS sebagai satu kesatuan (Lk. 24:44-47) KS dimengerti dalam tradisi Gereja secara keseluruhan. KS hanya dapat dimengerti dalam semangat iman atau dalam analogi iman (Rom.12:6)

Bagaimana cara memahami KS ? Dalam tradisi Gereja dibedakan 2 pemahaman KS, yakni Literal/ Hurufiah dan Spiritual/Rohani Arti Literal adalah arti yang disampaikan oleh kata-kata yang digunakan dalam KS dan biasanya dilakukan oleh ahli exegese dengan menerapkan metode yang logis, teratur dan sistematik. Arti KS pada umumnya didasarkan pada kata-kata yang tertulis itu. Arti spiritual adalah arti yang bukan teks itu sendiri melainkan peristiwa atau kenyataan yang diungkapkan atau ditandakan oleh kata –kata itu. Dalam bahasa sehari-hari hal ini disebut sebagai hal yang bukan tersurat tetapi tersirat.

Arti spiritual terbagai dalam 3 hal, yakni arti alegoris, arti moral dan arti Anagogis. Dengan arti alegoris ingin disampaikan bahwa berbagai peristiwa dimengerti dengan lebih mendalam dengan menghubungkannya dengan Kristus. (Misalnya :Penyeberangan laut merah adalah tanda kemenangan Kristus dan juga melambangkan pembaptisan (l Kor.10:2) Dengan arti moral mau dikatakan bahwa peristiwa yang disampaikan dalm KS membimbing, mengarahkan, dan mendorong orang untuk bertindak jujur, adil, dan benar. Berhubungan dengan arti ini, Paulus berkata, “....semuanya itu ditulis sebagai contoh atau peringatan bagi kita... (l Kor 10:11 ; Ibr. 3:4,12 Dengan arti anagogis dimaksudkan bahwa kenyataan dan peristiwa dimengerti dalam konteks keabadian yang senantiasa mengarahkan manusia kepada tujuan akhir kehidupan, Tanah Air Surgawi. Gereja di dunia ini merupakan tanda dari Yerusalem Surgawi (Why. 21:1-25:5) Dalam abad pertengahan, ke-4 arti ini disimpulkan dalam satu kalimat :”Lettera gesta docet, quid credas allegoria, moralis quid agas, quo tendas anagogia” (Tulisan menyampaikan perbuatan, alegori tentang iman, moral tentang bagaimana berbuat, dan anagogi tentang tujuan)

MEMBANGUN GAYA HIDUP IMAN ANAK DAN REMAJA YANG MISIONER

Tugas ! Susunlah sebuah bahan Katekese dengan memperhatiakan langkah besar, yakni : Langkah I : Proses mengamati dan menyadari suatu fenomena tertentu dalam masyarakat yang kita angkat sebagai katekese Langkah II : Menyadari dan merefleksikan situasi yang telah dianalisis dalam terang Sabda Allah (KS) Memikirkan dan merencanakan aksi untuk bertindak. Cat: Tentukan tema yang menarik dan susunlah secara lengkap, mulai dari gagasan pokok/pokok pikiran sampai dengan proses pelaksanaanya.

Membangun Gaya Hidup Iman Anak Dan Remaja Yang Misioner ORANG TUA MENJADI TELADAN IMAN ANAK DAN REMAJA MEMUPUK KEBIASAAN HIDUP KRISTIANI DALAM KELUARGA IMAN YANG BERKEMBANG DALAM HIDUP BERMASYARAKAT KEMANDIRIAN HIDUP BERIMAN