Dipersiapkan oleh : Penny Handayani Tarmidi. Pengaruh IT pada Berbagai Aktivitas.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
INTRO (TO BPOS). What is BPOS? Apakah BPOS itu? •BPOS = (Microsoft) Business Productivity Online Suite (Service) •adalah sebuah layanan online Microsoft,
Advertisements

Developing Knowledge Management dalam perusahaan Week 10 – Pert 19 & 20 (Off Class Session)
Mata Kuliah : ALGORITMA dan STRUKTUR DATA 1.
Teknologi Open Source oleh Razief Perucha F
ESTIMASI PENJUALAN DATA TIME SERIES - DEKOMPOSISI 1. ADDITIVE MODEL 2. MULTIPLICATIVE MODEL.
SOCIAL MEDIA Widianto Nugroho, S.Sn. |
Aspek Sosial & Organisasi Restyandito, S.Kom, MSIS.
PERUBAHAN VS PERBAIKAN Center for Continuous Improvement, Today is better than yesterday, tomorrow is better than today
INTERNET & E-COMMERCE Internet Marketing & eMarketing
Hadi Syahrial (Health IT Security Forum)
Copyright © 2007 – Badan Meteorologi dan Geofisika.
Program Keahlian I – SI By Antonius Rachmat C, S.Kom
Company LOGO PRINSIP-PRINSIP TUTORIAL. Structured, Teacher Centered, identified task (Entwistle & Thomson, 1992) Unstructured, student centered, discussion/dial.
IT SEBAGAI ALAT UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN KOMPETISI
Process to Process Delivery
Siklus Manajemen Pengetahuan
Slide 3-1 Elmasri and Navathe, Fundamentals of Database Systems, Fourth Edition Revised by IB & SAM, Fasilkom UI, 2005 Exercises Apa saja komponen utama.
PENGANTAR URBAN DESAIN
Prinsip Pembuatan Study Guide
Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Bahan Kuliah Program Studi Manajemen Pendidikan-S2 Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan Dosen: Drs.
Introduction to The Design & Analysis of Algorithms
IF-ITB/SAS/25Aug2003 IF7074 – Bagian Pertama Page 1 IF 7047 Kewirausahaan Teknologi Informasi Bagian Pertama: 1.1. Entrepreneurship, entrepreneur, dan.
1 KOMPONEN PERUMUSAN PROGRAM KOMUNIKASI 1.Assesment - Focus the target audience 2.Planning - Target audience - Key of consumer benefit - Believe of the.
IT , Jaringan,Internet,E-commerce
PROSES PADA WINDOWS Pratikum SO. Introduksi Proses 1.Program yang sedang dalam keadaan dieksekusi. 2.Unit kerja terkecil yang secara individu memiliki.
SISTEM PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN
1. Objek dalam kalimat aktif menjadi subjek dalam kalimat pasif
INTERNASIONALISASI UMY STRATEGI dan ORGANISASI
Understanding The nature of PBI Courses Nury S, MA Presented at UAD workshop August 10 –
UPGRADING PENGEMBANGAN BAHAN BELAJAR MANDIRI BERBASIS MULTIMEDIA DAN WEB 2.0 E-Learning dalam Kajian Psikologi.
Hakiki Mahfuzh HOW TO CREATE QUALITY IN EDUCATION.
Pengantar/pengenalan (Introduction)
Mengembangkan Rasa Ingin Tahu Siswa Taman Kanak-kanak KGI ke 2, Balai Kartini Jakarta 28 th November 2007.
“Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Satelit untuk Dunia Pendidikan”
Functions (Fungsi) Segaf, SE.MSc. Definition “suatu hubungan dimana setiap elemen dari wilayah saling berhubungan dengan satu dan hanya satu elemen dari.
How human charactersitics, practitioners’ habits and health care system regulations affet the research and development of medical devices.
PROGRAM AND MATERIALS DEVELOPMENT in ODL. How to design and develop the ODL programs and courses? Use systematic and systemic design know well the students.
Roni Eka Sahputra,MD Orthopaedic Surgeon. Pengaruh IT pada Berbagai Aktivitas.
The Key Activity in Knowledge Organizations: Transferring Knowledge Karl Erik Sveiby All assets -tangible, intangible- are the result of human actions.
2-Metode Penelitian Dalam Psikologi Klinis
Strategi penerapan blended learning
Oleh: Dr. Sri Widati,S.Sos.,M.Si
Pembelajaran Kreatif di Perguruan Tinggi
METODE SAMPLING by Achmad Prasetyo, S.Si., M.M..
MEMORY Bhakti Yudho Suprapto,MT. berfungsi untuk memuat program dan juga sebagai tempat untuk menampung hasil proses bersifat volatile yang berarti bahwa.
What is lesson study? Lesson study is a professional development process that Japanese teachers engage in to systematically examine their practice, with.
1 Magister Teknik Perencanaan Universitas Tarumanagara General View On Graduate Program Urban & Real Estate Development (February 2009) Dr.-Ing. Jo Santoso.
Switch. Perluasan dari bridge Arsitektur switch: – Store and forward.
BENTUK ING VERB + ING. Bentuk ING juga biasa disebut dengan ING form Meskipun pembentukannya sangat se- derhana tetapi penggunaannya mem- punyai aturan.
Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas.
LOGO Manajemen Data Berdasarkan Komputer dengan Sistem Database.
We are in search of passionate and driven individual to become one of the few Management Associates who will be developed to become bright leaders in the.
Intel Teach: Essentials Course Winastwan Gora Heru Triwiyono.
Definisi VLAN Pemisahan jaringan secara logis yang dilakukan pada switch Pada tradisional switch, dalam satu switch menunjukkan satu segmentasi LAN.
CURRICULUM & MATERIAL DEVELOPMENT
MODELS OF PR SYIFA SA. Grunig's Four models of Public Relations Model Name Type of Communica tion Model Characteristics Press agentry/ publicity model.
Metodologi Penelitian dalam Bidang Informatika
3.1 © 2007 by Prentice Hall OVERVIEW Information Systems, Organizations, and Strategy.
Wakil Rektor I UPI-YPTK
PEMANFAATAN LMS: Introduction to eLearning
SMPN 2 DEMAK GRADE 7 SEMESTER 2
THE IMMERSED TUNNELS MAIN BENEFITS AND INNOVATION BY. WAWAN SETIAWAN.
1. 2 Work is defined to be the product of the magnitude of the displacement times the component of the force parallel to the displacement W = F ║ d F.
KONSEP & MANFAAT e-GOV.
Web Teknologi I (MKB511C) Minggu 12 Page 1 MINGGU 12 Web Teknologi I (MKB511C) Pokok Bahasan: – Text processing perl-compatible regular expression/PCRE.
21ST CENTURY TEACHING & LEARNING
Dasar-Dasar Periklanan
LS HomeHome; IntroductionIntroduction Liliek Soepriatmadji©2008 Kontrak PerkuliahanKontrak Perkuliahan, Manfaat, Deskripsi, Tujuan, Strategi, Materi,
KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN ELEARNING
TEAM Diklat Dasar Instruktur
Transcript presentasi:

Dipersiapkan oleh : Penny Handayani Tarmidi

Pengaruh IT pada Berbagai Aktivitas

PERUBAHAN PARADIGMA DALAM PENDIDIKAN From teacher-centered instruction From single-sense Stimulation From single-path Progression From single media From isolated work From information delivery To student-centered Instruction To multisensory stimulation To multipath progression To multimedia To collaborative work To information exchange

E-learning adalah cara pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan media elektronik (internet, intranet, satelite, tape audio/video, TV interaktif, CD ROM interaktif) untuk menyampaikan bahan ajar maupun interaksi antara siswa dan pengajar

Konsep E-Learning BUKAN teacher- controlled learning learner- controlled learning traditional physical classroom learning online learning

TYPOLOGY OF E-LEARNING Coomey and Stephenson (

The four quadrants represent each a teaching- learning paradigm: teacher controlled, specified learning activities (NW quadrant) teacher controlled, open-ended or strategic learning (SW quadrant) learner managed specified learning activities (NE quadrant) learner managed open-ended or strategic learning (SE quadrant).

KEUNTUNGAN Menghemat waktu proses belajar mengajar Mengurangi biaya perjalanan Menghemat biaya pendidikan (infrastruktur, peralatan, buku-buku)

KEUNTUNGAN Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas Adanya bantuan profesional secara on-line Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan

Kekurangan E-Learning Butuh usaha lebih dalam mempersiapkan materi pembelajaran Siswa perlu selalu dimotivasikan dan diorganisasikan Harus memperhatikan sisi paedagogi dari suatu materi

‘synchronously’ ‘ansynchronously’ Partisipan terlibat dalam pertukaran ide atau informasi tanpa adanya ketergantungan dari partisipan lainnya pada saat yang sama.  , blogs, forum diskusi Partisipan terlibat dalam pertukaran ide atau dengan partisipan lainnya pada saat yang sama.  chatting, face to face discussion

Metode pembelajaran e-learning memiliki 3 kunci penting: 1. Instruction  adanya arahan tugas yang jelas 2. Interaction  adanya sarana untuk berkomunikasi (siswa-siswa, siswa-pengajar, siswa-sumber lain) 3. Evaluation  adanya kriteria keberhasilan (bagi siswa & program)

E-Learning VS Distance Learning

Distance Learning is an educational process in which a significant proportion of the teaching is conducted by someone removed in time an/or place from the learner, but linked by various technologies transmitting voice, video, data, and print information.

Blended Learning An educational experience created cost-effectively using a mix of integrated distance learning technologies such as videoconferencing, e- learning, videos, and CD-ROM. A blend will include traditional F2F classroom activities, print materials and other instructional strategies such as action learning, interactivity and case studies.

Spectrum of Delivery Modes One Place Same Time Multiple Places, Same Time or Different Time Anywhere Anytime F2F Classroom Teaching Distance Learning Blended Learning Pure e- Learning

Faktor yang Perlu Diperhatikan E-learning  fokus utamanya adalah siswa Siswa mandiri dan bertanggung jawab terhadap pembelajarannya Siswa melakukan active learning

Tugas Pengajar Menyusun bahan belajar Mengemas menjadi bahan belajar on-line Berkomunikasi dengan siswa Memberi tugas Mendorong siswa untuk saling berkomunikasi Menyediakan waktu menjawab pertanyaan Mendorong siswa aktif berdiskusi

E-Learning is not just "E-Training" — it is the synergy of information-on-demand, multimedia communication, social collaboration, instruction, discovery and exploration that interactively engages the learner with greater learning opportunity. Richard Otto Cognitive Design Solutions