KONSEP PEMROGRAMAN Pembagian Kode Program. Dasar Pembagian Kode Program Kode program dibagi ke dalam beberapa bagian, dengan tujuan untuk menyederhanakan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PROCEDURE Temu IX BANGHER.
Advertisements

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas vii
PERANGKAT INPUT OUTPUT (IO- STORAGE)
KOMPUTER HARDWARE.
Kelompok 10 I/O Sistem Operasi
Perangkat Keras 1. Keyboard 2.Scanner 3.CPU 4. Monitor 5. Printer
PERANGKAT INPUT OUTPUT (IO- STORAGE)
Minggu V Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 1.
Input dan output Data Dalam bahasa Pascal untuk keperluan input (membaca input) digunakan identifier standar READ atau READLN. ReadLn digunakan untuk.
STRUKTUR PERULANGAN Statemen ini di gunakan untuk memproses statemen-statemen tertentu berulang kali. Struktur perulangan While … Do Jenis perulangan.
Konsep Dasar Bahasa Pascal
Dasar Komputer & Pemrog 2 A minggu 4
Array Dimensi Banyak Gerlan A. Manu, ST.,MKom
Pengenalan Bahasa Pemrograman Pascal
Tipe data dan algoritma dasar
ALGORITMA NOTASI 2 FLOWCHART.
STRUKTUR DATA.
MATERI 11. TAS Tanggal 30 Nopember 2011 (RABU). Jam 7-9 TUTUP BUKU Materi : 1-11.
Perancangan Sistem Ana Kurniawati.
LINGKUNGAN TURBO PASCAL
Dheni Setyawan ( ) Taufiq Yulyanto M ( ) Raka Januarsa ( )
Manajemen Prinsip Dasar Input/Output
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Dialog berbasis text dan pengisian borang
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Dasar Komputer & Pemrog. 2A
Pemprograman Terstruktur 1
Prak.Dasar-Dasar Pemrograman
Outline Awalnya dikembangkan oleh Borland dan umunya igunakan untuk paket perangkat lunak tingkat lanjut dengan kepustakaan yang lebih banyak dan.
MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI
Bina Sarana Informatika
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
BAHASA PEMROGRAMAN PASCAL
Struktur Bahasa Pascal & Tools
PERANGKAT KOMPUTER & KEGUNAANNYA
Perancangan Sistem L. Erawan.
Algoritma dan Pemrograman STRUKTUR PEMILIHAN (lanjutan)
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
Perangkat Utama Input/Output dan Memori
Pertemuan 2.
Struktur Program Pascal
M2. Input Output, Pengulangan, & Percabangan
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
DUKUNGAN SISTEM OPERASI
KONSEP INTERFACE
Pengenalan Sistem Operasi
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
penyusunan algoritma (flowchart)
Perancangan Formulir Elektronik
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Materi 10 LOGIKA & ALGORITMA.
STATEMENT INPUT DAN OUTPUT
Counter dan Accumulator
Membuat Menu Dengan Turbo Pascal
Lecturer Note iVb OPERASI KELUARAN & MASUKAN
OCTAVIANI ROCHIADITYA P ( ) PRADANA HERDIN S ( )
Pertemuan 2 Rismayuni.
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
Pertemuan Pertama Membahas Perintah Cls , Print dan Stop
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
ALGORITMA DAN PEMROGAMAN
Pengenalan Bahasa Pascal
Today Outline Lecturer Note IVa by :
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
Perangkat Input Dan Output Beserta Fungsinya
Counter dan Accumulator
Counter dan Accumulator
Transcript presentasi:

KONSEP PEMROGRAMAN Pembagian Kode Program

Dasar Pembagian Kode Program Kode program dibagi ke dalam beberapa bagian, dengan tujuan untuk menyederhanakan pembacaan kode program Dasar pembagian :  Berdasarkan Aliran Data  Berdasarkan Prioritas

Berdasarkan Aliran Data Input Data Proses Output Pengendalian

Bagian Input Data Bagian ini digunakan program untuk mengambil atau memperoleh nilai data dari luar program (nilai data tidak tertulis secara langsung di dalam program) Jika program tidak membutuhkan data dari luar maka bagian ini tidak diperlukan Input data banyak caranya, antara lain:  melalui keyboard lewat layar console  melalui keyboard lewat edit box atau text box  menggunakan mouse  menggunakan scanner (data foto)  menggunakan graphics tablet (data gambar)  menggunakan microphone (data suara)  data didapatkan dari komputer lain via network (jaringan)  data diperoleh dari file, registry, program lain, dll

Bagian Proses Bagian ini digunakan untuk memproses data yang telah diperoleh sebelumnya Merupakan bagian yang paling utama dari suatu program Jika suatu program tidak memiliki bagian proses ini dapat dikatakan bahwa program “tidak melakukan sesuatu”

Bagian Output Bagian ini digunakan untuk menampilkan atau menyajikan atau menyimpan hasil pemrosesan data Dapat juga dikatakan bagian ini berguna untuk mengeluarkan hasil proses dari program Output dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:  menulis hasil di layar console  menulis hasil melalui sebuah kotak pesan (message box)  mencetak hasil langsung ke printer  membacakan hasil menggunakan suara via speaker  menampilkan hasil di dalam layar grafik  mengirim hasil ke komputer lain via jaringan (network)  mengirim hasil untuk dibuka menggunakan program lain  menyimpan hasil di file, registry, dll

Bagian Pengendalian Bagian ini digunakan untuk mengendalikan alur program sehingga bagian-bagian yang lain dapat berjalan dengan baik dan terhindar dari kesalahan (error) yang mungkin terjadi Contoh error yang mungkin terjadi:  user diminta memasukkan data bilangan tapi malah memasukkan data berupa huruf  bilangan yang dimasukkan user terlalu besar atau terlalu kecil  pembagian dengan nol  memori yang tersedia tidak mencukupi  program mau membaca file tapi sayang filenya telah dihapus  koneksi jaringan yang lambat sehingga data yang dikirim terputus di tengah jalan (tidak lengkap)

Contoh Program program Kuadrat; {$APPTYPE CONSOLE} var Bilangan, Hasil: Integer; begin WriteLn('================================'); WriteLn('== PROGRAM PENGHITUNG KUADRAT =='); WriteLn('================================'); Write('Masukkan bilangan yang akan dihitung : '); ReadLn(Bilangan); Hasil := Bilangan * Bilangan; Write('Hasil peng-kuadrat-annya adalah : '); WriteLn(Hasil); WriteLn('================================'); ReadLn; end.

Bagian Input program Kuadrat; {$APPTYPE CONSOLE} var Bilangan, Hasil: Integer; begin WriteLn('================================'); WriteLn('== PROGRAM PENGHITUNG KUADRAT =='); WriteLn('================================'); Write('Masukkan bilangan yang akan dihitung : '); ReadLn(Bilangan); Hasil := Bilangan * Bilangan; Write('Hasil peng-kuadrat-annya adalah : '); WriteLn(Hasil); WriteLn('================================'); ReadLn; end.

Bagian Proses program Kuadrat; {$APPTYPE CONSOLE} var Bilangan, Hasil: Integer; begin WriteLn('================================'); WriteLn('== PROGRAM PENGHITUNG KUADRAT =='); WriteLn('================================'); Write('Masukkan bilangan yang akan dihitung : '); ReadLn(Bilangan); Hasil := Bilangan * Bilangan; Write('Hasil peng-kuadrat-annya adalah : '); WriteLn(Hasil); WriteLn('================================'); ReadLn; end.

Bagian Output program Kuadrat; {$APPTYPE CONSOLE} var Bilangan, Hasil: Integer; begin WriteLn('================================'); WriteLn('== PROGRAM PENGHITUNG KUADRAT =='); WriteLn('================================'); Write('Masukkan bilangan yang akan dihitung : '); ReadLn(Bilangan); Hasil := Bilangan * Bilangan; Write('Hasil peng-kuadrat-annya adalah : '); WriteLn(Hasil); WriteLn('================================'); ReadLn; end.

Berdasarkan Prioritas Inti Program Antarmuka Pengguna (User Interface) Kosmetik (Penghias Tampilan) Penangan Kesalahan (Error Handler)

Inti Program Merupakan bagian yang paling penting dilihat dari prioritasnya Mencerminkan algoritma yang telah disusun sebelumnya Bagian ini harus ada supaya program dapat berjalan sesuai yang diharapkan Jika bagian ini hilang atau mengandung kesalahan maka program pasti tidak akan berjalan dengan baik

Antarmuka Pengguna Bagian ini berguna sebagai jembatan untuk saling memahami antara program dengan pengguna (user) Biasanya berisi penulisan instruksi-instruksi atau keterangan (penjelasan) kepada user sebelum masuk ke inti program Bisa juga berupa tampilan menu yang siap diakses oleh user untuk menjalankan bagian inti program Bagian ini tidak harus ada, namun keberadaannya akan membantu user dalam memakai program sehingga user tidak akan bingung dalam memakai program Jika bagian ini tidak ada, program tetap akan berjalan namun user harus menerka-nerka apa yang harus dilakukannya terhadap program tersebut

Kosmetik Bagian ini berguna untuk mempercantik atau menghiasi tampilan program, terutama bagian antarmuka pengguna Fungsinya hanya untuk memperindah saja dan tidak mempengaruhi jalannya program Bagian ini benar-benar tidak harus ada, ada dan tidaknya tidak akan mempengaruhi jalannya program dan juga tidak banyak mempengaruhi penggunaan program oleh user Bagian ini akan menjadi berguna jika:  user merasa betah dan enjoy dalam menggunakan program  keberadaannya tidak membebani bagian inti program  keberadaannya membuat bagian antarmuka pengguna menjadi semakin mudah digunakan dan dimengerti

Penangan Kesalahan Bagian ini berguna untuk menangani (handling) kesalahan atau error yang mungkin muncul di dalam inti program Bagian ini tidak wajib ada, namun keberadaannya akan membuat nilai plus pada program Bagian ini dapat dihilangkan jika asumsi kita adalah “program berjalan pada suatu keadaan yang ideal tanpa error” Yang perlu diingat adalah: keadaan ideal jarang sekali dapat diwujudkan

Contoh Program program Kuadrat; {$APPTYPE CONSOLE} var Bilangan, Hasil: Integer; begin WriteLn('================================'); WriteLn('== PROGRAM PENGHITUNG KUADRAT =='); WriteLn('================================'); Write('Masukkan bilangan yang akan dihitung : '); ReadLn(Bilangan); Hasil := Bilangan * Bilangan; Write('Hasil peng-kuadrat-annya adalah : '); WriteLn(Hasil); WriteLn('================================'); ReadLn; end.

Inti Program program Kuadrat; {$APPTYPE CONSOLE} var Bilangan, Hasil: Integer; begin WriteLn('================================'); WriteLn('== PROGRAM PENGHITUNG KUADRAT =='); WriteLn('================================'); Write('Masukkan bilangan yang akan dihitung : '); ReadLn(Bilangan); Hasil := Bilangan * Bilangan; Write('Hasil peng-kuadrat-annya adalah : '); WriteLn(Hasil); WriteLn('================================'); ReadLn; end.

User Interface program Kuadrat; {$APPTYPE CONSOLE} var Bilangan, Hasil: Integer; begin WriteLn('================================'); WriteLn('== PROGRAM PENGHITUNG KUADRAT =='); WriteLn('================================'); Write('Masukkan bilangan yang akan dihitung : '); ReadLn(Bilangan); Hasil := Bilangan * Bilangan; Write('Hasil peng-kuadrat-annya adalah : '); WriteLn(Hasil); WriteLn('================================'); ReadLn; end.

Kosmetik program Kuadrat; {$APPTYPE CONSOLE} var Bilangan, Hasil: Integer; begin WriteLn('================================'); WriteLn('== PROGRAM PENGHITUNG KUADRAT =='); WriteLn('================================'); Write('Masukkan bilangan yang akan dihitung : '); ReadLn(Bilangan); Hasil := Bilangan * Bilangan; Write('Hasil peng-kuadrat-annya adalah : '); WriteLn(Hasil); WriteLn('================================'); ReadLn; end.