Minggu V Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 1.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TUGAS Buatlah program menghitung luas persegi panjang!
Advertisements

STRUKTUR DATA Struktur Data - Gerlan A. Manu, ST.,MKom 1.
Rekursi ALPROG II Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma & Pemrograman II 1.
FUNGSI / FUNCTION ALGPROG II
Procedure pada Pascal ALPROG II
Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
PERCABANGAN / SELEKSI.
PENGENALAN PASCAL STATEMENT TIPE DATA
Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
STRUKTUR PERULANGAN Statemen ini di gunakan untuk memproses statemen-statemen tertentu berulang kali. Struktur perulangan While … Do Jenis perulangan.
Dasar Komputer & Pemrog 2 A minggu 4
Array Dimensi Banyak Gerlan A. Manu, ST.,MKom
Pencabangan Bersyarat
Pengenalan Bahasa Pemrograman Pascal
Tipe data dan algoritma dasar
MATERI 8 CHOICE / PILIHAN.
WEEK 6 Teknik Elektro – UIN SGD Bandung PERULANGAN - LOOPING.
Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
PERTEMUAN 6 Algoritma Presented by : Sity Aisyah, M.Kom
MATERI 11. TAS Tanggal 30 Nopember 2011 (RABU). Jam 7-9 TUTUP BUKU Materi : 1-11.
Struktur Dasar Algoritma
Struktur Perulangan Week 4 & 5.
PERULANGAN Perulangan (loop) merupakan bentuk yang sering ditemui di dalam suatu program aplikasi. Di dalam bahasa Pascal, dikenal tiga macam perulangan,
VARIABEL DAN OPERATOR.
Struktur Kondisi dan Perulangan
PERULANGAN Komang Kurniawan W., M.Cs.
Lecturer Note iV b OPERASI KELUARAN & MASUKAN
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Struktur Kontrol: Keputusan
STRUKTUR PERULANGAN STRUKTUR PERULANGAN FOR
Instruksi Runtutan Instruksi Pemilihan dan Instruksi Perulangan dalam Pascal Minggu XII.
ARRAY Suatu array (larik) adalah tipe terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang mempunyai tipe yang sama. Komponen ini disebut dengan.
Logika & Algoritma -- Pertemuan II: Variabel dan Operator Logika & Algoritma --
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
Pemprograman Terstruktur 1
Algoritma dan Struktur Data
STRUKTUR PERULANGAN BAG 2 ( STRUKTUR WHILE DO & REPEAT UNTIL )
PERULANGAN RISMAYUNI.
Materi Kuliah 1. Pertemuan ke : 1 Pengenalan Komputer dan Pemrograman
TPI4202 e-tp.ub.ac.id Perulangan (Looping) Lecture 5.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
Percabangan/Pemilihan (Branching/Selection)
Perulangan (looping) Oleh: Sri Supatmi.
Algoritma Pemrograman
MINGGU I ALGORITMA & PEMROGRAMAN II
Materi 10 LOGIKA & ALGORITMA.
Pemrograman Web Lanjut “Pertemuan ke-3”
Perulangan(looping) Oleh: Sri supatmi,S.Kom.
Perulangan (LOOPING)   Jika dibandingkan dengan computer, manusia mempunyai kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah manusia tidak mampu melaksanakan.
Pengulangan.
Struktur Dasar Algoritma dan Runtunan
PERCABANGAN DAN PERULANGAN
LOOPING / PERULANGAN FOR - DO WHILE - DO REPEAT - UNTIL
STRUKTUR PERULANGAN.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
PENYELEKSIAN KONDISI.
PERULANGAN.
Dasar-Dasar Komputer FKIP Prodi Matematika Univ. Muhammadiyah Gresik
Dasar-Dasar Pemrograman
Pemrograman Repetisi pada Pascal Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.
Pemrograman Repetisi pada Pascal Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
PERNYATAAN IF THEN ELSE & CASE OF PERULANGAN FOR, WHILE DO, REPEAT UNTIL Fisika UNDANA, Senin 16 Oktober 2017.
Dasar-Dasar Pemrograman
Dasar-Dasar Pemrograman
Struktur Perulangan.
STATEMEN FOR STATEMEN WHILE STATEMEN REPEAT
Transcript presentasi:

Minggu V Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 1

  Variabel adalah identifier yang berisi data yang dapat diubah-ubah nilainya didalam program.  Dengan keyword Var  Contoh : Uses wincrt; Var Luas, Panjang, Lebar, Tinggi : Integer; Keterangan : String; Begin Write ('Masukan Panjang : '); ReadLn (Panjang); Write ('Masukan Lebar : '); ReadLn (Lebar); Write ('Masukan Tinggi : '); ReadLn (Tinggi); Luas := Panjang * Lebar * Tinggi; Keterangan := 'Luas Persegi Panjang adalah '; WriteLn (Keterangan, Luas); End. Variabel Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 2

  Data konstanta nilainya sudah ditentukan dan pasti, tidak dapat dirubah didalam program.  Dengan Keyword Const  Contoh : Uses wincrt; Const Potongan = 0.2 ; Gaji = ; Namaperusahaan = 'PT ABC' ; Begin Writeln ( 'Potongan =', Potongan ) ; Writeln ( 'Gaji =', Gaji ) ; Writeln ( 'Nama =', Namaperusahaan) ; End. Constanta Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 3

 Percabangan If - Else Awal Dengan Input Nilai Mengecek apakah nilai yang diinputkan tsb lebih besar sama dengan 80… jika ya maka output Nilai Huruf = A jika tidak Mengecek apakah nilai yang diinputkan tsb lebih besar sama dengan 65.. Jika ya maka output Nilai Huruf = B jika tidak Mengecek apakah nilai yang diinputkan tsb lebih besar sama dengan 41.. Jika ya maka output Nilai Huruf = C jika tidak Mengecek apakah nilai yang diinputkan tsb lebih besar sama dengan 26.. Jika ya maka output Nilai Huruf = D jika tidak Output Nilai Huruf = E Akhir Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 4

  Kelulusan mahasiswa ditentukan berdasar nilai ujian yang didapatkan. Jika nilai ujian lebih dari atau sama dengan 70, mahasiswa dinyatakan lulus dan jika tidak, dinyataan tidak lulus. Buatlah flowchart yang membaca nilai ujian dan menentukan status kelulusan dengan menampilkan pesan yang sesuai di layar. Latihan Percabangan Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 5

Latihan Percabangan  Dalam sebuah warnet dengan tarif 4000 per jam.. jika pelanggan mengakses internet 2-3:59 jam maka mendapat potongan 10%, jika 4-5:59 jam maka mendapat potongan 20%, jika 6 jam keatas maka mendapat potongan 30%. Buatlah Flowchartnya!  (Bonus Tugas) 4000 BayarPotonganBayar Akhir Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 6

Latihan Percabangan  Buatlah flowchart untuk menentukan nilai dari sejumlah uang dalam bentuk huruf, misalnya Input : 1 maka Output nya Satu, Input 10 maka Output nya Sepuluh, Input 11 maka Outputnya Sebelas, Input 100 maka Output nya Seratus dst…(Bonus MID) Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 7

Perulangan While..do  While (kondisi) Do (Statemen)  Kondisi adalah sebuah ekspresi boolean,jika ekspresi boolean bernilai true statement di jalankan.  Dan perulangan akan berhenti jika kondisi bernilai false  Contoh : menghitung jumlah n bilangan yang diinputkan Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 8

Perulangan Repeat..Until  Repeat (statemen) Until (Kondisi)  Kondisi adalah sebuah ekspresi boolean jika ekspresi boolean bernilai false statement di jalankan.  Dan perulangan akan berhenti jika kondisi bernilai true.  Contoh : Menulis angka dari 1 hingga batas tertentu Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 9

 uses wincrt; var cc,batas : integer; begin clrscr; write ('Masukkan batas angka '); readln (batas); cc := 1; repeat write (cc); cc := succ(cc); until (cc>batas); end. Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 10

Perulangan For  For (kondisi) Do (Statemen)  Kondisi : (nilai awal) to (nilai akhir)  Dan perulangan akan berhenti jika mencapai nilai akhir  Contoh : menghitung jumlah n bilangan yang diinputkan Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 11

 uses wincrt; var i : integer; batas : integer; hasil : integer; begin clrscr; write ('Masukkan integer positif : '); readln (batas); hasil := 0; For i:=1 to batas do begin hasil := hasil + i; end; write ('Jumlah 1 sampai ', batas, ' = '); write (hasil); readln; end. Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 12

  Buatlah flowchart(uji coba) dan program(uji coba) untuk menentukan :  Deret bilangan berikut: 1,2,4,8,16,32,64,128,256,… (Program akan berhenti jika pada pertanyaan “Lanjut [Y/T] ?" diisi huruf T)  Deret bilangan berikut : 1,3,9,27,81,243,…. (Program berhenti jika pada pertanyaan “Lanjut [Y/T] ?" diisi huruf T)  Tentukan nilai akar X 1 dan X 2 dari persamaan kuadrat ax 2 – bx + c = 0 dengan rumus Tugas X 1,2 = Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 13