KTD & HUKUM ISLAM TENTANG ABORSI Endang Surani,S.SiT, M.Kes

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Siapakah sebenarnya diri kita?
Advertisements

Teori Graf.
Penciptaan Manusia Menurut Al Quran Dan Hadis
MATERI KULIAH Tony Tampake
START.
Menunjukkan berbagai peralatan TIK melalui gambar
Tugas Praktikum 1 Dani Firdaus  1,12,23,34 Amanda  2,13,24,35 Dede  3,14,25,36 Gregorius  4,15,26,37 Mirza  5,16,27,38 M. Ari  6,17,28,39 Mughni.

SOSIALISASI PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 53 TAHUN 2010 TENTANG DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL.
MU’JIZAT AL-QURAN.
BADAN KOORDINASI KELUARGA BERENCANA NASIONAL DIREKTORAT PELAPORAN DAN STATISTIK DISAJIKAN PADA RADALGRAM JAKARTA, 4 AGUSTUS 2009.
Al-Qur'an & Iptek Tugas agama XII IPS.
Mari Kita Lihat Video Berikut ini.
Bab 6B Distribusi Probabilitas Pensampelan
WORKSHOP INTERNAL SIM BOK
Tujuan Pengaturan Upaya Kesehatan Anak:
DISAMPAIKAN PADA SOSIALISASI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN
BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR
Enny Zuliatie Die-J YPI (Drop in Center Cijantung Yayasan Pelita Ilmu)
Tugas: Power Point Nama : cici indah sari NIM : DOSEN : suartin marzuki.
Integrasi Numerik (Bag. 2)
Awal Mula Kehidupan yang berhubungan dengan Psikologi Perkembangan mulai masa Konsepsi – Post Natal (R) Pertemuan-3 Lisnawati.
Rabu 23 Maret 2011Matematika Teknik 2 Pu Barisan Barisan Tak Hingga Kekonvergenan barisan tak hingga Sifat – sifat barisan Barisan Monoton.
PEMINDAHAN HAK DENGAN INBRENG
Fungsi Invers, Eksponensial, Logaritma, dan Trigonometri
Tindak Pidana Terhadap Nyawa
Kejadian Manusia Menurut Al-Quran
Pertemuan Kedua Manusia dan Agama
BAB III SYARAT DAN RUKUN PERKAWINAN YANG SYAH
NERACA LAJUR DAN JURNAL PENUTUP
Peluang.
Dr. Wahyu Eko Widiharso, SpOT, (K) Spine
AREAL PARKIR PEMERINTAH KABUPATEN JEMBRANA
ETIKA DAN HUKUM KESEHATAN REPRODUKSI
Abortus dan Menstrual Regulation
Islam dalam aborsi.
Aborsi yang Mengejala. Menurut Parawansa (2000), menyatakan bahwa jumlah aborsi di Indonesia dilakukan oleh 2 juta orang tiap tahun, dari jumlah itu,
LAPORAN KEUANGAN Catur Iswahyudi Manajemen Informatika (D3)
Bahan Kuliah IF2091 Struktur Diskrit
HUKUM PERBURUHAN (PERTEMUAN X) JAMSOSTEK Jaminan Sosial Tenaga Kerja (UU No.3 Th.1992) copyright by Elok Hikmawati.
HADITS KEempat.
USAHA DAN ENERGI ENTER Klik ENTER untuk mulai...
BEDAH KISI-KISI IPA UN SD/MI TAHUN 2013 GURU KELAS VI SD/MI KECAMATAN
Bersyukur.
Materi : Prostitusi Dan Aborsi
Pengaturan Kehamilan DAN KESEHATAN REPRODUKSI
ABORSI - ABORTION Abortus provocatus – Latin
• Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah•
Bahan Kuliah IF2120 Matematika Diskrit
7. RANTAI MARKOV WAKTU KONTINU (Kelahiran&Kematian Murni)
Pohon (bagian ke 6) Matematika Diskrit.
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
ICPD + 15 Kontribusi Aborsi pada AKI Dibawakan oleh: Ninuk Widyantoro Yayasan Kesehatan Perempuan 28 Juli 2009.
PENDAFTARAN TANAH Pendaftaran Tanah (Pasal 1 angka 1 PP No.24 Th 1997)
Pengantar sistem informasi Rahma dhania salamah msp.
Fiqh wanita Minggu Kesembilan.
Tugasnya sebagai khalifah di bumi
HUBUNGAN HUKUM ANTARA ORANG TUA DAN ANAK
Konseling KTD
Pengaturan Kehamilan DAN KESEHATAN REPRODUKSI
Hak Kesehatan Reproduksi Sebagai Bagian dari Hak Individual Perempuan
Tuntutan Mengenal Diri
Tuntutan Mengenal Diri
UNSUR DAN PROSES PENCIPTAAN MANUSIA
Dosen Pengampu : Tarmidzi, M.S.I
Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
ANDREINA NANDYA AGUNG PUTRI NPM : FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO.
Transcript presentasi:

KTD & HUKUM ISLAM TENTANG ABORSI Endang Surani,S.SiT, M.Kes

KEHAMILAN TIDAK DIINGINKAN ERAT KAITANNYA DENGAN ABORSI ILEGAL

1. PERMINTAAN ABORSI KEPADA ORANG YANG TAK KOMPETEN TINGGI SEKALI PENYEBAB: INDONESIA TIDAK PUNYA PERATURAN PERUNDANGAN DAN FATWA YANG MEMUNGKINKAN PEMBERIAN PELAYANAN ABORSI YANG AMAN AKIBATNYA: 1. PERMINTAAN ABORSI KEPADA ORANG YANG TAK KOMPETEN TINGGI SEKALI 2. KEMATIAN SIA-SIA IBU DENGAN KEHAMILAN YANG TAK DIINGINKAN TINGGI 3. BERKONTRIBUSI TERHADAP TINGGINYA ANGKA KEMATIAN IBU INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERENDAH DI ASEAN

APA PENYEBAB TAK ADANYA PELAYANAN ABORSI YANG AMAN DI INDONESIA?

FATWA MUI TENTANG ABORSI (KEPUTUSAN MUNAS VI MUI TH. 2000: MELAKUKAN ABORSI SESUDAH NAFKH AL RUH HUKUMNYA ADALAH HARAM KECUALI JIKA ADA ALASAN MEDIK SPT. MENYELAMATKAN NYAWA SIIBU MELAKUKAN ABORSI SEJAK TERJADINYA PEMBUAHAN OVUM WALAUPUN SEBELUM NAFKH AL RUH, HUKUMNYA ADALAH HARAM, KECUALI ADA ALASAN MEDIK ATAU ALASAN LAIN YANG DIBENARKAN OLEH SYARIAH ISLAM

FATWA MUKTAMAR MAJLIS TARJIH MUHAMMADIYAH KE 21 TH FATWA MUKTAMAR MAJLIS TARJIH MUHAMMADIYAH KE 21 TH. 1989 YANG DIKUATKAN OLEH MUNAS TH. 2003: BAHWA ABORTUS PROVOCATUS CRIMINALIS SEJAK TERJADINYA PEMBUAHAN HUKUMNYA HARAM BAHWA ABORTUS PROVOCATUS MEDICINALIS DAPAT DIBENARKAN LANTARAN DARURAT YAITU ADANYA KEKHAWATIRAN ATAS KESELAMATAN ATAU KESEHATAN IBU WAKTU MENGANDUNG DAN MELAHIRKAN BERDASARKAN HASIL KONSULTASI DENGAN PARA AHLI YBS

UU NO. 23 TAHUN 1992 SAMPAI HARI INI TAK PUNYA PERATURAN PEMERINTAH, KHUSUS YANG MENJABARKAN PASAL 15 UU TSB. (DALAM KEADAAN DARURAT UNTUK MENYELAMATKAN NYAWA SIIBU DAN ATAU JANINNYA DAPAT DILAKUKAN TINDAKAN MEDIS TERTENTU) KUHP PASAL 299, 345, 346, 347, 348, 349 DAN 350  YANG SEMUANYA MENGANCAM HUKUMAN PENJARA BERAT KEPADA PELAKUNYA DAN ATAU YANG MEMBANTUNYA AKIBATNYA: DOKTER DAN TENAGA KESEHATAN TERLATIH LAINNYA TAK BERDAYA DAN TAK BERSEDIA MEMBANTU

JIKA DOKTER DAN ATAU TENAGA KESEHATAN TERLATIH LAIN TAK BERSEDIA MEMBANTU PELAYANAN ABORSI YANG AMAN, MAKA PEREMPUAN DGN KEHAMILAN YANG DIKEHENDAKI MENCARI PELAYANAN DUKUN/ORANG TAK TERLATIH  DENGAN RESIKO KEMATIAN TINGGI APAKAH DOKTER DAN ATAU TENAGA KESEHATAN LAINNYA YANG TAK MAU MEMBANTU PADA HAL DIA MAMPU  BERDOSA ATAU TIDAK?

KENAPA PEREMPUAN TIDAK MENGINGINKAN KEHAMILANNYA? GANGGUAN KESEHATAN FISIK BERAT GANGGUAN KESEHATAN JIWA BERAT JANIN DIDETEKSI PUNYA CACAD GENETIK YANG SETELAH LAHIR SULIT DISEMBUHKAN HAMIL KARENA PERKOSAAN HAMIL KARENA INCEST KB GAGAL, PADAHAL PEMASANGAN KB TSB. DILAKUKAN OLEH PETUGAS KESEHATAN TERLATIH ALASAN SOSIAL EKONOMI ALASAN LAINNYA

GANGGUAN KESEHATAN JIWA BERAT GANGGUAN KESEHATAN FISIK BERAT KANKER STADIUM LANJUT TBC DENGAN CAVERNA HIV/AIDS DLL. GANGGUAN KESEHATAN JIWA BERAT SKIZOFREN MENTAL RETARDATION DLL

DEMPET KEPALA YANG SULIT DIPISAH AN-ENCEPHALI SPINA BIFIDA DLL 3. JANIN DIDETEKSI MENDERITA CACAD GENETIK YANG KALAU LAHIR TAK DAPAT DISEMBUHKAN DEMPET KEPALA YANG SULIT DIPISAH AN-ENCEPHALI SPINA BIFIDA DLL 4. HAMIL KARENA PERKOSAAN  AKAN MENDERITA GANGGUAN FISIK DAN JIWA BERAT SSEUMUR HIDUP 5. HAMIL KARENA INCEST  AIB YANG TAK AKAN TERTAHANKAN SEUMUR HIDUP 6. KB GAGAL

HAMIL KARENA KB GAGAL (WHO,1993) CARA KB PERKIRAAN GAGAL (CARA SEMPURNA) % (CARA TAK SEMPURNA) JML PEMAKAI (000) JML. KEHAMILAN (CARA SEMPURNA) (CARA TAK SEMPURNA VASEKTOMI TUBEKTOMI SUNTIK SPIRAL PIL KONDOM DIAFRAGMA PANTANG BERKALA SENGGAMA TERPUTUS 0.50 0.10 0.30 0.60 3.00 6.00 4.00 0.15 0.80 5.00 14.00 20.00 25.00 19.00 201.000 41.000 26.000 149.000 78.000 51.000 4.000 31.000 1.005 41 78 894 1.530 240 780 1.240 62 1.192 3.900 7.140 800 6.500 5.890 TOTAL 607.000 5.886 26.567

7. ALASAN SOSIAL EKONOMI ANAK SUDAH 10 ORANG, SEDANG SUAMI DAN ISTERI TAK BEKERJA, SUDAH PAKAI KB TAPI GAGAL  MUDAH TERJADI GANGGUAN KEHAMILAN DAN PERSALINAN  RENTAN TERHADAP GANGGUAN KESEHATAN SEPERTI ANEMIA, PROLPSUS UTERI DSB. KEHAMILAN YANG TERLALU RAPAT, SEHINGGA SIISTERI TAK MAMPU MENDIDIK/MENGASUH ANAK- ANAKNYA DENGAN BAIK DAN DILATAR BELAKANGI OLEH EKONOMI YANG PAS-PASAN TAK MAMPU MEMBEAYAI PENDIDIKAN ANAK YANG LAYAK 8. ALASAN LAINNYA

WALAUPUN ABORSI DILARANG, BAIK OLEH KUHP, UU MAUPUN FATWA MUI/MAJLIS TARJIH MUHAMMADIYAH, NAMUN ANGKA ABORSI TERMASUK TINGGI DI INDONESIA LK. 2.5 JUTA/TAHUN

SIAPA YANG MELAKUKAN ABORSI DI INDONESIA? (YKP, 2003) (N=1446, 9 kota di Indonesia) KARAKTERISTIK PEREMPUAN: USIA DIATAS 30 TAHUN: 58% USIA ANTARA 20-30 TAHUN: 39% USIA DIBAWAH 20 TAHUN: < 3% SUDAH MENIKAH: 87% BELUM MENIKAH: 12% IBU RUMAH TANGGA: 48% BEKERJA: 43% PELAJAR: 7% LAINNYA: 2%

SIAPA YANG MELAKUKAN ABORSI DI INDONESIA? (YKP, 2003) (N=1446, 9 kota di Indonesia) SEBAB KEHAMILAN: ANTARA 45- 89.2% KARENA KB GAGAL ALASAN PENGHENTIAN KEHAMILAN: PSIKOSOSIAL: 58% KB GAGAL: 36% INDIKASI KESEHATAN: 4% KEKERASAN: 0.1% LAINNYA: 2% UPAYA KLIEN UTK. MENGHENTIKAN KEHAMILAN: RAMUAN TRADISIONAL/JAMU: 57% PIL GINECOSID/CYTOTEX: 30% PIJAT: 3% LOMPAT-LOMPAT: 1% LAINNYA: 12%

HUKUM ISLAM TENTANG ABORSI YANG MEMBINGUNGKAN BERBAGAI NEGARA ISLAM MEMPUNYAI HUKUM TENTANG ABORSI YANG BERBEDA SATU DENGAN LAINNYA  MULAI DARI YANG MENGHARAMKAN TOTAL MULAI DARI SAAT KONSEPSI; ADA PULA YANG MEMBOLEHKAN SAMPAI DENGAN KEHAMILAN 120 HARI DENGAN BERBAGAI SYARAT TERTENTU PANDANGAN ULAMA KLASIK DAN KONTEMPORER JUGA BERBEDA PENDAPAT SATU DENGAN LAINNYA  MULAI DARI YANG MENGHARAMKAN TOTAL MULAI SAAT KONSEPSI SAMPAI DENGAN YANG MEMBOLEHKAN SEBELUM NAFKH AL RUH 120 HARI PASCA KONSEPSI

KENAPA HUKUM/FATWA TENTANG ABORSI BERBEDA?

HADIS NABI DALAM KUTUBBUS SITTAH: AYAT-AYAT AL QURAN TD. : AYAT MUHKAMAT (LK. 15%) DAN MUTASHAABBIHAT (LK. 85%)  QS. ALI ‘IMRAN (3): 7 AYAT-AYAT MUTASHAABBIHAT HANYA BISA DITAFSIRKAN DENGAN HADIS  PERAN NALAR BERPERAN BESAR DALAM MENARIK KESIMPULAN AKHIR HADIS NABI DALAM KUTUBBUS SITTAH: BUKHARI DAN MUSLIM BUKHARI MUSLIM NASA’I TURMUZI IBNU MAJAH ABU DAUD

BERDASARKAN KEBENARAN ISNAD DAN MATAN: HADIS SAHIH  ISNAD DAN MATAN SANGAT DIPERCAYA HADIS HASAN  PUNYA SATU SAMBUNGAN ISNAD YANG LEMAH HADIS DA’IF  PUNYA SEBAGIAN ISNAD DAN MATAN YANG LEMAH HADIS MUBHAN  HADIS DENGAN SEORANG ISNAD YANG TAK DIKENAL HADIS QUDSI  MERUPAKAN WAHYU TAPI KALIMATNYA DISUSUN SENDIRI OLEH NABI HADIS MUDRAJ  HADIS YANG DITAMBAH KATA-KATANYA OLEH PERAWI HADIS MURSAL  ISNADNYA TANPA SAHABAT TAPI HANYA TABI’IN KMD. LANSUNG NABI HADIS MUTAWATIR  DITURUNKAN OLEH ORANG BANYAK DAN DIANGGAP BENAR HADIS MAUDU’  HADIS PALSU

KARENA HADIS MEMPUNYAI BERAGAM PERINGKAT  MENIMBULKAN KESULITAN DALAM MENAFSIRKAN BERBAGAI AYAT AL QURAN AKIBATNYA: PARA MUFASSIR MERUJUK AYAT DAN HADIS YANG SAMA TAPI BISA KELUAR DENGAN KESIMPULAN YANG BERBEDA PARA MUFASSIR DALAM MAZHAB YANG SAMA DALAM SATU NEGARA BISA BERBEDA PENAFSIRANNYA PARA MUFASSIR DALAM SATU MAZHAB YANG SAMA DALAM NEGARA YANG BERBEDA BISA BERBEDA PENAFSIRANNYA, APALAGI DARI MAZHAB YANG BERBEDA

MERUMUSKAN HUKUM ISLAM PERJUANGAN ANTARA MENCARI DALIL YANG PALING BENAR DAN UPAYA MEWUJUDKAN MASLAHAH UMAT SERING PARA FUQAHA HANYA FOKUS MEMPERDEBATKAN DALIL-DALIL TAPI KURANG MEMPERTIMBANGKAN MASLAHAH UMAT PEREMPUAN DENGAN KEHAMILAN YANG TAK DIINGINKAN MERUPAKAN BAGIAN DARI MASLAHAH UMAT  PERATURAN PERUNDANGAN DAN HUKUM ISLAM TIDAK BERPIHAK PADA MEREKA

PERDARAHAN HEBAT  KEMATIAN INFEKSI  KEMANDULAN AKIBAT TERHADAP PEREMPUAN DGN. KEHAMILAN YANG TAK DIINGINKAN  TDK DILAYANI OLEH DOKTER DAN TENAGA KESEHATAN TERLATIH LAINNYA  TERPAKSA PERGI KEDUKUN/ORANG TDK KOMPETEN DGN. AKIBAT: PERDARAHAN HEBAT  KEMATIAN INFEKSI  KEMANDULAN RUPTUR (SOBEKAN) ALAT GENITALIA RUPTUR SISTEM SALURAN KENCING RUPTUR SISTEM SALURAN MAKANAN STIGMA PSIKOLOGIS YANG AKAN DIDERITA SEUMUR HIDUP

6 (ENAM) ISU KRUSIAL

1. MASALAH NYAWA (LIFE) DAN RUH SEMUA MAKHLUK HIDUP PASTI PUNYA NYAWA  SEMUA MAKHLUK YANG TERGOLONG FAUNA (ANIMAL KINGDOM), FLORA (PLANT KINGDOM) DAN PROTISTA (BACTERIA, VIRUS, FUNGUS) MANUSIA MERUPAKAN MAKHLUK HIDUP YANG PUNYA NYAWA TAPI JUGA PUNYA RUH MAKHLUK SATU SEL SEPERTI: GAMIT (OVUM DAN SPERMATOZOA) DAN ZIGOT PUNYA NYAWA TAPI TAK PUNYA RUH

MEMBUNUH MAKHLUK HIDUP BUKAN MANUSIA  PERBUATAN MENGHILANGKAN NYAWA MEMBUNUH BINATANG  PERBUATAN MENGHILANGKAN NYAWA BINATANG MEMBUNUH VIRUS/KUMAN/JAMUR PERBUATAN MENGHILANGKAN NYAWA VIRUS/KUMAN/JAMUR MEMBUNUH MANUSIA  TIDAK HANYA PERBUATAN MENGHILANGKAN NYAWA MANUSIA, TAPI JUGA MENGHILANGKAN RUH

2. MASALAH NAFKH AL RUH (ditiupkannya ruh) TERDAPAT PERBEDAAN BESAR ANTAR FUQOHA: MULAI TERBENTUKNYA ZIGOT SAMPAI 40 HARI KEHAMILAN SAMPAI 80 HARI KEHAMILAN SAMPAI 120 HARI KEHAMILAN MENGINGAT YANG DINAMAKAN MANUSIA ITU HARUS PUNYA NYAWA DAN RUH, MAKA PENETAPAN KAPAN DITIUPKANNYA RUH MENJADI SANGAT PENTING DLM. PENETAPAN LEGALITAS PENGAKHIRAN KEHAMILAN YANG TIDAK DIKEHENDAKI

3. MASALAH KETIDAKSAMAAN PROSES KEJADIAN MANUSIA DALAM AL QURAN DAN HADIS DENGAN IPTEK KEDOKTERAN Kejadian manusia pertama dari tanah (min tiin) as-Sajdah (32): 7-9, al Hajj(22): 5 Kejadian manusia selanjutnya dari air yang terpancar (min maa’in daafik) al Tariq (86): 5-7 dari mani yang dipancarkan (min many yamna) al Qiyamah (75): 37-39 dari nutfah yang bercampur (min nutfatan amsyaj) al Insan (76): 2 dari nutfah yang disimpan dalam tempat yg kokoh (nutfatan fi qararin makiin), kmd. Kami jadikan ‘alaqah = segumpal darah (summa khalaqna nutfatan ‘alaqatan) , kmd. ‘alaqah berubah menjadi mudhgah = segumpal daging (fakhalaqna ‘alaqatan mudhgatan) al Mu’minun (23): 12-14, al Hajj (22): 5

KEDOKTERAN MENGENAL 2 TAHAPAN KEHAMILAN: TAHAP EMBRIO: MINGGU I s/d MINGGU VIII TAHAP FOETUS: MINGGU 9 s/d ATERM MINGGU I : DIMULAI DGN. PERTEMUAN OVUM (makhluk hidup satu sel pembawa kromosom XX) DGN SPERMATOZOON (makhluk hidup satu sel pembawa kromosom XY) TERBENTUK ZIGOT (makhluk hidup satu sel pembawa kromosom XX atau XY)  MEMBELAH MENJADI 2 SEL  4 SEL 8 SEL 16 SEL disebut sbg. MORULA  MIGRASI KEDALAM RONGGA RAHIM

EMBRIO MINGGU I

EMBRIO MG. I DARI OVULASI s/d BLASTOSIS

DARI OVULASI s/d IMPLANTASI

EMBRIO MG. II EMBRIO MINGGU I EMBRIO MG. I

EMBRIO MG.II EMBRIO MG. II

EMBRIO MG. II EMBRIO MG. II

EMBRIO MG. II -III EMBRIO MG. III

EMBRIO MG. IV

EMBRIO MINGGU V EMBRIO MG. V

EMBRIO MG. VI EMBRIO MG. VI

EMBRIO MG. VII EMBRIO MG. VII

EMBRIO MG. VIII EMBRIO MG. VIII

EMBRIO MG. VIII

4. MASALAH PENGERTIAN ‘ALAQAH DAN MUDHGAH MENURUT TERJEMAHAN DEPARTEMEN AGAMA: ‘ALAQAH = SEGUMPAL DARAH Dalam bahasa Arab : kata ‘alaqah tidak hanya berarti segumpal darah, tapi juga berarti melengket atau tergantung Korelasi dengan embriologi janin melakukan implantasi kedinding rahim  blastosis melengket ke endometrium Ok itu kata ‘alaqah lebih tepat diartikan sebagai blastosis  fase ini barulah Minggu ke 2 kehamilan (ini berbeda dgn persepsi yg banyak dianut selama ini bahwa ‘alaqah adalah 40 hari kedua pasca konsepsi)

DARI OVULASI s/d IMPLANTASI

Artinya : Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah. (Q.S. al-Hajj : 5).

MENURUT TERJEMAHAN DEPARTEMEN AGAMA MUDHGAH= SEGUMPAL DAGING Kata daging dalam al Quran lebih banyak dipakai: lahm  contoh dalam al Baqarah (2): 173 Dalam embriologi tidak dikenal fase pembentukan segumpal daging Paling mungkin fase mudhgah tsb. adalah segumpal sel  fase pembentukan 3 lapis sel: ektoderm, mesoderm dan entoderm  itu berarti yang dimaksud dengan mudhgah adalah janin minggu ke 3 (bukannya 40 hari ketiga pasca kehamilan) KATA MUDHGAH LEBIH TEPAT DIARTIKAN SEBAGAI: SEGUMPAL SEL

EMBRIO MG. II -III EMBRIO MG. III

Artinya : Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging. Kemudian kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. (Q.S.al-Mu'minun : 12-14).

5. MASALAH KAPAN TERBENTUKNYA MANUSIA BARU (KHALQAN AKHR) JANIN BARU DISEBUT SETARA DENGAN MANUSIA KALAU JANIN TELAH DITIUPKAN RUH KEDALAMNYA JUMHUR ULAMA: SESUDAH 120 HARI PASCA KONSEPSI  PASTI RUH TELAH DITIUPKAN NAMUN SEBAGIAN ULAMA MAZHAB MALIKI, SHAFII, HANAFI, HAMBALI DAN BERBAGAI PAKAR HUKUM ISLAM PUNYA RAGAM PENDAPAT LAIN SEBAGIAN KECIL BERPENDAPAT MULAI TERJADINYA KONSEPSI, NAMUN CUKUP BANYAK YANG BERPENDAPAT: ADA YANG 40 HARI DAN ADA PULA YANG 80 HARI PASCA KONSEPSI

6. MASALAH SUBSTANSI YANG KONTRADIKTIF ANTARA SAHIH BUKHARI& MUSLIM DENGAN SAHIH MUSLIM

SAHIH BUKHARI & MUSLIM

Artinya : "Dari Abi Abd. Rahman Abdillah bin Mas'ud ra. berkata: Rasulullah SAW menceritakan kepada kami, sesungguhnya seseorang dari kamu kejadiannya dikumpulkan di dalam perut ibunya selama empat puluh hari berupa nutfah, kemudian menjadi alaqah seperti itu (misla zaliq) kemudian menjadi mudghah seperti itu (misla zaliq), kemudian Malaikat dikirimkan kepadanya. Lalu meniupkan ruh ke dalamnya dan diperintahkan untuk melakukan empat kalimat, yaitu mencatat rizkinya, amal perbuatannya, dia celaka atau bahagia. Demi Allah yang tidak ada Tuhan selainnya, sesungguhnya seseorang dari kamu akan melakukan amal penghuni surga, sehingga tidak ada antara dia dan dia (surga) melainkan satu zira' (hasta) maka yang menang apa yang tercatat, sehingga dia berbuat perbuatan penghuni neraka, kemudian dia masuk ke dalamnya (neraka). Dan sesungguhnya seseorang dari kamu akan berbuat perbuatan penghuni neraka, sehingga tidak ada antara dia dan dia (neraka) melainkan satu zira (hasta), maka yang menang apa yang tercatat, sehingga dia melakukan amal penghuni surga, kemudian dia masuk ke dalamnya (surga)". (H.R. Al-Bukhari dan Muslim).

Sahih Muslim:

Artinya : "Abu Al-Thahir bin Amr Sarh menceriterakan kepada saya, bahwa Abi Wahab memberi kabar kepada kami bahwa 'Amr bin Al-Harits memberi kabar kepada saya dari Abdullah Al-Zubair Al-Makky bahwa 'Amir bin Watsilah menceriterakan kepadanya, bahwa dia men-dengar Abdullah bin Mas'ud berkata : Yang celaka adalah yang celaka di dalam perut ibunya dan yang bahagia adalah yang memberi nasihat kepada orang lain. Kemudian seorang lelaki dari sahabat Rasul SAW yang bernama Khudzaifah bin Asid Al-Ghifari datang, kemudian menceriterakannya yang demikian dari perkataan Ibni Mas'ud maka Amir berkata: Bagaimanakah celakanya seseorang tanpa amal perbuatan ? Lelaki itu menjawab : Apakah anda heran tentang hal itu, sesungguhnya saya mendengar Rasulullah SAW berkata : Apabila Nuthfah telah melewati empat puluh dua hari, Allah mengutus Malaikat untuk membentuk rupanya, menjadikan pen-dengarannya, penglihatannya, kulitnya, daging dan tulangnya, kemudian Malaikat bertanya : Wahai Tuhanku: Apakah dijadikan laki-laki atau perempuan ? lalu Allah menentukan apa yang dikehendakinya, lalu Malaikat menulisnya : Malaikat bertanya lagi : Wahai Tuhanku : Ajalnya ? Maka Tuhanmu mengatakan apa yang dia kehendaki, lalu Malaikat manulisnya : Kemudian Malaikat bertanya lagi : Wahai Tuhanku: Rizkinya? Maka Allah memutuskan apa yang Dia kehendaki, lalu Malaikat menulisnya kemudian Malaikat itu keluar membawa lembaran catatan ditangannya, tidak ditambah dan tidak dikurangi". (H.R. Muslim).

misla zaliq ADALAH PROSES BUKAN WAKTU SAHIH MUSLIM LEBIH RELEVAN DENGAN IPTEK KEDOKTERAN, SEHINGGA LEBIH LAYAK DIJADIKAN LANDASAN HUKUM YANG SANGAT KUAT, DIMANA PADA 42 HARI KEHAMILAN, TELAH TERBENTUK MUKA, TUNAS MATA, TUNAS TELINGA, TUNAS ANGGOTA ATAS DAN BAWAH SAHIH BUKHARI-MUSLIM SEBENARNYA SECARA SUBSTANSI TIDAK BERTENTANGAN DENGAN HADIS MUSLIM KERICUHAN TERJADI WAKTU MENTERJEMAHKAN KATA: misla zaliq = 40 hari juga  pada hal mestinya : seperti itu juga  ini dapat terkait dengan waktu tapi bisa juga prosesnya misla zaliq ADALAH PROSES BUKAN WAKTU

KESIMPULAN SECARA UMUM DAN KESELURUHAN, HUKUM ASAL ABORSI ADALAH HARAM. KECUALI ADA ALASAN-ALASAN TERTENTU YG DIBENARKAN OLEH SYARIAH. ABORSI YG DIBOLEHKAN DLM HUKUM ISLAM, MESKIPUN HUKUMNYA MAKRUH ADALAH ABORSI YG DILAKUKAN: a. Maksimal kehamilan mencapai 40 hari b. Perempuan yg hamil menderita sakit fisik berat spt. Kanker stadium lanjut, TBC dgn caverna dll. c. Perempuan yg hamil dan atau suaminya menderita sakit jiwa berat yg sulit disembuhkan spt. skizofren yg secara genetik dpt diturunkan kpd. janinnya

d. Janin yg dikandung secara medis terdeteksi menderita cacad genetik yg sulit disembuh- kan e. Perempuan yg hamil akibat perkosaan f. Perempuan yg hamil karena incest g. Dan alasan-alasan lain yg dibenarkan seca- ra syar’i 2. DALAM KEADAAN DIMANA KEHAMILAN MENGANCAM NYAWA SIIBU, MAKA HUKUM ABORSI MENJADI WAJIB DAN TIDAK TERIKAT DGN USIA KEHAMILAN 3. KEPUTUSAN DILAKUKANNYA ABORSI HARUS DITETAPKAN OLEH SEBUAH TIM YG TERDIRI ATAS: MINIMAL SEORANG DOKTER, SEORANG WAKIL KELUARGA DAN SEORANG ULAMA

4. PELAKSANAAN ABORSI HARUS DILAKUKAN. OLEH DOKTER DAN ATAU TENAGA 4. PELAKSANAAN ABORSI HARUS DILAKUKAN OLEH DOKTER DAN ATAU TENAGA KESEHATAN TERLATIH UTK ABORSI TSB. YG PELAKSANAANNYA DILAKUKAN DIFASILITAS KESEHATAN YG DITETAPKAN DAN DITUNJUK OLEH PEMERINTAH 5. ABORSI YG DILAKUKAN TERHADAP KEHAMILAN YG DIAKIBATKAN OLEH ZINA HUKUMNYA HARAM

FATWA MAJLIS ULAMA INDONESIA NO. 4 TAHUN 2005 Menimbang: dst Mengingat: dst Qaidah fiqih: dst Memperhatikan: dst MEMUTUSKAN Menetapkan: FATWA TENTANG ABORSI Pertama: Ketentuan umum Darurat adalah suatu keadaan dimana seseorang apabila tidak melakukan sesuatu yg diharamkan maka ia akan mati atau hampir mati Hajat adalah sesuatu keadaan dimana seseorang apabila tidak melakukan sesuatu yang diharamkan maka ia akan mengalami kesulitan besar

Kedua: ketentuan hukum Aborsi haram hukumnya sejak terjadinya implantasi blastosis pada dinding rahim ibu (nidasi) Aborsi boleh dilakukan krn adanya uzur, baik yg bersifat darurat ataupun hajat. a. Keadaan darurat yg berkaitan dgn kehamilan yg membolehkan aborsi adalah: 1. Perempuan hamil menderita sakit fisik berat spt. Kanker stadium lanjut, TBC dgn caverna dan penyakit-penyakit fisik lainnya yg harus ditetapkan oleh Tim Dokter 2. Dlm keadaan dimana kehamilan mengancam nyawa siibu

MAJLIS ULAMA INDONESIA 2. b. Keadaan hajat yg berkaitan dgn kehamilan yang dpt membolehkan aborsi adalah: 1. Janin yg dikandung dideteksi menderita cacad genetik yg kalau lahir kelak sulit disembuhkan 2. Kehamilan akibat perkosaan yg ditetapkan oleh Tim yg berwenang yg didalamnya terda pat al. keluarga korban, dokter dan ulama c. Kebolehan aborsi sebagaimana dimaksud huruf b harus dilakukan sebelum janin berusia 40 hari 3. Aborsi haram hukumnya dilakukan pd kehamilan yg terjadi akibat zina Jakarta, 21 Mei 2005 MAJLIS ULAMA INDONESIA

TERIMA KASIH