FLOWCHART PERENCANAAN dan IMPLEMENTASI AUTOMASI PERPUSTAKAAN DISKUSI TENTANG KOMPONEN AUTOMASI PERPUSTAKAAN IDENTIFIKASI PROFILE PERPUSTAKAAN SUSUN DOKUMEN/PROPOSAL PANTAU KINERJA REKANAN EVALUASI PROPOSAL REKANAN TUNJUK REKANAN PENERIMAAN DAN CEK BARANG INSTALASI TRAINING PENGEMBANGAN EVALUASI UJI COBA
PERTEMUAN III TOPIK: Kebutuhan Harwares, Software dan Jaringan Komputer Perpustakaan TUJUAN: Mahasiswa memahami kebutuhan hardwares dan software, dan jaringan komputer perpustakaan REFERENSI: Best Practices for Library Computer Networks dari http://www.georgialibraries.org/lib/technology/best_practices.php diakses 15 maret 2011, jam 13.55. Proboyekti, Umi. Jaringan Komputer dari http://lecturer.ukdw.ac.id/othie/Jaringan_Komputer.pdf diakses 15 maret 2011, jam 14.45. Tipe jaringan komputer dari http://laksamana-embun.blogspot.com/2010/03/tipe-jaringan-komputer.html diakses tanggal 13 Maret 2012, jam 14.00. WIDODO. Jaringan komputer perpustakaan: alternatif penataannya. Makalah disampaikan pada Technical Assistance dalam rangka penerapan system Dynix di UPT Perpustakaan Universitas Lampung, tanggal 8 s.d. 13 Juli 1998.
Kebutuhan Hardwares Sever PCs HUB UPS, genset, stabiliser UTP cable, cable connectors Router WiFi Scanner Barcode scanner Printers Security gate Laminator, dll.
Kebutuhan Softwares Operating system: Linux Server Operating System: redhat, Debian, SuSE/Novell Microsoft Windows Operating System Mac Operating System WindowsNT Server Operating System Windows…… Server Operating System Virtual Server Operating System Aplikasi automasi perpustakaan: SOFTWARE INDONESIA: UNSLA DEWA PUSTAKA SIMPUS NCI/Bookman CDS-ISIS WINISIS SIPRUS IBRA
Jaringan Komputer Perpustakaan Sejarah Komunikasi Komunikasi awalnya bergantung pada transportasi: jalan antar kota, antar provinsi/negara bagian kemudian antar negara/benua. Kemudian komunikasi jarak jauh melalui: telegraf (1844) telepon (1867) gelombang radio elektromagnetik (1889) radio komersial (1906) televisi broadcast (1931), di Indonesia (1962) jaringan internet (1962) Dunia terasa jadi lebih kecil karena orang dapat mengetahui dan mendapatkan informasi tentang apa yang terjadi di bagian lain dunia ini dengan cepat, bahkan dalam waktu yang bersamaan.
PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER Komputer yang awalnya dimanfaatkan sebagai mesin penghitung dan pengolah data, kemudian digunakan sebagai alat komunikasi sejak adanya jaringan komputer. Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang terpisah- pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Dua buah komputer dikatakan terkoneksi bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Bentuk koneksi dapat melalui: kawat tembaga, serat optik, WiFi, gelombang mikro, satelit komunikasi. Dalam suatu jaringan komputer, pengguna harus secara eksplisit: masuk atau login ke sebuah mesin menyampaikan tugas dari jauh Memindahkan/merubah file-file menangani sendiri secara umum seluruh manajemen jaringan
JENIS JARINGAN KOMPUTER LAN atau Local Area Network adalah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. MAN atau Metropolitan Area Network adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. WAN atau Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara.
JENIS JARINGAN KOMPUTER (lanjutan) Intranet adalah jaringan komputer khusus yang hanya diperuntukan atau dapat diakses oleh satu pihak. Contohnya: Telkom Pekanbaru dan Telkom Jakarta Jakarta. Internet (interconnected-networking) adalah jaringan komputer yang mencangkup area seluruh dunia (global), orang di belahan bumi dapat berkomunikasi dan bertukar data dengan Internet..
TIPE JARINGAN 1. Jaringan Peer to Peer adalah jaringan komputer di mana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Jaringan Peer to Peer memperbolehkan pemakai membagi resources dan file pada komputer mereka serta mengakses shared resources yang ada pada komputer lain. Keuntungan dari Peer to Peer: Murah, Karena tidak memerlukan server. Instalasi mudah dilakukkan. Kerugian dari Peer to Peer: Desentralisasi - tidak ada posisi sentral untuk file dan aplikasi. Keamanan - tidak ada keamanan pada jaringan.
TIPE JARINGAN (lanjutan) 2. Client Server adalah jaringan komputer di mana jaringan ini memiliki satu buah server dan selebihnya bertindak sebagai client. Client Server merupakan jaringan yang memperbolehkan jaringannya untuk memusatkan fungsi dan aplikasi dalam satu atau lebih file server. File server menjadi jantung dari sistem, menyediakan akses dan resources dan menyediakan keamanan. Individual workstation (client) memiliki akses ke resources yang tersedia pada file server. Untuk menggunakan Jaringan Client Server diperlukan sebuah media perantara berupa hub/switch.
TIPE JARINGAN (lanjutan) Gambaran jaringan Client Server
TIPE JARINGAN (lanjutan) Keuntungan dari Client Server: Terpusat - resource dan keamanan data terkontrol melalui server. Mempunyai skala - satu atau semua elemen bisa diganti tergantung pada kebutuhan. Fleksibel - teknologi baru dengan mudah dapat diintegrasikan ke dalam sistem. Interoperability - semua komponen (client/jaringan/server) bekerja bersama-sama. Mudah diakses - server dapat diakses dari jauh dan melewati multiple platform. Kerugian dari Client Server: Memerlukan investasi awal yang lumayan besar. Jaringan besar akan membutuhkan seorang staf untuk mengefisienkan operasi dan perawatan.
TUJUAN JARINGAN KOMPUTER resource sharing/berbagi sumber: seluruh program, peralatan dan data. Misalnya data SIAKAD high reliability/kehandalan tinggi: tersedianya sumber-sumber alternatif kapanpun diperlukan. Misalnya pada aplikasi perbankan atau militer, jika salah satu mesin tidak bekerja, kinerja organisasi tidak terganggu karena mesin lain mempunyai sumber yang sama. menghemat beaya: membangun jaringan dengan komputer-komputer kecil lebih murah dibandingkan dengan menggunakan mainframe. Data disimpan di sebuah komputer yang bertindak sebagai server dan komputer lain yang menggunakan data tersebut bertindak sebagai client. scalability/skalabilitas: meningkatkan kinerja dengan menambahkan komputer server atau client dengan mudah tanpa mengganggu kinerja komputer server atau komputer client yang sudah ada lebih dulu. medium komunikasi: memungkinkan kerjasama antar orang-orang yang saling berjauhan melalui jaringan komputer, baik untuk bertukar data maupun berkomunikasi. akses informasi luas: dapat mengakses dan mendapatkan informasi dari jarak jauh komunikasi orang-ke-orang: digunakan untuk berkomunikasi dari satu orang ke orang yang lain hiburan interaktif
PERLUNYA PENATAAN JARINGAN KOMPUTER (SITE PLAN): agar dapat diopersikan secara maksimal memberi kenyamanan dan keamanan bagi pustakawan memberi kenyamanan dan keamanan bagi pengguna
BEBERAPA PERTIMBANGAN DALAM PENATAAN JARINGAN/"SITE PLAN" UMUM Aman dan nyaman Rapih Dalam unit kerja/dekat dengan pengguna Saling berhubungan/komunikasi Tersedia listrik cadangan Jumlah terminal mencukupi Adanya "system administrator"
BEBERAPA PERTIMBANGAN DALAM PENATAAN JARINGAN/"SITE PLAN” KHUSUS Server: hanya autorised person(s) can access Katalogisasi: disesuaikan dengan alur kerja OPAC: mudah dikenali, tidak terlalu berdekatan, tersedia terminal di ruang Layanan: perlu disediakan terminal untuk layanan sirkulasi, layanan "reserve collection", layanan referensi dan penelusuran informasi, layanan informasi koleksi/baca
MATUR NUWUN