Testing dan Implementasi Sistem

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Metode Pengujian Perangkat Lunak (White Box)
Advertisements

TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Testing dan Implementasi Sistem
Testing dan Implementasi Sistem
Testing dan Implementasi Sistem
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Teknik Pengujian Perangkat Lunak
Testing dan Implementasi Sistem
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Testing dan Implementasi Sistem
TESTING PROGRAM Materi Pertemuan ke-5 & 6.
PERANCANGAN KASUS UJI.
TESTING & IMPLEMENTASI SISTEM
TESTING DAN QA SOFTWARE PERTEMUAN 9
Testing dan Implementasi Sistem
Testing dan Implementasi Sistem Suwanto Raharjo Pertemuan ke 2:White Box Testing.
Dasar-dasar Pengujian Perangkat Lunak
Testing Levels. Activities of Test Engineer Test engineer is an information technology professional who is in charge of ane or more technical test activities,
Pertemuan 5 PENGUJIAN WHITE BOX.
Testing dan implemantasi sistem
VALIDASI SOFTWARE (Nelly Sofi).
Testing dan implementasi sistem
TEKNIK-TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
14. PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Control-flow Testing MATA KULIAH : testing DAN implementasi sistem Dosen pengampu : catur iswahyudi s.Kom.,se.m.cS.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Metode Pengujian Perangkat Lunak
TESTING PROGRAM.
White Box Testing Pembuatan Flowgraph Pembuatan Testcase.
Pengujian Perangkat Lunak
IMPLEMENTASI SISTEM.
WHITE BOX TESTING PENGUJIAN BASIS PATH
Teknik Pengujian Perangkat Lunak
TEST CASE Aidil Agus( ) Apridestio Fajri ( ) Mega Desvita( ) Diki Miltra( ) Prima Maulana ( ) Isel( ) Ayu( )
Metode Pengujian Perangkat Lunak (White Box)
Testing dan Implementasi
TESTING & IMPLEMENTASI SISTEM
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan Ke-11)
Testing dan Implementasi Sistem [3-sks (3-0)]
Dasar-dasar Pengujian Perangkat Lunak
TESTING DAN IMPLEMENTASI PERTEMUAN 3
Software Engineering ( Pressman )
TESTING DAN IMPLEMENTASI PERTEMUAN 4
TESTING & IMPLEMENTASI “WHITE BOX TESTING”
WHITE BOX TESTING DAN BLACK BOX TESTING
Validasi dan Verifikasi Software
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 5 PENGUJIAN WHITE BOX.
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan Ke-12)
TESTING DAN QA SOFTWARE PERTEMUAN 14
TESTING DAN QA SOFTWARE PERTEMUAN 18
Dasar-dasar Pengujian Perangkat Lunak
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Testing dan Implementasi
Pengujian White Box Kustanto 11/16/2018 Pengujian white box.
TESTING DAN QA SOFTWARE PERTEMUAN 9
Pengujian White Box Kustanto 11/27/2018 Pengujian white box.
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Dasar-dasar Pengujian Perangkat Lunak
White Box Testing.
Pengujian Perangkat Lunak
Pengujian Perangkat Lunak
Dasar-dasar Pengujian Perangkat Lunak
Dasar-dasar Pengujian Perangkat Lunak
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Metode Pengujian Perangkat Lunak (White Box)
WHITE BOX TESTING PENGUJIAN BASIS PATH
Transcript presentasi:

Testing dan Implementasi Sistem Bab 3. Desain Test Case Lecturer: Arochman Tujuan: Memberikan landasan yang cukup dalam memahami test case sebagai salah satu dasar dari testing. Memberikan dasar-dasar metode disain test case beserta contoh ilustrasinya. Referensi: Pressman, Roger S., “Software Engineering: A Practitioner’s Approach,” Fifth Edition, McGraw-Hill, New York, 2001. Hetzel, Bill, “The Complete Guide to Software Testing,” Second Edition, John Wiley & Sons, 1988. Collard & Co., “Software testing & Quality Assurance Techniques,” Collard & Co., 1997. Shoemaker, Dan, and Jovanovic, Vladan, “Engineering A Better Software Organization,” Quest Publishing House, Michigan, 1999.

1. Definisi Test Case Desain Test Case Test case merupakan suatu tes yang dilakukan berdasarkan pada suatu inisialisasi, masukan, kondisi ataupun hasil yang telah ditentukan sebelumnya. Kegunaan test case: Untuk melakukan testing kesesuaian suatu komponen terhadap spesifikasi (Black Box Testing). Untuk melakukan testing kesesuaian suatu komponen terhadap desain (White Box Testing). Catatan: Testing tidak dapat membuktikan kebenaran semua kemungkinan eksekusi dari suatu program. Namun dapat didekati dengan melakukan perencanaan dan disain test case yang baik sehingga dapat memberikan jaminan efektifitas dari software sampai pada tingkat tertentu sesuai dengan yang diharapkan.

2. White Box Testing Desain Test Case Disebut juga glass box testing, clear box testing Adalah suatu metode desain test case yang menggunakan struktur kendali dari desain prosedural. Metode desain test case ini dapat menjamin: Semua jalur (path) yang independen / terpisah dapat dites setidaknya sekali tes. Semua logika keputusan dapat dites dengan jalur yang salah dan atau jalur yang benar. Semua loop dapat dites terhadap batasannya dan ikatan operasionalnya. Semua struktur internal data dapat dites untuk memastikan validitasnya.

2.1. Cakupan pernyataan, cabang dan jalur Desain Test Case Cakupan pernyataan, cabang dan jalur adalah suatu teknik white box testing yang menggunakan alur logika dari program untuk membuat test cases. Alur logika adalah cara dimana suatu bagian dari program tertentu dieksekusi saat menjalankan program. Alur logika suatu program dapat direpresentasikan dengan flow graph. Contoh:

2.1. Cakupan pernyataan, cabang dan jalur [Lanjutan …] Desain Test Case Suatu flow graph terbentuk dari: Nodes (titik), mewakili pernyataan (atau sub program) yang akan ditinjau saat eksekusi program. Edges (anak panah), mewakili jalur alur logika program untuk menghubungkan satu pernyataan (atau sub program) dengan yang lainnya. Branch nodes (titik cabang), titik-titik yang mempunyai lebih dari satu anak panah keluaran. Branch edges (anak panah cabang), anak panah yang keluar dari suatu cabang. Paths (jalur), jalur yang mungkin untuk bergerak dari satu titik ke lainnya sejalan dengan keberadaan arah anak panah.

2.1.1 Cakupan Pernyataan Desain Test Case Cakupan pernyataan 100 % adalah bila tiap pernyataan pada program ditinjau setidaknya minimal sekali tes. Cakupan 100 % terjadi bilamana semua titik dikunjungi oleh jalur-jalur yang dilalui oleh test cases. Contoh: Misal suatu jalur eksekusi program melewati titik-titik A, B, D, H, K Berarti ada 5 titik dari 10 titik yang dikunjungi, maka cakupan pernyataan sebesar 50 %.

2.1.2 Cakupan Cabang Desain Test Case Cakupan cabang 100 % adalah bilamana tiap cabang keputusan pada program ditinjau setidaknya minimal sekali tes. Cakupan 100 % adalah bilamana semua anak panah cabang ditinjau oleh jalur-jalur yang dilalui oleh test cases. Contoh: Misal suatu jalur eksekusi program melawati titik-titik A, B, D, H, K. Maka jalur tersebut meninjau 2 dari 6 anak panah cabang yang ada, jadi cakupannya sebesar 33%.

2.1.2 Cakupan Jalur Desain Test Case Cakupan jalur 100 % adalah bilamana tiap jalur pada program dikunjungi setidaknya minimal sekali tes. Cakupan 100 % adalah bilamana semua jalur dilalui oleh test cases. Contoh: Misal suatu jalur eksekusi program melawati titik-titik A, B, D, H, K. Maka eksekusi tersebut meninjau 1 dari 4 jalur yang ada, jadi cakupanya sebesar 25%

2.2. Disain Cakupan Tes Desain Test Case Tahap-tahap mendesain cakupan tes: Menganalisa source code untuk membuat flow graph. Mengidentifikasi jalur tes untuk mencapai pemenuhan tes berdasarkan pada flow graph. Mengevaluasi kondisi tes yang akan dicapai dalam tiap tes Memberikan nilai masukan dan keluaran berdasarkan berdasarkan pada kondisi.

2.3. Latihan Desain Test Case Analisa source code di bawah ini! Buatlah flow graph dari source code diatas! Sebutkan cakupan pertanyaan! Sebutkan cakupan cabang ! Sebutkan cakupan jalur !