PEMAHAMAN ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER HARDWARE, Yaitu mendeskripsikan semua elemen elektronik dan mekanik dari komputer, bersama dengan peralatan yang digunakan komputer. Contoh: keyboard, CPU, Harddisk,Dll. SOFTWARE, Yaitu komponen dalam data processing system yang berupa programprogram dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem Contoh : Ms. Windows, Ms.Excel, Dll. BRAINWARE, Yaitu orang yang bekerja dalam instansi komputer dan beberapa masalah yang berhubungan dengannya. Contoh : Analys System, Programmer, Dll Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
PEMAHAMAN KOMPONEN HARDWARE 1. INPUT 2. PROSES 3. KONTROL 4. PENYIMPANAN 5. OUTPUT Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] INPUT Masukan (input) sistem adalah segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan untuk diproses. Masukan dapat berupa hal-hal yangberwujud (tampak secara fisik) maupun yang tidak tampak. Contoh: yang berwujud bahan mentah, tak berwujud informasi (permintaan jasa dari pelanggan) Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] PROSES Merupakan bagian dari yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang berguna, misalnya berupa informasi atau produk, tetapi bisa berupa hal-hal yang tidak berguna misal pembuangan limbah. Pada sistem informasi, proses dapat berupa suatu tindakan yang bermacam-macam seperti meringkas data, melakukan perhitungan, mengurutkan data dll. Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] CONTROL Pengendalian (control) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback), yang mencuplik keluaran. Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan baik masukan maupun proses. Tujuannya adalah untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan. Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] PENYIMPAN Merupakan suatu bentuk wujud dari hasil input data yang terekam dalam suatu wadah yang telah disiapkan sebelum yang disesuaikan dengan kapasitas dari wadah tersebut yang dapat berupa perangkat keras. Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] OUTPUT Merupakan hasil dari pemrosesan. Pada sistem informasi, keluaran bisa berupa suatu informasi, saran cetakan laporan dan sebagainya. Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
PERANGKAT INPUT & OUPUT JENIS DAN CARA KERJA PERANGKAT INPUT 1.KEYBOARD 2. MOUSE 3. TRACKBALL 4. JOYSTICK 5. PEN 6. SCANNER 7. PONTING STICK 8. TOUCH PAD 9. TOUCH SCREEN 10. DIGITIZING TABLET Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] 1. Keyboard Tombol pada papan ketik (keyboard) dikelompokkan menjadi 4 bagian : a. Tombol Fungsi (function key) b. Tombol Alphanumerik (alphanumeric key) c. Tombol Kontrol (control key) d. Tombol Numerik (numeric key) Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Jenis-jenis tata letak papan ketik (keyboard) yaitu Tata Letak QWERTY Biasa juga disebut dengan nama Sholes keyboard, QWERTY keyboard pertama kali diperkenalkan oleh Christopher Sholes pada tahun 1868 Penamaan Keyboard QWERTY diambil berdasarkan letak tombol yang bertuliskan QWERTY diletakkan satu baris pada bagian kiri atas pada keyboard. Jenis keyboard ini sangat banyak digunakan termasuk Indonesia. Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] Dvorak keyboard Keyboard ini mulai dikenal sejak tahun 1936, yang mempunyai ciri-ciri bahwa semua huruf vokal dan tanda baca disusun menjadi satu tempat pada sisi sebelah kiri dari keyboard. Jenis ini muncul karena menyesuaikan sebagai user lebih cenderung banyak menggunakan hurup vokal daripada konsonan. Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] Azerty keyboard Jenis keyboard ini banyak digunakan oleh Negara Prancis. Tombol keyboard a, z, e, r, t, dan y dikelompokkan menjadi satu tempat pada posisi sebelah kiri. Keyboard ini dibuat berguna untuk memudahkan user dari negara prancis dalam pengetikan. Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] Qwertz keyboard Keyboard jenis ini dikhususkan buat Negara Jerman, karena mereka lebih sering menggunakan Tombol Z dari pada Y. Makanya tombol Q, W, E, R, T, dan Z diletakkan dalam satu kelompok. Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] 2. MOUSE Mouse Mekanis Bola yang terdapat di mouse akan menggerakan beberapa sensor ketika mouse digerakan. Mouse Optic Terdiri dari 2 LED (Light Emitting Diode) dan 2 lensa (photo-transistor) untuk medeteksi gerakan. Salah satu LED akan mengeluarkan cahaya berwarna merah dan LED yang lain mengeluarkan cahaya inframerah Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] 3. TRACKBALL Prinsip kerjanya sama dengan mouse, tapi berbeda dalam cara penggunaanya. 4.JOYSTICK Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas atau dengan tekanan pada tuas. Joystick elements: 1. Stick 2. Base 3. Trigger 4. Extra buttons 5. Autofire switch 6. Throttle 7. Hat Switch (POV Hat) 8. Suction Cup Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] 5. Light Pen Prinsip kerjanya adalah memantau selisih antara waktu saat elektron mulai melakukan gerakan dan pada saat lokasi tempat pena menyala Light pen banyak digunakan karena untuk keperluan menggambar, keyboard dianggap tidak memadai dan hasilnya menjadi kurang teliti. Dengan menyentuhkan ujung light pen pada monitor, maka komputer bisa mengetahui posisi titik mana yang tersentuh oleh light pen. Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] 6. Image Scanner Peranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto bahkan juga tulisan tangan. Hasilnya kemudian diubah menjadi menjadi isyarat digital. 7. Pointing Stick Prinsip kerjanya sama dengan mouse dan cara penggunaannya sama dengan trackball Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
PERANGKAT & METODE OUTPUT 1. Monitor. Dari teknologi yang digunakan monitor ada 2 yaitu : Tabung Sinar Katoda atau CRT (Chatode Ray Tube) Keunggulan Monitor CRT Gambar yang dihasilkan lebih tajam Harga Lebih murah ketimbang Monitor LCD Kalau rusak lebih mudah di perbaiki Sudut View (Penglihatan lebih baik) Umumnya pilihan resolution layar lebih banyak Kelemahan Monitor CRT Konsumsi daya Listrik sangat besar Bentuk ukuran besar dan berat sangat tidak fleksibel Terdapat Radiasi yang dapat merusak kesehatan Mata Masih menggunakan sinyal analog Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] LCD (Liquid Crystal Display) Keunggulan Monitor LCD Bentuk ukuran layar tipis membuatnya sangat ringan dan fleksibel Tidak adanya radiasi seperti Monitor CRT Sangat hemat daya listrik Sangat enak di pandang mata karena bentuknya yang styelis... Mengunakan sinyal Digital Kelemahan Monitor LCD Warna kurang akurat Respone time yang lambat Harganya tergolong mahal Resolution akan buruk jika di naikan melebihi kapasitas resulotion aslinya Sudut View akan berubah jika di lihat dari samping Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
PERANGKAT & METODE OUTPUT Tipe Layar MONITOR Beberapa jenis tipe layar tampilan : a. Direct-drive Monochrome Monitor Tipe layar tampilan ini biiasanya digunakan untuk adapter jenis MDA atau EGA. Layar tampilan jenis ini hanya menyajikan warna latar depan (foreground) dan warna latar belakang (background). b. Composite Monochrome Monitor .Tipe layar ini hanya bisa menyajikan sebuah warna latar depan, dan hanya dapat digunakan bersama-sama dengan adapter jenis CGA. Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] c. Composite Color Monitor Tipe layar ini dapat menghasilkan teks dan grafik berwarna (color). Meskipun demikian, tipe layar ini mempunyai resolusi yang jelek, sehingga gambar yang dihasilkan tidak bagus. Tipe layar tampilan ini harus digunakan bersama-sama dengan adapter jenis CGA. d. Red-Green-Blue Monitor Tipe layar ini lebih dikenal dengan sebutan RGB monitor (RGB= Red-Green-Blue). Tipe layar RGB lebih baik dibanding dengan Composite Color Monitor karena layar tampilan ini memproses isyarat warna merah, hijau dan biru secara terpisah. Dengan demikian, teks dan grafik yang dihasilkan juga lebih halus. e. Variable Frequency Layar tampilan ini memungkinkan kita untuk menggunakan adapter tampilan yang berbeda sehingga apabila ada teknologi adapter penampil yang lebih baru, kita tidak perlu membeli layar tampilan yang baru juga. Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] JENIS ADAPTER MONITOR Jenis adapter atau pengolah tampilan yang digunakan pada Monitor Komputer adalah : - MDA (Momochrome Display Adapter) - CGA (Color Graphics Adapter) - VGA (Video Graphics Array) - SVGA (Super Video Graphics Array). Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] PRINTER adalah suatu elemen dari output device untukmenghasilkan data, gambar atau grafik dalam bentuk cetakan. Berdasarkan cara kerjanya, printer dikelompokkan menjadi : Impact Printer (dengan ketukan) Impact printers memukul kertas saat mencetak sehingga lebih berisik, misalnya dot matrix printer memukul pita karbon untuk menghasilkan cetakan pada kertas Dot Matrix Printer memukulkan jarum pada head. Menggunakan kepala cetak berisi sekumpulan jarum besi. Bentuk berupa image atau karakter dibentuk dengan kombinasi jarum-jarum membentuk pola yang akan dicetak. Contoh : Dot Matrix tipe LX 300+ Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] Daisy Wheel Printer mirip dg mesin ketik Menggunakan sebuah roda yang berisi karakter-karakter. Tiap karakter di roda terletak pada sebuah lengan plastik yang dilekatkan pada pusat roda,shg berbentuk seperti bunga. - Roda yang berisi karakter akan berputar dan akan berhenti pada posisi karakter yang dikehendaki, slanjutnya karakter ini akan diketuk dengan suatu pemukul dan akan tercetak dikertas melalui suatu karbon. Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] Thimble Printer Seperti daisy wheel tetapi batangan tersebut dibengkokkan. Pola dari karakter ada diujung batangan plastik tersebut. Chain Printer Menggunakan suatu rantai yang berisi karakter-karakter untuk membentuk hasil cetakan. Rantai tersebut akan berputar secara horizontal dan setelah tepat pada posisi pencetakan palu pemukul akan mengetuk pola karakter di rantai melalui karbon. Band printer Drum printer Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] Non-impact Printer (tanpa ketukan) Bekerja dengan cara menyemprot kertas dengan tinta. Kelemahan dari jenis ini tidak dapat membuat sekaligus rangkap. Ink Jet Printer menyemprotkan larutan kimia. Contoh Ink Jet Printer tipe BJC-2100SP Laser Printer sinar laser (mirip dg mesin fotocopy). Contoh : Laser Printer. Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] Thermal Printer Printer ini menggunakan kepala cetak yang berisi jarum-jarum besi yang masing-masing dipanasi secara terpisah. Kertas yang digunakan adalah khusus yang peka terhadap panas. Jarum besi yang dipanasi, bila diletakkan dekat dengan kertas yang peka panas tersebut menyebabkan bentuk karakter akan terbakar di kertas. Thermal printer tidak dapat mencetak bentuk yang berwarna. Contoh : Samsung SRP-350 Thermal Printer Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] Thermal Transfer Merupakan printer teknologi panas yang dapat mencetak dalam bentuk warna-warna . Printer ini menggunakan kepala cetak yang dipanasi dan suatu karbon yang mengandung partikel-partikel tinta yang dilekatkan pada lilin. Jika lilin ini meleleh, partikel tinta akan terlepas dan melekat di kertas. Electrostatic Printer Menggunakan kepala cetak yang berisi jarum-jarum besi yang diberi aliran listrik. Cara kerja electrostatic printer sama dengan thermal printer, kecuali kertas yang digunakan adalah kertas khusus yang dilapisi dengan aluminium oksida. Printer ini juga tidak dapat mencetak bentuk yang berwarna. Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] Plotter Hanya untuk mencetak gambar teknik (grafik/rancangan). Biasanya digunakan dg aplikasi AUTOCAD. dapat digunakan untuk membuat grafik, diagram, peta. Plotter ada yang menggunakan drum (drum plotter) dan ada juga yang menggunakan meja datar (flat-bed plotter) untuk landasan kertasnya atau meja gulung (roller-bed plotter). Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]
Pengantar Sistem Komputer A [Faramita] BRAINWARE Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer/ sistem pengolahan data. Brainware merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem komputer. Menurut tingkat pemanfaatan terhadap komputer, Brainware digolongkan dalam empat tingkatan dimulai dari tingkatan yang tertinggi: a. System Analyst: Penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah proyek pembangunan sebuah sistem informasi khususnya yang memanfaatkan komputer b. Programmer : Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang c. Administrator : Seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem/jaringan komputer d. Operator : Pengguna biasa, hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada Pengantar Sistem Komputer A [Faramita]