Interaksi Manusia dan Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Advertisements

Komponen Antarmuka Grafis
PROGRAM APLIKASI DESAIN GRAFIS BERBASIS VEKTOR & BITMAP (CORELDRAW)
& Pengenalan perintah menu ( Ikon ) SISTEM OPERASI WINDOWS MODUL 2
TUTORIAL INTERNET. Apabila sudah masuk ke jendela windows seperti di atas, klik tombol ‘START’ di pojok kiri bawah seperti pada gambar.
B. Menjalankan dan Menutup Program Word 2007
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
MENJELASKAN PRINSIP KERJA DAN PENGATURAN KAMERA
Operating System Komputer (BIOS)
KOMPUTER HARDWARE.
SMAN Titian Teras Jambi
K3.
Microsoft Office Excel
KOMPUTER GRAFIS TEKNIK CAMERA Dalam 3D Studio Max, kamera dibuat dengan memilih tombol create dalam command panel, lalu.
DASAR-DASAR MICROSOFT EXCEL
Cara Kerja Perangkat Keras
Interaksi Manusia dan Komputer - part 2 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
Merawat peralatan multimedia
I N T E R A K S Pengoperasian Mouse.
MICROSOFT EXCEL.
KOMPUTER APLIKASI.
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
Digitasi Data Spasial Pertemuan 5.
SISTEM OPERASI WINDOWS
Pelatihan Komputer dan Internet Materi: Dasar Komputer Forsil PKK dan Dharma Wanita Kota Bandung Bandung, 19 Juni 2008.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
TRAFFIC AND BANDWIDTH MANAGEMENT by: Nur Hayat Al Annas.
Profil Komputer.
Komponen Antarmuka Grafis
X. PEMBUATAN PRESENTASI DENGAN STAR IMPRESS
PEMBAHASAN TENTANG MOUSE
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Pengelolaan data spasial
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
Tutorial LTSPICE IV Menyusun Rangkaian.
2 Kompetensi Dasar Indikator
Komponen Antarmuka Grafis
Mouse optis Kelompok XXIV.
Program Studi Teknik Informatika
Motion sensing pada wii remote
PROGRAM APLIKASI PERKANTORAN
Pengoperasian dan Troubleshooting Sistem Operasi Berbasis GUI (windows 7) By Taufik WN, S.Kom.
Pendahuluan Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan.
H A R D W A R E K O M P U T E R.
MENJELASKAN PRINSIP KERJA DAN PENGATURAN KAMERA
Memilih Perangkat Interaksi Yang Tepat Next About Us
Nisn.data.kemdiknas.go.id 25/10/2017.
PIRANTI INTERAKSI.
Alat Input dan Output 21 September 2011.
Pena "Ajaib" Advan bak Sekretaris Pribadi Saat melakukan rapat, seringkali dokumen hasil corat-coret merepotkan. Catatan pembicaraan, bagan, atau skema.
OM SWASTYASTU PIRANTI MASUKAN DAN KELUARAN D3 MANAJEMEN INFORMATIKA.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
KEGIATAN PEMELAJARAN 2 MENJALANKAN KOMPUTER
MENGOPERASIKAN WEB DESIGN
MENGOPERASIKAN WEB DESIGN
OLEH : SONIA RUKMARDI SARI KELAS : X2
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL 2009
Standar Kompetensi Mengedit Data dengan Image Scanner
Frame by frame Buat objek lingkaran dengan menggunakan oval tool (warna garis hitam dan warna dalam merah)
Animasi Tweening.
PENERANGAN SYAFRIANI PROGRAM S1 KESEHATAN MASYARAKAT STIKES TT RIAU
Sesi 4 Pengelolaan Data Spasial
INPUT DEVICE.
TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI SUSUN OLEH KELOMPOK 1.
CARA KERJA KOMPUTER Tujuan : -Mahasiswa mampu menjelaskan proses suatu data diolah pada komputer -Mahasiswa mampu menyebutkan dan mengetahui fungsi dari.
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
KEGIATAN PEMELAJARAN 2 MENJALANKAN KOMPUTER
PROSEDUR FORMAT GAMBAR DAN PROSEDUR SCANNING
PERANGKAT INPUT.  Perangkat yang dipergunakan untuk memberikan perintah atau data tertentu ke dalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan.
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia dan Komputer SEJARAH MOUSE DAN PERKEMBANGAN MOUSE DARI JAMAN KE JAMAN  

Sejarah dan Penemu Mouse Mouse Komputer berperan besar dalam kemajuan perkembangan komputer terutama dalam hal efisiensi bagi pengguna komputer. Bersamaan dengan tulisan ini, usia Mouse komputer telah hampir berumur 38 tahun semenjak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960′an. Pada tahun itu, Douglas Englebart seorang penemu yang tidak dikenal menciptakan sebuah ide pemikiran bagaimana caranya agar masyarakat yang menggunakan komputer dapat berinteraksi dengan layar komputer pada masa itu. Pada perkembangan sejarah mouse berikutnya, dengan bantuan Bill English -yang kemudian menjadi pionir perkembangan interaktif antara komputer dengan manusia- melakukan terobosan dengan ide yang akan diciptakannya pada masa itu.

Mouse Optic Yang disebut mouse optical adalah mouse yang menggunakan sensor cahaya serta lampu LED merah di bawahnya sebagai pencahaya. Sensor pada mouse optical mampu menangkap gambar dengan kecepatan 1500 frame per detik sampai 7000 frame per detik. Dengan kecepatan mencapai 45 inci per detik dengan resolusi 2000 count per inci (cpi).

MOUSE OPTICAL Selain mouse bola, saat ini banyak digunakan mouse optikal. Mouse optikal lebih unggul dari mouse bola karena lebih akurat dan perawatanny a lebih mudah dibandingkan mouse bola. Mouse optikal tidak perlu dibersihkan, berbeda dengan mouse bola yang harus sering dibersihkan karena banyak debu yang menempel pada bolanya. Mouse optikal pertama dibuat oleh Steve Kirsch dari Mouse Systems Corporation. Mouse jenis ini menggunakan LED (light emitting diode) dan photo dioda untuk mendeteksi gerakan mouse. Mouse optikal pertama hanya dapat digunakan pada alas (mousepad) khusus yang berwarna metalik bergaris-garis biru--abu-abu. Mouse optikal saat ini dapat digunakan hampir di semua permukaan padat dan rata, kecuali permukaan yang memantulkan cahaya. Mouse optikal saat ini bekerja dengan menggunakan sensor optik yang menggunakan LED sebagai sumber penerangan untuk mengambil beribu-ribu frame gambar selama mouse bergerak. Perubahan dari frame-frame gambar tersebut diterjemahkan oleh chip khusus menjadi posisi X dan Y yang kemudian dikirim ke komputer.

Cara kerja mouse optical lampu LED menembarkan cahayanya pada permukaan lalu, sensor cahaya yang ada pada bagian bawah mouse akan menangkap pergeseran yang terjadi pada cahaya tersebut. Atau dapat juga dikatakan sebagai berikut. Bila mouse mekanik komputer mencatat pergeseran yang dilakukan oleh mouse, sebaliknya dengan mouse optical, komputer mencatat pergeseran yang terjadi pada landasan mouse.

Dikembangkan pertama kali oleh Agilent Technologies dan diperkenalkan pada 1999. Cara kerjanya kira2 ditunjukkan oleh gambar berikut: LED menyinari permukaan bawah mouse, cahaya LED dipantulkan oleh tekstur mikroskopik pada permukaan. Lensa plastik mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dan membentuk gambar pada sensor (CMOS sensor). Sensor mengambil gambar dengan kecepatan cukup cepat, 1500 gambar per detik. Gambar (binary / hitam-putih) dikirim ke DSP (digital signal processor) untuk diolah.

Lampu (LED) dan Sensor optik (LDR) terdapat di bagian dalam atau di bagian bawah (untuk mouse optik) Biasanya mouse menggunakan mouse pad (alas mouse) untuk memperlambat pengotoran roller atau menambah akurasi gerakan mouse optik, dan juga mengurangi kelelahan tangan. Gerakan Dasar Mouse Menggerakkan mouse sesuai arah pointer yang diinginkan di layar Klik tombol kiri, untuk membuka menu atau memilih item di layar, berupa icon, file, opsi menu, atau objek lain Dobel klik tombol kiri, untuk mengeksekusi program aplikasi atau membuka file (dobel-klik pada title bar akan memaksimasi window) Klik tombol kanan, untuk memunculkan context menu atau menu yang berhubungan dengan objek yang sedang ditunjuk Drag and Drop, yaitu menunjuk satu objek (icon atau file), mengklik dan menahan tombol kiri, kemudian mengarahkan mouse ke tempat yang diinginkan, lalu melepas tekanan pada tombol. Dapat dianalogkan dengan gerakan mengambil benda, menggenggam, mengarahkan, lalu melepaskan benda di tempat yang diinginkan. Drag and drop juga digunakan untuk: Mengubah ukuran window, dengan mengarahkan mouse di bagian tepi, mengklik, menyeret mouse ke arah dalam (memperkecil) atau ke arah luar (memperbesar), dan setelah mencapai ukuran yang diinginkan, tombol dilepas. Melakukan penyalinan (copy), pemindahan (move) file/dokume, atau membuat shortcut (lakukan dengan menekan tombol kanan dan akan muncul menu pilihan untuk ketiga operasi tersebut) Melakukan klik tombol kiri dan kanan secara bersamaan. Ini jarang digunakan. Menggulirkan scroller ke depan dan belakang untuk menggerakkan layar program aplikasi ke atas dan ke bawah. Pada beberapa program gerakan ini juga berarti melakukan pembesaran dan pengecilan objek/file (zooming)

Contoh Gambar Mouse

Kelebihan dan Kekurangan Murah dan Berat yang ringan Ukuran yang sedang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Fungsi dari setiap tombol dapat diatur dengan menggunakan software tambahan. KEKURANGAN : Tidak dapat berjalan di atas permukaan yang memantul seperti lantai keramik, dll. Tidak dapat berjalan di atas permukaan yang tembus pandang seperti kaca, gelas, dll. Mengeluarkan cahaya merah yang menyilaukan dan jika dipandang terus menerus mungkin bisa membahayakan kesehatan mata Kurang cocok untuk yang suka bermain game.

SUMBER : http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=11&cad=rja&ved=0CGgQFjAK&url=http%3A%2F%2Fkartikaf.files.wordpress.com%2F2008%2F11%2Fe-xxiv-mouse-optis.ppt&ei=r45eUv7hD8-xrAeWo4DADA&usg=AFQjCNEalOmIw2Qm9q0doGPOXJBbrNsvXQ&sig2=UdcX4Bg8yv_-DrvmOF1Iqw&bvm=bv.54176721,d.bmk http://www.google.com/imgres?imgurl=http://mardian1987islam.files.wordpress.com/2008/07/d1.gif&imgrefurl=http://mardian1987islam.wordpress.com/2008/07/21/mouse-pertama-didunia/&usg=__DvSpK_9amdTTptW38PkigX5NGls=&h=302&w=458&sz=77&hl=id&start=3&sig2=QmRS4-WDzWKaSGQgs99WSQ&zoom=1&tbnid=GqIx4rwljzEZVM:&tbnh=84&tbnw=128&ei=8JdeUseZBIT5rQep7oDwCw&itbs=1&sa=X&ved=0CDAQrQMwAg http://www.google.com/imgres?imgurl=http://mardian1987islam.files.wordpress.com/2008/07/jj2.gif&imgrefurl=http://mardian1987islam.wordpress.com/2008/07/21/mouse-pertama-didunia/&usg=__xUjWAnatGJR_nonEG7S-dZU2PNg=&h=296&w=478&sz=82&hl=id&start=2&sig2=t8dj3sMBb_hGpHxgY72JXA&zoom=1&tbnid=VmjvDKsfOTcqTM:&tbnh=80&tbnw=129&ei=8JdeUseZBIT5rQep7oDwCw&itbs=1&sa=X&ved=0CC4QrQMwAQ http://www.google.com/imgres?imgurl=http://www.franklin.k12.ma.us/rem8thpages/Everett/Roller-Ball%2520Mouse.jpg&imgrefurl=http://www.franklin.k12.ma.us/rem8thpages/Everett/The%2520Roller-Ball%2520Mouse.html&usg=__XB8m8tOhJzMp-BeZX4V1ARUil4Y=&h=195&w=260&sz=8&hl=id&start=52&sig2=9lbVHZMhwuSUXMZza3qhtg&zoom=1&tbnid=pHQrtHsSVKehdM:&tbnh=84&tbnw=112&ei=_pheUsOYNYfzrQeGnIDIBg&itbs=1&sa=X&ved=0CEIQrQMwCzgo http://www.google.com/imgres?imgurl=http://armita.blogstudent.mb.ipb.ac.id/files/2010/12/Slide5.jpg&imgrefurl=http://armita.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2010/12/14/perkembangan-tetikus-komputer-2/&usg=__Rkc45GZGitsH4N6Vvq6ncuBYeso=&h=720&w=960&sz=36&hl=id&start=119&sig2=G2U3B92fNjkqzCh9q29AEg&zoom=1&tbnid=q5RL7dZu8E3HWM:&tbnh=111&tbnw=148&ei=MppeUvX-DMWxrgecjICABA&itbs=1&sa=X&ved=0CFAQrQMwEjhk