Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST
Mahasiswa dapat : Memahami struktur dasar Java Memahami tipe data String
Statement & Blok Identifier Keyword (kata kunci) Komentar Tipe Data Variabel Konstanta Ekspresi Operator String Control flow Perulangan
Statement: satu atau lebih baris kode yang diakhiri dengan semicolon (;). ex : System.out.print(“Hello”); Blok : satu atau lebih pernyataan yang berada diantara tanda kurung kurawal buka dan tutup ({ … }).
Identifier adalah nama-nama yang dipakai pemrogram untuk mendefinisikan nama class, variabel, dsb. Yang perlu diperhatikan : Tidak boleh menggunakan keyword Bisa diawali dengan sembarang huruf, atau tanda garis bawah (_), atau tanda dolar ($) Tidak boleh mengandung simbol khusus, seperti * dan # Tidak diawali angka Tidak mengandung spasi Case-sensitif
Pengenal yang ValidPengenal yang tidak Valid $_100010_bulan _namaStok# alamatRumahNama lengkap
Kata-kata yang telah dipakai oleh java dan tidak dapat digunakan untuk identifier.
Komentar adalah keterangan yang ditambahkan pada kode program yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau informasi kepada pembaca program. Tanda yang dipakai untuk memberikan komentar : /* */ (multiple-line/traditional comment) // (single-line comment) /** */ (javadoc style)
Tipe data primitif Tipe data reference
Tipe data Bilangan Bulat/integral Tipe data Bilangan Real Tipe data Tekstual atau mewakili sebuah karakter Tipe data Logika bernilai true atau false Ada 8 tipe data primitif pada Java : 1. Byte 2. Short 3. Int 4. Long 5.Float 6.Double 7.Char 8.Boolean
Float Double
Char Diwakili oleh karakter single unicode. Nilai yang dimasukkan pada char harus diapit tanda single-quote (‘’). Ex : char jenisKelamin = ‘P’; Boolean Diwakili oleh 2 pernyataan : true dan false. ex : boolean valid = false;
Konstanta didefinisikan dengan menggunakan kata- kunci final. Contoh : Final double PI = 3.14;
Variabel merupakan suatu lokasi didalam memori yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai Kotak A Setelah Berubah Gambaran Variable dan Perubahan Nilainya
(1) tipedata namaVar[,namaVar]; (2) tipedata namaVar=inisial nilai awal; (3) namaVar = nilai; Contoh : float bilPecahan; (1) int jumlahBarang, unit, usia, stok; (1) char huruf=‘A’; (2) stok=1000; (3)
Variabel Primitif Variabel dengan tipe data primitif. ex : int num = 10; Variabel Reference Variabel yang menyimpan alamat dalam lokasi memori. ex : String name = "Hello“;
Ekspresi merupakan kode program yang menghasilkan suatu nilai. ex : (suatu bentuk ekspresi untuk menghasilkan nilai 3) Ekspresi dapat diletakkan didalam sebuah pernyataan. ex : system.out.print(1+2); Ekspresi
Operand : Angka atau nilai pada ekspresi. Operator : simbol karakter khusus pada ekspresi. Berdasarkan jumlah operand, operator dibedakan menjadi 3 : unary, binary, tertiary.
1 + 2 * 3 Operand Operator Operand : 1, 2, 3 Operator : +, *
Unary operator yang melibatkan 1 operand. ex : bilangan = -1; Binary operator yang melibatkan 2 operand. ex : bilangan = 1+2; Tertiary operator yang melibatkan 3 atau lebih operand. ex : bilangan = 1+2*3;
Operator Aritmatik Operator Penambahan & Pengurangan Operator Penugasan Operator Relasi/Pembandingan Operator Logika Operator Bit
OperatorKeterangan +Penjumlahan -Pengurangan *Perkalian /Pembagian %Sisa Pembagian
Hasil ekspresi dipengaruhi oleh prioritas operator aritmatik. Operator *, /,% memiliki prioritas lebih tinggi daripada +,- Hasil ekspresi ditentukan oleh tipe operand. Operator + juga bisa digunakan sebagai operator Pengabungan untuk string. Ex : “2” + 4; Hasil = 2+4
Contoh : x = 1; y = x++; Hasil : y = 1, x = 2 y = ++x; Hasil : y = 2, x =
Contoh : x = 4; y = x--; Hasil : y = 4, x = 3 y = --x; Hasil : y = 3, x =
OperatorKeterangan =Pemberian nilai +=Penambahan bilangan -=Pengurangan bilangan *=Pengalian bilangan /=Pembagian bilangan %=Pemerolehan sisa pembagian
Contoh : a = 10; a+=2; Hasilnya a=12 a-=2;Hasilnya a=8 a*=2;Hasilnya a=20 a/=2;Hasilnya a=5 a%=2;Hasilnya a =0
OperatorKeterangan &&Logika AND ||Logika OR !Logika NOT
OperatorKeterangan &AND untuk Biner |OR untuk Biner ^XOR Biner ~NOT untuk Biner <<Geser kiri >>Geser kanan >>>Geser kanan tak bertanda
Jeni 1 Tutorial Abdul Kadir, “Dasar Pemrograman Java 2”, Andi publisher, Yogyakarta, 2003