Dipersiapkan Oleh: Rendra Pranadipa105060807111017 Vika Novitasari105060800111012 Irine Octaviana105060800111072 Siti Kurniawati105060800111092 Rani Anugrah105060807111087.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE DESIGN)
Advertisements

GOPI YUDOYO ( ) OLFI PRASYAS ( )
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
Software Requirement Specification
Pertemuan 8 Proyek Sistem Informasi Viska Armalina, ST., M.Eng
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Denny Irfan D ( ) Eko Kurniawan ( ) Ghazali ( ) M. Mahfud ( )
Software Requirements Spefication (SRS)
SKPL Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak STMIK AMIKOM PURWOKERTO.
BAB 5 SPESIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
Analisis Persyaratan Perangkat Lunak dan Spesifikasi
Prepared by : Sri Wahyuni Usfita Kiftiyani Ramdhani Bima Arista Afan Amarullah.
Noisy Studio Prepared by : Sri Wahyuni Usfita Kiftiyani
First Aid Trainer Vika Novitasari ( ) Irine Octaviana ( ) Siti Kurniawati F.( ) Rendra Pranadipa( )
Tugas Sistem Informasi Manajemen
TALKY TWITTER FOR ANDROID….
Latar Belakang Perkembangan telepon selular (handphone) pada jaman sekarang sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat, menjadi suatu hal yang berguna.
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Analisis Kebutuhan Software
Membangun Sistem Informasi ERP
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
10 documentation.
Siklus Hidup Pengembangan Sistem
Analisis Perancangan Berbasis Objek
Professional documents
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak 1
Software Requirement Specifications (SRS)
SIM Rumah Sakit Materi Kuliah PERTEMUAN 6.
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
KONSEP DESAIN SOFTWARE DATABASE
Building the Requirements Model
Persyaratan Perangkat Lunak
Membangun Model Kebutuhan
Rekayasa Perangkat Lunak
SIKLUS HIDUP PEMBANGUNAN SOFTWARE
Metode Perancangan Program
DATA FLOW DIAGRAM.
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Analisa dan Perancangan Sistem
Rekayasa Kebutuhan Software
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 7
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Konsep & Perancangan Database
Building the Requirements Model
04 Membangun Sistem Informasi ERP Tahapan SDLC Hata Maulana, M.T.I.
Analisa [Kebutuhan] Sistem
Model Waterfall dan Dokumen SKPL
ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
Membangun Sistem Informasi ERP
KONSEP & PEMODELAN ANALISIS
Membangun Sistem Informasi ERP
04 Membangun Sistem Informasi ERP Tahapan SDLC Hata Maulana, M.T.I.
Building the Requirements Model
REKAYASA KEBUTUHAN PL.
04 Membangun Sistem Informasi ERP Tahapan SDLC Hata Maulana, M.T.I.
Building the Requirements Model
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMA PASUNDAN 3 BANDUNG
Impelementasi Sistem 11/22/2018.
Rekayasa Perangkat Lunak
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Analisis Persyaratan Perangkat Lunak dan Spesifikasi
Teknik Informatika S1 Rekayasa Perangkat Lunak Analysis Modeling (2)
Transcript presentasi:

Dipersiapkan Oleh: Rendra Pranadipa Vika Novitasari Irine Octaviana Siti Kurniawati Rani Anugrah

Tujuan Sebagai informasi dasar tentang pertolongan pertama yang dapat digunakan sebagai pengantar untuk bantuan bagi orang awam. Bagian khusus difokuskan pada pencegahan, bagaimana untuk menghindari cedera dan infeksi pada kehidupan sehari-hari dan selama pertolongan pertama.

Lingkup operasi Lingkungan Operasi  Perangkat lunak yang dibutuhakan untuk system ini dari sisi Server  Sistem operasi :minimal windows XP  Java development/netbeans  Database Management System (DBMS)  Dari sisi client :  java mobile

DEFINISI,ISTILAH DAN SINGKATAN SKPL adalah Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak, atau dalam bahasa Inggrisnya sering juga disebut sebagai Software Requirements Spesification(SRS), dan merupakan spesifikasi dari perangkat lunak yang akan dikembangkan. SKPL-FAT.K-xxxx adalah kode yang digunakn untuk merepresentasikan kebutuhan (requirement) pada FAT, dengan FAT merupakan kode perangkat lunak, FAT.K adalah kode fase, dan xxxx adalah digit/nomor kebutuhan(requirement). DFD adalah Data Flow Diagram,diagram dan notasi yang digunakan untuk menunjukkan aliran data pada perangkat lunak. ERD adalah Entity Relationship Diagram,diagram dan notasi yang digunakan untuk merepresentasikan struktur data statis pada perangkat lunak.

Deskripsi Umum Sistem Diharapkan bisa membuat keputusan penting dalam pertolongan pertama serta siap untuk bertindak dalam keadaan darurat. Menggunakan simulasi peristiwa di kehidupan nyata di mana pilihan dan keputusan kita dapat mempengaruhi hasil pada korban. Pelajaran yang didapatkan mencakup pengenalan dan pengobatan yang diajarkan secara virtual dan hemat waktu.

Deskripsi Umum Sistem Penyakit atau kejadian ditangani dalam program antara lain: * Demam, sakit kepala, diare dan muntah. * Gegar otak, dan stroke. * Sengatan serangga, gigitan hewan laut dan gigitan ular. * Keseleo, dislokasi dan fraktur * Serangan jantung. * Kejang, asma dan epilepsi * shock dan pingsan. * Luka bakar besar& luka bakar kecil * Dehidrasi, hipotermia dan radang dingin. * Pendarahan, memar * Keracunan korosif dan non korosif

Deskripsi Umum Sistem Adanya banyak fitur yaitu fitur penjelasan yang bertujuan untuk memberi gambaran dan penjelasan pada penggunaan alat-alat pertolongan pertama yang sesuai dengan keadaan korban serta pengenalan berbagai penyakit seperti yang disebutkan di atas. Fitur kedua ialah fitur tes agar pengguna dapat menghapal secara cepat pertolongan pertama yang sesuai dengan keadaan korban dengan permasalahan diacak oleh sistem. Jika pengguna salah memberikan pertolongan pertama pada korban maka poinnya akan berkurang sedangkan jika benar maka poin akan bertambah.

Deskripsi Umum Sistem Subsistem dari aplikasi first aid trainer:

Karakteristik Pengguna Semua Perangkat Lunak pada FAT hanya berperan sebagai user. Tidak ada pengguna yang memiliki otorisasi khusus terhadap sistem. Sehingga user bersifat umum. Tidak ada keahlian khusus yang harus dipenuhi oleh pengguna dasar selain dasar-dasar pengetahuan dalam mengoperasikan komputer, khususnya menggunakan keyboard. Di dalam perangkat lunak ini agar user dapat mengerti pertolongan pertama yang seharusnya dilakukan kepada korban dan target dari perangkat lunak ini yaitu ke para pelajar.

Lingkup operasi Lingkungan Operasi  Perangkat lunak yang dibutuhakan untuk system ini dari sisi Server  Sistem operasi :minimal windows XP  Java development/netbeans  Database Management System (DBMS)  Dari sisi client :  java mobile

Deskripsi Umum Kebutuhan Kebutuhan antarmuka eksternal Aplikasi FRIST AID TRINER ini membutuhkan software berupa Java, untuk menginstall dan menjalankannya.

Antarmuka pemakai Dalam pemakaian, user hanya membutuhkan phone mobile yang akan dipasang aplikasi FIRST AID TRINER. Dan user dapat langsung menjalankan aplikasi tersebut.

Antarmuka perangkat keras Perangkat keras yang digunakan hanyalah kabel data, itu pun jika mobile phone memiliki kabel data yang dapat disambungkan ke komputer atau laptop, dan jika tidak, maka hanya menggunakan Bluetooth.

Kebutuhan Fungsional  Context diagram

DFD Level 1

WATERFALL

 Proses pada waterfall  menganalisa kebutuhan dan definisi  mulai mendesain software dan sistem  Implementasi dan unit testing  Integrasi dan sistem testing  Operation dan maintenance  Memilih model waterfall karena requirement sudah dimengerti dengan baik dan perubahan hanya terjadi sesekali selama proses desain serta karena ini merupakan sistem dengan business yang kecil dan memiliki requirement yang stabil

Ringkasan Kebutuhan  Fungsional : Description Memulai permainan baru Memanggil dan menampilkan kotak dialog untuk mendapatkan informasi tentang jenis penyakit dan jenis-jenis alat pertolongan pertama Menggunakan simulasi permainan dengan cara mengambil objek berupa alat sesuai keadaan korban yang diacak oleh sistem Gerakan mouse dibatasi oleh objek pilihan alat pada keadaan korban saat itu Memanggil dan menampilkan kotak dialog skor dan peringatan pada saat permainan berlangsung

Non Fungsional Requirement

TERIMA KASIH