Past, Present, and Future of User Interface Software Tools

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KOMPUTER HARDWARE.
Advertisements

Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Graphical User Interface (GUI)
SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)
Protyping IMK-M5.
ANGGOTA 1. Achmad Faishal Qurtubi( ) 2. Fatkhur Roni( ) 3. Agung Satriyo(12590 ) 4. Siti Musyarofah( 5. Fidia Ulyah(
PEMROGRAMAN APLIKASI BISNIS I (VISUAL STUDIO 2010)
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
Teknologi Informasi.
PERANCANGAN ANTARMUKA ATAU LAYAR.
Perangkat Lunak Software. Perangkat Lunak merupakan sekumpulan aturan yang digunakan untuk menjalankan perangkat keras terdiri dari kumpulan istruksi.
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Bina Sarana Informatika
Pengenalan Pemrograman Komputer
TEKNOLOGI INFORMASI & SFTWARE KOMPUTER (Materi 5 & 6)
Pengenalan Sistem Operasi
Interaksi Manusia dengan Komputer
Graphical User Interface (GUI)
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
KONSEP USER INTERFACE.
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
Pengenalan Pemrograman Komputer
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Pengenalan Sistem Operasi
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pemrograman User Interface
Desain User Interface dan Input
KONSEP INTERFACE
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
PERANGKAT – PERANGKAT KOMPUTER
Pendahuluan.
Interaksi Manusia & Komputer
TEKNOLOGI INFORMASI Jenis-jenis sistem komputer.
Pengenalan konsep IMK(Human, Computer Interaction)
Interaksi Manusia dan Komputer
Graphical User Interface (GUI)
Kinds Of Input/Interaction Devices
KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR
Tingkat Kedewasaan HCI
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INFRASTUKTUR MOBILE Mengerti infrastruktur mobile membuat anda akan mengembangkan aplikasi yang lengkap dan untuk membuat keputusan yang lebih tentang.
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
Perkembangan Perangkat Lunak
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER PRINGSEWU
Tingkat Kedewasaan HCI
Pendahuluan.
Perkembangan Perangkat Lunak
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
Interaksi.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
PENGENALAN KONSEP IMK.
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
Perkembangan Perangkat Lunak
Tingkat Kedewasaan HCI
Pengenalan HCI : Interaksi Manusia & Komputer
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2B
Transcript presentasi:

Past, Present, and Future of User Interface Software Tools

Pendahuluan Semua software aplikasi yang sekarang ada merupakan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 1970-1990-an Hampir semua aplikasi yang ada di Windows, UNIX, atau Macintosh umumnya menggunakan 1 set bahan yang ditemukan sedikitnya 15 tahun yang lalu, mis: layar monitor, keyboard, dan mouse, Window managers, GUI, dll Penggunaan bahan ini supaya tercapai suatu kestabilan, maksudnya: Kestabilan bagi user: berguna untuk mengembangkan skill-nya di bidang komputer Kestabilan bagi pengembang peralatan atau software: berguna untuk menyempurnakan konsep pengembangan peralatan dan software

Historical Perspective Tema-tema dalam evaluasi peralatan Bagian-bagian dari antar muka user yang dituju: bahwa peralatan yang dianggap membantu yaitu pada saat mereka dibutuhkan Threshold and ceiling. “Threshold” adalah tingkat kesulitan dalam menggunakan suatu sistem. “Ceiling” adalah berapa banyak yang dapat dilakukan oleh sistem tersebut. Tujuan pembuatan sistem adalah pada saat yang bersamaan sistem tersebut memberikan threshold yang rendah dan ceiling yang tinggi Peralatan yang memberikan resistensi rendah Kemampuan peralatan yang memberikan prediksi tentang kemampuannya kepada programer Peralatan yang dapat membantu dengan mudah pembuatan software suatu tugas

Historical Perspective (lanj.) Peralatan yang digunakan untuk pembuatan IMK Windows managers and toolkits: memberikan sebuah model dasar pemrograman yaitu imaging model dan input model Event languages: penggunaannya dianggap sukses karena dapat secara langsung memanipulasi graphical user interface. Contohnya mis: Apple’s HyperCard, Microsoft’s Visual Basic, the Lingo scripting language dalam Macromedia’s Director Interactive graphical tools: biasanya menggunakan mouse untuk membuat interface. Mis: Visual Basic, Visual C++, NeXT Interface Builder, Trillium dari Xerox PARC, dan MenuLay dari University of Toronto Component systems: setiap komponen dikontrol menggunakan kotak segi empat pada layar, dan komponen lainnya kemudian dimasukkan berikutnya, mis: untuk membuat ‘garis’ maka dapat menggunakan komponen ‘drawing’ yang ada di windows Scripting languages: mis: bahasa C dan C++ Hypertext: digunakan untuk pembuatan web site, mis: HTML, XML Object-oriented programming: mis: Visual Basic, Visual FoxPro,dll

Future Prospects and Visions Komputer akan menjadi komoditas Disebabkan oleh kemampuan komputer yang sangat cepat mengikuti hukum Moore Ubiquitous computing Yaitu penggunaan komputer akan melekat dalam bermacam jenis peralatan yang berbeda dalam berbagai skala yang berbeda, mis: HP, PDA, Notebook, sound systems, dll Kapabilitas input dan output yang berbeda-beda Mis: jumlah pixel yang semakin banyak, resolusi semakin tinggi, penggunaan touch-sensitive screen yang semakin umum, perubahan dari penggunaan mouse ke stylus Hardware untuk mempercepat pembuatan peralatan, dan bukan hanya dari software saja, mis: jaman sekarang ini untuk membuat sebuah prototipe produk maka dapat dipercepat dengan menggunakan software AutoCAD, namun untuk mendatang tidak hanya software saja namun juga dapat menggunakan hardware Peralatan untuk melakukan koordinasi berbagai macam peralatan komunikasi Fungsi komputer akan berubah menjadi alat komunikasi, mis: akses internet, HP, PDA,dll

Future Prospects and Visions (lanj.) Antar muka pengguna berbasis pengenalan (recognition-based user interfaces) Perubahan penggunaan dari keyboard dan mouse menuju gerakan isyarat, handwriting, dan speech input and output Penggunaan teknologi 3 dimensi Teknologi 2 dimensi akan diganti dengan 3 dimensi End-user programming, customization, and scripting Disebabkan oleh karena setiap orang memiliki keinginan yang berbeda satu dengan lainnya, sehingga mereka ingin memiliki software yang berbeda sesuai dengan seleranya sendiri, dan pembuatan program yang semakin mudah sehingga mereka dapat membuat sendiri

Next Interaction

Ubiquitos Computing Ubiquitous = ada dimana-mana Sistem komputer seharusnya menjadi alat dan “Hilang” dari pandangan kita, diluar alam sadar kita Seringkali komputer justru menjadi fokus dan menghalang-halangi fungsinya

Implementasi ubiquitous computing Menggunaka obyek yang setiap hari digunakan : Kancing baju Kabel Baju Sepatu

Ubiquitous Computing memberikan tantangan kepada cabang ilmu komputer : dalam pendesainan dan pemodelan sistem, dan dalam hal user interface. Model interaksi manusia-komputer yang sudah jadulseperti command-line (text-based), menu-driven, atau yang berbasis GUI tidak cocok dan tidak mencukupi untuk masalah Ubiquitous Computing. Interaksi “alami” yang dibutuhkan harus segera dimunculkan, meskipun banyak model yang sudah mendekati interaksi seperti itu seperti contohnya telepon selular, digital audio player, GPS, dan interactive whiteboard.

Bentuk dasar Tiga bentuk dasar dari mesin Ubiquitous yaitu : tab, wearable pad, hand held Board, interactive display

Interactive Display

Mari lihat video berikut

Multi Touch Wall

Karakteristik Pervasive Komputer Dapat mengantisipasi kebutuhan user dan bertindak untuk itu. Peka terhadap context dari user Device perlu tidak terlihat (invisible). Invisibilitas menggambarkan bahwa user tidak sadar sedang berinteraksi dengan komputer. Device yang proaktif dan pintar. Tidak seperti sistem komputasi konvensional dimana prilaku komputer merupakan respon dari interaksi user, dalam pervasive computing sistem komputer lebih proaktif dalam berinteraksi dengan user. Dapat mengerti dan menggunakan informasi secara efektif

Contoh Sebagai contoh jika ahmad mengendarai mobil untuk pergi ke pertemuan bisnis di kota lain. Kemacetan mungkin terjadi sewaktu-waktu. Pervasive device harus mampu mendeteksi kemacetan tersebut tanpa eksplisit harus disuruh untuk melakukan hal itu. Dalam mengidentifikasi rute alternatif untuk ahmad, device perlu tahu pemilihan (preference) dan kebiasaan ahmad dalam mengemudi (yang dapat diambil dari profilenya) untuk membuat keputusan yang baik.

KENDALA PERKEMBANGAN PERVASIVE COMPUTING Kualitas jaringan yang berubah-ubah Penurunan kepercayaan dan kekuatan sistem terdistribusi Keterbatasan sumber daya lokal yang terkendala oleh berat dan ukuran. Perhatian untuk konsumsi daya baterai.

Sekian Terima Kasih Tugas : Cari library tentang multi touch screen yang bersifat open source Pelajari dan buatlah ringkasan dalam menginstalasi library tersebut