Praktikum pemprograman terstruktur1 Tipe Data dan Input-Output
Tipe Data Tipe Dasar Tipe Bentukan Tipe Terstruktur Tipe data bulat (Integer) Tipe data pecahan (Real) Tipe data Karakter (Char) Tipe data String Tipe data Logika (boolean) Tipe Bentukan Tipe Subrange Tipe Enumerasi Tipe Terstruktur Array, Record, Set, File Tipe Data Petunjuk (Pointer)
Tipe Dasar (integer) Integer = bilangan bulat. Operasi yang mungkin antara lain : (+), (-), (*), (div), (mod) dan ( / , hasilnya real)
Tipe Dasar (real) Real = bilangan pecahan Operasi yang mungkin antara lain : (+), (-), (*) dan ( / )
Tipe Dasar (Char) Digunakan untuk merepresentasikan nilai-nilai yang bertipe karakter, seperti ‘A’, ‘a’, ‘c’, ‘%’ dsb. Contoh : {deklarasi} var karakter_angka : char; huruf : char; {penggunaan} karakter_angka := ‘1’ ; huruf := ‘G’ ;
Ord(x) dengan x adalah data bertipe char Ord(x) dengan x adalah data bertipe char. Fungsi ini digunakan untuk memperoleh nilai urutan dalam kode ASCII yang digunakan untuk melambangkan karakter tersebut. Contoh: Ord('C') adalah 67. Char(x) dengan x adalah data bertipe byte. Fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi Ord. Nilai yang diperoleh merupakan karakter ASCII yang dinyatakan dengan urutan ke x. Contoh: Char(67) adalah 'C'. Pred(x) dengan x adalah data bertipe char. Fungsi ini digunakan untuk mengetahui karakter yang mendahului x. Contoh: Pred('h') adalah 'g'. Succ(x) dengan x adalah data bertipe char. Fungsi ini digunakan untuk mengetahui karakter sesudah x. Contoh: Succ('h') adalah 'i'. Jika x tidak mempunyai penerus, maka nilai fungsi ini tidak terdefinisikan. Upcase(x) dengan x adalah data bertipe char. Jika x merupakan huruf kecil maka akan dikembalikan huruf kapitalnya. Contoh: upcase('a') adalah 'A'.
Tipe Dasar (string) String = kumpulan karakter yang terangkai menjadi satu. Contoh : var Str1 : string ; { mengalokasikan 256 karakter} Str1 : string [10]; { mengalokasikan 10 karakter} * Yang dimaksud adalah panjang karakter yang diijinkan.
Tipe Data Bentukan (subrange) suatu range yang menunjukkan nilai terkecil dan nilai terbesar yang dapat dipergunakan. Deklarasi tipe data subrange mempunyai bentuk: Type pengenal = konstanta1 .. konstanta2; *konstanta1 harus lebih kecil dari konstanta2 Contoh : type Ttanggal = 1..31 ; var tanggal : Ttanggal;
Tipe Data Bentukan (enumerasi) Tipe yang nilai-nilainya terbatas sesuai dengan nilai-nilai yang didefinisikan pada saat deklarasi dan dengan urutan tertentu. Contoh : Type bahasa = (delphi, java, c, pascal, basic); bulan = (maret, april, mei, juni, juli);
Latihan Buatlah program untuk menghitung luas lingkaran. Jari-jari = 11. Phi = 3.14. Karena phi adalah konstanta, maka gunakanlah deklarasi konstanta. Const phi = 3.14;
Input - Output Output Write Writeln Input Read Readln Unit
Output (write – writeln) Untuk menampilkan sesuatu ke layar. Write menampilkan sesuatu ke layar tanpa disertai ganti baris, sehingga tampilan berikutnya akan terletak pada baris yang sama. Writeln menampilkan sesuatu ke layar dengan disertai ganti baris, sehingga tampilan berikutnya akan terletak pada baris berikutnya.
Bandingkan begin write (‘satu ‘); write (‘dua ‘); write (‘tiga ‘); end. writeln (‘satu ‘); writeln (‘dua ‘); writeln (‘tiga ‘);
Output (write – writeln) menampilkan kata – kata dan variable dengan tanda koma (,) sebagai pemisah antara variable dan kata – kata. Contoh : Var A : integer; Begin A:= 9; Writeln(__________silahkan isi sendiri________); readln; End.
Cobalah begin write(‘Sehat’: 10); write(‘Senang’: 10); readln; end. writeln(‘Asyik’: 10) --> Jika ditulis seperti ini, maka akan menghasilkan space yang disediakan untuk menuliskan kata asyik di layar monitor adalah 10 karakter,
Coba lagi Begin Write(1/3: 5 : 2); write(2/3: 5: 2); Readln; End. kita dapat mengatur berapa banyak angka di belakang koma yang akan ditampilkan di layar monitor jika kita ingin menampikan bilangan real,
Input (read – readln) hampir tidak ada perbedaan dengan keduanya. perbedaannya akan tampak saat operasi file. cara penggunaan : read (<variabel>); readln (<variabel>); contoh read (NIM); readln (Nama);
Var A: Integer; Begin Write(‘Masukkan nilai A: ’); readln(A); Writeln(‘Nilai yang anda masukkan adalah: ’, A); readln; End. Terkadang kita menggunakan fungsi readln pada satu baris sebelum kata “end.”. Hal ini dimaksudkan agar suatu program tidak akan langsung terminate (berhenti) tanpa menunggu suatu masukan dari user. Adapun masukan tersebut berupa penekanan tombol enter pada keyboard.
Silahkan di buat Buatlah program dengan input berupa satu karakter, kemudian outputnya adalah huruf setelah huruf yang diinputkan. Buatlah program perkalian 2 angka. Angka- angka yang dikalikan adalah masukan dari pengguna.
Unit Berisi procedure dan function standar yang sudah siap pakai. unit system = unit yang sudah tertanam pada pascal (kita tidak perlu mendeklarasikan terlebih dahulu dengan uses). unit crt = kumpulan procedur dan functtion yang berguna untuk memanipulasi tampilan pada layar monitor). unit ini perlu dideklarasikan terlebih dahulu sebelum dipergunakan. masih banyak unit yang lain seperti unit dos (berhubungan dengan DOS), unit string (memanipulasi string), unit graph (grafik / gambar)
Unit system Beberapa procedure yang biasa dipakai : Sqr(Value) --> fungsi ini digunakan untuk menghasilkan nilai perpangkatan. Sqrt(Value) --> fungsi ini digunakan untuk menghasilkan nilai akar pangkat dua. Abs(Value) --> untuk menghasilkan nilai mutlak. Ln(Value) --> untuk mencari nilai logaritma natural. Exp(Value) --> untuk mencari nilai eksponennya. Trunc(Value) --> untuk memotong nilai real ke suatu nilai integer. Round(Value) --> untuk membulatkan nilai real ke nilai integer yang terdekat. write, writeln, read, readln, dll
Unit crt Beberapa procedure yang biasa dipakai : Clrscr untuk membersihkan layer. Readkey fungsi masukan yang hanya akan mengambil satu karakter masukan. TextBackground untuk mengganti warna background tulitan yang ditampilhan di layer.Perintah yang digunakan adalah: Textbackground(warna); Textcolor untuk mewarnai tulisan. Perintahnya adalah: Textcolor(warna);
Silahkan di buat Buatlah program untuk menghasilkan nilai masukan pangkat 2. Ubahlah warna Background dan warna Text program yang telah anda buat.