Workshop Project II Mohammad Zikky, S.ST, M.T.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Introduction to Algorithm evaluation Soal Matrikulasi Buka Buku
Advertisements

[Kristanto:2009] perintah if berguna untuk memilih satu dari 2 atau lebih alternatif jawaban yang tersedia. Jika perintah if tersebut terdiri dari 2 atau.
PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR PERULANGAN Pertemuan V
Bahasa Pemrograman Lanjutan
GERLAN A. MANU, ST.,MKom Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 1.
SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR
Perulangan Pertemuan ke-5 Bahasa C.
Workshop Project 2 Collision Detection
TI1063 Algoritma dan Pemrograman
Bab 4 Percabangan.
Pertemuan 7 Struktur Kendali Percabangan SWITCH Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
Dasar Pemrograman MODUL 06 PERCABANGAN.
Algoritma dan Struktur Data
Workshop Project 2 Game PacMan & Algoritma AI yang Digunakan Musuhnya
Prosedur dan Fungsi.
Komentar, Identifier dan Tipe Data
Struktur Kontrol: Keputusan
PENGENALAN c++ DAN STRUKTUR DASAR C++
Algoritma dan Struktur Data
Pointer dalam Stack.
Perintah Perulangan Pertemuan ::
Pemrograman Terstruktur
5. 1 Bab 05 Tipe Data dan Mengisi Variabel.
Bab 5 Pengulangan.
PRAKTIKUM ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
FUNGSI (Method) Bag.3 Pertemuan 20 Dasar Pemrograman
Pengulangan WHILE.
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
Pertemuan 3 KELUARAN dan MASUKAN (INPUT & OUTPUT) Dasar Pemrograman.
Pertemuan 22 POINTER Bag.2 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
Algoritma dan Struktur Data
#include //bagian modul int hitung(x,y) { return(x+y); } //bagian utama main() { int jumlah,a,b; a=8; b=2; jumlah=hitung(a,b); cout
Pertemuan 1 Dasar Pemrograman Triana Elizabeth S. Kom Dibuat o/ : Renni Angreni, S.Kom.
Pertemuan 6 IF Bersarang / IF Bertingkat Nested IF Dasar Pemrograman.
WHILE & DO-WHILE Struktur Kendali Percabangan Pertemuan 8
Scope Variable *dalam fungsi Tenia Wahyuningrum, S.Kom., MT
Tenia Wahyuningrum, S.Kom., MT
Bab 05 Tipe Data dan Mengisi Variabel
PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR FUNGSI Pertemuan VI
STRUKTUR PERULANGAN 2 (LOOPING-2)
POINTER Bag.2 Pertemuan 22 Dibuat oleh : Renni Angreni, S.Kom. Triana Elizabeth, S.Kom.
OPERASI FILE Bag.2 Pertemuan 27 Dasar Pemrograman
Prosedur dan Fungsi Triana Elizabeth, S.Kom.
Struktur Kendali Pengulangan Pertemuan 6 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Mengaktifkan Microsoft Visual C++ : Klik Start Klik All Program, Microsoft Visual Studio 2008 Klik File, New, Project Klik Visual C++, Win32 Console Application.
Kontrak Kuliah Pengenalan OOP
Elemen Dasar C++ Norma Amalia, ST.,M.Eng.
if (condition) statement if (x == 100) cout << "x is 100";
KONSTANTA A. Ridwan Siregar.
PERULANGAN (LOOPING).
PERULANGAN C++.
ARRAY (Array Dua Dimensi) Pertemuan 16 Dasar Pemrograman
Algoritma dan Struktur Data
PERNYATAAN DASAR DALAM C++.
PENGULANGAN Oleh : sgo.
Pengantar Pemrograman
Algoritma dan Struktur Data
Pertemuan 7 pow, sqrt, break, continue
PERBEDAAN C DAN C++ Meriska Defriani, S
FOR Perulangan Menggunakan Pertemuan 10 Dasar Pemrograman
Pertemuan 10 Logical operators && dan ||, string
Algoritma dan Struktur Data
Operator Unary & Operator Ternary Pertemuan 9 Dasar Pemrograman
Algoritma Struktur Data
Algoritma dan Struktur Data
Pemrograman Terstruktur
Lebih baik mencoba lalu gagal, dari pada Anda gagal mencoba.
#include using namespace std; int main(){ // deklarasi tipe data variabel string nama; int umur; char jenis_kelamin; // --- proses input --- cout
Introduction 04 to Algorithm LOOP sebagai pembentuk kerangka dasar
if (condition) statement if (x == 100) cout << "x is 100";
Transcript presentasi:

Workshop Project II Mohammad Zikky, S.ST, M.T

GBPP Perkuliahan

Aturan Pembuatan Laporan Dibuat setiap selesai habis workshop Meliputi: Dasar Teori Alat dan Bahan Analisa dan Penjelasan Per-bagian Pengembangan Kesimpulan Laporan tulisan harus ditulis tangan dan hasil yang berupa output praktikum di computer bisa di screenshot, di print kemudian di temple bersama tulisan tangan di buku laporan. Tidak boleh ada yang sama persis antar mahasiswa (baik gambar atau penulisan), jika ditemukan, akan dikenakan pinalti nilai

Penilaian Knowledge = 25% Skill = 35% Attitude = 40% Knowledge akan dilihat dari penjelasan ketika demo program/presentasi Skill dilihat dari profesionalisme keseharian mengerjakan praktikum dan cara membuat laporan hasil praktikum Attitude dilahat dari sikap kepada teman dan dosen dalam keseharian di kampus Waktu maksimal keterlambatan: 15 menit setelah perkuliahan dimulai

Referensi N Utama, Didit . Widayanti, Rya. Algoritma & Pemrograman dengan Borland C++. Graha Ilmu, 2005 Dickheiser, Michael J. C++ for Game Programmer, Second Edition. Charles River Media, 2007 Allain, Alex. Jumping into C++. Alex Allain (www.cprogramming.com), 2014 Unity3d.com Tutorials

Instalasi Install Borland 6 Builder sebagai Compiler C++ di computer Pilih New  Consule Wizard OK Centang C++ dan Consule Application  OK

Masukkan source code program berikut: #include<iostream> #include<windows.h> using namespace std; //variabel global untuk menyimpan tombol informasi //tombol yang ditekan INPUT_RECORD InRec; //fungsi delay(), digunakan untuk menunda proses eksekusi //selama beberapa millisecond #define delay Sleep //fungsi gotoxy(), digunakan untuk menempatkan kursor //pada posisi KOLOM dan BARIS void gotoxy(unsigned int kolom, unsigned int baris) { COORD posisi = {kolom,baris}; SetConsoleCursorPosition(GetStdHandle(STD_OUTPUT_HANDLE), posisi); } //fungsi kbhit(), digunakan untuk mendeteksi terjadinya //penekanan tombol. Jika terdapat tombol yang ditekan maka fungsi ini //akan mengembalikan nilai TRUE sebaliknya FALSE bool kbhit() DWORD EventCount,NumRead; GetNumberOfConsoleInputEvents(GetStdHandle(STD_INPUT_HANDLE), &EventCount); if(EventCount>0) ReadConsoleInput(GetStdHandle(STD_INPUT_HANDLE), &InRec, 1, &NumRead); return (InRec.EventType == KEY_EVENT); //fungsi getch(), digunakan untuk mengambil informasi tombol yang //terakhir kali ditekan. char getch() return InRec.Event.KeyEvent.uChar.AsciiChar; int main() { char tekan='X'; //perulangan ini akan diulang selama tekan TIDAK SAMA dengan 'x' while(tekan!='x') //cetak tulisan 'halo' pada kolom=20 & baris=10 gotoxy(20,10); cout << "hallo"; delay(1000); //cetak tulisan kosong pada kolom=20 & baris=10 //untuk menimpa tulisan 'halo' cout << " "; //cetak tulisan 'dunia' pada kolom=30 & baris=10 gotoxy(30,10); cout << "dunia"; //cetak tulisan kosong pada kolom=30 & baris=10 //untuk menimpa tulisan 'dunia' //cek apakah terjadi penekanan tombol, //jika 'ya', simpan tombol tersebut pada variabel TEKAN if(kbhit()) tekan = getch(); }

Langkah berikutnya File  Save Project as Berinama file misalkan main.cpp Kemudian berinama project, missal: project1 Save Setelah itu, coba jalankan dengan klik RUN

Penjelasan  Animasi Maju Mundur Animasi tulisan Maju-Mundur adalah animasi sederhana membuat tulisan bergerak maju dan saat mencapai posisi tertentu tulisan tersebut akan bergerak mundur, begitu seterusnya. Program akan berakhir jika pemakai menekan tombol 'x'. Program ini bisa dibuat dengan mudah menggunakan Turbo / Borland C++ for Dos, karena telah tersedia fungsi-fungsi yang cukup mudah untuk digunakan seperti gotoxy(), delay(), kbhit()dan getch(). delay(): digunakan untuk menunda proses eksekusi selama beberapa millisecond gotoxy(): digunakan untuk menempatkan kursor pada posisi KOLOM dan BARIS kbhit(): digunakan untuk mendeteksi terjadinya penekanan tombol. Jika terdapat tombol yang ditekan maka fungsi ini akan mengembalikan nilai TRUE sebaliknya FALSE getch(): digunakan untuk mengambil informasi tombol yang terakhir kali ditekan. Yang perlu dilakukan hanyalah menggunakan pusataka, conio.h & dos.h. #include <conio.h> #include <dos.h>

Langkah pertama Ide dasar dari animasi ini sebenarnya hanyalah "tulis" kemudian "hapus". Jika kita mempunyai program berikut : gotoxy(10,20); cout << "Halo"; gotoxy(30,20); cout << "Dunia"; maka tulisan "Halo" akan ditulis pada posisi kolom=10 dan baris=20 sedangkan tulisan "Dunia" akan ditulis pada posisi kolom=20 dan baris=20. Jika kita ingin membuat animasi, tulisan "Halo" ditampilkan dulu kemudian setelah beberapa saat baru tulisan "Dunia" ditampilkan, maka kita membutuhkan fungsi delay() delay(1000); //tunda selama 1000ms = 1 detik

Langkah kedua Jika kita inginkan agar ketika tulisan "Dunia" ditampilkan maka tulisan "Halo" harus dihapus maka idenya adalah kita menimpa tulisan "Halo" dengan tulisan kosong " ". Tentu tulisan kosong harus ditulis pada posisi kolom dan baris yang sama dengan tulisan "Halo". gotoxy(10,20); cout << "Halo"; //tunda selama 1000ms = 1 detik delay(1000); //timpa tulisan "Halo" dengan tulisan kosong gotoxy(10,20); cout << " "; gotoxy(30,20); cout << "Dunia"; Dengan ide sederhana seperti ini, kita bisa membuat animasi-animasi lain yang lebih menarik

Percobaan Ke-2 //area animasi unsigned int BATASKANAN = 45; unsigned int BATASKIRI = 10; unsigned int kolom = 10; unsigned int baris = 10; //teks yang akan dicetak string teks = "PENS JOSS"; //perulangan ini akan diulang selama tekan TIDAK SAMA dengan 'x' while(tekan!='x') { //kontrol posisi if(maju==true) //coba deh, ganti bagian ini dengan 'kolom>=BATASKANAN' //apa yang terjadi ? if (kolom>=BATASKANAN-teks.length()) maju=false; } else kolom++; } if (kolom<=BATASKIRI) maju=true; kolom--; //TULIS teks gotoxy(kolom,baris); cout<< teks; //cek apakah terjadi penekanan tombol, //jika 'ya', simpan tombol tersebut pada variabel TEKAN if(kbhit()) tekan = getch(); delay(50); //HAPUS teks cout.width(teks.length()); //Coba deh, tambahkan titik di antara tanda kutip berikut cout.fill(' '); //Diantara tanda kutip berikut, akan diisi dengan KARAKATER //yang ditentukan lewat fungsi cout.fill(KARAKATER) diatas gotoxy(kolom,baris); cout<<""; #include<iostream> #include<windows.h> using namespace std; //variabel global untuk menyimpan informasi //tombol yang ditekan INPUT_RECORD InRec; //fungsi delay(), digunakan untuk menunda proses eksekusi //selama beberapa millisecond #define delay Sleep //fungsi gotoxy(), digunakan untuk menempatkan kursor //pada posisi KOLOM dan BARIS void gotoxy(unsigned int kolom, unsigned int baris) { COORD posisi = {kolom,baris}; SetConsoleCursorPosition(GetStdHandle(STD_OUTPUT_HANDLE), posisi); } //fungsi kbhit(), digunakan untuk mendeteksi terjadinya //penekanan tombol. Jika terdapat tombol yang ditekan maka fungsi ini //akan mengembalikan nilai TRUE sebaliknya FALSE bool kbhit() DWORD EventCount,NumRead; GetNumberOfConsoleInputEvents(GetStdHandle(STD_INPUT_HANDLE), &EventCount); if(EventCount>0) ReadConsoleInput(GetStdHandle(STD_INPUT_HANDLE), &InRec, 1, &NumRead); return (InRec.EventType == KEY_EVENT); //fungsi getch(), digunakan untuk mengambil informasi tombol yang //terakhir kali ditekan. char getch() return InRec.Event.KeyEvent.uChar.AsciiChar; int main() gotoxy(10,4); cout << "==================================="; gotoxy(10,5); cout << "== Animasi Tulisan Maju Mundur 2 =="; gotoxy(10,8); cout << "==================================="; gotoxy(10,12); cout << " [ Tekan 'x' Untuk Keluar ] "; char tekan='X'; //kontrol arah gerak tulisan //kalau TRUE tulisan akan bergerak ke KANAN (MAJU) //kalau FALSE tulisan akan bergerak ke KIRI (MUNDUR) bool maju = true;

Percobaan lebih lanjut Silahkan modifikasi program tersebut misalkan menampilkan tulisan naik turun, memberi hitungan berapa kali tulisan lewat, atau lainnya. Analisa dan jelaskan hasil praktikumnya Buat laporan