PERULANGAN (LOOP) Minggu IV

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pernyataan Pengulangan Proses Samson AE Sinaga. Pernyataan Pengulangan •FOR – NEXT •DO WHILE – LOOP •DO UNTIL – LOOP •DO LOOP – WHILE •DO LOOP – UNTIL.
Advertisements

Pengulangan & include
ALGORITME & PEMROGRAMAN Abdul Kudus, SSi., MSi., PhD. Senin, 6.30 – 9.00 Rabu, –
DEFI CAHYADI PERULANGAN ATAU LOOP DEFI CAHYADI
STRUKTUR PEMROGRAMAN DALAM R
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
STRUKTUR PERULANGAN Perulangan adalah instruksi yang dapat mengulang sederetan Instruksi secara berulang-ulang sesuai persyaratan yang ditetapkan. Struktur.
Jurusan Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan 2004
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Pengulangan
Iteration Statements (statement iterasi/pengulangan) As’ad Djamalilleil
SEKUEN Minggu II -- (40 menit)
Modul -7 : Java Script (2) 1 Mempelajari statemen loop for, loop while, konsep array, dan fungsi Java Script (2) Modul-7 :
Struktur Kontrol Struktur kontrol merupakan pengatur aliran program
Algoritma dan Dasar Pemograman
Teknik Pemrograman (TEKPRO)
LOOPING (PERULANGAN)
Subprogram Minggu V – VI
LOOPING (PERULANGAN)
Algoritma dan Pemrograman I Agus Nursikuwagus Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi dan Sains Indonesia.
Sumber Kepustakaan : yohananugraheni.files.wordpress.com/.../7_struktu... 1 Struktur Perulangan.
Pemrograman Terstruktur
Perintah Perulangan Pertemuan ::
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX APLIKASI PEMBELAJARAN TEHNIK DASAR BOLA BASKET DENGAN for further detail, please visit
Algoritme dan Pemrograman
PENDALAMAN LOOP DAN LOGIKA
PERULANGAN / LOOPING / KALANG
STRUKTUR PEMILIHAN (KONTROL PROGRAM) Minggu III - 40 menit
APLIKASI Dwi Mulyani for further detail, please visit
DENGAM MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH
Struktur Kendali Proses (Perulangan)
1 Dasar Pemrograman Komputer [TKL-4002] Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu :  Memahami struktur kendali pengulangan (looping)
PERULANGAN 13 April DO…WHILE WHILE…DO FOR…NEXT #5 STIKOM.
Pernyataan Pengulangan Proses
MEMBANGUN DNS SERVER DENGAN UBUNTU Dani Maulan Apriandy
PERULANGAN RISMAYUNI.
Prodi S1-Sistem Komputer, F Teknik Elektro
Prodi S1-Sistem Komputer, F Teknik Elektro
Pemrograman Visual I Outline: Proses Pengulangan/Looping
Kuliah IV Ricky Maulana Fajri, M.Sc
Prodi S1-Sistem Komputer, F Teknik Elektro
PERULANGAN WHILE.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Algoritma Traversal di dalam Graf
Materi 10 LOGIKA & ALGORITMA.
PERULANGAN RISMAYUNI.
Struktur Kontrol Struktur kontrol merupakan pengatur aliran program
PHP Perulangan & Function
LAB PEMOGRAMAN III (VISUAL BASIC)
Latihan & Studi Kasus Perulangan / Looping PEMROGRAMAN DASAR
Menggunakan Macromedia Flash 8 dan Flash Lite 2
PEMBUATAN WEBSITE PT. SENTRA CAHAYA NUSANTARA COM RAHMEI YUDA,
PROFESSIONAL 8 PEMBUATAN APLIKASI CD INTERAKTIF KUMPULAN DOA SEHARIHARI UNTUK ANAK–ANAK MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH for further detail, please visit
Kuliah IV Ricky Maulana Fajri, M.Sc
Pengendalian Proses : Perulangan /Looping
Pengulangan Pengulangan merupakan struktur kontrol yang berfungsi untuk melaksanakan perintah-perintah suatu blok statemen secara berulang-ulang selama.
I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom
PI, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Kamus istilah Komputer menggunakan JAVA J2ME for further detail, please visit
LOOPING Pertemuan 4.
Algoritma & Pemrograman 1
Minggu 10 Imam Fahrur Rozi
PERULANGAN.
for further detail, please visit
Pemrograman VB.NET Pertemuan 4 Sorang Pakpahan,S.Kom.,M.Kom.
LOOPING - FOR.
ALUR PERULANGAN FOR…NEXT
Pengontrolan Alur Program
PALEMBANG WEBSITE for further detail, please visit
PEMOGRAMAN Dasar Pemograman.
PENGULANGAN ALGORITMA & STRUKTUR DATA I PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
PERANCANGAN WEB INFORMASI PRODUK KERAJINAN PT. PICOLLO Mochammad Iqbal
Transcript presentasi:

PERULANGAN (LOOP) Minggu IV Wahyu Pujiyono yywahyup@yahoo.com Tehnik Informatika Universitas Ahmad Dahlan

Motivasi Sangat banyak kegiatan sehari-hari yang sering diulang. Contoh : Makan sepiring akan dilakukan sesendok demi sesendok (berulang). Untuk menghitung 2 x 3 dilakukan dengan menjumlah 2 sebanyak 3 kali (2 ditambah 2 ditambah 2)

Komputer mempunyai kemampuan untuk menghitung perulangan dengan sangat cepat dan tidak mengenal lelah. Kadang diperlukan suatu kondisi untuk menghitung dengan perulangan sampai presisi tertentu.

Konsep Counter Perhatikan penugasan berikut ini : i  i + 1 C++ : i++; Atau ++i;

Konsep Total Misalnya kita diminta untuk menghitung jumlah deret : Harga awal : i dimulai dengan 0 (unsur identitas penjumlahan)

Konsep Total (lanjutan) Algoritmik : jumlah  0 for i  1 to n do jumlah  jumlah + i C++ : jumlah = 0; for (i = 1; i<=n; i++) jumlah += i;

Konsep Total Perkalian Misalkan kita diminta menghitung : n! = 1 . 2 . 3 . … n = Harga awal : 1 (unsur identitas perkalian)

Algoritmik C++ faktorial  1 for i  1 to n do faktorial  faktorial * i C++ faktorial = 1; for (i = 1; i<=n; i++) faktorial *= i;

Pemrograman

Kasus 4.1. Cetaklah bilangan 1 sampai 4

Perhatikan perbedaan ketiga flowchart berikut : Mulai for i = 1 to 4 do i Selesai i =1 i = i+1 i <= 4 F T i > 4 Struktur for Struktur while Struktur repeat - until

Kasus 4.2. Cetaklah bilangan ganjil dari 0 sampai 10 Ide : Bilangan ganjil dari 0 sampai 10 diawali dengan 1, kemudian bertambah dengan 2 atau bilangan ganjil adalah bilangan yang bila dibagi 2 bersisa 1.

Beberapa cara :

Aplikasi Perulangan kerap digunakan untuk menghitung jumlah deret. Contoh : Hitung jumlah dari : 1+2+3+… + n = Kuncinya : buat pola untuk rumus di sebelah kanan ! Untuk operasi perkalian menggunakan tanda 

Bilangan Fibonacci Bilangan Fibonacci dapat disajikan sebagai berikut : 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, … Dimulai dari suku pertama = 0 dan kedua = 1, suku ketiga adalah jumlah 2 suku pertama. Dalam rumus : F(n) = F(n-1) + F(n-2)

Analisis : Ketika kita menghitung suku ke-3 (F(3)) maka suku ke-1 sebenarnya sudah tidak digunakan. Untuk itu kita bisa “menggeser tempat” : f1  f2 f2  f3 Lalu berulang kita hitung suku berikutnya : f3  f2 + f1

Kasus 4.3. Carilah rata-rata dari n bilangan bulat positif. Analisis : Rumus rata-rata adalah : yaitu jumlah data dibagi dengan banyaknya data, dengan xi adalah data ke-i.

Sentinel Digunakan bila banyaknya masukan tidak diketahui, tetapi sifat datanya diketahui. Untuk menghentikan masukan, digunakan harga lain. Contoh : Bila masukan harga selalu positif (misalkan nilai mahasiswa), sentinel bisa nol atau harga negatif.

Kasus 4.4. Hitunglah rata-rata dari integer positif (banyak data ditentukan dari data yang dimasukkan)

Kasus 4.7. Hitunglah nilai dari dengan x bilangan real dan y bilangan bulat. Analisis : = x . x . x . … x (sebanyak y kali) = Input : x dan y Output : hasil x pangkat y

Hanya saja, algoritma ini khusus untuk y > 0. Bahan kuis : Sempurnakan algoritma tersebut agar dapat menghitung pangkat y negatif.

Kasus 4.8. Hitunglah axb dengan metode penjumlahan Analisis : axb = a + a + … + a (sebanyak b kali) = Ini berlaku untuk a positif maupun negatif Bagaimana bila b negatif ?

Karena loop “tidak pernah negatif” maka harus dimanipulasi perulangan yang “selalu” positif. Untuk itu nilai b menjadi abs(b) Kemudian khusus untuk b < 0, jumlah yang sudah diperoleh dinegatifkan Ingat : ax(-b) = ax(-1)xb = -axb

Loop Invariant Loop invariant digunakan untuk membuktikan bahwa loop for adalah benar Karakteristik : Benar pada suatu titik (pernyataan) pada setiap iterasi loop Benar bila loop berhenti membuktikan loop bekerja secara benar.

Contoh : program untuk mencari nilai minimum dari sederetan input

Kondisi : min <= n selalu benar sebab sebelum pernyataan if mengubah harga min jika harga input terakhir dari n kurang dari harga min sebelumnya. Kondisi : min satu dari n harga selalu benar sebab min diawali dengan harga pertama dan min berubah harganya hanya bila harga input n yang baru lebih kecil dari min. Akhirnya : kondisi benar ketika loop berakhir diperoleh nilai minimum dari semua input

Latihan Buatlah algoritma dan program untuk mencetak bilangan yang habis dibagi 3 dan 5 antara 1 sampai dengan 100. Hitunglah nilai dari : [Sentinel] Buatlah algoritma untuk menentukan nilai terkecil, terbesar, dan jumlah semua bilangan positif yang dimasukkan.

Tugas Kelompok Buat simulasi membeli bahan bakar dengan spesifikasi : Input berupa : uang/berapa liter yang akan dibeli Jenis bahan bakar yang akan dibeli Indikator akan berlangsung terus (kenaikkan 0.1liter) selama total harga/jumlah liter bahan bakar yang dibeli belum melebihi permintaan Output menyatakan : Jumlah liter yang dibeli (bila input berupa uang) Total uang yang harus dibayar (bila input berupa liter)