PENGAMBILAN KEPUTUSAN. 3. Operator Logika TandaKeterangan && Logika DAN  AND I I Logika ATAU  OR ! Negasi (lawan) Logika AND  True AND True = True.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
+ Pemrograman Javascript Teknik Informatika Universitas Bunda Mulia Jakarta Chandra Hermawan H., M.Kom., MM.
Advertisements

Pemrograman Visual. Pernyataan IF…THEN…ELSE Pernyataan ini hanya memeriksa apakah suatu blok kode program dapat dieksekusi atau tidak. Jika kondisi pernyataan.
Struktur Kendali Proses (Bab 4) Dr. Anto Satriyo Nugroho, M.Eng Web: Mata Kuliah: Dasar.
Dasar Pemrograman Komputer
Praktikum Bahasa C Struktur Kendali.
PEMROGRAMAN PASCAL STATEMEN KENDALI.
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 REVIEW Issa Arwani, S.kom, M.sc. UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG.
Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
Pengambilan Keputusan
Modul 3: Kendali program dan teknik penyimpanan data
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 REVIEW Issa Arwani, S.kom, M.sc.
Bab 4 Percabangan.
Pertemuan 7 Struktur Kendali Percabangan SWITCH Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
Fungsi (lanjutan) Pertemuan ke-9 Bahasa C.
STRUCTURAL CONTROL continuation STATEMENT  SWITCH  WHILE  DO..WHILE.
Operator dan Assignment Pertemuan 3 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
Penyeleksian Kondisi Pertemuan ke-4 Bahasa C.
Kondisi dan Perulangan pada C++
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
Dasar Pemrograman MODUL 06 PERCABANGAN.
Pengantar TI (MKK103S) Minggu 3 Page 1 MINGGU 3 Pengantar TI (MKK103S) Agenda 1.Logical nested if 2.Format currency rupiah 3.Fungsi left, right & mid.
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
Person 19 || Marty Rori 1. Apa yang Buruk Tentang Menggunakan? Vairables global? 2 tidak aman!  Jika dua atau lebih programmer bekerja sama dalam program,
Struktur Kendali Proses (Seleksi)
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
LOGIKA ALGORITMA Pertemuan 6.
Pernyataan Kontrol By Serd17 & A. AKRAM N. R..
Struktur Kontrol: Keputusan
STRUKTUR KENDALI PROSES
Kontrol Program Armadyah Amborowati.
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
SELECTION (STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN)
Pengenalan PHP Operator Aritmatika:
Bab 05 Tipe Data dan Mengisi Variabel
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 REVIEW Issa Arwani, S.kom, M.sc.
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 DPK Pertemuan -- Issa Arwani, S.kom, M.sc. PROGRAM STUDI.
Struktur kontrol.
STRUKTUR KONTROL PENYELEKSIAN KONDISI LANJUTAN…….
Referensi Bahasa (4) As’ad Djamalilleil
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
DECISION KONDISI / PEMILIHAN
Struktur Kontrol Keputusan
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
Transfer of control (pemindahan langkah)
Statement Control (if dan switch)
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
STRUKTUR KONTROL.
PERTEMUAN 5 PENYELEKSIAN KONDISI.
Percabangan C++ Norma Amalia, ST., M.Eng.
Pengenalan PHP Operator Aritmatika:
STRUKTUR DASAR PROGRAM
1. Bentuk If- else STRUKTUR SELEKSI KONDISI SELEKSI KONDISI
Contoh Aplikasi Sederhana
As’ad Djamalilleil Macam Statement As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Referensi Bahasa (4) As’ad Djamalilleil
Selection (pemilihan)
JAVA FUNDAMENTAL.
PEMROGRAMAN WEB Ahmad Ramadhani, S.kom.
Struktur Kontrol #1 Keputusan
PERBEDAAN C DAN C++ Meriska Defriani, S
SELEKSI ALGORITMA & STRUKTUR DATA I PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
STRUKTUR KONTROL PENYELEKSIAN KONDISI LANJUTAN…….
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
Pertemuan 7 Percabangan dalam bahasa C .:: Erna Sri Hartatik ::.
Pernyataan Kondisional, Perulangan dan Jump
Penggunaan Decission (keputusan ) pada C
DECITION/KEPUTUSAN KEPUTUSAN pada C: - Pernyataan If
Pemrograman Web Lanjut “Pertemuan ke-3”
STRUKTUR KONTROL PERCABANGAN DAN STRUKTUR KONTROL LOMPATAN
Transcript presentasi:

PENGAMBILAN KEPUTUSAN

3. Operator Logika TandaKeterangan && Logika DAN  AND I I Logika ATAU  OR ! Negasi (lawan) Logika AND  True AND True = True True AND False = False False AND True = False False AND False = False

TTT TFT FTT FFF Logika OR  True OR True = True True OR False = True False OR True = True False OR False = False TTTTFF FTF FFF ORAND

Statement IF a. Bentuk If Tunggal sintak penulisan: if cond_expression { True expression True expression } Jika cond_expr salah, maka…..  true statement akan diabaikan.  true statement akan diabaikan. Jika cond_expr benar, maka….  true statement akan dieksekusi  true statement akan dieksekusi

b. Bentuk If dengan else sintak penulisan: sintak penulisan: if cond_expression { true_statement true_statement } else } else { false statement false statement } Jika cond_expr benar maka  true statement akan dijalankan Jika cond_expr salah maka  eksekusi program tertuju pada false statement

c. Bentuk If Bersarang (Nested If)  bentuk stat.if dengan stat.if lain di  bentuk stat.if dengan stat.if lain di dalamnya. dalamnya.  sintaks penulisan:  sintaks penulisan: if cond_exprA if cond_exprA{ if cond_exprB if cond_exprB { true statementB ;} { true statementB ;} else else { false statementB } { false statementB } } { False statementB } { False statementB }

d. Statement Switch  Stat.yg dimanfaatkan untuk menentukan pilihan dari menentukan pilihan dari sejumlah pilihan yang terlibat. sejumlah pilihan yang terlibat.  Mempunyai 2 bentuk 1. Swicth Tunggal 1. Swicth Tunggal 2. Switch Bersarang 2. Switch Bersarang

 Sintaks penulisan: switch cond_expr switch cond_expr { case konstanta1: { statemen2;break } case konstanta1: { statemen2;break } default { statement-statemen } default { statement-statemen } }

CONTOH PROGRAM #include #include void main () { float ipk; float ipk;

// I. Menggunakan printf dan scanf // /* printf("Isikan nilai IPK ="); scanf("%f",&ipk); scanf("%f",&ipk); if (ipk>2.75) printf("Selamat Anda Lulus"); if (ipk>2.75) printf("Selamat Anda Lulus"); else else printf("Maaf...Anda gagal"); printf("Maaf...Anda gagal"); getch(); */

// II. Menggunakan Cout dan Cin cout >ipk; cout >ipk; if (ipk > 2.75) if (ipk > 2.75) { cout <<"Selamat Anda Lulus"; } { cout <<"Selamat Anda Lulus"; } else else cout <<"Maaf...Anda gagal"; cout <<"Maaf...Anda gagal";getch();}

1. Buatlah program untuk menentukan bilangan genap atau ganjil. 2. Gunakan statement IF dengan Else. 3. Simpan program dengan nama Kuis_XXXX  XXXX = NIM ke folder

Contoh statement nested if #include #include void main() { float nilai; // menggunakan printf dan scanf printf ("Isikan Nilai Anda ="); scanf ("%f",&nilai);

if ((nilai >0) && (nilai 0) && (nilai <=100)) if (nilai >=60) if (nilai >=60) { printf ("Anda lulus"); printf ("Anda lulus"); } else else { printf ("Maaf...Anda tidak lulus"); printf ("Maaf...Anda tidak lulus"); } else else printf ("Salah nilai");//else if1 printf ("Salah nilai");//else if1getch();}

{ printf ("Maaf...Anda tidak lulus"); printf ("Maaf...Anda tidak lulus"); } else else printf ("Salah nilai"); printf ("Salah nilai"); getch( ); getch( ); }

LATIHAN Analisis program nilai (di atas) Buat program untuk menentukan nilai: A = nilai 90 – 100 B = nilai 70 – 89 C = nilai 60 – 69 D = nilai 50 – 59 E = nilai kurang dari 50

Contoh Percabangan dgn switch //PROGRAM KONVERSI NILAI HURUF #include #include void main() { char nilai_huruf; int nilai_angka;

printf ("PROGRAM KONVERSI NILAI\n"); printf ("\nNIlai Huruf ="); scanf ("%c",&nilai_huruf); switch (nilai_huruf) { case 'A' : nilai_angka = 4;break; case 'A' : nilai_angka = 4;break; case 'B' : nilai_angka = 3;break; case 'B' : nilai_angka = 3;break; case 'C' : nilai_angka = 2;break; case 'C' : nilai_angka = 2;break; case 'D' : nilai_angka = 1;break; case 'D' : nilai_angka = 1;break; case 'E' : nilai_angka = 0;break; case 'E' : nilai_angka = 0;break; default :printf("Nilai yang dimasukkan salah"); default :printf("Nilai yang dimasukkan salah");}

if ( nilai_huruf >= 'A‘ && nilai_huruf = 'A‘ && nilai_huruf <= 'E‘ ) printf ("Nilai Anda %i\n",nilai_angka); printf ("Nilai Anda %i\n",nilai_angka); getch( ); }

LATIHAN Buat program menentukan nama bulan Input  angka (untuk lihat nama bulan) Output  nama bulan berdasarkan input Contoh : (input) Memilih Bulan ke = 4 (input) Memilih Bulan ke = 4 (output) Bulan April (output) Bulan April