Mata Kuliah : Komputer dan Masyarakat Viska Armalina, ST.,M.Eng

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TIPS ERGONOMI BAGI PENGGUNA KOMPUTER
Advertisements

ALAT OUTPUT.
BAB IV – Mulai bekerja di komputer
Materi 7 IMPLEMENTASI TIK
4 Bab Mulai Bekerja di Komputer Teknologi Informasi dan Komunikasi
TIPS ERGONOMI BAGI PENGGUNA KOMPUTER
KOMPUTER ADA DIMANA-MANA
K3.
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Komputer dan Masyarakat
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Yanuar Nurdiansyah, ST., M.Cs
Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
KOMPUTER DAN aplikasinya
DAMPAK KESEHATAN PADA PEMAKAIAN KOMPUTER
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
ASPEK ERGONOMIK.
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
SMA SWASTA HARAPAN MEDAN
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
PENGENALAN KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Teknologi Informasi dan Komunikasi SMA Negeri 1 Mantewe Tahun Pelajaran 2016/2017.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Komputer dan Masyarakat
LATIHAN FISIK PADA LANSIA
Perangkat Utama Input/Output dan Memori
Media Pembelajaran ADP
FUNGSI KOMPUTER DALAM MASYARAKAT
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Pertemuan ke-2 Didalam komputer
STORAGE DEVICE Internal Storage; media penyimpanan yang terdapat di dalam komputer RAM ( Random Access Memory ); menyimpan program yang diolah untuk sementara.
Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI C
K3 DALAM MENGGUNAKAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI
PRINSIP-PRINSIP KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3)
Data dan Informasi.
Bab 1 Komputer ada dimana mana
KOMPUTER ADA DIMANA-MANA
Bab 1 Komputer dimana mana
KOMPUTER DAN PENGGUNAANNYA
ASPEK ERGONOMIK KELOMPOK : 1. Noval Azmi 2. Yulizar Ikhsan. F 3. M. Wahyu Setiawan 4. Riki Supriyadi 5. Adi Gilang Wahyu. A 6. Achmad Rinandar. F AMIK.
PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER
KOMPONEN KOMPONEN PERANGKAT KERAS ICT
Materi 1 Materi 2 Materi 4 Materi 5 Materi 6 Materi 7 Materi 8
Mempelajari Administrasi Perkantoran
OCTAVIANI ROCHIADITYA P ( ) PRADANA HERDIN S ( )
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
A. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Kumpulan Materi Kuliah
PRINSIP-PRINSIP KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3)
Hardware Komputer.
TIPS ERGONOMI BAGI PENGGUNA KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Teknologi perangkat keras
Perangkat Lunak Komputer Created by: Kusnul Kotimah.
PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER
PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MASYARAKAT
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Imanuel Christiansen Mamudi, S.Pd, Gr. MENGIKUTI PROSEDUR KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN (K3)
Komputer dan Kesehatan
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Komputer dan masyarakat
Komputer dan masyarakat
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
MEMPERSIAPKAN BAHAN DAN ALAT LANGKAH 1 Sebaiknya lakukan perakitan PC di ruangan tertutup dan bebas debu. Idealnya sih memang di ruangan ber-AC (air condition).
MEMPERSIAPKAN BAHAN DAN ALAT LANGKAH 1 untuk mmerakit pc Sebaiknya lakukan perakitan PC di ruangan tertutup dan bebas debu. Idealnya sih memang di ruangan.
Transcript presentasi:

Mata Kuliah : Komputer dan Masyarakat Viska Armalina, ST.,M.Eng

Pendahuluan Beda komputer dengan produk teknologi lainnya: a. Dapat diprogram untuk melakukan beragam tugas b. Kecepatan proses yang tinggi c. Ketelitian yang tinggi d. Kualitas produk yang lebih baik viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Komputer Asal Kata : compute atau to compute  menghitung Definisi secara umum : Perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan pekerjaan secara otomatis berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya sehingga dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan. viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Fungsi Penting Komputer (1) Input - tindakan mentansfer instruksi/data ke dalam komputer. - contoh alat input : keyboard, mouse, scanner Pemrosesan - Komputer memanipulasi data sesuai dengan kumpulan instruksi  menghasilkan informasi - Alat Pemrosesan/Prosesor  CPU (Central Processing Unit) - Contoh merk prosesor : Intel, AMD, Motorola viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Fungsi Penting Komputer (2) Penyimpanan Macam-macam penyimpanan : Penyimpanan Primer (Memori) - Kemampuan komputer untuk menyimpan data dan instruksi sementara ia memproses data. - Ada 2 jenis memori pada komputer : a. Erasable Programmable Read-Only Memory (EPROM) b. Random Access Memory (RAM). viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Fungsi Penting Komputer (3) Penyimpanan Sekunder - Komputer harus dapat menyimpan hasil data yang telah diproses untuk digunakan kembali. - Ada 3 jenis penyimpanan sekunder menurut teknologi yang digunakan untuk menyimpan data : a. Media Magnetik : contoh : hardisk, floppy disk (disket) b. Media Optik : contoh : Compact Disc (CD) c. Flash Memory : contoh : Flash disk, memory card viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Contoh Penyimpanan Sekunder Media Magnetik Flash Memory Media Optik viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Fungsi Penting Komputer (4) Output - Hasil pemrosesan oleh komputer  dilaporkan ke pengguna - Contoh perangkat output : monitor, printer viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Penggunaan Komputer Pada Aktivitas Kehidupan Manusia Perbankan Perdagangan Industri Transportasi Rumah Sakit Pendidikan Seni Penelitian Rekreasi Hankam Komunikasi viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Bidang Perbankan Sistem uang elektronik (ATM, kartu kredit dan debit) Penyimpanan data Pemrosesan transaksi secara on-line Pembayaran tagihan secara on-line viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Bidang Perdagangan Memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak. Menyimpan hasil transaksi, persedian barang-barang (stock). Pembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen dan lain-lain Selain pembayaran tunai bisa juga secara elektronik viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Bidang Industri CAM – Computer Aided Manufacturing CAD – Computer Aided Design Penggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer dari jarak jauh. viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Bidang Kedokteran Membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit pasien. CAT – Computer Axial Tomography  menghasilkan gambar sinar-X bergerak. Membantu tuna netra membaca dengan teks khusus. Menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS Mengelola persediaan obat-obatan. viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Bidang Pendidikan CBE – Computer Based Education CAI – Computer Assisted Instruction Menyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar dan soal-soal ujian maupun latihan. viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Bidang Seni SYNTHESIZER digunakan untuk bunyi alat musik seperti bunyi gitar dan piano. Untuk proses penciptaan lagu. Untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan special effect. viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Bidang Penelitian /Pengetahuan Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data. Penelitian ruang angkasa Ramalan cuaca seperti pengambilan gambar awan. viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Bidang Rekreasi Sumber alat rekreasi seperti games online. Roller Coaster yang dikendalikan oleh komputer viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Bidang Hankam Kapal perang & kapal terbang dipasang peralatan komputer untuk membantu navigasi atau serang yang lebih tepat. Untuk simulasi perang viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Bidang Komunikasi Telekomunikasi  teleconference. E-mail, voice mail dll Modem  sarana komunikasi komputer dengan internet. viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Penggunaan Komputer Yang Sehat

Ergonomik Asal kata : ergon = kerja nomos = peraturan / hukum Ilmu serta penerapannya yang berusaha menyerasikan pekerjaan dan lingkungan terhadap orang atau sebaliknya dengan tujuan tercapainya produktivitas dan efisiensi yang setinggi-tingginya melalui pemanfaatan manusia seoptimal mungkin. viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Aspek Workstation Ergonomik Aspek workstation ergonomic yang perlu diperhatikan agar nyaman bekerja dengan computer : 1. Sejajar Vertikal 2. Sejajar Horisontal 3. Pencahayaan 4. Pengaturan monitor 5. Menghindari Refleksi Cembung (Veiling Reflection) 6. Pengaturan Kontras viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Sejajar Vertikal (1) Memperhatikan efek gravitasi dan bagaimana menopang bagian-bagian penting dari tubuh. Kuncinya sukses untuk menyesuaikan meja dan komponen komputer untuk mendapatkan posisi tubuh yang tepat antara lain : a. Meminimalkan stress Sangatlah penting untuk memilih posisi bekerja yang menjaga kepala anda dalam posisi tegak dan diatas punggung anda. b. Keyboard Tinggi kursi anda seharusnya sesuai sengan tinggi badan anda sehingga jari-jari anda bisa nyaman diatas keyboard dengan lengan anda sejajar lantai. Beri perhatian terhadap pergelangan tangan anda. Pergelangan tangan anda seharusnya tidak terlalu naik atau turun untuk bisa mengetik dengan normal. viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Sejajar Vertikal (2) C. Monitor Tinggi monitor seharusnya dapat dimiringkan sehingga permukaan layar tegak lurus dengan lensa mata. Hal ini memungkinkan anda melihat pusat layar tanpa membuat kepala anda mendongkak ke atas atau sedikit turun. Jika anda bekerja dari dokumen kertas, bookstand yang menahan dokumen pada posisi vertikal disamping monitor dapat meminimalkan keharusan untuk memiringkan kepala ke arah samping bawah. viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Sejajar Vertikal (3) d. Memilih kursi - Pilihlah kursi dengan tinggi dan sandaran yang dapat disesuaikan. - Jika kursi mempunyai tempat untuk meletakan lengan, bagian ini seharusnya juga dapat disesuaikan. - Sandaran kursi sebaiknya mempunyai bagian yang bengkok (lumbar support) yang mendukung punggung belakang bagian bawah. - Tempat duduk sebaiknya tidak terlalu rendah untuk tubuh anda. - Usahakan Anda dapat duduk dengan punggung tegak dan kaki anda dapat bertumpu pada lutut. viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Sejajar Vertikal (4) e. Penyangga Kaki Telapak kaki seharusnya berada di lantai, mendukung berat kaki anda. Jika berat kaki tidak didukung oleh tempat duduk dari kursi yang anda pakai, tekanan pada belakang kaki anda akan menghambat sirkulasi. Jika anda tidak dapat menyesuaikan tinggi kursi agar dapat menggunakan keyboard dengan nyaman tanpa mengangkat kaki dari lantai maka gunakanlah penyangga kaki yang membuat telapak kaki anda mendukung berat kaki anda. f. Mouse Mouse sebaiknya sama tinggi denggan keyboard atau dalam posisi dimana ia dapat digunakan tanpa membuat lengan pengguna tidak tersangga. viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Sejajar Horisontal (1) Untuk mengurangi stres pada leher dan punggung anda, sejajarkan keyboard dan mouse untuk meminimalkan waktu yang anda gunakan dalam suatu posisi yang sama. Ketika Anda duduk di kursi, monitor seharusnya di depan Anda langsung. Bayangkan garis vertical secara langsung di depan Anda. Pada posisi sejajar horizontal ada beberapa hal yang harus diperhatikan : Keyboard Mouse viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Sejajar Horisontal (2) Keyboard Pertimbangkan untuk memindahkan keyboard ke kanan sehingga garis pusat melewati antara huruf G dan H pada keyboard. Mouse Kebanyakan orang menggunakan tangan kanan, artinya mereka bisa menaruh mouse di sebelah kanan keyboard. Jika anda memindahkan keyboard ke kanan agar kunci-kunci huruf menjadi terpusat, anda perlu berusaha keras untuk menjangkau mouse. Sebaiknya belajar shortcut keyboard untuk sebagian besar operasi agar tangan anda tidak terlalu sering lepas dari keyboardd dan menggunakan mouse. viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Pencahayaan Kelompok otot lainnya yang dapat lelah karena kondisi yang tidak tepat adalah otot mata. Ketika kita mengubah fokus dari objek yang dekat ke objek jauh, otot-otot mata akan menarik lensa mata untuk membuatnya lebih datar. Ketika kita mengubah fokus kembali ke objek dekat otot menjadi rileks dan lensa kembali ke kondisi normal. Jika kita melihat objek yang terang, otot-otot pada selaput pelangi (iris) berkontraksi untuk membuka, atau pupil, untuk membatasi jumlah cahaya yang masuk ke mata. Ketika kita melihat objek gelap, otot-otot rileks dan selaput pelangi melebar agar lebih banyak cahaya yang masuk. viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Pengaturan Monitor Komputer yang lebih baru dapat mengelola beberapa monitor sekaligus, yang mengurangi gerakan mouse atau keystroke yang diperlukan untuk beralih diantara dokumen yang terbuka dan membuat kepala bergerak ke sisi kanan atau kiri sementara bekerja, ketimbang tetap dalam satu posisi untuk jangka waktu panjang. viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Menghindari Refleksi Cembung (Veiling Reflection) Jika ada sumber cahaya terang di belakang operator komputer, pantulan cahayanya dapat cukup jelas di sepanjang dokumen pada layar  refleksi cembung.  Refleksi cembung dapat mengubah fokus dari permukaan monitor ke objek jarak jauh yang dipantulkan didalamnya. Hal ini menyebabkan otot mata mengalami kontraksi. Ketika kita menyadari bahwa dokumen jauh dari fokus, mata berubah kembali ke fokus dekat. Proses ini dapat berulang dengan sendirinya, yang menyebabkan kelelahan pada otot mata. Cara pencegahan : - Jika posisi cahaya memantul ke monitor, ubahlah orientasi posisi Anda - Memasang layar anti refleksi pada monitor untuk mengurangi pantulan viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Pengaturan Kontras Untuk dapat mengurangi kelelahan pada selaput pelangi, ruangan dan dokumen- dokumen anda sebaiknya sama teranganya dengan monitor komputer. Sebagian besar monitor mempunyai penyesuaian cahaya sehingga anda dapat menambah atau mengurangi brightness agar lebih sesuai dengan kondisi sekitar . viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com

Isyu Sosial Dampak Negatif Dampak Positif Komunikasi yang lebih baik. Transportasi data yang cepat & aman. Pekerjaan selesai lebih cepat & akurat. Efisiensi tenaga kerja Dampak Negatif Manusia tergantung dengan komputer. Kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat & teliti. Hacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password. viska.web.id | viskaarmalina@gmail.com