Pemrograman Berorientasi Objek

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Terstruktur
Advertisements

Menunjukkan berbagai peralatan TIK melalui gambar
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Pemrograman Dasar IS – 104 Introduction. Perkenalan • Nama: Yosua Timotius Kipling • • Tujuan perkuliahan: Mengenal konsep.
Tugas Praktikum 1 Dani Firdaus  1,12,23,34 Amanda  2,13,24,35 Dede  3,14,25,36 Gregorius  4,15,26,37 Mirza  5,16,27,38 M. Ari  6,17,28,39 Mughni.
Review C/C++ & Intro to Java Pemrograman Berorientasi Obyek IT209.
Input/Output.
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Dasar[PTI-15001] 2012
Nama: AGUS PRAYOGA INSTALASI WINDOWS XP Kelas : X_TKJ_1.
Praktikum Bahasa Pemrograman
KETENTUAN SOAL - Untuk soal no. 1 s/d 15, pilihlah salah satu
Introduction OOP with JAVA Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
Dasar-Dasar Pemrograman
WEEK 6 Teknik Elektro – UIN SGD Bandung PERULANGAN - LOOPING.
Oleh: Ali Ridho Barakbah
Pemrograman Berbasis Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN KOMPUTER 2 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
Selamat Datang Dalam Kuliah Terbuka Ini
: : Sisa Waktu.
Luas Daerah ( Integral ).
PEMINDAHAN HAK DENGAN INBRENG
Pemrograman Berorientasi Objek
Modul 1- Review Java.
Pemrograman Terstruktur
KONTROL ALUR EKSEKUSI PROGRAM
INHERITANCE.
Waniwatining II. HIMPUNAN 1. Definisi
Struktur Kontrol.
Bahan Kuliah IF2120 Matematika Diskrit Oleh: Rinaldi Munir
Variabel, Method & Constructor Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Object Oriented Programming (OOP)
Pohon (bagian ke 6) Matematika Diskrit.
Inheritance Konsep Inheritance Protected Member
Pendahuluan Definisi :
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Pengenalan Java.
JAVA APPLET Creating Web Application using Java Applet Introduction to Java (1 st part)
Pengantar & Dasar Pemrograman Java Oleh :Yeka Hendriyani, M.kom
Pengenalan Pemrograman Java
Konsep Pemrograman dan Paradigmanya
Kontrak Kuliah Pengenalan OOP
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Pengenalan dan Struktur Java (Statement Output)
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Bahasa Pemrograman 2 Oleh : Safitri Juanita.
JAVA Mudah dipelajari jika telah mengenal konsep OOP, terbuka (open source) dan mudah dikembangkan SEDERHANA KEUNGGULAN JAVA AMAN Dibuat dengan pertimbangan.
DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER
Pengenalan Program Java
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Minggu 5 Imam Fahrur Rozi
Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Obyek IT209
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK PENDAHULUAN
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Dasar-Dasar Pemrograman
Review C/C++ & Intro to Java
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Transcript presentasi:

Pemrograman Berorientasi Objek Pengenalan Java

PBO Mata Kuliah MKM (Mata kuliah Kendali Mutu) Bobot 3 SKS Penilainan : Absen : 10 Tugas : 20 MidTest : 30 FINAL : 40

Pengenalan Java Sekilas Sejarah Java 1995 : pertama diluncurkan sebagai bahasa pemrograman umum, dibuat oleh Sun Microsystem. Dibuatlah JVM (Java Virtual Machine) yaitu tempat eksekusi program Java dimana para objek saling berinteraksi satu sama lain.

Untuk lebih meningkatkan produktivitas pengembang perangkat lunak, Sun juga meluncurkan SDK (Standard Development Kit) yang berisi kakas dan API untuk membuat program aplikasi berbasis Java. Java pada awalnya diluncurkan J2SE, yang digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi standar.

Tahun 1999, Sun meluncurkan J2EE (Java 2 Enterprise Edition) sebagai framework untuk membuat aplikasi enterprise berskala besar Tahun 2001, Sun meluncurkan J2ME yang menjadi salah satu standar pemrograman di dalam PDA maupun handphone

Konsep Object-Oriented Ide dasarnya adalah menggabungkan data dan fungsi menjadi satu kesatuan unit yang dikenal sebagai object.

Beberapa hal yang perlu diketahui dalam membangun aplikasi dengan konsep OOP, diantaranya sbb : 1. Objek 2. Classification a. Abstraction b. Encapsulation c. Constructor (Single Constructor, Constructor dengan parameter dan Multiple constructor) d. Inheritance e. Polymorphism 3. Package

Objek Objek = Hal Punya Fungsi Menghasilkan output dari fungsi yang mengolah data

Objek Di real-world, tiap obyek memiliki ciri dan tingkah laku (behavior). Misalnya : Obyek-obyek mhs, ciri bisa dilihat dari warna kulit, suara, jenis kelamin. Tingkah laku : berlari, menulis, makan. Di programming, ciri dari tiap obyek diimplementasikan menjadi “attribute” (atau variabel) Tingkah laku diimplementasikan menjadi “method” (atau fungsi)

Contoh : Pada Balok: Objek : balok Data : panjang, lebar dan tinggi Fungsi : menghitung volume dan menghitung luas permukaan balok itu Untuk menghitung volume dan luas permukaan beberapa Balok, maka harus ada beberapa objek balok. Tiap Objek memiliki Data dan fungsi sendiri-sendiri

Classification Disebut juga Class Class bersifat abstrak Di real-world, kita sering melihat banyak obyek dengan model yang sama. Obyek-obyek tersebut bisa memiliki perbedaan atau tidak. Misalnya : Mobil, mahasiswa Class adalah blueprint dalam membentuk obyek Obyek-obyek yang sama adalah merupakan anggota dari suatu kelas.

Contoh Class Mahasiswa NIM : Nama: Menulis, Kuliah, Makan, Buku Nama class Mahasiswa NIM : Nama: Menulis, Kuliah, Makan, Buku No. Buku: Judul: Dibaca, Disampul atribut Metoda/ method

Mahasiswa NIM : 0311500325 Nama : Dewi Menulis, Kuliah, Makan, Buku No.Buku : K001 Judul : PBO Dibaca, disampul

Contoh hubungan Antara Kelas dan Obyek Obyek = an instance of Person Budi Lusi Sri

Perbedaan Class dengan Objek : Class merupakan desain dan objek merupakan perwujudan suatu Class Class bersifat abstrak dan objek bersifat kongkrit

Classification : adalah suatu proses pembuatan class. secara umum sebuah class java didefinisikan sbb: class NamaClass { definisi_data_member; definisi_member_function }

Data member (anggota data) : variabel-variabel yang menyatakan karakteristik suatu objek contoh sebuah objek Balok mempunyai karakteristik yang dinyatakan dengan panjang, lebar dan tinggi. Member function (fungsi anggota) : fungsi-fungsi yang bertugas memanipulasi nilai pada data member. Fungsi yang paling sering ada pada sebuah objek adalah fungsi untuk mengubah dan menginformasikan nilai dari data member objek.

Abstraction Yaitu suatu proses dimana kita melakukan desain class dan menetukan data dan method yang akan dimiliki oleh sebuah class. Contoh : sebuah bangunan geometri lingkaran, dideskripsikan sbb: Bahwa lingkaran memiliki jari-jari, (radius atau r) untuk menyatakan ukurannya. Sehingga semakin besar jari-jarinya maka semakin besar pula lingkaran yang akan dihasilkan.

Jadi jari-jari adalah data yang dimiliki sembarang lingkaran, Jadi jari-jari adalah data yang dimiliki sembarang lingkaran, sehingga jari-jari merupakan karakteristik dari sebuah lingkaran. Berdasarkan fakta diatas maka kita bisa membuat class untuk objek lingkaran.

Contoh : nama class lingkaran karakteristiknya sbb : - memiliki jari-jari - memiliki beberapa method * mengubah nilai jari-jari, * memperoleh informasi jari-jari * menghitung luas lingkaran, * menghitung keliling lingkaran

Membuat format class berdasarkan karakteristik tersebut diatas : class Lingkaran { data: jari-jari method: update jari-jari informasi jari-jari hitung luas hitung keliling } Sampai disini tahap perencanaan class bisa dianggap selesai, kemudian pada bagian selanjutnya dilakukan implementasi calss ini secara mendetail.

Encapsulation Merupakan inti dari metode OOP dimana data objek dilindungi dari perubahan secara langsung dari luar objek tersebut. Dimana perubahan secara langsung bisa berakibat data didalam objek mengalami “bad value” yang pada akhirnya berimbas tidak berfungsinya sebuah objek sebagaimana yang dikehendaki

Memang suatu ketika lingkungan luar memerlukan informasi dari objek kita, atau ingin mengubah data yang tersimpan didalam objek, tentu saja harus ada mekanisme untuk mengubah data objek dan menginformasikan data tersebut kelingkungan luarnya. Dan tentu saja kita juga harus bisa memilah-milah data mana yang harus dipublish keluar dan data mana yang hanya boleh diketahui oleh lingkungan dalam objek.

Pengenalan Lingkungan Java Program Java akan melalui 5 tahap proses, yaitu: Edit Compile Load Verify Execute

A. Edit Menulis program java dengan menggunakan program editor seperti JCreator, Notepad, dll Disimpan dengan ekstensi file .java Misal : HelloWorld.java

B. Compile Menggunakan perintah javac untuk meng-compile program java Akan menghasilkan bytecode (instruksi-instruksi yg dimengerti oleh Java interpreter). Contoh perintah untuk meng-compile program java: javac HelloWorld.java Jika proses kompilasi benar, akan dihasilkan file dengan ekstensi .class, misal : HelloWorld.class

C. Load Menempatkan program (.class) ke dalam memory sebelum dijalankan. Dilakukan oleh class loader. File .class dapat di-load dari penyimpanan di komputer kita atau dari jaringan/network (jaringan lokal atau internet).

D. Verify Memastikan agar bytecode dalam file .class valid

E. Eksekusi Menggunakan Java Interpreter Membaca bytecode dan menerjemahkannya menjadi bahasa yang dimengerti oleh komputer (bahasa mesin). Perintahnya adalah : java HelloWorld Java Interpreter = Java Virtual Machine (JVM)

Program Sederhana

Komentar / Comments Komentar diawali dg tanda // 1 // Fig. 2.1: Welcome1.java 2 // Text-printing program. Komentar diawali dg tanda // Komentar diabaikan selama proses eksekusi program Sebagai dokumentasi atas kode program Memudahkan pembacaan kode (code readability) Traditional comments: /* ... */ /* Ini ada adalah remark beberapa baris */ Baris kosong Membuat program lebih mudah dibaca Baris kosong, spasi, dan tab adalah ‘white-space characters’ Diabaikan oleh compiler

Catatan : Awal pendeklarasian utk class Welcome1 4 public class Welcome1 Awal pendeklarasian utk class Welcome1 Sebuah program java minimal mempunyai 1 pendeklarasian class. By convention (aturan tdk tertulis), semua nama class di Java dimulai dengan huruf besar dan huruf besar pada tiap katanya. Misal : class Welcome1, class HelloWorld, class HitungLembur.

Catatan lanjutan : Java identifier Sekumpulan karakter yang terdiri dari huruf, angka, underscores ( _ ) dan tanda dollar ( $ ) Tdk boleh diawali dg angka, tdk boleh ada spasi Contoh : Welcome1, $value, _value, button7 7button is invalid Java bersifat case-sensitive. Sehingga AB dan Ab adalah berbeda.

Pada tiap aplikasi Java Aplikasi mulai dieksekusi pada ‘main’ 7 public static void main( String args[] ) Pada tiap aplikasi Java Aplikasi mulai dieksekusi pada ‘main’ Tanda kurung menandakan ‘main’ adalah method Aplikasi Java terdiri dari 1 atau lbh method Satu method hrs bernama ‘main’ ‘void’ berarti ‘main’ tdk mengembalikan nilai Kurawal kiri (brs 8) menandakan dimulainya pendeklarasian method Diakhiri dg kurawal kanan } (brs 11) 8 {

Perintah utk mencetak sekumpulan karakter 9 System.out.println( "Welcome to Java Programming!" ); Perintah utk mencetak sekumpulan karakter String – sekumpulan karakter yg berada di antara tanda kutip ganda System.out Standard output object Print ke command window (i.e., MS-DOS prompt) Method System.out.println Stlh mencetak, cursor akan berada di baris baru Baris 9 ini disebut sebagai statement Tiap statement harus diakhiri tanda semicolon ;

Compiling dengan cara, masuk ke Command Line Start – RUN – ketik cmd

Masuk pada drive dimana anda menyimpan file java tersebut: Ketik <drive>, contoh: D: <enter>

Ketik javac Wellcome1.java <enter>

Untuk menjalankannya, ketik : java Wellcome1 <enter>

Menjalankan dari JCreator Pilih Start  JCreator

Pilih tempat file anda

Beri nama file anda sesuai dengan nama class

Mengompile dan menjalankan Program Java dengan JCreator Build > Compile File

Jika proses Compile berhasil maka akan ditampilkan

Untuk menjalankan program pilih menu : Build > Execute File

Output program “Hello.java”