ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Software Development Life Cycle (SDLC) Concept
Advertisements

Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
Software Engineering Chapter 4
Software Process Model
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
Rekayasa Perangkat Lunak 1
1 Pendahuluan Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.
Perancangan Perangkat Lunak
PERANCANGAN SISTEM.
Methods for Software Engineering
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 Review Software Engineering.
Nama : Shadrach Jabonir / Matthew Marcelinus / Leonardus Handoko / Hendry Sunardi / Carles/ OVERVIEW OF SOFTWARE PROCESS MODEL.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Metodologi Rekayasa Sistem Informasi
 Communication  Planning  Modeling  Contruction  Deployment.
Diadopsi dari presentasi Ian Sommeriville, Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak.
Managing Software Requirement 1
Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak
Summary Materi RPL Mid Semester
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengembangan Siklus Hidup Sistem
Materi Sesi ke 8 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
Perangkat Lunak 1.
Systems Development Life Cycle
Model Proses Perangkat Lunak
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
PENGEMBANGAN APLIKASI
Review Rekayasa Perangkat Lunak
proses PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
System Development Life Cycle (SDLC)
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak 1
Anna dara andriana., M.kom
Pendahuluan Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I..
RPL.
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Siklus Hidup Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Software Development Life Cycle (SDLC) Concept
SDLC (System Development Life Cycle)
Anna dara andriana., M.kom
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Review Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Pengembangan Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
ANALISIS DAN PEMODELAN
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Review Rekayasa Perangkat Lunak
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Review Rekayasa Perangkat Lunak
SOFTWARE ENGGINERING Model Model Siklus Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Systems Development Life Cycle
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PROGRAM STUDI D3
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
Transcript presentasi:

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Suprapto, ST, MT Quit

BAB I PENGANTAR Quit

Problem dalam Pembuatan Perangkat Lunak : • Tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengumpul-kan data pada proses pembuatan perangkat lunak. • Ketidakpuasan user pada S/W yang dibuat • Kualitas S/W terkadang meragukan. • Sulit dalam memaintenance S/W

Apakah Perancangan Perangkat Lunak? Rekayasa Perangkat Lunak adalah disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. • Perancangan Perangkat Lunak memakai pendekatan yang sistematis dan terorganisir untuk menghasilkan perangkat lunak berkualitas tinggi.

Tujuan Perancangan S/W Meningkatkan keakuratan, performance & efficiency produk secara keseluruhan dalam pengembangan. Menerapkan metodologi yang terdefinisi dengan baik untuk resolusi software.

Perbedaan Rekayasa Perangkat Lunak dan Ilmu Komputer Ilmu Komputer berhubungan dengan teori dan metode yang mendasari sistem komputer dan perangkat lunak. Teori ini merupakan suatu model fisik dan analitik untuk menyelesaikan kasus yang spesifik. Rekayasa Perangkat Lunak berhubungan dengan masalah-masalah praktis untuk menghasilkan suatu perangkat lunak. Pendekatan dilakukan dengan model bisnis dan strategi bisnis suatu perangkat lunak

Perbedaan Rekayasa Perangkat Lunak dan Ilmu Komputer Rekayasa Sistem berhubungan dengan semua aspek pengembangan sistem berbasis komputer, termasuk perangkat keras, perangkat lunak dan rekayasa proses. Rekayasa Perangkat Lunak adalah bagian dari Rekayasa Sistem

Proses Perangkat Lunak Proses perancangan perangkat lunak adalah serangkaian kegiatan yang tujuannya untuk mengembangkan atau evolusi perangkat lunak. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah: – Spesifikasi perangkat lunak, – Pengembangan perangkat lunak, – Validasi perangkat lunak, – Evolusi perangkat lunak.

Model Proses Perangkat Lunak Model proses perangkat lunak adalah representasi yang disederhanakan dari proses perangkat lunak yang dipresentasikan dari sudut pandang tertentu. Model proses perangkat lunak diantaranya adalah: – Model aliran kerja (workflow) – Model aliran data (data flow) – Model peran/aksi

SDLC Phases SDLC is a disciplined and systematic approach that divides the software development process into various phases, such as requirement, design, and coding. Six phases of SDLC are: Requirements Analysis Design Construction Testing Deployment

SDLC Models Three types of SDLC models are: Linear models Iterative models Incremental models

Linear Models Linear models are suitable for the projects where all the requirements are identified and well understood before the design of the software begins. There are two types of Linear models: Waterfall model Prototyping model Software Development Life Cycle

Iterative Models Iterative models, an improvement over the Prototyping model, is used when the requirements for the software are likely to evolve throughout the development process. The types of Iterative models are: Spiral model Win-win spiral model Component-based development model Software Development Life Cycle

Incremental Models In Incremental models, software requirements are broken down into various functional units. These functional units contain a group of similar tasks. Each increment of the Incremental model includes three phases: Design Implementation Analysis Software Development Life Cycle

Biaya Perangkat Lunak Biaya perangkat lunak tergantung pada distribusi model proses perangkat lunak yang digunakan Beberapa model biaya perangkat lunak: – Distribusi Biaya Pengembangan – Biaya Pengembangan Evolusioner – Biaya Evolusi – Biaya Pengembangan Produk

Biaya Perangkat Lunak

Biaya Perangkat Lunak

Metode Rekayasa Perangkat Lunak Metode Rekayasa Perangkat Lunak adalah pendekatan-pendekatan terstruktur terhadap model, notasi, aturan, saran perancangan sistem dan panduan proses Beberapa metode Rekayasa Perangkat Lunak: Metode Structur Analysis (DeMarco 1978) yang mendefinisikan komponen fungsional dasar Sistem Berorientasi Obyek (Booch 1994 dan Rambaugh et al 1991) UML (Fowler and Scoot 1997, Booch et al 1999, Rambaugh et al 1999)

Metode Rekayasa Perangkat Lunak Komponen-Komponen Metode Rekayasa Perangkat Lunak: Deskripsi Model Sistem: representasi dari notasi untuk mendefinisikan model sistem. Aturan: batasan yang selalu berlaku bagi model sistem. Rekomendasi: heuristik yang mengkarakterisasi praktek perancangan yang baik. Panduan Proses: deskripsi kegiatan untuk mengembangkan model sistem dan organisasi.

Quit