Pengantar Kuliah: Grafika Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perbedaan vector dan bitmap
Advertisements

DIGITASI Peta Jauari Akhmad N.H..
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
Bab 6 Multimedia.
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
PERBEDAAN PIXEL DAN VEKTOR
PERANGKAT LUNAK PEMBUAT GRAFIS
Nana Ramadijanti Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009
BAB VIII PEMROGRAMAN GRAFIK
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Bitmap Vs Vector Iwan Sonjaya, ST.MMT.MT.
Grafika Komputer (TIZ10) Grafik 3D Disusun oleh Teady Matius Prodi Teknik Informatika – Universitas Bunda Mulia.
Tugas Besar Input & Transformasi
Komputer Grafik dengan openGL
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
Grafika Komputer (TIZ10)
Praktikum PTI Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Oleh : SIS - BPS Pengolahan Citra.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
Praktikum PTI Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Oleh : SIS - BPS
Ida Bagus Surya Dharma,S.Kom
Sesi 2: Primitive Drawing
MATA PELAJARAN TIK (TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI) Semester 5 Pokok Bahasan is Program Grafis and Multimedia for class twelve By. H. JEpanG.
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Pengolahan Citra Pertemuan 14.
Pengantar Grafika Komputer
19 Januari 2011 Grafika komputer.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 3D (KONSEP 3 DIMENSI)
Matakuliah: R0604/ Komputasi Desain Arsitektur II Tahun: 2008 Pertemuan 26 Presentasi Akhir.
Junta Zeniarja, M.Kom, M.CS
MENGENAL GRAFIS DAN PROGRAM APLIKASINYA
TRANSFORMASI 2D.
DESAIN GRAFIS (CITRA BITMAP DAN VEKTOR)
Pengantar Komputer Grafik
DASAR DESAIN GRAFIS.
Transformasi Geometri Sederhana
Pertemuan 1 Introduction
Algoritma & Pemrograman II
Grafis berbasis Vektor dan Bitmap
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
GRAPHIC APpLICATION PROGRAM
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
ANALISIS DAN IMPLEMENTASI TRANSFORMASI TIGA DIMENSI Siti Aminah,
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Grafika Komputer Edy Santoso, S.Si., M.Kom
Pertemuan 26 Presentasi Akhir
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
Pengantar Design Grafis
Algoritma dan Pemrograman RECORD (REKAMAN)
JENIS-JENIS PROGRAM PEMBUAT GRAFIS
IF37325P - Grafika Komputer Silabus dan Rencana Perkuliahan
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
KOMPUTER GRAFI KEHUMASAN TOPIK 14 PENYIMPANAN KARYA DAN MANAJEMEN FILE
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
Grafika komputer 1.
PRAKARYA MULTIMEDIA KELAS X SEMESTER /2016.
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1)
Pertemuan 15 Transformasi 3D dan komposisinya
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
TUGAS REVIEW JURNAL GRAFIKA KOMPUTER
Tipe Data Bentukan Pertemuan ke-5.
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta, 11650
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
TRANSFORMASI GRAFIK 2 DIMENSI
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL. URAIAN MATERI PCD Pemberian Evek Pada Gambar Vektor dan Bitmap Penggabungan Teks & Citra Bitmap Penggabungan Teks & Citra Vektor.
ULANGAN SELAMAT BEKERJA Mata Pelajaran : Matematika
Transcript presentasi:

Pengantar Kuliah: Grafika Komputer By: Achmad Basuki & Nana Ramadijanti Program Diploma IV PENS-ITS Surabaya 2003

Tujuan Perkuliahan Mahasiswa dapat membuat program untuk membangun grafik 2D dan 3D menggunakan bahasa pemrograman C++ dan grafik library OpenGL. Mahasiswa dapat menerapkan prinsip-prinsip dasar grafika komputer untuk keperluan visualisasi, animasi dan simulasi pada bidang ilmu lainnya.

Materi Yang Harus Dikuasai Untuk Mempelajari Grafika Komputer Menggambar Teknik (Technical Drawing) Matematika, dalam hal ini yang lebih dipentingkan adalah aljabar matrik dan geometri. Pemrograman Komputer, dalam hal ini pemrograman dalam bahasa C++

Ide Dasar Grafika Komputer Grafika komputer adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana “membangun” grafik (gambar) baik 2D maupun 3D yang kelihatan nyata menggunakan komputer. Salah satu bidang grafika komputer yang sangat terkenal adalah Desain Grafis.

Beberapa Penerapan Grafika Komputer Entertainment, misalnya dalam pembuatan film animasi. Terminator II dan Titanic merupakan contoh film non animasi yang memanfaatkan efek-efek grafika komputer yang sangat canggih. Visualisasi Proses, misalnya menggambarkan layout kinerja proses pabrik, atau proses-proses yang dalam modul ajar. Visualisasi Hasil Penelitian, seperti menggambar grafik performance, garfik perubahan bahkan grafik model hasil simulasi dan implementasi program. Bersama-sama dengan image processing digunakan sebagai algoritma identifikasi, seperti yang dilakukan pada kepolisian untuk menggambarkan wajah seseorang secara 3D dan identifikasi seseorang. GIS (Geographic Information System) Masil banyak yang lainnya.

Apakah Beda Gambar Dan Photo ? Ini adalah pertanyaan dasar dalam membangun gambar secara nyata Photo merupakan gambar yang dihasilkan dengan proses capture dari kegiatan nyata. Hasilnya setiap detail akan muncul, misalnya jumlah kumis pada kucing sama. Gambar adalah proses pembentukan gambar yang dilakukan dengan meniru kegiatan nyata. Hasilnya ada beberapa detail yang tidak dapat ditampilkan. Siapa yang peduli pada jumlah kumis pada kucing pada saat menggambar?

Macam-Macam gambar Komputer Raster Image, adalah gambar yang strukturnya berupa matrik. Dimana setiap titik (x,y) mempunyai nilai berupa warna sesuai dengan model warna yang digunakan seperti RGB atau CYMK. File dengan ekstensi BMP, GIF, TIFF, JPG dan PNG merupakan contoh dari Raster Image. Model gambar semacam ini digunakan dalam Image Processing. Vector Image, adalah gambar yang strukturnya berupa vektor. Gambar yang dibuat menggunakan AutoCAD atau Maya, atau gambar-gambar pada GIS merupakan contoh dari Vector Image. Model gambar semacam ini digunakan dalam Grafika Komputer dan GIS.

Materi Grafika Komputer Primitive Drawing Obyek Grafik 2D Transformasi 2D Obyek Grafik 3D Transformasi 3D Shading dan Optical View Z-order dan Z-buffer Morphing Curve dan Spline

Primitive Drawing Menggambar obyek-obyek dasar grafik yang berupa: titik, garis, polyline, polygon. Memberikan warna pada obyek grafik misalkan dengan setcolor, fillpolygon, gradatepolygon. Polyline FillPolygon Polygon GradatePolygon

Obyek Grafik 2D Bab ini membahas bagaimana membangun obyek grafik 2D Struktur data obyek grafik 2D, dalam hal ini digunakan bentuk struktur (type data record) dan array. Menggambar obyek grafik 2D dengan struktur data yang sudah ditentukan. Definisi struktur : Implementasi : typedef struct { float x,y; } point2D_t; point2D_t P[3]; drawPolygon(P,3);

Transformasi 2D Macam-macam transformasi 2D, seperti Translasi (pindah), Rotasi (berputar) dan Scaling (berubah ukuran). Model Matrik Transformasi. Perubahan Struktur Data Point2D ke Vektor2D dan sebaliknya. Implementasi tranformasi 2D rotasi scaling translasi

Obyek Grafik 3D Sistem Koordinat 3D Bab ini membahas bagaimana membangun obyek grafik 3D Sistem Koordinat 3D Struktur data obyek grafik 3D menggunakan struktur (tipe data record) untuk titik 3D, face (sisi), dan array. Mengambar obyek grafik 3D sesuai dengan struktur data yang sudah ditentukan.

Struktur Data Obyek Grafik 23D titik3D Face Definisi struktur titik 3D: Definisi struktur face : typedef struct { float x,y,z; } point2D_t; typedef struct { int NumberofPoint; int p[32]; } face_t;

Transformasi 3D Macam-macam transformasi 3D, seperti Translasi (pindah), Rotasi (berputar), Scaling (berubah ukuran) dan Perspektif. Model Matrik Transformasi 3D. Perubahan Struktur Data Point3D ke Vektor3D dan sebaliknya. Implementasi tranformasi 3D

Shading dan Optical View Wire-Frame Pewarnaan Pada Face Dasar-dasar Optival View Flat Shading Garoud Shading

Morphing

Z-order dan Z-buffer

Curve dan Spline