Memahami Ubiquitous Computing

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
01 Dasar-Dasar Teknologi Informasi
Advertisements

JARINGAN KOMPUTER Aidil,S.Kom - MATERI JARKOMDAT.
+ KOMPONEN DALAM LAN Indra Priyandono. + Local Area Network (LAN)  LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil  Sejumlah komputer.
MODEM DAN JARINGAN.
Pertemuan ke – 2 Pengantar Organisasi Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Mobile Computing Dan Aplikasinya
KONSEP W-LAN.
APLIKASI MANAJEMEN PERKANTORAN - D Minggu 1. Kata “ Visual ” merujuk kepada metode yang digunakan untuk membuat antar muka yang bersifat grafis Graphical.
Dahlan Abdullah / Website : PENGANTAR SISTEM BD TERDISTRIBUSI.
1 Chapter 1 Introduction to Human Computer Interaction Mgs. Afriyan Firdaus Fakultas Ilmu Komputer UNSRI.
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
Sistem Pengambil Keputusan
Bahan Kuliah Sistem Terdistribusi
Pertemuan ke – 2 Pengantar Organisasi Komputer
PEMODELAN PROSES.
Information System Ari Eko Wardoyo, ST..
Identifikasi Kebutuhan Sistem Komputerisasi
KOMPUTASI BISNIS DAN DUNIA USAHA
ANGGOTA 1. Achmad Faishal Qurtubi( ) 2. Fatkhur Roni( ) 3. Agung Satriyo(12590 ) 4. Siti Musyarofah( 5. Fidia Ulyah(
-Instalasi LAN- WIRELESS LAN.
IT untuk Keunggulan Kompetitif
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
One: Pengenalan Komputer dan System Perangkat Lunak.
Diagram Interaksi - Sequen Diagram
Pertemuan 1 Pengenalan Organisasi Komputer
Minggu 1…… Page 1 MINGGU Ke Satu Pemrograman Visual 2 Pokok Bahasan: Mengenal Web dengan ASP Tujuan Instruksional Khusus: Mahasiswa akan dapat menjelaskan.
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
KOMPUTER DAN HUBUNGANNYA DENGAN TEKNOLOGI
Kriptografi dalam Kehidupan Sehari-hari
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
RANCANGAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI INFORMASI Materi Pertemuan 27
AND SELECTIVE MOVEMENT
Telekomunikasi, Jaringan dan Internet
Pertemuan 8 : Pemasaran E-commerce (2)
Administrasi Data dan Basis data
Copy Right 2005Bab 1 Hal 1 Peng. Tekno. SIM 1 KONSEP DASAR SISTEM, INFORMASI DAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI.
Mobile Device & J2ME Oleh : Oman Somantri, S.Kom
Teknologi Informasi : Konsep & Manajemen
Perkembangan Komputer
Human Computer Interaction (HCI)
Embeded System RPL Pertemuan 1.
Service-oriented Business Intelligence (SoBI)
Tipe Sistem Mobile Computing
DASAR ILMU BIDANG INFORMATIKA
Mobile Computing Dan Aplikasinya
Information Technologies
Pengantar Mobile Computing (Sistem Komputasi Bergerak)
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Pervasive Computing Muftada Ghiffari
Pengembangan Aplikasi Mobile
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
Tingkat Kedewasaan HCI
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
KOMPUTASI BISNIS DAN DUNIA USAHA
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
Database Server & Terdistribusi
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
Pengantar Software Agent: Teori dan Aplikasi
Sumber daya komputasi dan komunikasi Disusun oleh
Tingkat Kedewasaan HCI
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
Database Server & Terdistribusi
Information Technology MWU110 (2 sks)
Tingkat Kedewasaan HCI
Pengenalan Komputer dan Perangkatnya
Jaringan Komputer.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Perkembangan Teknologi Informasi Tren Teknologi Dunia Hingga 2019.
Transcript presentasi:

Memahami Ubiquitous Computing

The most profound technologies are those that disappear The most profound technologies are those that disappear. They weave themselves into the fabric of everyday life until they are indistinguishable from it (Mark Weiser, 1991) Sumber: www.ubiq.com/hypertext/weiser/SciAmDraft3.html

UC versus VR Muhlhauser dan Gurevych (2009): UC: membawa komputer ke dunia nyata VR: membawa dunia nyata ke komputer model yang dikembangkan atau apa yang dibayang-kan ada di dunia nyata pemodelan crash landing sebuah pesawat yang parameter-parameternya dapat diatur dengan semakin kompleksnya sistem VR, manusia justru dapat berubah fungsi menjadi peranti input/output

Definisi ‘Ubiquitous’ menurut kamus Merriam-Webster bisa diartikan sebagai ‘ada di berbagai tempat dalam waktu yang sama’.

Wikipedia Ubiquitous computing (ubicomp) is a post-desktop model of human-computer interaction in which information processing has been thoroughly integrated into everyday objects and activities

(Mark Weiser) the method of enhancing computing use by making many devices (services) available throughout the physical environment, but making them effectively invisible to the user 8 Agustus 2009 Sriti 2009 - AKAKOM

Sinonim dari UC Era setelah-PC Pervasive Computing Ambient Intelligence Disappearing/invisible/calm computing Mixed-mode System Tangible bits

Konsep utama (mark weiser) a vision of small Inexpensive robust networked processing devices, distributed HCI (Human Computer Interaction) Device (tab, pad , board) 8 Agustus 2009 Sriti 2009 - AKAKOM

Mark weiser??? Mark Weiser coined the phrase "ubiquitous computing" around 1988, during his tenure as Chief Technologist of the Xerox Palo Alto Research Center (PARC) 8 Agustus 2009 Sriti 2009 - AKAKOM

Taksonomi Komponen UC UC Component Attach to human Encountered Carried Worn Implanted Smart Item Smart Environment Mobile Device Smart Badge Body Sensor Smart Tag Internet appliance Sensor Network Muhlhauser dan Gurevych (2009)

Arsitektur Acuan Mundo

ME (Minimal Entity) peranti-peranti yang melekat erat dengan penggunanya (wearable) yang merupakan representasi pengguna di dunia digital. secara otomatis melakukan tugas autentifikasi, pengelolaan sekelompok peranti, penemuan layanan dan cara koordinasinya lingkungan komputasi personal secara modular diciptakan dengan menghubungkan peranti-peranti lain dengan ME mempunyai keterbatasan --> harus digandeng dengan peranti lain

US (Ubiquitous aSsociable object) US memperluas lingkungan personal ME dengan cara menambahkan kapasitas pemroses, memori, tampilan, peranti interaksi, dll Asosiasi: proses penggandengan disebut dengan asosiasi, dan perantinya disebut dengan US ME akan mengirimkan autentifikasi ke US, membuat sambungan komunikasi yang aman, dan melakukan personalisasi US sesuai dengan kebutuhan. Privasi: US yang dipersonalisasi secara otomatis menjadi tidak tersedia ketika berada di luar jangkauan pengguna ME.

IT (smart ITem) peranti pintar yang tidak mendukung asosiasi ke ME sehingga tidak dapat dikategorikan sebagai US Contoh: mesin penjual otomatis (vending machine), barang dagangan yang dilengkapi dengan RFID, mesin anjungan tunai IT adalah sembarang entitas digital atau riil yang mempunyai identitas dan dapat berkomunikasi dengan US atau ME Komunikasi dapat berlangsung secara aktif maupun pasif

WE (Wireless group Environment) jaringan yang bersifat ad-hoc dan terbatas untuk daerah di sekitar ME berfungsi untuk menggabungkan sebuah kelompok yang terdiri atas sebuah ME dan sejumlah US dengan kelompok lain yang mirip dapat digunakan untuk berbagi sumber daya antara pengguna WE

THEY (Telecooperative Hierarchical ovErlaY) merupakan infrastuktur tulang punggung sebagai bagian dari arsitektur Mundo digunakan untuk menghubungkan sejumlah pengguna non-lokal, dan mengirimkan layanan dan informasi ke pengguna mengintegrasikan jaringan fisik yang berbeda menyediakan data akses yang lebih transparan ke pengguna. data yang sering digunakan dapat dicache pada peranti US yang ada.

Tren Penelitian Berbagai bidang dapat mempengaruhi arah/tren penelitian dari UC Komunikasi timbak balik antara pengguna dan berbagai aplikasi Pengaruh UC terhadap kehidupan sosial Rancangan antarmuka pengguna (attentive user interface) Interoperabilitas

RFID perkembangan ubiquitous network 8 Agustus 2009 Sriti 2009 - AKAKOM

Komputasi tak Gendhong Kemana-mana (Prof. Soesianto) UC = Komputasi tak Gendhong Kemana-mana (Prof. Soesianto)

Ubiquitous, universal, user oriented, unique U-japan (2004) Ubiquitous, universal, user oriented, unique 8 Agustus 2009 Sriti 2009 - AKAKOM

Terima kasih !!!