Augmented Reality.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Advertisements

Kategori Desain Grafis
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Multimedia dan Hypermedia
BIAR Aplikasi Mobile Augmented Reality untuk Penerbit & Percetakan
Daniel Richard Andriessen S1 Sistem Komputer
LAPAR Aplikasi Mobile Augmented Reality untuk Menu & Produk di
Kurniawan Teguh Martono Sistem Komputer Universitas Diponegoro
Augmented Reality (AR)
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Aplikasi Mobile Augmented Reality Direktori Industri & Perdagangan
Nama kelompok: Rifandi Rahasanto Herlina Eka W Aji Kurnia S RR Windya Putri H.
Konsep dasar Pengolahan citra digital
Grafika Komputer (TIZ10)
OCULUS RIFT  binus.ac.id.
Protyping IMK-M5.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
APLIKASI PETA SMA SWASTA DI BEKASI TIMUR PADA SMARTPHONE ANDROID
Teknologi Informasi Multimedia
Sistem Navigasi Pariwisata di Jawa Timur pada Smartphone Android
TEKNOLOGI KECERDASAN ARTIFISIAL DALAM BISNIS
Aplikasi Instruksional
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELACAKAN DAN PEMANTAUAN PAKET KIRIMAN BERBASIS WEB DENGAN BANTUAN MOBILE ANDROID Putu Agus Yudisuda Indrakarna 1) S1 Sistem.
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
MARINI SHADRINA ( ) Pembimbing : Dr. Dewi Agushinta R.
Nama Kelompok : Irasani Rahayu Clarissa A Sitorus Kartika Susanti Nabella Betharin K PTIK KELAS 06.
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
Visualisasi INFORMASI
VISION.
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Sixth sense technology. sixth sense technology adalah alat yang memungkinkan hal hal fisik di dunia berinteraksi dengan dunia data.
>>0 >>1 >> 2 >> 3 >> 4 >> ORGANISASI KOMP. & ARSITEKTUR KOMP. Oleh Denny Setyo R
Sistem Informasi Manufaktur
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (AUGMENTED REALITY)
Oleh: Muhammad Yogie Latansa Kelas PTIK 4
Augmented Reality Kelompok 2 : Christian Tamin Edward Ivan Fadli
Nama : Deon Opisar H. NIM : Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi yang dibuat sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan.
PTIK 10 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY
Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.
Perancangan antarmuka (design interface)
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Pertemuan 1 Introduction
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
3D Mixed Reality berbasis Analisis Kedalaman Objek Nyata 3D
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Sistem Informasi Manufaktur
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
Grafika Komputer - Pengantar
Tren TIK Anggota : Ajeng Pangestu V ( )
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
Grafika komputer 1.
Virtual Reality (Law).
Seminar Skripsi Teknik Informatika Unikom 2013
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
M.Fauzi Josua Tangke Gigih Yudha
Desain grafis = proses pemikiran yang diwujudkan dalam gambar.
IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM
Nama : Noni Henny Nahumury  Tugas : Simulasi Digital
Interaksi.
Kecerdasan Buatan.
KONSEP DASAR PENGOLAHAN CITRA
Video Forum Berbasis Android dan CentOS Cluster Computing
Blackberry, Windows Phone, Ios , android
GIMP adalah alat pengolah gambar multi-platform, GIMP adalah singkatan dari GNU Image Manipulation Program. GIMP cocok untuk berbagai pekerjaan pengolahan.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
Animasi Flash.
BBPSDMP KOMINFO MEDAN IMPLEMENTASI WEBSITE 1.web 1.0 merupakan teknologi web yang pertama kali digunakan dalam aplikasi world wide web 2.Web 2.0 dipopulerkan.
Transcript presentasi:

Augmented Reality

Apa itu Augmented Reality...

Augmented Reality sendiri adalah Augmented Reality sendiri adalah.. “sebuah konsep pelapisan konten visual yang di mana konsep tersebut di atas pemandangan dunia nyata seperti yang terlihat melalui sebuah kamera atau bisa juga diartikan sebagai gabungan antara dunia virtual dengan dunia nyata.”

Augmented Reality, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR, adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda - benda maya tersebut dalam "Real Time" Tidak seperti realita yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Sistem Augmented Reality bekerja berdasarkan deteksi citra Sistem Augmented Reality bekerja berdasarkan deteksi citra. Dan citra yang digunakan adalah marker. Prinsip kerjanya sebenarnya cukup sederhana.

Webcam yang telah dikalibrasi akan mendeteksi marker yang diberikan, kemudian setelah mengenali dan menandai pola marker,webcam akan melakukan perhitungan apakah marker sesuai dengan database yang dimiliki. Bila tidak, maka informasi marker tidak akan diolah, tetapi bila sesuai maka informasi marker akan digunakan untuk me-render dan menampilkan objek 3D atau animasi yang telah dibuat sebelumnya.

Tahapan utama sistem Augmented Reality 1. Pertama – tama dibuat terlebih dahulu objek yang akan ditampilkan. Secara umum objek yang dibuat adalah benda 3D , foto, video, ataupun animasi yang dibuat dengan software perancangan objek seperti Google sketchup, 3DMax, atau dengan Blender.

2. Setelah objek jadi, maka objek tersebut akan disimpan ke dalam library. Kemudian setelah itu yang perlu dibuat adalah marker. Marker adalah sebuah penanda yang memiliki pola khusus. Marker yang digunakan untuk teknologi Augmented reality ini adalah pola kotak dengan standard tertentu. Marker inilah yang nantinya akan dideteksi oleh webcam untuk menampilkan objek. Setelah itu pola marker yang dibuat harus disimpan ke dalam library juga agar nantinya aplikasi yang dibuat dapat membedakannya dengan marker yang lain. Biasanya penyimpanan marker ini membutuhkan bantuan aplikasi lain seperti marker generator.

3. Kedua komponen utama yaitu marker dan objek telah jadi 3. Kedua komponen utama yaitu marker dan objek telah jadi. Setelah itu kita membuat aplikasi yang dapat membangkitkan objek dari marker yang dibuat dengan bantuan builder, untuk tugas akhir ini adalah dengan Adobe Flex SDK yang bersifat open source dan berbasis action script. 4. Mencoba dengan menghadapkan marker ke depan webcam.

Proses pendeteksian dan pengkalkulasian gambar yaitu : a. Get Webcam Image. Webcam mendeteksi seluruh citra yang berada di dalam lingkupannya. Saat ini webcam berfungsi seperti webcam biasa yaitu menampilkan gambar seperti kebalikan dari cermin.

b. Labeling Setelah itu akan ditemukan pola kotak-kotak yang merupakan pola dasar marker AR. Dari pola dasar inilah akan dilakukan labeling

c.  Match up the patterns Labelling menentukan pola-pola yang kira-kira dideteksi sebagai marker. Sekarang akan dilakukan perhitungan dan pencocokan marker yang dideteksi dengan marker di dalam database.

d. Jika marker telah sesuai dengan marker yang ada didalam database, baru setelah itu image dirender dan ditampilkan ke dalam dunia maya.

"Augmented Reality"  dapat diterapkan dalam bidang : Kedokteran Teknologi pencitraan sangat dibutuhkan di dunia kedokteran, seperti misanya, untuk simulasi operasi, simulasi pembuatan vaksin virus, dll. Untuk itu, bidang kedokteran menerapkan augmented reality pada visualisasi penelitian mereka. Hiburan Augmented Reality sekarang sudah dipakai di dunia entertainment. Bentuknya beragam ada yang dipakai untuk efek perfilman, permainan untuk di smartphone, Majalah, dll. Biasanya, augmented reality ini bisa dijadikan sebagai nilai jual yang tinggi di dunia Entertainment.

Latihan Militer Militer telah menerapkan augmented reality pada latihan tempur mereka. Sebagai contoh, militer menggunakan augmented reality untuk membuat sebuah permainan perang, dimana prajurit masuk kedalam dunia game tersebut, dan seolah-olah seperti melakukan perang sesungguhnya. Engineering Dunia Augmented Reality juga telah mencakup dunia Engginering. Biasanya Augmented Reality digunakan untuk latihan para Engginner untuk bereksperimen. Misalnya ahli Enginerring Mesin, menggunakan Augmented Reality untuk memperbaiki mobil yang rusak.

Robotics dan Telerobotics Dalam bidang robotika, seorang operator robot, menggunakan pencitraan visual dalam mengendalikan robot itu. Jadi, penerapan augmented reality dibutuhkan di dunia robot. Consumer Design Virtual reality telah digunakan dalam mempromsikan produk. Sebagai contoh, seorang pengembang menggunkan brosur virtual untuk memberikan informasi yang lengkap secara 3D, sehingga pelanggan dapat mengetahui secara jelas, produk yang ditawarkan.

Contoh dari "Augmented Reality"

Sejarah 1957 - 1962. Morton Heilig menciptakan sebuah simulator yang disebut dengan "Sensorama". 1966, Ivan Sutherland menemukan head - mounted yang ia sebut dengan jendela ke dunia virtual. 1975 seorang ilmuan yang bernama Myron Krueger menemukan videoplace yang memungkinkan para pengguna dapat berinteraksi langsung dengan objek virtual. 1989, Jaron Lanier memperkenalkan virtual reality di dunia maya yang bersifat komersial. 1992 Augmented Reality digunakan untuk melakukan pada pesawat dan tahun yang sama Rosenberg mengembangkan fungsi sistem AR yang disebut dengan Virtual Fixture. 

Pada tahun yang sama juga Steven Feiner, Blair Maclntyre dan doree seligman, memperkenalkan Major Paper yang berguna untuk perkembangan Prototype AR. 1999 Hirokazu Kato mengembangkan sebuah ArToolkit. 2000 Bruce.H. Thomas mengembangkan ARQuake yaitu sebuah Game Mobile AR. 2008, Wikitude AR Travel Guide memperkenalkan Android G1 Telephone yang berteknologi AR. Pada tahun berikutnya Saqoosha memperkenalkan FlarToolkit yang membuat teknologi AR dapat di pasang di sebuah website. Pada tahun yang sama Wikitude Drive meluncurkan sistem navigasi berteknologi "Augmented Reality" pada platform Android. Tahun berikutnya (2010), Acrossair menggunakan teknologi "Augmented Reality" pada IPhone 3GS.

Keuntungan dan kekurangan Augment Reality keuntungnan dari Augment reality -   dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media. -   dapat dijadikan sebagai sarana hiburan -   Militer Militer menggunakan teknologi ini untuk simulasi perang kekurangan dari Augment reality - Pelacakan sudut pandang pengguna. - Membutuhkan device tambahan

Thank You~