Pertemuan 7 Struktur Kendali Percabangan SWITCH Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
[Kristanto:2009] perintah if berguna untuk memilih satu dari 2 atau lebih alternatif jawaban yang tersedia. Jika perintah if tersebut terdiri dari 2 atau.
Advertisements

PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR PERULANGAN Pertemuan V
STRUKTUR KONTROL PERCABANGAN DAN STRUKTUR KONTROL LOMPATAN
Pengambilan Keputusan
Struktur Sugeng Supriyadi, M.Kom.
Bab 4 Percabangan.
STRUKTUR PERULANGAN (LOOPING)
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
Dasar Pemrograman MODUL 06 PERCABANGAN.
Algoritma dan Struktur Data
Struktur Kendali Proses (Seleksi)
3 Variabel, Konstanta Tipe Data dan dalam Bahasa C/C++ Java dan Bab
Komentar, Identifier dan Tipe Data
Struktur Kontrol: Keputusan
Pertemuan 17 ENUM & STRUCT Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
PENGENALAN c++ DAN STRUKTUR DASAR C++
PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR PILIHAN Pertemuan V
STATEMENT PENGENDALIAN (PEMILIHAN)
Bab 5 Pengulangan.
Class.
Struktur (Struct).
FUNGSI (Method) Bag.3 Pertemuan 20 Dasar Pemrograman
Pengulangan WHILE.
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
SELECTION (STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN)
Pointer Dr. Lily Wulandari.
POINTER (VAR.PENUNJUK)
Pertemuan 22 POINTER Bag.2 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
#include //bagian modul int hitung(x,y) { return(x+y); } //bagian utama main() { int jumlah,a,b; a=8; b=2; jumlah=hitung(a,b); cout
Jawaban ujian MID. #include int pil; char tny; main(){ menu: cout
Pertemuan 6 IF Bersarang / IF Bertingkat Nested IF Dasar Pemrograman.
Pertemuan 19 FUNGSI (Method) Bag.2 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
Object Oriented Programming Bag.2 Pertemuan 24 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
P ERULANGA N K OMPLEK S. BREAK Digunakan untuk menghentikan suatu proses perulangan yang sedang terjadi. Biasanya dikarenakan oleh suatu kondisi Break.
WHILE & DO-WHILE Struktur Kendali Percabangan Pertemuan 8
Scope Variable *dalam fungsi Tenia Wahyuningrum, S.Kom., MT
Tenia Wahyuningrum, S.Kom., MT
Bab 05 Tipe Data dan Mengisi Variabel
Dibuat oleh : Renni Angreni, S.Kom.
Dibuat o/ : Renni Angreni, S.Kom.
FUNGSI Nyimas Artina Arfansyah, S.Kom, M.Si.
Pertemuan 19 FUNGSI (Method) Bag.2 Dibuat oleh : Renni Angreni, S.Kom. Triana Elizabeth, S.Kom.
Renni Angreni, S.Kom., M.Kom.
POINTER Bag.2 Pertemuan 22 Dibuat oleh : Renni Angreni, S.Kom. Triana Elizabeth, S.Kom.
OPERASI FILE Bag.2 Pertemuan 27 Dasar Pemrograman
Prosedur dan Fungsi Triana Elizabeth, S.Kom.
Algoritma dan Struktur Data
Transfer of control (pemindahan langkah)
Statement Control (if dan switch)
PERULANGAN (LOOPING).
Pemrograman Visual I Outline: Kondisi dan Aksi Selection Statement
STRUKTUR KONTROL.
ARRAY (Array Dua Dimensi) Pertemuan 16 Dasar Pemrograman
PERTEMUAN 7 STATEMENT PEMILIHAN
FUNGSI (Method) Bag.1 Pertemuan 18 Dasar Pemrograman
Bifurcation & Lompatan Instruksi
STATEMENT if Bentuk umum dari statement if if (kondisi) statement; atau if(kondisi) { statement1; statement2; }
SWITCH Struktur Kendali Percabangan Pertemuan 6 Dasar Pemrograman
SWITCH Struktur Kendali Percabangan Pertemuan 7 Dasar Pemrograman
Pengantar Pemrograman
STATEMENT PENGENDALIAN (PEMILIHAN)
PERCABANGAN.
PERBEDAAN C DAN C++ Meriska Defriani, S
FOR Perulangan Menggunakan Pertemuan 10 Dasar Pemrograman
STRUKTUR KONTROL PENYELEKSIAN KONDISI LANJUTAN…….
PERCABANGAN BY HARIFUDDIN.
Operator Unary & Operator Ternary Pertemuan 9 Dasar Pemrograman
Akademi Komunitas Negeri Lamongan
Dasar Pemrograman Pertemuan 7 Percabangan dalam bahasa C
STRUKTUR KONTROL PERCABANGAN DAN STRUKTUR KONTROL LOMPATAN
Transcript presentasi:

Pertemuan 7 Struktur Kendali Percabangan SWITCH Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.

SWITCH Pernyataan switch adalah pernyataan yang digunakan untuk menjalankan salah satu pernyataan dari beberapa kemungkinan pernyataan berdasarkan nilai dari sebuah variabel. Pada pernyataan switch, ungkapan berupa variabel. Jika dibandingkan dengan pernyataan if, maka pernyataan switch adalah pernyataan if dengan kondisi " == "

Syntax SWITCH switch (ungkapan) { case ungkapan1 : pernyataan1; break; case ungkapan2 : pernyataan2; break; … default : pernyataan ke-N; } Penting : Jangan lupa dengan break;

Adapun untuk ungkapan1, ungkapan2, dan seterusnya dapat berupa sembarang konstanta bertipe int atau char. Pencocokan ungkapan dengan ungkapan1, ungkapan2, dan sebagainya dilakukan secara berurutan, dimulai dari yang pertama. Sekiranya cocok, pernyataan yang mengikuti case bersangkutan dijalankan. Kalau selanjutnya pernyataan break ditemukan, eksekusi dari pernyataan switch berakhir. Bagian default hanya akan dijalankan kalau ungkapan pada bagian case tidak ada yang cocok dengan ungkapan switch.

Flowchart SWITCH ungkapan== ungkapan1 ungkapan== ungkapan2 Pernyataan1; Break; Pernyataan2; Break; PernyataanN; Y T T Y

#include using namespace std; void main() { int kode_hari; cout >kode_hari; switch (kode_hari) { case 1 : cout<<"Hari ini hari Senin"; break; case 2 : cout<<"Hari ini hari Selasa"; break; case 3 : cout<<"Hari ini hari Rabu"; break; case 4 : cout<<"Hari ini hari Kamis"; break; case 5 : cout<<"Hari ini hari Jumat"; break; case 6 : cout<<"Hari ini hari Sabtu"; break; case 7 : cout<<"Hari ini hari Minggu"; break; default : cout<<"Kode hari salah"<<endl; } _getch(); }

Peranan Break Tanpa perintah break pada masing- masing pilihan switch, perintah- perintah di bawah kondisi yang terpenuhi akan dieksekusi semuanya. Biasanya hal ini tidak diinginkan. Oleh karena itu, break sudah menjadi suatu standar dalam pernyataan switch.

#include using namespace std; void main() { int kode_hari; cout >kode_hari; switch (kode_hari) { case 1 : case 2 : case 3 : case 4 : case 5 : cout<<"Hari ini adalah hari aktif bekerja"; break; case 6 : cout<<"Hari ini adalah hari akhir pekan ”; cout<<“ada yang tetap bekerja ”; cout<<“ada yang tidak bekerja"; break; case 7 : cout<<"Hari ini adalah hari minggu ”; cout<<“dimana adalah hari libur "; break; default : cout<<"Kode hari salah"<<endl; } _getch(); }

1.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan nama dan harga barang sesuai pilihan kode barang berikut ini : (gunakan IF dan SWITCH) kode_barangnama_barangharga AMouse Optik50000 BKeyboard CMonitor LCD DFlashdisk 2GB80000 ECooling Fan FSpeaker lainnyaKode Salah0

2.Buatlah sebuah program C++ untuk tampilan berikut ini : (gunakan SWITCH) Bila user memilih ‘1’ maka akan dilakukan perhitungan luas persegi, bila user memilih ‘2’ maka akan dilakukan perhitungan luas persegi panjang, bila user memilih ‘3’ maka akan dilakukan perhitungan luas segitiga, dan bila user memasukkan pilihan lain akan muncul pesan kesalahan memilih. (seperti tampilan berikut)

Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.