Pengantar Algoritma dan Pemrograman NILA FEBY PUSPITASARI.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Algoritma dan Flowchart
Advertisements

Pemograman berorientasi prosedur merupakan bahasa pemrograman yang melibatkan fungsi-fungsi atau prosedur-prosedur sebagai sub program untuk membentuk.
PERTEMUAN 4 TAHAP PEMROGRAMAN.
Bahasa Pemrograman Lanjutan
Pertemuan-6. Manajemen IP
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT
Komunikasi Dasar Manusia dan Komputer
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
All sections to appear here
Sistem Bilangan dan Konversi Bilangan
FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO Pengantar Teknologi Informasi (Teori) Minggu ke-04 Oleh : Ibnu Utomo WM, M.Kom.
Sistem Bilangan dan Konversi Bilangan
PENGANTAR ALGORITMA PUTRA PRIMA NAUFAL, S.ST masputra.net.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
3 Variabel, Konstanta Tipe Data dan dalam Bahasa C/C++ Java dan Bab
By; NILA FEBY PUSPITASARI
OLEH : DANANG ERWANTO, ST
PENGANTAR PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Pemrograman Komputer Computer Programming
Algoritma Kriptografi Modern (Bagian 1)
Oleh Sumiasih, dayu mas, hitem wijana, artawan, swidiyasa MAHA SARASWATI DENPASAR Sistem Bilangan dan Konversi Bilangan.
IP Subnetting Oleh: Idris Winarno.
PENERAPAN KOMPUTER BAGIAN 1. POKOK BAHASAN 1. PENGENALAN KOMPUTER 2. BAHASA BASIC DAN DIAGRAM ALIR 3. VARIABEL DAN KONSTANTA A. STATEMEN MENAMPILKAN DATA.
PEMROGRAMAN IMPERATIF
Algoritma?!? Flowchart ?!?# DASAR PEMROGRAMAN.
Dasar Pemrograman Pendahuluan.
Pengenalan Pemrograman Komputer
PERTEMUAN 4 TAHAP PEMROGRAMAN.
Dasar-Dasar Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman
Pemrograman Dasar Kelas X.
PERTEMUAN 1 Algoritma & Pemrograman
PROGRAM KOMPUTER DAN BAHASA PEMROGRAMAN
Pengenalan Pemrograman Komputer
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Pengantar Pemrograman
Pengenalan Bahasa Pemrograman
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER
PEDOMAN PENYUSUNAN ALGORITMA
Pengenalan QBasic.
Dasar-Dasar Pemrograman
Pengantar.
Pertemuan 1.
DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Introduction to Algorithm and Programming
Keterampilan komputer 1AB
PENGENALAN ALGORITMA Materi 1.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Dasar-Dasar Pemrograman
Pemrograman Visual I D3 Manajemen Informatika
Lecturer Note II Turbo Pascal & Pemrograman
SISTEM KOMPUTER Oleh : Bambang Sriwijaya.
Introduction of algoritm and programming
Dasar-Dasar Pemrograman
Pengantar Pemrograman
Pengenalan Bahasa Pemrograman C++
Pendahuluan Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah.
Pertemuan 9 Software.
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Pengantar Pemrograman
Pengantar teknologi informasi
PENGANTAR ALGORITMA DAN LOGIKA
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Konsep Dasar Aplikasi.
Pengantar Pemrograman
Transcript presentasi:

Pengantar Algoritma dan Pemrograman NILA FEBY PUSPITASARI

Materi Pengertian Program dan Bahasa Pemrograman Penerjemah Bahasa Penyelesaian Masalah dengan Program

Pengertian Program dan Bahasa Pemrograman Program adalah kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu. Program merupakan salah satu bagian terpenting pada komputer yang mengatur komputer agar melakukan aksi yang sesuai dengan yang dikehendaki oleh pembuatnya.

Program ditulis dengan mengikuti kaidah bahasa pemrograman tertentu. Secara garis besar, bahasa-bahasa pemrograman dapat dikelompokkan menjadi: ◦ Bahasa tingkat tinggi ◦ Bahasa tingkat rendah

Bahasa tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman yang berorientasi kepada bahasa manusia. (C,C++,Pascal, BASIC, Java, dll) Bahasa tingkat rendah adalah bahasa pemrograman yang berorientasi kepada bahasa mesin. (kode biner 0 dan 1) yaitu bahasa mesin dan bahasa rakitan.

Contoh Instruksi Bahasa Mesin B402 atau B22A atau CD21 atau

Instruksi Bahasa Tingkat Tinggi WRITE(‘*’)== pascal DISPLAY“*” == cobol PRINT“*”== basic printf(“*”) == c cout<<“*”== c++

Penerjemah Bahasa Interpreter Kompiler

Interpreter Menterjemahkan instruksi selama program diminta untuk dieksekusi, instruksi mula-mula diterjemahkan ke dalam bentuk kode mesin per baris instruksi, setelah satu baris instruksi tersebut dipahami oleh komputer, instruksi tersebut dijalankan.

Kompiler Menerjemahkan instruksi kedalam kode objek secara keseluruhan. Setelah semua instruksi diterjemahkan, instruksi yang telah dimengerti oleh komputer dijalankan.

Kode Sumber Kompilasi Kode Objek Kode Inilah yang diedarkan Oleh Pemakai

Kelebihan & Kekurangan Interpreter Kelebihan : - Kemudahan mencari kesalahan seandainya program menghasilkan sesuatu yang dianggap salah ketika program dijalankan, karena kode sumber selalu tersedia. - Kekurangan : - Kode Sumber harus selalu tersedia - Eksekusi Lambat

Kompiler Kelebihan Pengerjaan instruksi dilakukan dengan sangat cepat, karena setelah kode objek terbentuk, maka tidak perlu lagi adanya penerjemahan, mengingat komputer dapat memahami kode objek secara langsung. Kode Objek dapat didistribusikan ke komputer lain tanpa perlu menyertakan kode sumber dan kompiler, sehingga kerahasiaan kode sumber tetap terjamin. Kekurangan Seluruh Kode Sumber harus benar secara sintaks agar program dapat diuji

Menyelesaikan Masalah dengan Program Menganalisis Masalah dengan Program Menuangkan Algoritma ke dalam bentuk program Mengeksekusi dan Menguji Program

Algoritma Masukan Keluaran Masalah

Contoh Menghitung Keliling Lingkaran Keliling = 2 X (panjang + lebar) Keliling Lebar Panjang

Anda dapat menuangkan algoritma : Peroleh nilai panjang dan lebar persegi panjang Hitung keliling persegi panjang menggunakan rumus 2x (panjang+lebar) Tampilkan nilai persegi panjang

Representasi ALgoritma

Bahasa Sehari-hari Masukkan nilai panjang Masukkan nilai lebar Hitung keliling persegi panjang dengan rumus 2 x (panjang+lebar) Tampilkan nilai keliling persegi panjang

Flowchart Mulai Masukkan panjang Masukkan lebar Keliling = 2x(panjang+lebar) Keliling Selesai

Pseudocode Input panjang Inputlebar Keliling 2 x (panjang + lebar) Output Keliling

Kode Program dalam C++ #include main() { int panjang, lebar, keliling; cout << “Masukkan Nilai Panjang =”; cin >>panjang; cout << “Masukkan Nilai Lebar =”; cin >>lebar; Keliling=2x(panjang+lebar); cout << “Keliling Persegi Panjang =”<<keliling; getch(); }

Mengeksekusi & Menguji Program Ada beberapa kemungkinan kesalahan yang terjadi sewaktu proses kompilasi hingga pengeksekusian program : 1. Kesalahan Sintaksis 2. Kesalahan Logika 3. Kesalahan Runtime

Kesalahan Sintaksis Disebabkan adanya kesalahan dalam menuliskan program yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa pemrograman. Misal : pernyataan C++ tidak diakhiri dengan titik koma,

Kesalahan Logika Kesalahan yang terjadi karena ada logika yang salah. Misal : penulisan phi seharusnya 3,14 tetapi di tulis 31,4

Kesalahan Runtime Disebut kesalahan fatal adalah kesalahan yang terjadi karena suatu operasi dalam program tidak dapat dilakukan oleh komputer. Contoh : Jika terjadi operasi pembagian dengan nol, maka suatu pesan kesalahan akan ditampilkan dan eksekusi program akan dihentikan.

BUG (KUTU) DEBUGGER Perangkat Lunak yang ditujukan untuk mempermudah dalam mencari kesalahan bug dalam program. Adapun Proses untuk mencari kesalahan dan membetulkannya biasa disebut debugging.

THANK YOU