menjadi Pengusaha berbasis Teknologi (Technopreneur)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
VISI KEWIRAUSAHAAN KREATIVITAS & PELUANG USAHA BUSINESS PLAN
Advertisements

Peran Balai Diklat Industri
Hibah Pengabdian kepada Masyarakat Bondan Tiara Sofyan Departemen Metalurgi dan Material, Fakultas Teknik Universitas Indonesia Kampus UI Depok 16424,
MATERI PENGANTAR BISNIS
OLEH : SHANTI EMAWATI, S.Pt., MP.
PERENCANAAN/PROPOSAL USAHA (BUSINESS PLAN) Disampaikan ulang oleh: Dr
Kewirausahaan Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda melalui pemikiran kreatif dan tindakan innovatif demi terciptanya peluang.
Bab 9 Pengembangan Produk Baru dan Strategi Siklus Hidup Produk
HAKI DAN PERGURUAN TINGGI
Pengantar Kewirausahaan
TABEL 1. Kriteria Program Kreatvts Mahasswa (PKM)
KEWIRAUSAHAAN & USAHA KECIL
SISTEM AGRIBISNIS.
ERA EKONOMI KREATIF DEWASA INI
LINGKUNGAN MANAJEMEN : Kewirausahaan & Mengelola DALAM Lingkungan Global Pertemuan 4.
Tahun Diploma Sarjana (dlm ribuan)
ANALISIS DAN PERANCANGAN PERUSAHAAN
KEWIRAUSAHAAN R.DIDIEK EMBRIYAKTO.
PERTANIAN PERTEMUAN 8 Powerpoint Templates.
Motif dan Fungsi Suatu Bisnis
PENAWARAN (SUPPLY) Tugas Individu Kewirausahaan Oleh:
Berbisnis Sejak Di Bangku Kuliah
Studi Kelayakan Bisnis
PELUANG USAHA YANG SUKSES
TECHNOPRENEURSHIP.
IDE DAN PELUANG DALAM KEWIRAUSAHAAN
EKONOMI KREATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL: SOLUSI DALAM ERA MEA
Perspektif Entreprenuership & Technoprenuership
Kewirausahaan DAN UKM AMRIN MULIA UN.
BAB IX DASAR-DASAR PEMBENTUKAN INKUBATOR BISNIS
Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi 2015
USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM)
OLEH : SHANTI EMAWATI, S.Pt., MP.
OLEH : SHANTI EMAWATI, S.Pt., MP.
Kewirausahaan Ide dan Peluang Usaha.
POAC DALAM MANAJEMEN PADA WIRAUSAHAWAN
Kiat-kiat Penyusunan Proposal
MATERI PENGANTAR BISNIS
Pekan III ‘’Ekonomi Media’’
ANALISIS DAN PERANCANGAN PERUSAHAAN
KEWIRAUSAHAAN (ENTREPRENEURSHIP)
PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Kiat-kiat Penyusunan Proposal
Febriyanto, SE, MM. KEWIRAUSAHAAN Identifikasi Peluang Usaha Baru Febriyanto, SE, MM.
PROGRAM TEAM KERJA DAN AKTIVITAS USAHA
TRANSFORMASI PEREKONOMIAN JAWA TENGAH MENUJU EKONOMI BERBASIS INOVASI
KEWIRAUSAHAAN (entrepreneurship)
MENGANALISIS PELUANG USAHA
MODUL 1 KEWIRAUSAHAAN ( ESA 142 ).
Creative Industry dalam Komunikasi Pariwisata
E-Business & E-Commerce
Kiat-kiat Penyusunan Proposal
IDE dan PELUANG USAHA.
KEWIRAUSAHAAN Kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses Prepared by H. Mustika Lukman.
KEWIRAUSAHAAN Kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses Prepared by H. Mustika Lukman.
POTENSI EKONOMI KREATIF INDONESIA PADA SEKTOR KULINER
Kewirausahaan.
Bagian 1. Pengantar Kewirausahaan
Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X
Karakteristik & Tantangan WIRAUSAHA
PENINGKATAN DAYA SAING INDUSTRI DAN PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA DIFABEL
Karakteristik & Tantangan WIRAUSAHA
Karakteristik & Tantangan WIRAUSAHA
MEMULAI BISNIS BARU (Rencana Bisnis).
OLEH : SHANTI EMAWATI, S.Pt., MP.
Kebijakan penumbuhan iklim & pengembangan usaha PERTEMUAN – 12 Mata Kuliah: Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Toman Sony Tambunan, S.E, M.Si NIP
Tujuan, Motif, Prinsip dan Fungsi Bisnis
PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PRODUK Pertemuan 1 Sistem Pengembangan Produk Semester 4 Pengampu : Encep Jianul Hayat, M.T Teknik Industri Sekolah Tinggi.
KREATIVITAS DAN INOVASI
“B I S N I S “ B = BERBASIS ILMU I = NOVATIF S = STRATEGI
Transcript presentasi:

menjadi Pengusaha berbasis Teknologi (Technopreneur) Dr.Bambang S.Pujantiyo Pusat Audit Teknologi BPPT Kuliah Umum Ciputra University, 10 September 2014

Outline Critical Issues Technopreneur Principal Factor How to be a technopreneur

Critical Issues

Top 10 Kartun Favorit di Indonesia Spongebob Doraemon Upin dan Ipin Tom and Jerry Naruto Crayon Shinchan Detektif Conan Scooby-Doo Avatar Dora the explorer

Background Existing Condition

Existing Condition Existing Condition Jumlah pengusaha : Usaha Mikro = 50.700.000 unit (98,9%), Usaha Kecil = 520.220 unit (1,01%), Usaha Menengah = 39.660 unit (0,08%) Usaha Besar = 4.370 unit (0,01%) Jumlah penganggur terdidik : Sarjana 409.900 (2007) menjadi 626.200 (2008) Diploma 330.300 (2007) menjadi 519.900 (2008) (Biro Pusat Statistik, 2008) Bonus Demografi : 68% pada tahun 2030 (dibutuhkan 5 juta pekerjaan per tahun) .... Kompas Agustus 2014

MP3EI Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Note : Thailand US$ 10.000, Malaysia US$ 15.000, Singapura US$ 50.000 (detik finance 11/5/2014)

KEKAYAAN SDA INDONESIA Penghasil Terbesar Dunia no 3: Nikel 229.000 ton Dunia no 7: Emas 105.000 ton Dunia no 10: Natural Gas 69,7 milyar cubic mtr. Terbesar Dunia no 6:Batubara 141,1 juta ton oil eq Dunia no 4: Bauksit Cad . no 7 Panas Bumi 40% sumber daya dunia Dunia no 2: Timah 102.000 ton Dunia no 6: Tembaga 789.000 ton Kokoa 545.000 ton Dunia no 5: Kacang 69,4 juta ton Buah 11,6 juta ton Beras 35,8 juta ton Teh 150.000 ton Kopi 465.000 ton Karet 2,80 juta ton Output Agricultural US$ 60 milyar Dunia no 1: Kelapa Sawit

Entrepreneur ……. 56.5 juta ? Technopreneur … 1.56 % Wirausaha di Indonesia Entrepreneur ……. 56.5 juta ? Wirausaha UKM & Koperasi Technopreneur … 1.56 % Wirausaha berbasis teknologi USA 11 % China 12 % Singapura 8 % Malaysia 5 % Target Min 2-4 % Ref : BPPT, Kemristek, BI, KKUKM, Antara News, 2013/2014

Technopreneurship adalah kemampuan untuk : memanfaatkan keahlian/disiplin ilmunya untuk bisnis melalui invensi diubah menjadi inovasi yang memberikan peluang besar untuk menjadi bisnis mengidentifikasi inovasi yang dapat diubah menjadi kekayaan memanfaatkan kesempatan melawan banyak rintangan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat Jenis Technopreneur Radikal Technopreneur : membuat produk berbasis disiplin ilmu yg dimilikiinya Semi Radikal Technopreneur : memanfaatkan/menggunakan teknologi untuk produknya

Technopreneur membutuhkan Keberanian, pengetahuan, kecerdikan dan ketekunan, keterampilan dan pengalaman. Berani bekerja serius utk menjadikan suatu produk, tidak putus asa walaupun konsumen mengatakan “tidak” Cerdas bukan pintar Kemitraan / partnership (Steve Jobs membutuhkan Steve Woz untuk melahirkan Apple. Bill Gate membutuhkan Paul Allen untuk mendirikan Microsoft. Larry Page membutuhkan Sergey Brin untuk menyempurnakan Google. Bahkan Paul Graham sendiri membutuhkan seorang Paul Morris untuk membangun Viaweb) mengimplementasikan ide sampai berhasil Resiko teknologi Waktu yg cukup lama utk dpt memasuki pasar Kebutuhan sumber daya (bahan baku, SDM, dll) Leadership

Principal Factor

Technopreneur Prinsip Dasar 1 Pasar Teknis Mesin, Peralatan, dll Technopreneur Organisasi Sistem Kinerja, Proses, Dan lain-lain Teknologi Teknologi Optimasi SDM Pelatihan SDM, Dan lain-lain Manusia Sistem Informasi, Data-base, Dan lain-lain Informasi Modal

Yakin Inovatif Terencana Technopreneur Prinsip Dasar 2 Referensi : Buku “Kiat Menjadi Pengusaha Inovatif”

Yakin Percaya diri Tidak tergantung usia Berani mencoba, gagal, sukses Tidak mengeluh, tidak putus asa, tidak menyalahkan orang lain Tidak menunda waktu

Yakin Inovatif Terencana Technopreneur Prinsip Dasar 2 Referensi : Buku “Kiat Menjadi Pengusaha Inovatif”

Era Produksi Era Kwalitas Era Inovasi Era Inovasi Massal 1945an 1970an 2000an Era Produksi Era Kwalitas Era Inovasi

3N Niteni Niroake Nambahake Prinsip Inovasi teliti (to inquire) tiru (to immitate) Nambahake tambah (to innovate)

Strategi Inovasi Perusahaan Konsumen Inovasi Internal (Teknologi) Inovasi Eksternal (Produk) Nilai Tambah Efisiensi Waktu & Biaya Nilai Tambah : Menambah Manfaat, Mempermudah Penggunaan Menambah Layanan (Pelayanan) Mempermudah Mendapatkan (Distribusi) Jenis : Teknis, Organisasi, Manusia, Informasi Jenis : Produk, Pemasaran

Market (customer) Driven S&T based Market Research Market Research (customer needs) Komplain/problem harapan human needs Invention Enterprize Customer Innovative Product Market Pull Technology Push

Innovative …. ? Creative …. ?

Christiawan Lie (Chris Lie) Arsitek ITB, Lahiran di Bandung, 5 September 1974, ‘magister komik’ di Savanah College of Art and Design – Georgia (lulusan terbaik) Beberapa karyanya : Ozzie, Ophir , GI Joe Sigma 6, Return to Labyrinth , Josie and The Pussycats short stories, Dungeon and Dragons, dll Menghasilkan 40 komik yang diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan 25 tokoh karakter komik, satu-satunya orang Indonesia yang tampil di ajang San Diego Comic-Con, Juli 2006, Komik terbarunya, Return to Labyrinth, terjual habis hanya dalam dua hari Beragam gelar juara tingkat Asia. Mulai MTV Faces of the Millennium (2000), AXN-Asia Strip Contest (2001 dan 2002), serta Singapore Comic Competition (2002), dan lain-lain

Yakin Inovatif Terencana Technopreneur Prinsip Dasar 2 Referensi : Buku “Kiat Menjadi Pengusaha Inovatif”

Terencana Rencana Bisnis (bisnis plan) Mengenal produk sendiri Mempelajari biografi pengusaha sukses Tidak menggunakan uang perusahaan utk pribadi Mentoring

How to be a technopreneur

Komersialisasi hasil riset Kelembagaan (Intermediator) utk komersialisasi invensi / hasil riset Technology Business INVENTION (Thingking New Things) INNOVATION (Doing New Things) Intermediation Body ?? Ref : Program Evaluasi Riset Sains Teknologi utk Pembangunan – PERISKOP, 200-2002 Valley of Death

Penjabaran Ide/Konsep Invention & Innovation Principal Invention Process Innovation Process Ide / Gagasan Menentukan Produk Penjabaran Ide/Konsep Bisnis Plan Kelayakan (Kajian) Opportunity Product Dev. Pilot Produk Uji Pasar Patent Uji Jual Laporan (R&D based) Keuntungan Usaha (business based)

Source of Technology Invention Lembaga Penelitian Pemerintah (Kemperin, Kemtan, KRT, BPPT, LIPI, dll) Lembaga Penelitian Swasta (Industri Besar, dll) Industri (UKM, Besar, dll) Perorangan (Pakar, Peneliti, Pengusaha, dll) Universitas (Kantor HKI) Paten Indonesia (Ditjend HKI) Lembaga/Organisasi Intermediasi Dan lain-lain …..

Budidaya & Pengolahan Hasil Pertanian Contoh Sumber Teknologi Budidaya & Pengolahan Hasil Pertanian BUDIDAYA PERTANIAN Tanaman Pangan (Jagung, dll) Tanaman Sayuran (Tomat, dll) Tanaman Buah-buahan (Apel, dll) Dan lain-lain PENGOLAHAN PANGAN Kacang2an & Biji2an (Kecap, dll) Buah & Sayur2an (Manisan, dll) Ikan, Daging, Telur (Abon, dll) Dan lain-lain BUDIDAYA PETERNAKAN Budidaya Ternak (Ayam, dll) Pakan Ternak Hasil Ternak (Mentega, dll) Dan lain-lain BUDIDAYA PERIKANAN Ikan Air Tawar (Gurame, dll) Ikan Laut (Baronang, dll) Dan lain-lain ± 1500 Teknologi Tepat Guna Sektor Budi Daya & Pengolahan Hasil Pertanian

BPPT Technopreneurship

Other Inst (Financial, etc) i-tech internal partners Industries (Big, SME) Other Inst (Financial, etc) 23 Pusat, 17 Balai dll Pusat Teknologi Material Balai Teknologi Polimer Pusat Teknologi Industri & Sistem Transportasi Pusat Teknologi Farmasi & Medika Pusat Teknologi Produksi Pertanian Pusat Teknologi Informasi Komunikasi Balai Pengkajian Bioteknologi Central Gov Tenant BIT BTC Regional Gov

(pasar, teknologi, modal) i-tech Incubation Principal Aksesibilitas (pasar, teknologi, modal) Ruang Inkubasi Student Entrepreneur etc Innovative Entrepreneur (technopreneur) Training Bisnis Teknologi Uji Produksi Mentoring Uji Konsumen Uji Jual

i-tech 5th Principal Ide Bisnis Teknologi Uji Bisnis Teknologi Produksi Masal Dana (seed capital) Pemerintah / Pribadi dll Dana Pinjaman / Investasi, dll Prototyping (Invention Process) Incubation (Innovation Process 1) Mass Production (Innovation Process 2) Sinergi Kemitraan (technology push, market pull, ABG)

Technopreuner Opportunities Water (air) : tantangan untuk menyelesaikan maslah air bersih. Energy (energi) : krisis energi yang semakin memburuk merupakan tantangan Health (Kesehatan) : fasilitas kesehatan sangat dibutuhkan Agriculture (petanian) :sebagian besar pangan Indonesia impor dari luar negeri padahal Indonesia adalah negara agrikultur

Technopreuner Opportunities 14 Creative Industries Periklanan : Produksi, tampilan, material iklan Film/Video & Fotografi : Jasa fotografi, produksi film Musik : Proses produksi album lagu, rekaman dll Arsitektur : Tatakota, arsitektur taman, dll Pasar Seni & Barang Antik : Produk-produk antik Kerajinan : Produk-produk kerajinan spt aksesori Desain : Disain grafis, desain produk, kemasan, dll Desain Fesyen : Desain pakaian, alas kaki, pakaian, dll Permainan Interaktif : Game/video yang edukatif, hiburan, dll Seni Pertunjukan : Pertunjukan tarian tradisional, dll Penerbitan & Percetakan : Penerbitan buku, majalah, koran, dll Komputer & Piranti Lunak : Pengembangan software, piranti lunak Televisi & Radio : Produksi dan penyiaran televisi dan radio Riset & Pengembangan : Aktivitas menemukan invensi / inovasi baru

Terimakasih bambangsp@ymail.com