Web Engineering 2010 Pertemuan ke-05 Arsitektur Aplikasi Web Husni Husni.trunojoyo.ac.id Komputasi.wordpress.com.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala
Advertisements

Web Engineering 2010 Pertemuan ke-01 Pengantar Rekayasa Web Husni Husni.trunojoyo.ac.id Komputasi.wordpress.com.
EIH/Pengantar Sistem Informasi
Pemrograman XML Introducing XML Salhazan Nasution, S.Kom.
Sistem Operasi (pertemuan 1) Memori Razief Perucha F.A
 Putra Prima Naufal
EIH/Pengantar Sistem Informasi 1 Aplikasi Web Eka Ismantohadi.
Manajemen Sumber Daya Data
Memahami Etimologi Multimedia
Menunjukkan berbagai peralatan TIK melalui gambar
Komponen Dan Model Sistem Informasi
©Ayi Purbasari, S.T., /2008 Materi 3 Kuliah IT-505 PSBO ©Ayi Purbasari, S.T., /2008.
Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi
KONSEP PEMROGRAMAN WEB
KETENTUAN SOAL - Untuk soal no. 1 s/d 15, pilihlah salah satu
Sistem Informasi Berbasis Komputer
Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Pendidikan
Tutorial e-Learning. ITSC-Project Konfigurasi Web Browser Sebaiknya anda gunakan Web Browser Firefox dengan konfigurasi Proxy sebagai berikut atau no.
Sistem Basis Data.
Pertemuan Ke-1 (Konsep Dasar Web)
PEMROGRAMAN CLIENT/SERVER Riyanto, S.Kom 1.
Konsep Sistem Informasi
Perancangan Basis Data
Rekayasa Web 04. Kebutuhan Aplikasi Web
Analisa dan Desain Objek
Pemrograman jaringan Teori dan Praktek
Luas Daerah ( Integral ).
PEMINDAHAN HAK DENGAN INBRENG
Basis Data Oleh: Titik Lusiani,M.Kom, OCP Kode Mata Kuliah :
PEMBUATAN APLIKASI IT MONITORING SYSTEM PADA PT. GRAHA LAYAR PRIMA
BUSINESS PROCESS REENGINEERING (BPR).
Tahapan Proyek Pembuatan Situs Web
Selamat … Hari Raya Idul Fithri 1424 H Mohon Maaf Lahir Batin
SISTEM PAGING.
ARCHITECTURE.
Analisis Kebutuhan dan Spesifikasi Perangkat Lunak
Minggu 1…… Page 1 MINGGU Ke Satu Pemrograman Visual 2 Pokok Bahasan: Mengenal Web dengan ASP Tujuan Instruksional Khusus: Mahasiswa akan dapat menjelaskan.
Mengelola isi halaman web
PERANCANGAN KASUS UJI.
Pondok Pesantren Daar El-Qolam adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang didirikan pada 20 Januari Semakin meningkatnya teknologi yang ada saat.
PEMBUATAN MODEL DATA dan DESAIN DATABASE
RANCANGAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI INFORMASI Materi Pertemuan 27
McGraw-Hill/Irwin Copyright © 2008, The McGraw-Hill Companies, Inc. All rights reserved.McGraw-Hill/Irwin Copyright © 2008 The McGraw-Hill Companies, Inc.
1 Pendahuluan Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.
B L O G Joshua Joviando 1. Bagian 2 Membuat Blog di 2.
IMPLEMENTASI SISTEM BASIS DATA
Compiere ERP Aplikasi Bisnis di Linux
PERTEMUAN KE 2 JAVA SERVER PAGES (JSP) BY : TITO SUGIHARTO
BAB I                       Mata Kuliah  Sistem Terdistribusi _______________________ Model & Komunikasi Oleh : Laseri, S.Kom.
Arsitektur Client-Server
ARSITEKTUR DAN PEMODELAN APLIKASI
PENDEKATAN PADA PENGEMBANGAN APLIKASI WEB
Arsitektur dalam Sister
Pengantar Client Server
ARSITEKTUR APLIKASI WEB
ARSITEKTUR SISTEM TERDISTRIBUSI
Pertemuan 3 Khairul Anwar Hafizd
7 DATABASE Client/Server Wiratmoko Y, ST C H A P T E R
Semantic Web: Web Services
10 Perancangan Arsitektural
Sistem Manajemen Basis Data Web
IMPLEMENTASI SISTEM BASIS DATA
PIBJ (PEMROGRAMAN INTERNET BERBASIS JAVA)
BAGAIMANA MEMILIH/MERANCANG ARSITEKTUR SUATU APLIKASI MOBILE ?
JSF Java Server Faces.
REKAYASA WEB Development Process
Infrastruktur E-Business
Sistem Informasi Asuransi Berbasis Web
APLIKASI CLIENT SERVER
Compiere ERP Aplikasi Bisnis di Linux
Transcript presentasi:

Web Engineering 2010 Pertemuan ke-05 Arsitektur Aplikasi Web Husni Husni.trunojoyo.ac.id Komputasi.wordpress.com

Outline Pendahuluan Metode dan Pendekatan Seluk beluk Arsitektur Web Komponen dasar dari Arsitektur MVC, Struts, OOHDM 2

Pendahuluan Pertimbangkan besarnya dari kebutuhan (requirements) dan batasan (constraints) Meliputi: – Kebutuhan fungsional: pemesanan produk berbasis web – Kebutuhan kualitas: kinerja, ketersediaan – Integrasi dengan sistem yang telah ada Normalnya tidak dikembangkan “from scratch” (tidak dari nol) 3

Arsitektur? Arsitektur mendeskripsikan struktur: Menurut (Bassetal.1998), Arsitektur dari sistem perangkat lunak (software) terdiri dari strukturnya, dekomposisinya ke dalam komponen-komponen, dan interface dan hubungannya. Arsitektur menjelaskan aspek statis dan dinamis dari sistem software sehingga dapat diperkirakan rancangan bangunan (building design) dan diagram alir (flow chart) bagi suatu produk software. 4

Arsitektur? Arsitektur membentuk transisi dari analisis ke implementasi: Saat membuat arsitektur, kita mencoba untuk memecah kebutuhan fungsional dan kebutuhan kualitas ke dalam komponen-komponen software dan relationship dan interfacenya dalam pendekatan iteratif. Proses ini didukung oleh sejumlah pendekatan, seperti Unified Process (Baca Bab 10) 5

Pengembangan Arsitektur (Sangat dipengaruhi oleh kebutuhan) 6

Pengembangan Arsitektur Kembangkan dengan cara berulang – Buatlah resiko (kemungkinan rugi) sebagai hasil dari kebutuhan tidak aman. Mengapa? – Tentukan batasan yang dapat diperhitungkan (calculateable) dan dapat dikendalikan (controlable ) 7

Pola (Patterns) Menjelaskan masalah rancangan berulang. Berupa konteks rancangan spesifik dan menawarkan satu atau lebih solusi. Solusi menjelaskan komponen-komponen yang berpartisipasi, tanggungjawabnya, relationship antar komponen-komponen ini, dan saling mempengaruhi dari komponen-komponen ini dalam masalah spesifik tersebut. Pattern memungkinkan kita menggunakan ulang pengetahuan rancangan gabungan dan telah terbukti (terjamin) 8

Framework Pilihan lain untuk menggunakan ulang pengetahuan arsitektur yang ada – Memuat pengetahuan arsitektural Framework adalah sistem software yang dapat digunakan ulang (reusable) dengan fungsi umum yang telah diimplementasikan. Harus mempertimbangkan kekurangannya – Perlunya training (mungkin mahal dan sulit) – Tak ada (atau kurang) standard – Misalnya... 9

Kategori Arsitektur Aspek Layering: Sistem Software distrukturkan dalam beberapa tier (deretan bertingkat) untuk mengimplementasikan prinsip “pemisahan urusan (konsen)” Aspek Data: Data dapat berupa: – Structured (Terstruktur) Relational DB XML – Non-structured (Tak-Terstruktur) Konten Multimedia Gambar, audio, video 10

Pokok 2 Arsitektur Aplikasi Web  Kebutuhan aplikasi Web lebih menuntut daripada sistem software ◦ Changeability, performance, security, scalability, availability  Hingga membedakan infrastruktur web (platform) dan arsitektur aplikasi web  Platform ◦ Variasi masalah yang luas ◦ J2EE,.NET  Masalah ◦ Kesulitan memanfaatkan wide range sistem berbeda meningkat ◦ Inhomogeneity (ketakserbasamaan, tiadanya keseragaman) ◦ Immaturity (ketidakmatangan, kurangnya pengalaman) 11

Komponen Arsitektur Aplikasi Web Dasar 12

Komponen Arsitektur Aplikasi Web Dasar  Client: Biasanya browser (user agent). Dikendalikan oleh pengguna untuk mengoperasikan aplikasi web. Fungsionalitas client dapat diperluas dengan menginstall plug- in (atau applet).  Firewall: Bagian dari software yang mengatur komunikasi antara jaringan tak-aman (misal: Internet) dan jaringan aman (misal: LAN perusahaan). Komunikasi ini difilter oleh aturan akses. 13

Komponen Arsitektur Aplikasi Web Dasar  Proxy: Biasanya digunakan untuk secara temporer menyimpan halaman-halaman web dalam suatu cache. Proxy dapat pula memikul fungsi lain seperti mengadaptasikan content bagi pengguna (customization), atau user tracking.  Web server: bagian dari software yang mendukung berbagai protokol Web seperti HTTP dan HTTPS, untuk memroses permintaan client. 14

Komponen Arsitektur Aplikasi Web Dasar  Database server: Server ini normalnya menyediakan data produksi organisasi dalam bentuk terstruktur, misalnya dalam tabel-tabel.  Media server: Komponen ini terutama digunakan untuk content streaming dari data besar yang tak- terstruktur (misal: audio atau video).  Content management server: Mirip database server, server ini menangani content untuk melayani aplikasi. Content ini biasanya tersedia dalam bentuk data semi-terstruktur, misal: dokumen XML. 15

Komponen Arsitektur Aplikasi Web Dasar  Application server: Server ini menangani fungsionalitas yang dibutuhkan oleh beberapa aplikasi, misal: workflow atau kustomisasi.  Legacy application: Ini adalah sistem (aplikasi) yang lebih tua yang sebaiknya diintegrasikan sebagai komponen internal atau eksternal. 16

Arsitektur 2-Layer Terdapat 2-layer: Client dan Server. Server terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerjasama. 17

Arsitektur N-Layer  Bagaimana melekatkan (embed) layanan- layanan ke dalam komponen application server? ◦ Kustomisasi, workflow ◦ Business logic  Layanan dilekatkan dalam application server dengan suatu interface terdefinisi. 18

Arsitektur N-Layer 19

JSP Model 2 Berbasis Arsitektur MVC (Model View Controller) 20

JSP Model 2  Meletakkan fondasi bagi integrasi aspek-aspek navigasi, internasionalisasi dan pengiriman multi- platform dalam aplikasi Web.  View  Representasi Grafis, JSP  Controller  Aliran (flow) dan Logik  Control  Logik (model), View  Bagian dari fungsionalitas model  Java bean, Komponen software 21

Struts  Berguna untuk penanganan error, internasionalisasi  Menggunakan file konfigurasi XML  Kontrol dari pemrosesan mengalir dalam pola MVC untuk men-fasilitasi pemrosesan dari request client  Mungkin mengkonfigurasi alokasi view dan model dalam file konfigurasi.  Content dapat disajikan secara lebih fleksibel 22

Implementasi JSP Model 2 dalam Struts 23

Struts 1. Terima request (dari pengguna) dan temukan controller (Action) atau application logic. 2. Sampaikan ke Action 3. Pilih dan buat suatu model dalam bentuk JavaBean 4. ActionServlet dapat memilih view utuk menyajikan content 5. View terpilih mengenerate output 24

OOHDM Java 2 Berbasis pada arsitektur MVC (Model View Controller) Komponen navigasi eksplisit User interface diperkaya dengan aspek-aspek navigasi 25

Komponen OOHDM Java 2 26

Arsitektur Integrasi  Sistem yang ada dapat diintegrasikan pada 3 level ◦ Presentation ◦ Application logic ◦ Content  Istilah kunci: Enterprise Application Integration ◦ Fokus pada integrasi sistem lama (legacy) 27

Arsitektur Integrasi Muncul dari integrasi business-to-business  Point to point: Bertukar content untuk diintegrasikan melalui komunikasi eksternal  Data delivery: akses ke data internal secara langsung (misal: akses database)  Integrasi Data: beberapa aplikasi menggunakan tempat penyimpanan data yang sama  Functionality Delivery: Sistem lama membolehkan akses fungsionalitas (misal: terhadap suatu API)  Rekonstruksi fungsionalitas: Akses ke fungsi transparan bagi client  Porting : Sistem lama dimigrasikan ke platform Web, menggantikan sistem aslinya 28

Arsitektur Aspek Data Data terstruktur dan sejenis ditangani dalan database Dokumen dan sejenis digunakan dalam document management system Data multimedia dan sejenis ditangani dalam media server 29

Arsitektur Centric Database Integrasikan DB ke dalam aplikasi Web Diakses secara langsung dalam ekstensi Web server atau application server. – JDBC – ODBC 30

Arsitektur Manajemen Dokumen Web Arsitektur Manajemen Content – Integrasikan dokumen dari sumber berbeda – Sediakan mekanisme untuk menginte- grasikan content ke dalam Web 31

Arsitektur Manajemen Dokumen Web 32

Arsitektur Data Multimedia Lamban untuk menampilkan data multimedia Streaming – Client dapat mulai memutarkan audio beberapa detik setelah ia mulai menerima file dari server – Bandwitdh yang sesuai, jitternya rendah, videonya juga 33

Arsitektur Multimedia (Point-to-Point) 34

Arsitektur Multimedia 35

Tugas Jelaskan perbedaan antara Pattern dan Framework! Jelaskan tentang MVC dan Struts! Jelaskan arsitektur dari CodeIgniter, sertakan gambar! Jelaskan tentang Integrasi Sistem dan SOA, sertakan gambar! 36