Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Visual Isa Rosita, S.Kom Hp :
Advertisements

1 Chapter 1 Introduction to Human Computer Interaction Mgs. Afriyan Firdaus Fakultas Ilmu Komputer UNSRI.
SISTEM OPERASI.
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
Interaksi Manusia dan komputer
Pendahuluan IMK-M1.
Interaksi Manusia dan Komputer
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Interaksi Manusia Dan Komputer
Bina Sarana Informatika
Interaksi Manusia dengan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
komponen antarmuka pengguna
Perancangan Tampilan.
HUMAN COMPUTER INTERACTION
KONSEP USER INTERFACE.
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Perancangan antarmuka (design interface)
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer
Pendahuluan.
Interaksi Manusia & Komputer
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
DIALOG.
Human Computer Interaction (1)
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Desain Sistem.
Perancangan Tampilan.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Pendahuluan.
Pendahuluan.
PENDAHULUAN BY Ade Irma PS.
Pertemuan 1 PENDAHULUAN.
Interaksi Manusia Dan Komputer
IMK.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
I. PENDAHULUAN Sewaktu anda menggunakan komputer barangkali anda tidak menyadari bahwa sesungguhnya anda sedang melakukan dialog dengan komputer. Dari.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
RAGAM DIALOG.
Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Pendahuluan.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
ASWAR R. SISTEM OPERASI Pertemuan 1.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
PENGENALAN KONSEP IMK.
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Transcript presentasi:

Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)

IMK (Interaksi Manusia & Komputer) Bidang Ilmu Interaksi Manusia dan Komputer adalah: “Ilmu yang mempelajari bagaimana mendesain, mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah ” Definisi Interaksi Manusia dan Komputer : “Sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang menggunakan antarmuka (interface).”

Definisi Antarmuka Manusia & Komputer Definisi Antarmuka Manusia dan Komputer “Media yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer untuk memberikan suatu perintah kepada komputer ” Sebuah program aplikasi terdiri dari 2 bagian yaitu: Bagian Antarmuka Bagian antar muka yang berfungsi sebagai sarana dialog antara manusia dengan komputer Bagian Aplikasi Bagian aplikasi yang merupakan bagian yang berfungsi untuk menghasilkan informasi berdasarkan olahan data yang sudah dimasukan oleh pengguna lewat algoritma yang diisyaratkan oleh aplikasi tersebut

Media Antarmuka Media antarmuka manusia dan komputer terbagi menjadi 2 yaitu : a. Media tekstual b. Media GUI (Graphical User Interface)

Media Antarmuka (Lanjutan…) Media Tekstual “ bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik “. Contoh: perintah “Printf” dalam Borland C++

Media Antarmuka (Lanjutan…) Contoh listing program dengan Borland C++ : #include <stdio.h> #include <conio.h> main() { clrscr(); printf("Selamat Belajar\n"); printf("Borland C++"); getch(); } /------------------------------------/ OUTPUT :

Media Antarmuka (Lanjutan…) Media GUI (Graphical ser Interface) adalah “Bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”. Contoh antarmuka manusia dengan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain).

Bidang Ilmu Untuk membuat media interaksi manusia dan komputer yang lebih baik maka harus mempelajari dan memahami bidang ilmu lain : a. Teknik Elektronika dan ilmu komputer Membahas tentang perancangan aplikasi dan rekayasa perancangan antarmuka untuk dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. b. Psikologi Membahas tentang perilaku pengguna, dimana program aplikasi yang kita susun dapat dimanfaatkan oleh pengguna lain.

Bidang Ilmu (Lanjutan) c. Perancangan grafis dan tipografi Memanfaatkan gambar sebagai sarana dialog yang cukup efektif antara manusia dan komputer. d. Ergonomik Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman ketika berinteraksi dengan komputer.

Bidang Ilmu (Lanjutan) e. Antropologi Membahas tentang penerapan interaksi antara teknologi, kerja, dan organisasi. f. Linguistik Bahasa merupakan sarana komunikasi yang akan mengarahkan pengguna ketika ia berinteraksi dengan komputer.

Piranti (alat) Bantu Pengembang Sistem Untuk mempercepat proses perancangan dan pengembangan antarmuka (interface) diperlukan piranti pengembangan sistem seperti pemrogaman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, Visual C++ dan lain-lain).

Piranti (alat) Bantu Pengembang Sistem (Lanjutan) Keuntungan menggunakan piranti bantu adalah : Antarmuka yang dihasilkan menjadi lebih baik Program antarmukanya menjadi mudah ditulis dan lebih ekonomis dalam pemeliharaannya

Piranti Bantu Berdasarkan fungsinya piranti bantu terbagi menjadi 2 yaitu : Piranti bantu Aplikasi (application software) Program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas, misalnya membuat dokumen, manipulasi foto dan membuat laporan.

Piranti Bantu (Lanjutan) Piranti bantu Sistem (System Software) Program yang digunakan untuk mengontrol sumberdaya komputer seperti CPU dan hardware masukan/keluaran.

Strategi Pengembangan Antarmuka/interface Beberapa hal yang harus diperhatikan: Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer. Informasi tentang ragam dialog, struktur, isi tekstual dan grafis, tanggapan waktu kecepatan tampilan. Penggunaan prototipe yang disusun secara bersama-sama antara calon pengguna dan perancang sistem. Teknik evaluasi dengan menggunakan uji coba sejumlah kasus, tanya jawab dan kuisioner.