AKTIVITAS BERMAIN DALAM PENJAS
Definisi bermain Suatu kegiatan yang dilakukan dengan rasa senang, sukarela, bersungguh-sungguh tetapi bukan merupakan suatu kesunguhan atau keharusan, dan semata-mata hanya memperoleh kesenangan dari bermainnya. Bermain adalah tindakan atau kesibukan suka rela yang dilakukan dalam batas-batas tempat dan waktu
Syarat-syarat Bermain Mempunyai tujuan, yaitu permainan itu sendiri untuk mendapatkan kepuasan Memilih dengan bebas dan atas kehendak sendiri, tidak ada paksaan Menyenangkan dan dapat dinikmati Mengkhayal untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas Melakukan secara aktif dan sadar
Alasan Bermain Pada umumnya manusia sangat senang mobilitas, dari pada duduk berdiam diri, bergerak dan dinamis itulah jatidirinya. Manusia dewasa maupun anak-anak sangat membutuhkan pengalaman yang kaya, bervariasi, bermakna sekaligus mengasyikkan. Otak usia anak-anak sangat senang dengan hadirnya sesuatu yang baru, menarik, menantang, dan menakjubkan Permainan cenderung menstimuli otak, apalagi dengan melibatkan indra manusia secara seluruhan (visual, audio, dan kinetic ). Dalam permainan semuanya akan terlibat. Pengulangan (repetitive]) diperlukan dalam pembelajaran, namun nuansa acapkali membonceng kebosanan. Permainan akan menjadi jembatannya. Fetique (kelelahan ) selalu muncul dalam situasi yang kurang menyenangkan, dengan permainan hambatan ini menjadi terkurangi.
Tujuan Bermain Membangun konsep diri Mengembangkan kreativitas Mengembangkan komunikasi Mengembangkan aspek fisik dan motorik Mengembangkan aspek sosial Mengembangkan aspek emosi dan kepribadian Mengembangkan aspek kognisi Mengasah ketajaman penginderaan Mengembangkan ketrampilan tari dan olahraga
Fungsi bermain dalam pendidikan Menurut A.Bigot, Kohstam, dan Palland : Wahana hidup bermasyarakat ( tumbuh kebersamaan) Mengetahui kekuatannya,alat bermain dan sifat alat. Mengungkapkan sifat aslinya ( perlakuan berbeda antara laki dan perempuan ) Mengungkapkan emosinya, tidak mengarah pada prestasi Senang,gembira, dan bahagia dalam dunia anak, Pembinaan watak jujur dalam bermain ( fair play ) Bahaya dalam bermain merupakan pembelajaran hidup
Permainan dalam penjas Permainan Invasion (Sepak Bola, Bola Basket, dll) Permainan Net dan Dinding (Bolavoli, Bulutangkis, Tenis Meja, Squash, dll) Permainan Striking/Fielding (Softball, Baseball, dll) Permainan Target (Golf, Bowling, dll) Permainan Tradisional (gobak sodor, bentik, dll)
fungsi bermain dalam penjas Pertumbuhan dan Perkembangan anak. Kemampuan Gerak Kesegaran Jasmani Kesehatan Sasaran psikis Rasa Sosial Sasaran Rasa Ketuhanan
Modifikasi Permainan Pemain Tujuan Pergerakan pemain Perlengkapan Organisasi Jarak/area Peraturan Keterampilannya
permainan lompat
permainan Jala Ikan