SCRUM Nama Anggota Kelompok : Muhammad Islamsyah

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
RAPID APLICATION DEVELOPMENT ( RAD )
Advertisements

Pengembangan Sistem Informasi
Crystal Clear Methodology
SCRUM Kelompok: Sulistiyono ( )
Extreme Programming By : Adhi Nugroho ( )
Proses-proses Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
Disusun Oleh :  Dwi Cahyo Nugroho  Ade Christian Priambodo  Budi Santoso
PROTOTYPING MODEL >> Kelompok 1: Windandini B.M.
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
Pertemuan 13 Sistem Informasi Viska Armalina, S.T., M.Eng.
01 WINTER ANALISIS DAN DESAIND SISTEM Template RPL – P2.
Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Illahi Rabii, bahwasannya berkat rahmat dan karunia-nya saya dapat menyelasaikan makalah ini dengan judul.
Oleh: Narayoga Wasesa Staff Training & Certification.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Rekayasa Perangkat Lunak
RAD (RAPID APPLICATION DEVELOPMENT)
Manajemen Proyek Sistem Informasi
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by.
TUGAS PERSENTASI RATIONAL UNIFIED PROCESS (R.U.P)
Proses Perangkat Lunak
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
Iconix TEKNIK INFORMATIKA REKAYASA PERANGKAT LUNAK - KELOMPOK 6 1. DIMAS ANGGI GUSTIAWAN ( NIM : ) 2. TAAT ROMADHON S.H. ( NIM : ) 3.
OLEH IR. INDRAWANI SINOEM, MS
1 Pendahuluan Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.
1 Methods for Software Engineering CHAPTER 3 System Engineering Software engineering: a practitioner’s approach / Roger S. Pressman.—5th ed.
Nama : Shadrach Jabonir / Matthew Marcelinus / Leonardus Handoko / Hendry Sunardi / Carles/ OVERVIEW OF SOFTWARE PROCESS MODEL.
Kelompok VI Ahmad Sopawi Dwi Aryanta
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Kriteria Rekayasa Perangkat Lunak (lanjutan)
 Communication  Planning  Modeling  Contruction  Deployment.
Testing dan Implementasi Sistem
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Metode rpl BY: Y. PALOPAK S.Si., MT..
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PriNciples That Guide Practice
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
Agile Development.
Pengumpulan Kebutuhan dan Dokumentasi
Pendahuluan Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I..
RPL.
SDLC (SystemDevelopment Life Cycle)
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
SCRUM.
Kelompok V FERDY WIDJAJA YOUNGKY DWI P
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Membangun Sistem Informasi ERP
Membangun Sistem Informasi ERP
Scrum Edison marpaung Hadi permana Feni fauziah Ferdian prawira
Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak
Analisis Implementasi Metode Scrum Dalam Pengembangan Website (Study Kasus Di Onebit Digital Agency Yogyakarta) Al Aziz Idham Kholiq / J2F
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengembangan Sistem Informasi
Pengembangan Sistem Informasi
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
Software Development Life Cycle (SDLC)
Kelompok 3 | Rekayasa Sistem Informasi : Ahmad Rifai Eplin Mimi Susanti [ ] Fitriya Dewi Damayanti [ ] Ulfa Yuliana [ ] Kelompok.
System Development Life Cycle
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Transcript presentasi:

SCRUM Nama Anggota Kelompok : Muhammad Islamsyah 12111014 Subahman 12122024 Teddy Sandoria 12111010

Sejarah SCRUM Pertama kali diperkenalkan oleh Jeff Sutherland awal tahun 1990an, dan dikembangkan selanjutnya dilakukan oleh Schwaber dan Beedle

Apa itu scrum? Scrum adalah iteratif, kerangka kerja tambahan untuk manajemen proyek dan pengembangan perangkat lunak tangkas.

Tentang SCRUM sebuah proses pengembangan yang terfokus dalam menghasilkan produk bernilai tinggi secepat mungkin. memungkinkan kita untuk dapat selalu melihat hasil pengembangan. pengembangan dilakukan dengan sistem prioritas yang ditentukan oleh pengguna sistem. SCRUM sebagai Metodologi Pengembangan karena metodologi pengembangan klasik (waterfall) gagal

Karakteristik SCRUM Tim bergerak secara mandiri Produk dikembangkan dalam serangkaian "sprint" Kebutuhan pengguna disimpan dalam "backlog", yang merupakan daftar kebutuhan sederhana Tidak ada praktek pengembangan tertentu yang dianggap wajib berjalan Salah satu proses "Agile"

Proses Perjalanan SCRUM

Sprint biasanya dijalankan selama 2-4 minggu disarankan untuk memiliki durasi konstan produk dikembangkan (dari analisis sampai testing) selama sprint tidak boleh ada perubahan kebutuhan selama sprint

Pemain dalam tim SCRUM Pemilik Produk (Product Owner) Tim Pengembang (Development Team) Scrum Master

Kegiatan dalam SCRUM Perencanaan Sprint (Sprint Planning) Rapat Harian (Daily SCRUM Meeting) Ulasan Sprint (Sprint Review) Sprint Retrospective

Scrum tepat digunakan saat kondisi: Keperluan berubah dengan cepat Tim programmer sedikit, yaitu 5-9 orang Pelanggan tidak terlalu paham dengan apa yang diinginkan

Kelebihan Scrum antara lain: Keperluan berubah dengan cepat Tim berukuran kecil sehingga melancarkan komunikasi, mengurangi biaya dan memberdayakan satu sama lain Pekerjaan terbagi-bagi sehingga dapat diselesaikan dengan cepat Dokumentasi dan pengujian terus menerus dilakukan setelah software dibangun Proses Scrum mampu menyatakan bahwa produk selesai kapanpun diperlukan

Kekurangan Scrum Developer harus selalu siap dengan perubahan karena perubahan akan selalu diterima.

Pustaka Daftar http://faqihz.wordpress.com/2012/05/14/metodelogi-pengembangan- aplikasi-scrum/ http://dhiekalantana.blog.unas.ac.id/2012/10/perbandingan-up-xp-scrum- agile/ http://mathari2501.blogspot.com/2011/02/software-engineering_20.html http://ekokusuma.blogspot.com/2014/01/metode-scrum-pada-pendekatan- rekayasa.html

Pertanyaan ? Ary apa maksud disarankan untuk memiliki durasi konstan? Hafidz apa maksud perangkat lunak tangkas?