 Istilah “Kami” mengacu pada beragam dewa di surga dan bumi seperti yang terlihat pada kisah-kisah klasik, dan semua roh yang ada di kuil-kuil shinto.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
20 September 2012 Nadya Inda Syartanti PPMJ
Advertisements

Suku Asmat: Sosok Budaya Indonesia di Papua
Psb-psma rela berbagi Ikhlas memberi 7/19/2010 Mata Pelajaran Bahasa Jepang 日本語.
 Konsep Kami pada Periode Awal  Masuknya Pengaruh Budha  Pendewaan kepada Manusia.
PPMJ 8 November 2012 Nadya Inda Syartanti KONSEP KETUHANAN.
Asal Usul Agama & Hakekat Magi
Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 1 Agama Shinto   Nama Mahasiswa: Ahmad Chaidoni/TH/III   Mata Kuliah: Agama-Agama Dunia   Dosen Pembimbing:Siti.
Budaya Kalimantan.
Religion gabungan Ida Kristin Sianipar
AGAMA BUDHA(仏教).
KONSEP KETUHANAN.
PPMJ 1November 2012 Nadya Inda Syartanti.  Konsep Kami pada Periode Awal  Masuknya Pengaruh Budha  Pendewaan kepada Manusia.
Pranata Agama Dalam bahasa Arab agama disebut ad-dien yang artinya hukun atau undang undang ciptaan yang maha kuasa. Sedang dalam bahasa sansekerta, a.
PPMJ, 6 Desember 2012 Nadya Inda Syartanti
PPMJ –Fitriana Puspita
1573 – 1603 M NIHONSHI 19 APRIL 2012 安土桃山時代 (あづちももやまじだい)
Bagaimana Siang dan Malam Berlaku?
BAB 48 ブロモさんに のぼったこと が ありますか?.
PPMJ 22 November 2012 Nadya Inda Syartanti
SISTEM KEPERCAYAAN MASYARAKAT PRIMITIF
Pembentukan Kata dalam Bahasa Jepang
復習 第 5~6 課. まとめ 第 5 課 Kt B( orng/binatang) と行きます / 帰ります / 来ま す menunjukkan (orang/binatang) yg artinya bersama-sama atau dengan ともだちと行きます (pergi bersama.
Three Major Traditions of Japanese Thought
1 Pertemuan 6 Kanji mengenai perasaan Matakuliah: N0534/Menulis dan Membaca III Tahun: 2005 Versi: versi.
第 1 課.
1 Pertemuan 18 Kanji mengenai kehidupan kampus Matakuliah: N0534/Menulis dan Membaca III Tahun: 2005 Versi: versi.
Hajimemashite Pertemuan 2
1 Pertemuan pertama Pengenalan Nouryoku Shiken Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >
1 Pertemuan 26 Sastrawan Jepang Matakuliah: N0514/Menulis dan Membaca I Tahun: 2005 Versi: versi.
Jenis-jenis kata (品詞) Pembentukan Verba Pembentukan Nomina
1 Pertemuan 3 「語彙」 Matakuliah: >/Nouryou Shiken 3 Tahun: 2005 Versi: 1.
Pertemuan 18 KUIZ KANJI 6. Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu: Mahasiswa akan mampu meningkatkan kemampuan membaca.
1 Pertemuan 15 Kanji Quiz Matakuliah: N0514/Menulis dan Membaca I Tahun: 2005 Versi: versi.
1 Pertemuan 15 Matakuliah: Bahasa Jepang IV Tahun: 2005.
1 SOAL 20 Matakuliah: Bahasa Jepang IV Tahun: 2005.
1 Pertemuan 9 Kanji kata kerja transitif dan kata kerja intransitif Matakuliah: N0534/Menulis dan Membaca III Tahun: 2005 Versi: versi.
会話 第 8 課.
第 5 課.
1 Pertemuan 8 「文法」「聴解」 Matakuliah: >/Nouryou Shiken 3 Tahun: 2005 Versi: 1.
1 Pertemuan 22 Kanji mengenai ide yang abstrak Matakuliah: N0534/Menulis dan Membaca III Tahun: 2005 Versi: versi.
> Pertemuan > Matakuliah: >/ > Tahun: >. Bina Nusantara 人間の歴史 南アから帰国した後も、現地の考古学者と、裸 化がいつ、どうしておきたのかについて、やり取 りを続けています。その先生が、これを読め、あ れを読めといってくるので、それを追いかけてい.
1 Pertemuan 3 Kanji Quiz Matakuliah: N0534/Menulis dan Membaca III Tahun: 2005 Versi: versi.
第 1 課.
1 Pertemuan 17 Matakuliah: Bahasa Jepang IV Tahun: 2005.
Matakuliah : N0514/Menulis dan Membaca I Tahun : 2005 Versi : versi
1 Pertemuan 22 Kanji Quiz Matakuliah: N0514/Menulis dan Membaca I Tahun: 2005 Versi: versi.
Bahasa Jepang (日本語) HAL YANG DISUKAI SMAN 2 PALANGKA RAYA.
SEJARAH INDONESIA.
PENCIPTAAN, SUATU TEMA ALKITABIAH
Korea juga memiliki keberagaman dalam karya prosanya
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
Worldview: Cultural Explanations
KONSEP KEPERCAYAAN 信教 PPMJ 1 November 2012 Nadya Inda Syartanti.
Sosiologi Agama Emile Durkheim
HUKUM DAN INJIL Lesson 10 for December 8, 2012.
Legenda Gunung Semeru Menurut kepercayaan masyarakat Jawa yang ditulis pada kitab kuno abad 15, Pulau Jawa pada suatu saat mengambang di lautan luas, dipermainkan.
Pertemuan keenam Manga
Pertemuan ke 2 荷物を預かっていただけませんか
MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP
安土桃山時代 ( ).
Kebangkitan Shinto dan Agama baru
ASSALAMU’ALAIKUM Wr.Wb.
AGAMA SHINTO OLEH KHAIRUL UMAM TAFSIR HADITS USHULUDDIN dan FILSAFAT
PERSATUAN DALAM IBADAH
Bahasa Jepang Dasar 1 第 10 課 Rr. Artiana Krestianti 1/16/2019
Kekristenan & IPTEK.
SIFAT-SIFAT HUKUM ADAT DI INDONESIA
“AKU MENJADIKAN SEGALA SESUATU BARU”
Lesson 5 for February 2, Pekabaran dari tujuh meterai merupakan garis besar sejarah gereja sejak dari awal hingga Kedatangan Yesus Yang Kedua. Tujuh.
Transcript presentasi:

 Istilah “Kami” mengacu pada beragam dewa di surga dan bumi seperti yang terlihat pada kisah-kisah klasik, dan semua roh yang ada di kuil-kuil shinto  Manusia termasuk di dalamnya  Kuncinya : sesuatu yang mengundang ketakjuban yang mempunyai kekuatan super dan luar biasa.

Kekuatan gaib Kami 神

Kami disembah lewat objek konkrit Matahari, bulan, bintang adalah kami. Fenomena alam adalah cara kerjanya. Sungai, gunung, laut, hutan adalah tempat tinggalnya. Binatang buas sebagai manifestonya

Kami adalah objek kongkrit dan sebuah proses kerja Kami bersikap selayaknya manusia Kami bekerja melalui Yorishiro (simbol dari kami spt batu, pohon, cermin, batu permata dan pedang)-tubuh kami

Gunung adalah satu-satunya tempat yang dianggap sebagai Yorishiro sekaligus tubuh dewa itu sendiri  shintaizan Cth : Gunung Miwa

土地神 Tochikami 天神 Tenjin 祖先神 sousenkami 動物神 Doubutsukami 天皇 Tennou 自然神 Shizenkami

 Dewa yang mengatur dan menguasai seluruh benda alam yang ada di bumi ini.  Misalnya, dewa yang menguasai gunung, sungai, laut, dll.

 Dewa yang menguasai dan mengatur seluruh benda yang ada di atas bumi ini.  Misalnya, dewa yang menguasai langit, matahari, bulan, dll.  Meskipun wilayah kekuasaan berada di langit, tetapi mereka menghuni di bumi.

 Dewa berupa binatang seperti harimau, serigala, ular, dll.

 Dewa berupa gejala alam, seperti petir, hujan, dll.

 Dewa yang dianggap sebagai nenek moyang dalam bentuk roh.  Misalnya, roh manusia, atau roh binatang.

Tenno Keturunan Dewa

Bencana alamCampur tangan KamiUpacara/Ritual

神 かみ 神道 しんと う Way of God Jalan Dewa

 Pengaruh tentang wujud Kami  Bangunan Suci  Pendewaan kepada Roh orang yang sudah mati.

Honji Suijaku Budha datang ke dunia sebagai kami untuk menyelamatkan manusia

 Pada masa pemerintahan Meiji mengadopsi kebijakan pemisahan Shinto & Budha (Shinbutsu Bunri)  Kuil Shinto dan Budha dipisahkan  Biksu Budha tak boleh double sebagai pendeta Shinto  Ritual Shinji (Shinto) adalah ritual untuk keamanan komunitas  Ritual Butsuji (Budha) untuk ritual pemakaman dan penghormatan ke arwah

Orang meninggal RohHotoke

仏 ほとけ 仏教 ぶっ きょう Ajaran Roh Budha

Manusia 人神 (jinshin)

人神じんしん Dewa Manusia

Dewa manusia, atau manusia dewa ini memiliki kekuatan yang melebihi dari manusia biasa, sehingga dianggap orang suci. Cth :Motoori Norinaga

ManusiaKami

 Ketika abad 16 Kristen masuk, perspektif Kami berubah lagi  Kami : Tuhan pencipta semesta  Konsep Trinitas dalam kristen diadopsi  Tiga dewa pertama pembentuk semesta : Amenominakanushi no kami, Takamimusubi no kami, Kamimusubi no kami  Namun Shinto sekte Fukko Shinto menjelaskan dengan jelas bahwa kami adalah kepercayaan asli orang Jepang, simbol utama Shinto

 Ame no Mi naka nushi no kami Master of Centre of heaven. Creator of kami.  Kami Musubi no Kami : God of earth  Takami Musubi no kami : God of heaven