PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI Materi 2 : Elemen dasar komputer
ELEMEN DASAR KOMPUTER Hardware / Perangkat Keras : Peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa di jamah. Software / Perangkat Lunak : program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data. Brainware : manusia yang mengoperasikan dan mengendali- kan sistem komputer.
KOMPONEN UTAMA KOMPUTER
K OMPONEN UTAMA KOMPUTER : CPU Control Unit : mengontrol operasi dan pada gilirannya mengontrol komputer (tempat pemrosesan Instruksi-instruksi program). CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu : unit kendali ( control unit ) dan unit aritmatik dan logika ( aritmetic and logic unit ).
ALU ( ARITHMATIC AND LOGICAL UNIT ) Melakukan perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan operasi aritmatika berdasar penjumlahan Operasi pengurangan, perkalian dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sirkuit elektronik di ALU = adder
R EGISTER Simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, lebih dari 5 – 10 kali kecepatan penyimpanan dan pengambilan dimain memory Digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara instruksi dan data yang diproses Sedang instruksi dan data yang lain, menunggu giliran di main memory Seperi layaknya otak manusia Ukuran word size mengambarkan ukuran operand register.
M EMORY U TAMA CPU hanya dapat menyimpan data dan intruksi di register yang ukurannya kecil Mengatasi hal ini perlu simpanan yang kapasitasnya besar Main memory, main storage, internal memory, primary storage, temporary storage. Terdiri dari RAM ( random access memory ) dan ROM ( read only memory )
RAM
RAM digunakan untuk menyimpan program dan data yang akan diproses CPU RAM dianalogikan sebagai kotak-kotak, disetiap kotak dapat menyimpan suatu data atau intruksi Tiap-tiap lokasi kotak tsb ditentukan oleh address, penomoran yang menunjukkan lokasi tertentu dari kotakmemory Ukuran KB =1024 Byte, MB = 1024 KB, GB = 1024 MB, TB = 1024 GB
Cache memory = digunakan untuk menyimpan data dan intruksi yang akan digunakan, Cache menyimpan informasi yang berulang- ulang, CPU dan internal memory akan mengambil informasi tersebut dari cachenya jika intruksi atau data yang akan diproses itu sama. Cache saat ini tergantung dari teknologi MB dan Processornya
Cache
Virtual memory digunakan untuk mengatasi jika kekurangan memory untukmelakukan proses tertentu. Seakan-akan membuat memory tambahan Menyediakan proses yang haus daya membuat proses akan lebih cepat
ROM Dapat dibaca aja dan tidak dapat diisi ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa Boot strap program dan BIOS Bootstap diperlukan untukmengambil pertama kali OS dari disk atau HD (booting) Instruksi2 yang ada dalam ROM disebut Microcode atau firmware Firmware dapat di update
ROM dapat diubah atau diprogram kembali dengan cara memprogram kembali instruksi2 yang ada dalam ROM ROM yang dapat diprogram kembali hanya sekali = PROM (Programmable ROM) EPROM ( Erasable PROM ) atau RPROM ( Reprogrammable PROM ) yang dapat ditulis dan dihapus berulang-ulang.
P ERANGKAT I NPUT O UTPUT Semua perangkat input dan output di koneksikan lewat satu interface atau port (pintu masuk/keluar) COM (Communications) = mouse, modem, LPT (line printer), USB (universal serial bus), firewire (optional new) Agar H/W dapat bekerja diperlukan driver sebagai jembatan pengenal antara h/w dan OS
CPU
MOUSE : Alat untuk mengarahkan dan mengontrol kursor pada layar monitor. Diciptakan pertama kali oleh Douglas Engelbart ( Stanford Research Institute) Nama paten pertama kali mouse adalah “X-Y Position For A Display System”
Jenis-jenis mouse : Mouse Mekanik Mouse Optikal Mouse Optomekanikal Mouse Laser
K ELEMAHAN DAN KELEBIHAN DARI JENIS - JENIS MOUSE Corded Mouse : + Murah, mudah didapat - Kabelnya sering melilit, perawatan sulit Wireless Mouse : + Area pergerakan luas, bisa dipakai pada letak yang jauh dari PC - Mahal, gampang jatuh, untuk yang iR, mouse harus berhadapan dengan sensor, boros baterai Optical Mouse : + Perawatan mudah, harga murah, fleksibel - Mudah rusak, banyak produk yang cacat di pasaran
KEYBOARD : Instrumen elektronik pada PC yang berfungsi untuk menginput perintah melalui sejumlah tuts/tombol yang tersedia. : QWERTY Keyboad pertama kali diciptakan oleh Christian Sholes tahun 1860-an pada mesin tik manual. : Keyboard pada PC pertama kali muncul pada IBM PC yang memiliki 84 tombol (AT Keyboard) dan digantikan oleh Advanced Keyboard yang emmiliki 105 tombol.
Setiap desain keyboard didasarkan pada 3 hal : 1. Karakter/simbol yang paling sering digunakan 2. Tata bahasa dan kata dari setiap negara yang memakai 3. Fungsionalitas lainnya Lembaga-lembaga yang mengatur standarisasi layout keyboard : ECMA (European Computers Manufacturers Association) ISO (International Standard Organization) IBM (International Business Machine)
CONTOH-CONTOH LAYOUT KEYBOARD : IBM Arabic Keyboard Layout
American Standard IBM Keyboard Layout Keyboard Standar Jerman dan Austria
prepared by BHS
GKOS Keyboard Global Keyboard Optimized for Small Wireless Device. Keyboard ini ditujukan untuk perangkat Perangkat yang kecil dan bersifat mobile. Layoutnya didesain di Finlandia & Amerika
Alat-alat input yang lain : Touch screen : contohnya pada Komputer Hewlett Packard HP 150 Light Pen : banyak digunakan untuk program CAD Scanner : bekerja dengan meraba secara elektronik input yang akan dibaca Digitizer Graphic Tablet : untuk menggambar secara elektronik Voice Recognizer : menggunakan microphone untuk menangkap suara input
M ONITOR Merupakan peralatan pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan informasi pada layar. Monitor komputer modern mampu menampilkan berbagai informasi misalnya text, icon, foto, video, animasi dan lain sebagainya. Kebanyakan monitor menggunakan tabung katode pada komponennya. Ukuran monitor diukur dari jarak dari satu sudut ke diagonal sudut lain. Umumnya berukuran 38 cm atau 15 inci. Jumlah resolusi yang dapat ditampilkan monitor tergantung pada beberapa hal: Tabung katode Ukuran layar, Jenis disiplay adapter yang digunakan Dot pitch
Jenis- Jenis Monitor 1.Monitor Monochrome 2.Monitor Warna 3.Monitor Multisync 4.Monitor ELD (Elekktro Luminescent Display) Monitor warna sendiri dapat dibedakan ke dalam : 1.CGA (Color Graphic Adapter) 2.EGA (Enhance Graphic Adapter) 3.VGA (Video Graphic Adapter) 4.SVGA (Super Video Graphic Adapter)
PRINTER a. Impact Printer: Memakai pengetuk untuk mencetak bentuk yang diinginkan, macamnya : – Dot matrix printer – Daisy wheel printer – Thimble printer – Chain printer – Band printer – Drum printer
b. Non Impact Printer: Bekerja dengan cara menyemprot kertas macamnya antara lain : Inkjet Printer Thermal Printer Electrostatic Printer Thermal Transfer Printer Laser Printer
Berdasarkan cara mencetaknya printer dapat digolongkan ke dalam : Serial Printer / Character Printer Line Printer Page Printer
EXTERNAL MEMORY DISK MICRO DISK MINI DISK CD-ROM FLASH DISK