Manajemen Proyek Sistem Informasi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MODEL PROTOTYPE.
Advertisements

METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
Prinsip Perancangan Multimedia
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
PROTOTYPING Analisa Desain Sistem Informasi. Pendahuluan Prototipe merupakan simulasi atau animasi dari bakal sistem. Prototipe merupakan suatu metode.
Manajemen Proyek Sistem Informasi
Konsep Dasar Database Database (basis data) adalah: sistem penyimpanan beragam jenis data dalam sebuah entitas yang besar untuk diolah sedemikian rupa.
Protyping IMK-M5.
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
Pengembangan perangkat lunak
ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
Siklus Hidup Pengembangan Sistem (SDLC)
Software Testing Pertemuan III.
Customer Relationship Management
PERTEMUAN 7 PENGEMBANGAN SPK
Analisis Sistem By: Mr. Haloho.
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Rapid Application Development & Incremental Development
Rekayasa Perangkat Lunak
Metode rpl BY: Y. PALOPAK S.Si., MT..
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
komponen antarmuka pengguna
PERENCANAAN AKTIVITAS PROYEK
Spesifikasi Perangkat Lunak
CRM CRM kependekan dari Customer Relationship Management. Dalam bahasa indonesia dapat kita artikan sebagai Manajemen Hubungan Pelanggan. Merupakan strategi.
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
System Development Life Cycle (SDLC)
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
PERANCANGAN SISTEM.
System Development Life Cycle (SDLC)
KONSEP INTERFACE
RPL.
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Membangun Model Kebutuhan
Interaksi Manusia dan Komputer
Prototyping
PERANCANGAN SISTEM SECARA UMUM
PROTOTIPE (Berkerja dengan Model Pertama)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pendahuluan.
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
Materi Habis Uts IMK Prototyping
RPL.
SIM LOGISTIK PERTEMUAN 3.
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Proses Pengembangan Database
“Strategi Pengembangan Manajemen Sistem Informasi Publik”
Interaksi Manusia dan Komputer
TEKNIK PEMROGRAMAN.
Manajemen Proyek Sistem Informasi DAY-2
Building the Requirements Model
SISTEM APPROACH KELOMPOK 5 AFRIZAL ALFIANDA C1B1O8O76 LINDY STEVANI C1B SARTIKA HANDAYANI C1B RENI BUDIARTI C1B DAVID D IRAWAN C1B1O8O20.
Pengantar Teknologi Mobile
Pengembangan Sistem Informasi
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang
Building the Requirements Model
Pendahuluan.
Analisis Sistem By: Mr. Haloho.
CRM CRM kependekan dari Customer Relationship Management. Dalam bahasa indonesia dapat kita artikan sebagai Manajemen Hubungan Pelanggan. Merupakan strategi.
Prototyping Deskripsi Desain  Bagaimana kita menyatakan dengan cepat gagasan-gagasan desain ?  Tidak ada koding.
CRM CRM kependekan dari Customer Relationship Management. Dalam bahasa indonesia dapat kita artikan sebagai Manajemen Hubungan Pelanggan. Merupakan strategi.
PERANCANGAN SISTEM.
CRM CRM kependekan dari Customer Relationship Management. Dalam bahasa indonesia dapat kita artikan sebagai Manajemen Hubungan Pelanggan. Merupakan strategi.
SAPUTRA MAY SANDI TANDIALI  4GT INI ADALAH METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK GENERASI KEEMPAT.  PERANGKAT SOFTWARE YANG DAPAT MEMPERMUDAH.
#TIPS-PRO MEMAKSIMALKAN GRABFOOD
Transcript presentasi:

Manajemen Proyek Sistem Informasi PROTOTYPING DAN PENGEMBANGAN APLIKASI CEPAT

Prototyping Prototyping dalam hal ini dimasudkan untuk menekankan pentingnya prototyping sebagai suatu teknik pengumpulan informasi. Dengan menggunakan prototyping, penganalisis sistem berupaya memperoleh reaksi awal dari para pengguna dan pihak manajemen terhadap prototype, saran- saran dari pengguna sehingga memungkinkan terjadinya revisi dan inovasi awal terhadap aplikasi yang akan dibuat.

Prototyping Tujuan prototyping Reaksi awal dari pengguna Saran-saran dari pengguna Inovasi Rencana revisi

Prototyping (tujuan) 1. Reaksi awal dari pengguna Saat penganalisis sistem menampilkan sebuah prototipe sistem informasi, anda akan tertarik dengan reaksi pengguna dan pihak manajemen terhadap prototipe. Anda ingin tahu secara mendetail bagaimana reaksi mereka saat bekerja dengan prototipe serta apakah fitur-fitur sistem yang diprototipekan sudah sesuai dengan kebutuhan mereka.

Prototyping (tujuan) 2. Saran-saran dari pengguna Penganalisis juga tertarik dengan saran-saran perbaikan atau perubahan dari pengguna dan pihak manajemen terhadap prototipe yang ditampilkan. Saran-saran merupakan hasil dari interaksi pengguna dengan prototipe serta refleksi mereka atas interaksi tersebut. Saran-saran yang diperoleh dari pengguna memberi petunjuk untuk menganalisis cara-cara memperbaiki, mengubah atau menghentikan prototipe sehingga bisa memenuhi kebutuhan pengguna dengan lebih baik.

Prototyping (tujuan) 3. Inovasi Inovasi prototipe (yang bila berhasil akan menjadi bagian dari sistem hasil jadi) merupakan bagian dari informasi yang dicari oleh tim penganalisis sistem. Inovasi adalah kemampuan-kemampuan sistem baru yang tidak dianggap berhubungan dengan waktu saat pengguna mulai berinteraksi dengan prototipe. Inovasi-inovasi ini memberi nilai tambah terhadap fitur-fitur yang diprototipekan sebelumnya dengan menambahkan sesuatu yang baru atau yang lebih inovatif.

Prototyping (tujuan) 4. Rencana revisi Prototipe menggambarkan sistem dimasa datang. Rencana revisi membantu mengindentifikasikan prioritas-prioritas apa yang akan diprototipekan selanjutnya. Informasi yang terkumpul dalam fase prototyping memungkinkan penganalisis menyusun prioritas- prioritas dan memberi pengarahan kembali rencana-rencana tersebut dengan lebih efisien, serta dengan gangguan minimum. Karena fitur inilah, prototyping dan perencanaan bisa dilaksanakan secara bersama-sama.

Jenis-jenis prototyping Prototyping Patched-up. Prototyping Non-operasional. Prototyping First-of-series. Prototyping Fitur-fitur terpilih.

Jenis-jenis prototyping 1. Prototyping Patched-up. Adalah jenis prototype yang programnya ditulis dengan cepat, dengan tujuan agar lebih cepat berfungsi. Pengguna sudah dapat berinterakasi dengan sistem, dimana sudah sesuai dengan antarmuka dan jenis keluaran yang diminta. Penganalisis hanya menyajikan desain antar muka dan output yang dihasilkan. Kualitas program diabaikan.

Jenis-jenis prototyping 2. Prototyping Non-operasional Prototipe ini didesain untuk mengenalkan model aplikasi kepada pengguna. Aplikasi yang telah dibuat adalah, desain antar muka tetapi tidak berfungsi. Desain sudah meliputi antarmuka input, proses dan output.

Jenis-jenis prototyping 3. Prototyping First-of-series Prototyping ini melibatkan penciptaan suatu model skala lengkap dari sistem. Prototipe tersebut benar-benar dapat bisa dioperasikan dan direalisasikan sesuai dengan apa yang diharapkan penggunanya. Contoh, ketika sebuah rangkaian toko grosir untuk penjualan eceran bermaksud menggunakan Electronic Data Interchange (EDI) untuk memeriksa kiriman para pemasok disejumlah outlet, maka perlu dipasang model berskala lengkap ini disalah satu toko untuk mengatasi beberapa masalah yang muncul sebelum dipasang ditoko-toko lainnya.

Jenis-jenis prototyping 4. Prototyping Fitur-fitur terpilih Prototyping ini berkaitan dengan pembangunan suatu model operasional yang mencakup beberapa fitur aplikasi yang bisa dioperasikan, fitur-fitur tersebut adalah beberapa fitur dari fitur aplikasi yang lengkap yang diminta oleh pengguna. Sebagai contoh, sebuah sistem menu bisa muncul pada layar dengan menampilkan enam fitur: yaitu penambahan record,perbaruan record,penghapusan record,pencarian record,membuat daftar record atau memindai record. Dalam sistem yang diprototipekan, hanya tiga dari enam fitur yang tersedia yang digunakan, sehingga pengguna hanya bisa menambah record(fitur 1),menghapus record (fitur 3),membuat daftar record(fitur 5).

Faktor-faktor untuk mendukung prototyping Kurang sesuai prototyping Lebih sesuai prototyping Pengalaman desain yang sama Sering Kurang Tidak khusus dan tidak stabil Lingkungan Khusus dan stabil Pembuatan keputusan Terstruktur Tidak terstruktur

Petunjuk-petunjuk untuk mengembangkan sebuah prototipe. Petunjuk-petunjuk tersebut adalah : Bekerja sesuai modul Membangun prototipe dengan cepat Memodifikasi prototipe dengan iterasi yang berurutan Menekankan antarmuka pengguna.

Petunjuk-petunjuk untuk mengembangkan sebuah prototipe. 1 Petunjuk-petunjuk untuk mengembangkan sebuah prototipe. 1. Bekerja sesuai modul Membuat prototipe disesuaikan dengan tujuan, yaitu modul-modul aplikasi yang diinginkan pengguna. Fitur-fitur modul yang dianggap tidak terlalu penting bisa tidak diprototipekan.

Petunjuk-petunjuk untuk mengembangkan sebuah prototipe. 2 Petunjuk-petunjuk untuk mengembangkan sebuah prototipe. 2. Membangun prototipe dengan cepat Kecepatan adalah hal mutlak yang perlu dilakukan oleh seorang penganalisis sistem, karena berhubungan dengan biaya. Penganalisis dapat dengan segera membuat prototipe dengan perangkat lunak khusus se[erti manajemen basis data,serta perangkat lunak yang memungkinkan membuat masukan dan keluaran umum, sistem-sistem yang interaktif, dan lain sebagainya. daripada membangunya dengan merakit kode dengan program tradisional.

Petunjuk-petunjuk untuk mengembangkan sebuah prototipe. 3 Petunjuk-petunjuk untuk mengembangkan sebuah prototipe. 3. Memodifikasi Prototipe. Untuk mengembangkan prototipe ialah bahwa penyusunannya harus mendukung dilakukannya modifikasi-modifikasi tertentu. Prototipe umumnya dimodifikasi beberapa kali,lewat beberapa iterasi. Perubahan prototipe harus membawa sistem lebih dekat pada apa yang dikatakan pengguna sebagai hal yang penting, setiap modifikasi mengharuskan evaluasi-evaluasi lainnya oleh pengguna.

Petunjuk-petunjuk untuk mengembangkan sebuah prototipe. 3 Petunjuk-petunjuk untuk mengembangkan sebuah prototipe. 3. Memodifikasi Prototipe. Sebelum modifikasi File Pelanggan Nama pelanggan : Alamat : Nomor Telepon : Komentar :

Petunjuk-petunjuk untuk mengembangkan sebuah prototipe. 3 Petunjuk-petunjuk untuk mengembangkan sebuah prototipe. 3. Memodifikasi Prototipe. Sesudah modifikasi File Pelanggan Nama pelanggan : No Tlp : Komentar : Perusahaan : Departemen : Jalan : Kota : Kode pos : Ekstensi :

Petunjuk-petunjuk untuk mengembangkan sebuah prototipe. 4 Petunjuk-petunjuk untuk mengembangkan sebuah prototipe. 4. Menekankan antarmuka pengguna. Antarmuka pengguna dengan prototipe sangat penting, karena apa yang sedang benar-benar anda upayakan untuk dicapai dengan prototipe adalah agar pengguna menyatakan syarat-syarat informasi mereka, mereka harus mampu berinteraksi dengan mudah dengan protoripe sistem. Sebagai contoh, pada tahap ini tujuan penganalisis adalah merancang sebuah antarmuka yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan sistem dengan sedikit latihan serta memungkinkan kontrol dari pengguna sebesar-besarnya terhadap fungsi-fungsi yang ada.

Kelemahan prototyping Sulitnya mengatur prototyping sebagai suatu proyek dalam suatu sistem yang besar. Pengguna dan penganalisis bisa mengadopsi prototipe sebagai suatu sistem yang komplet bila pada kenyataannya sistem tersebut tidak cukup memadai dan tidak pernah dimaksudkan sebagai suatu sistem yang sudah jadi.

Kelebihan prototyping Mengubah sistem sejak dini dalam masa perkembangannya. Membatalkan sistem-sistem yang tidak diharapkan. Merancang sebuah sistem yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna.

Peranan pengguna dalam prototyping Interaksi dengan prototipe : Berlatih dengan protipe. Memberi reaksi terbuka terhadap prototipe Memberi saran-saran penambahan atau pengurangan tertentu.

Contoh formulir evaluasi prototipe

Pengembangan aplikasi cepat Pengembangan aplikasi cepat (PAC) (Rapid Application Development) adalah suatu pendekatan berorientasi objek terhadap pengembangan sistem yang mencakup suatu metode pengemabgan perangkat lunak. PAC mendukung prototyping dalam mengembangkan suatu aplikasi yang cepat.

Fase-fase PAC Workshop Desain PAC Perencanaan Syarat-syarat Implementasi Bekerja dengan Pengguna untuk Merancang sistem Membangun Sistem Mengenalkan Sistem Baru Mengindetifikasikan Tujuan dan syarat -syarat informasi

Perangkat lunak untuk PAC Microsoft Access Microsoft Visual Basic 6 Symantec Visual Café Visual C++ Jbulider