Hukum Islam. Definisi Hukum Islam: Hukum yang bersumber dan merupakan bagian dari ajaran Islam. Syari’at Fiqh Ditetapkan secara langsung dan tegas oleh.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MAKNA 4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
Advertisements

PANCASILA SEBAGAI TATA NILAI HIDUP BANGSA INDONESIA
KONSEPSI DEMOKRASI DAN PRAKTIKNYA DI INDONESIA
PANCASILA 3 PANCASILA YURIDIS KENEGARAAN
Peraturan Perundang-undangan dalam negara hukum
PANCASILA 4 HAKIKAT PANCASILA
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL
MATERI KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA
I Dewa Gede Palguna Pendidikan dan Pelatihan HUKUM ACARA MAHKAMAH KONSTITUSI Jakarta, 20 Juni 2011.
PENTINGNYA PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
SEPUTAR ASAS TUNGGAL PANCASILA
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
HOME DEMOKRASI DLM ISLAM
Pendidikan Kewarganegaraan
SEMINAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PANCASILA SEBAGAI SISTEM NILAI
FILSAFAT PANCASILA ( PANCASILA NILAI DASAR FUNDAMENTAL )
Hukum, HAM, dan Demokrasi dalam Islam
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
PANCASILA Kelompok 16 Panji Haryo B I
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
Kelompok 2 Elvrado Wega S Rini Agustin
PEMBUKAAN UUD 1945.
HUKUM, HAM, dan Demokrasi dalam ISLAM
Aktualisasi Nilai Nilai pancasila dalam proses legislasi
MAKNA LIMA SILA DALAM PANCASILA
bagi suatu bangsa dan negara
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM OLEH : DR. AMINUDDIN, M. Ag.dkk UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA2011.
Universitas Islam Indonesia 2013
ALIRAN TEOLOGI ISLAM MASA MODERN
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
Asal Usul Istilah Pancasila
PANCASILA DALAM KONTEKS SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA
Pancasila sebagai sistem Filsafat
BAB V HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM Nurhasan, M.Ag
DEMOKRASI ANTARA TEORI DAN PELAKSANAANNYA
AKTUALISASI PANCASILA DALAM BIDANG POLITIK
4 PILAR KEHIDUPAN SEBAGAI LANDASAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
BAB 6 MASYARAKAT MADANI.
Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Pancasila Sebagai Etika Politik (2)
Ideologi dan Nilai-nilai Pancasila
HUBUNGAN DASAR NEGARA DENGAN KONSTITUSI
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA 3
Pancasila Sebagai Etika Politik (2)
UUD 1945 Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia ialah Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) sebelum diamandemen yang terdiri dari : Pembukaan UUD.
C.Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan
Anang Zubaidy Universitas Islam Indonesia 2013
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Oleh DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
Pancasila sebagai nilai dasar fundamental bagi bangsa Indonesia
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
NILAI-NILAI SILA PANCASILA.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Hak asasi manusia dan demokrasi DALAM islam
MAKNA 4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA NICO GARA Disajikan pada Seminar Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Manado, 8 September 2012.
Pengertian Hukum Islam
Workshop Pengawasan Novotel Hotel Jakarta, Mei 2017 Oleh : H. MAMAN SAEPULLOH, S.Sos., M.Si Inspektur Wilayah II, Inspektorat Jenderal Kementerian Agama.
KONSEP POKOK DALAM SISTEM SOSIAL BUDAYA INDONESIA (Jacobus Ranjabar, S
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Oleh DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Oleh DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA
Pancasila sebagai Sistem
PANCASILA SEBAGAI SISTEM NILAI. PENGERTIAN NILAI Nilai adalah kualitas yang melekat pada sesuatu atau keberhargaan dari sesuatu. Nilai adalah kualitas.
“Philosophische grondslag ” Sunarya. MAKNA PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA Memiliki 3 implikasi: 1. Implikasi politis = Pancasila sebagai ideologi 2. Implikasi.
OLEH : ARIE SULISTYOKO, S.Sos, M.H. Nilai, norma, dan moral adalah konsep- konsep yang saling berkaitan. Dalam hubungannya dengan Pancasila maka ketiganya.
ARTI PENTING UUD NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945 BAGI BANGSA DAN NEGARA INDONESIA.
Kasus penyimpangan pancasila sila pertama Disusun oleh: Adi Prasetyo (K ) Agung Nugroho (K ) Alvian Novitasari (K ) Andysty Andryaningrum.
Transcript presentasi:

Hukum Islam

Definisi Hukum Islam: Hukum yang bersumber dan merupakan bagian dari ajaran Islam. Syari’at Fiqh Ditetapkan secara langsung dan tegas oleh Allah Ditetapkan pokok- pokoknya saja dan perlu dikembangkan dengan ijtihad

SYARI’AT FIQH 1.Wahyu Allah di dalam Al-Qur’an dan Sunnah Rosul 2.Bersifat konstan dan tetap berlaku di sepanjang zaman, abadi 3.Tidak boleh disesuaikan dengan situasi dan kondisi 4.Fundamental 5.Ruang lingkup lebih luas 6.Menunjukkan kesatuan dalam Islam 1.Hasil karya manusia 2.Bersifat fleksibel dan elastis 3.Tidak harus berlaku universal 4.Dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi 5.Mengenal perubahan, 6.Instrumental 7.Ruang lingkup terbatas 8.Disandarkan pada ulama mujtahid Syari’at landasan fiqh Fiqh ialah pemahaman orang tentang syari’at

Sifat Hukum Islam Individualistik dan Kemasyarakatan Adil Bidimensional Bidang Hukum Islam IbadahMu’amalah

Hukum Islam Vs Demokrasi Pancasila Hukum Islam: syari’at dan Fiqih Sumber: al-Qur’an dan Hadith Madzhab Fiqih: Maliki, Hanafi, Syafi’I, Hanbali Demokrasi Pancasila: OTODA Sumber: Pancasila dan UUD 1945 OTODA: Jatim, Kaltim, Sulsel,dll

Pancasila Vs al-Qur’an  Ketuhanan Yang Maha Esa  Kemanusiaan yang adil dan beradab  Persatuan Indonesia  Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan  Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia  Surat al-Ikhlas ayat 1  Surat al-Maidah ayat 35  Surat ali Imron ayat 103 dan 105  Surat Syura ayat 28  Surat al-Nisa’ ayat 135

Agama ≠ Demokrasi Agama berasal dari wahyu Demokrasi berasal dari pergumulan pemikiran filofis manusia Tidak ada yang mampu menjelaskan secara eksplisit adanya hubungan simbiosis-mutualisme antara agama dan demokrasi

Tetapi...  Dalam kaitan yang bersifat dialektis agama dan demokrasi saling mendukung.  Agama memberikan dukungan positif terhadap demokrasi  Demokrasi memberikan peluang bagi proses pendewasaan kehidupan beragama. agamademokrasi

Pada tataran teologisnya, menyediakan formulasi- formulasi etika dan moral yang dapat dikembangkan dalam konteks demokrasi. Agama Paradigma yang paling mendasar karena hakikat etika. Sebagai satu-satunya bentuk kenegaraan yang memiliki legitimasi etika. Demokrasi Latar Belakang

Jadi.. Agama dan demokrasi mempunyai kandungan etis yang sama.

Demokrasi Islam dianggap sebagai sistem yang mengukuhkan konsep- konsep Islami yang sudah lama berakar. Konsep-konsep Islami : o Musyawarah (syura) o Persetujuan (ijma’) o Penilaian Interpretative yang mandiri (Ijtihad)

Musyawarah  Musyawarah merupakan konsekuensi politik kekhalifahan manusia.  Masalah musyawarah juga dijelaskan di Al- Qur’an surat al-Syura : 28, yang isinya kepada para pemimpin dalam kedudukan apapun untuk menyelesaikan masalah yang dipimpinnya dengan cara musyawarah.  Dengan demikian, tidak akan terjadi kesewenang-wenangan dari seorang pemimpin terhadap rakyat yang dipimpinnya.

Persetujuaan  Persetujuan (konsensus) telah lama diterima sebagai konsep pengesahan resmi dalam hukum Islam.  Konsensus memainkan peranan yang menentukan dalam perkembangan hukum Islam dan memberikan sumbangan yang sangat besar pada tafsir hukum.  Konsep konsensus memberikan dasar bagi penerimaan sistem yang mengakui suara mayoritas.  Dikarenaka tidak adanya rumusan yang pasti mengenai stuktur negara dalam Al-Qur’an, legitimasi negara bergantung pada sejauh mana organisasi dan kekuasaan negara mencerminkan kehendak umat. Atas dasar inilah konsensus dapat menjadi legitimasi sekaligus prosedur dalam suatu demokrasi islam.

Ijtihad  Konsep ini merupakan langkah kunci menuju penerapan perintah Tuhan disuatu tempat atau waktu.  Ijtihad dapat berupa seruan untuk melakukan pembaharuan radikal.  Dalam Islam kekuasaan berasal dari kerangka Al- Qur’an.  Saat ini yang harus dilakukan adalah melakukan ijtihatuniversal di semua tingkatan. Sudah selayaknya saat ini dilakukan pemikiran ulang yang mendasat untuk membuka jalan bagi munculnya eksplorasi. Inovasi dan kreatifitas.