P EMROGRAMAN W EB II Lasmedi afuan, ST.,M.Cs
T OPIC Konsep OOP Class Properti Method Identifier Objek Overriding
OOP (O BJECT O RIENTED P ROGRAMMING ) OOP/Object Oriented Programming/ Pemrograman Berorientasi Objek merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan objek. Semua data dan fungsi pada OOP dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek.
K ELAS ( C LASS ) Merupakan struktur data atau cetak biru dari suatu objek. Sebuah bentuk dasar atau blueprint yang mendefinisikan variabel, method pada semua objek. Class merupakan definisi statik dari himpunan objek yang mungkin diciptakan sebagai proses instansiasi dari class.
C LASS... <?php /*Contoh kelas*/ Class Kendaraan { } /*akhir dari sebuah kelas*/ ?>
C LASS... Pendefinisian awal sebuah kelas menggunakan kata kunci class diikuti dengan nama kelas, kemudian kurung kurawal buka dan kurung kurawal tutup ( { } baca: begin/end ) Didalam tanda kurung kurawal merupakan tempat mendefinikasi property dan method yang dimiliki oleh class
P ROPERTY Properti dapat didefinisikan sebagai tempat penyimpanan informasi sebuah kelas Pada pemrograman prosedural diistilahkan dengan variabel
P ROPERTY private $warna; private $jumlah_roda; public $harga; public $merk;
M ETHOD Merupakan fungsi yang terdapat didalam kelas serangkaian statements dalam suatu class yang menghandle suatu task tertentu. Cara obyek berkomunikasi dengan obyek lain adalah dengan menggunakan method
M ETHOD public function set_harga($harga) { $this->harga=$harga; } public function get_harga() { echo "Harga mobil ".$this- >harga.' '; }
I DENTIFIER Setiap property dan method memiliki identifier. Identifier mengatur penggunaan property dan method Identifier Public : method dan property dapat diakses diluar maupun didalam kelas Private :method dan property hanya dapat diakses didalam kelasnya Protected : sama seperti method private.
C LASS <?php class kendaraan { private $warna; private $jumlah_roda; public $harga; public $merk; public function __construct() { echo "Ini Adalah objek kendaraan "; } public function set_harga($harga) { $this->harga=$harga; }
public function get_harga() { echo "Harga mobil ".$this- >harga.' '; } public function __destruct() { echo "Telah dijalankan"; } $coba=new kendaraan; $coba->set_harga(1000); $coba->get_harga(); ?>
O BJEK Semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai obyek. Contoh : rumah, mobil, sepeda, motor, gelas, komputer, meja dll. Instance : merupakan hasil instansiasi dari suatu kelas, proses pembentukan obyek dari suatu class disebut dengan instantiation. $coba=new kendaraan; $coba->set_harga(1000); $coba->get_harga();
C LASS K ONEKSI B ASISDATA Silahkan buat class yang digunakan untuk melakukan koneksi ke basisdata dan mengeksekusi query
TUGAS Buatlah sebuah class dengan nama Orang, dimana class tersebut memiliki properti nama,alamat,jeniskelamin. Kemudian class orang memiliki method setter : setNama,setAlamat,setJenisKelamin, dan getter : getNama,getAlamat,getJenisKelamin. Lakukan Instansiasi class Orang yang sudah dibuat.