Lazarus? Lazarus is a free cross-platform visual integrated development environment (IDE) for rapid application development (RAD) using the Free Pascal compiler. Lazarus = Versi Gratis Delphi More : http://wiki.lazarus.freepascal.org/History
Java : menulis sekali dijalankan di mana saja Lazarus : menulis sekali mengkompilasi mana saja (Linux,Mac,Windows)
+/- Kelebihan : Free Cross Platform IDE (Linux,Mac,Windows) 3rd party add ons to extend the IDE Reporting and Charting CodeTyphon Kelemahan : Programmer kurang/belum populer
IDE 1 3 2 Main menu Speed menu Component Pallete
More : http://wiki.freepascal.org/Lazarus_Tutorial
Membuat Project Baru Main Menu : Project -> New -> Application Menyimpan project Main Menu : File -> Save All
Object Properties Caption : untuk judul/teks yang dimunculkan pada masing2 komponen Name : inisiasi masing2 komponen (Name tidak boleh mengandung spasi)
Object Properties procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject); begin nama.caption:='Nama Saya Bukan Kamu'; end;
Event Aksi Pengguna, digunakan untuk memanggil procedure OnClick, OnDblClick, OnExit, dll
Event
Event procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject); begin MessageDlg ('Hello World', mtInformation, [mbOK], 0); end;
Event MessageDlg ('Hello World', mtInformation, [mbOK], 0);
Event If MessageDlg('Please say YES or NO', mtConfirmation,[mbYes,mbNo],0)=mrYES then Label1.Caption:='Your Answer is Yes' Else Label1.Caption:='Your Answer is NO';
Perintah Sequence Perintah-perintah yang akan diproses oleh kompiler secara berurutan.
Deklarasi Deklarasi Konstanta adalah tanda pengenal dalam lazarus yang sudah ditetapkan nilainya. Const pi=3.14;
Deklarasi Deklarasi Variabel adalah tanda pengenal dalam Lazarus yang nilainya dapat terus berubah selama proses aplikasi berjalan Var luas,vol: double;
Operator Operator Penugasan, digunakan untuk memberikan nilai baru pada sebuah variable. Simbol operator penugasan “:=“
Operator Operator Aritmatika, digunakan untuk melakukan proses aritmatika
A:=‘Aku’; B:=‘Bisa’; C:=A+B; Operator Operator String, digunakan untuk menggabungkan dua buah string/lebih
var A,B:integer; hasil:double; str_A,str_B,hasil_join:string;
A:=StrToInt(editA.Text); B:=StrToInt(editB.Text); Hasil:=A+B; edithasil.Text:=FloatToStr(Hasil); str_A:=editA.Text; str_B:=editB.Text; Hasil_join:=str_A+str_B; edithasil.Text:=Hasil_join;
Tipe Data Tipe Dasar : Ordinal (Integer, Boolean) Real
Tipe Data Integer
Tipe Data Real
Tipe Data Tipe Karakter: Short strings (255) Wide Strings (2^30) Ansi Strings (2^31)
Tipe Data var Name : String[10]; Street : String; Message : AnsiString; Street can contain up to 255 characters
Tipe Data Komponen Properties TLabel Caption : Panjang, Lebar, Tinggi, Luas, Volume TEdit Name : editPanjang, editLebar, editTinggi, editLuas, editVolume Text : [blank] Tbutton Name : btnHitung Caption : Hitung
Tipe Data procedure TForm2.btnHitungClick(Sender: TObject); var p,l,t,luas,vol : integer; begin P:=StrToInt(editPanjang.Text); L:=StrToInt(editLebar.Text); T:=StrToInt(editTinggi.Text); Vol:=P*L*T; Luas:=(2*P*L)+(2*P*T)+(2*L*T); editLuas.Text:=IntToStr(Luas); editVolume.Text:=IntToStr(Vol); end;
Tipe Data Buatlah aplikasi untuk menghitung Volume dan Luas Permukaan Bola, rumusnya sbb : Volume := 4/3 * 3.14 * R * R * R Luas := 4 * 3.14 * R * R Tipe data apakah yang harus/pantas digunakan?