Web Teknologi 3 (MKB721C) Minggu 11 Page 1 MINGGU 11 Web Teknologi 3 (MKB721C) Pokok Bahasan: –Canvas lanjutan Tujuan Instruksional Khusus: –Siswa memahami.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Dasar dasar GUI programming di Java
Advertisements

MS. POWER POINT 2007 Kelas XII Semester 2
Array.
This document is for informational purposes only. MICROSOFT MAKES NO WARRANTIES, EXPRESS OR IMPLIED, IN THIS DOCUMENT. © 2006 Microsoft Corporation. All.
PEMOGRAMAN BERBASIS JARINGAN
File Handling.
1 Pertemuan > Desain fisik basis data Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >
Process to Process Delivery
 public static void main(String[] args) {  int bil1=3;  do {  System.out.print(bil1+",");  bil1=bil1+4;  }  while(bil1
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman JAVA (TIB09)
1 IKI20210 Pengantar Organisasi Komputer Kuliah No. 18: I/O, Interupsi 15 November 2002 Bobby Nazief Johny Moningka
Introduction to The Design & Analysis of Algorithms
Database Create-Retrieve-Update-Delete (CRUD)
PROSES PADA WINDOWS Pratikum SO. Introduksi Proses 1.Program yang sedang dalam keadaan dieksekusi. 2.Unit kerja terkecil yang secara individu memiliki.
Internal dan Eksternal Sorting
Pengantar/pengenalan (Introduction)
Could not load an object because it is not avaliable on this machine. Tidak dapat memuat sebuah benda karena tidak tersedia pada mesin ini.
Interface Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
Oracle Developer/2000. Developer/2000 Products FormsReportsGraphics.
Functions (Fungsi) Segaf, SE.MSc. Definition “suatu hubungan dimana setiap elemen dari wilayah saling berhubungan dengan satu dan hanya satu elemen dari.
Bilqis1 Pertemuan bilqis2 Sequences and Summations Deret (urutan) dan Penjumlahan.
JAVA CLASS Bahasa Pemrogramam BAHASA PEMROGRAMAN PERTEMUAN #9.
Menggunakan OLE Drag-Drop
Menggunakan Drag-Drop
Implementing an REA Model in a Relational Database
NoObjekPropertiNilai 1FrmsegitigaNameFrmsegiitiga 2FrmsegitigaCaptionLuas Segi Tiga MDI ( Multiple Document Interface ) Pendahuluan MDI singkatan dari.
MEMORY Bhakti Yudho Suprapto,MT. berfungsi untuk memuat program dan juga sebagai tempat untuk menampung hasil proses bersifat volatile yang berarti bahwa.
Praktikum 9 Pemrograman Berbasis Obyek
AUSTRALIA INDONESIA PARTNERSHIP FOR EMERGING INFECTIOUS DISEASES Memformat sel menjadi text.
Array
Function, Procedure, Unit
Slide 1 QUIS Langkah pertama caranya Buat di slide pertama judul Slide kedua soal Slide ketiga waktu habis Slide keempat jawaban yang benar Slide kelima.
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
PEMROGRAMAN PPBD (UAS) SEBELUM MELANGKAH KE TAHAP SELANJUTNYA BERDOA DULU BIAR LANCAR DAN GA EROR
Linked List dan Double Linked List
Sprite Setiap objek dalam game yang memiliki gambar dan karakteristik.
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
Definisi VLAN Pemisahan jaringan secara logis yang dilakukan pada switch Pada tradisional switch, dalam satu switch menunjukkan satu segmentasi LAN.
Macromedia Flash Pro 8.:: Fundamentals Workshop
Operator dan Assignment Pertemuan 3 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
Lecture 8 Set and Dictionary Sandy Ardianto & Erick Pranata © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya 1.
© 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan Utara Jakarta Selatan Website:
Web Teknologi 3 (MKB721C) Minggu 1 2 Page 1 MINGGU 12 Web Teknologi 3 (MKB721C) Pokok Bahasan: – Game API Tujuan Instruksional Khusus: –Siswa memahami.
Via Octaria Malau Transfer (Internal Transfers) Transfer (Transfers Internal) Select the account from which funds are to be transferred FROM and then select.
Kelas Dasar HTML Dasar SMK Al-Muhajirin Sabtu, 29 November 2014.
Lazarus? Lazarus is a free cross-platform visual integrated development environment (IDE) for rapid application development (RAD) using the Free Pascal.
Double Linked List. © 2005 Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, NJ. All rights reserved. Double Linked List Sama seperti single linked list, double.
© 2007 Cisco Systems, Inc. All rights reserved.Cisco Public ITE PC v4.0 Chapter 1 1 Pengalamatan Jaringan – IPv4 Dosen Pengampu: Resi Utami Putri, S.Kom.,
Menu Standard Competence Based Competence.
Web Teknologi I (MKB511C) Minggu 12 Page 1 MINGGU 12 Web Teknologi I (MKB511C) Pokok Bahasan: – Text processing perl-compatible regular expression/PCRE.
Interaksi dengan Objek HTML A’ud Solehuddin::Februari2012.
FISIKA DASAR By: Mohammad Faizun, S.T., M.Eng. Head of Manufacture System Laboratory Mechanical Engineering Department Universitas Islam Indonesia.
AUSTRALIA INDONESIA PARTNERSHIP FOR EMERGING INFECTIOUS DISEASES PELATIHAN EXCEL DASAR.
Lecture 2 Introduction to C# - Object Oriented Sandy Ardianto & Erick Pranata © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya 1.
MICROSOFT EXCEL 2000 Bagian #4 GRAPHICS : OBJECT & CHART.
Implementasi Binary Tree
STRING Pemrograman Object Oriented dengan JAVA Teknik Informatika-UMM.
Pemrograman Aplikasi Bergerak
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MINGGU 4 Java Programming (MKB614C)
Class and Object Introduction Specifying a Class Defining Member Function A C++ Program with Class Nesting of Member Functions Private Member Functions.
Struktur Data List Linear : Linked List (Single Linkedlist)
The steps to work with Power Point click Start> All Programs> Microsoft Office> Microsoft Office PowerPoint2007 klik Start>All Programs>Microsoft.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
METHOD, ARRAY DAN STRING
Pengenalan low level UI Pengenalan tentang Canvas Menggambar dan menampilkan teks, gambar, garis, kotak, dan sudut Menentukan warna, huruf, dan coretan.
MIDP Low Level User Interface
High Level User Interface
Skenario 2: Hujan Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika
Transcript presentasi:

Web Teknologi 3 (MKB721C) Minggu 11 Page 1 MINGGU 11 Web Teknologi 3 (MKB721C) Pokok Bahasan: –Canvas lanjutan Tujuan Instruksional Khusus: –Siswa memahami cara mengukur ukuran Text pada Canvas –Siswa dapat menggambar image pada Canvas –Siswa dapat menggunakan Key & Pointer Event –Siswa memahami proses multithreading & animasi pada Java ME

Agenda Measuring Text pada Canvas Drawing image pada Canvas Advanced Image Rendering Images sbg array integer Key Event pada Canvas Pointer Event pada Canvas Multithreading & Animation

Measuring Text pada Canvas Untuk mendapatkan ukuran dari width dari Text digunakan fungsi pada class Font sebagai berikut: 1.public int charWidth(char ch) 2.public int charsWidth(char ch, int offset, int length) 3.public int stringWidth(String str) 4.public int substringWidth(String str, int offset, int len) 5.public int getHeight()

Contoh Measuring Text public void paint(Graphics g) { int w = getWidth(); int h = getHeight(); g.setColor(0xffffff); g.fillRect(0, 0, w, h); g.setColor(0x000000); String s = "dolce"; int stringWidth = mFont.stringWidth(s); int stringHeight = mFont.getHeight(); int x = (w - stringWidth) / 2; int y = h / 2; g.setFont(mFont); g.drawString(s, x, y, Graphics.TOP | Graphics.LEFT); g.drawRect(x, y, stringWidth, stringHeight); System.out.print(stringWidth +" "+ stringHeight ); }

Menggambar image drawImage() & drawRegion 1 Fungsi drawImage() & drawRegion () digunakan untuk merender image pada objek grafik. Syntax: –public void drawImage(Image image, int x, int y, int anchor) Parameters: –image - the specified image to be drawn –x - the x coordinate of the anchor point –y - the y coordinate of the anchor point –anchor - the anchor point for positioning the image Throws: –IllegalArgumentException - if anchor is not a legal value –NullPointerException - if img is null

Anchor point pada drawImage()

Menggambar image drawImage() & drawRegion 2 Syntax: –public void drawRegion(Image src, int x_src, int y_src, int width, int height, int transform, int x_dest, int y_dest, int anchor) Parameters: –src - the source image to copy from –x_src - the x coordinate of the upper left corner of the region within the source image to copy –y_src - the y coordinate of the upper left corner of the region within the source image to copy –width - the width of the region to copy –height - the height of the region to copy –transform - the desired transformation for the selected region being copied –x_dest - the x coordinate of the anchor point in the destination drawing area –y_dest - the y coordinate of the anchor point in the destination drawing area –anchor - the anchor point for positioning the region within the destination image Throws: –IllegalArgumentException - if src is the same image as the destination of this Graphics object –NullPointerException - if src is null –IllegalArgumentException - if transform is invalid –IllegalArgumentException - if anchor is invalid –IllegalArgumentException - if the region to be copied exceeds the bounds of the source image

Menggambar integer array dengan drawRGB() & drawRGB16() Fungsi: untuk melakukan rendering suatu array (kumpulan titik berwarna termasuk transparan), pada suatu area. Syntax: –Void drawRGB(int[] rgbData, int offset, int scanlength, int x, int y, int width, int height, boolean processAlpha) –Void drawRGB16(short[] rgbData, int offset, int scanlength, int x, int y, int width, int height) Parameters: –rgbData : an array of ARGB values in the format 0xAARRGGBB / an array of 16-bit RGB values –offset : the array index of the first RGB value –scanlength : the relative array offset between the corresponding pixels in consecutive rows in the rgbData array –x: the horizontal location of the region to be rendered –y: the vertical location of the region to be rendered –width : the width of the region to be rendered –height : the height of the region to be rendered Throws: –ArrayIndexOutOfBoundsException - - if the requested operation will attempt to access an element of argbData whose index is either negative or beyond its length –NullPointerException - - if rgbData is null

Teknik Blitting Definisi: teknik untuk menyalin suatu area pada screen ke lokasi lain, yang umumnya digunakan pada games. Teknik blitting menggunakan fungsi copyArea() dari class Graphics. Syntax: –public void copyArea(int x_src, int y_src, int width, int height, int x_dest, int y_dest, int anchor) Parameters: –x_src - the x coordinate of upper left corner of source area –y_src - the y coordinate of upper left corner of source area –width - the width of the source area –height - the height of the source area –x_dest - the x coordinate of the destination anchor point –y_dest - the y coordinate of the destination anchor point –anchor - the anchor point for positioning the region within the destination image Throws: –java.lang.IllegalStateException - if the destination of this Graphics object is the display device –IllegalArgumentException - if the region to be copied exceeds the bounds of the source image

Clipping Definisi: klip dari suatu shape yang dapat dirender di Canvas Fungsi-fungsi clipping: –public void clipRect(int x, int y, int width, int height); –public void setClip(int x, int y, int width, int height); Parameters: –x - the x coordinate of the rectangle to intersect the clip with –y - the y coordinate of the rectangle to intersect the clip with –width - the width of the rectangle to intersect the clip with –height - the height of the rectangle to intersect the clip with

Mengakses property clippling yang aktif Untuk mengkases property clipping yang diaktif digunakan fungsi: –getClipX() –getClipY(), –getClipWidth() –getClipHeight()

Key events Key events pada class Canvas membutuhkan penanganan tersendiri saat tombol ditekan oleh pengguna. Method yang tersedia pada class Canvas untuk key events adalah (lecture note 10: event delivery): 1.keyPressed() 2.keyRepeated() 3.keyReleased()

Pointer events Key events pada class Canvas membutuhkan penanganan tersendiri saat pointer digunakan oleh pengguna. Method yang tersedia pada class Canvas untuk pointer events adalah: 1.pointerPressed() 2.pointerDragged() 3.pointerReleased()

Teknik Double Buffering Definisi: teknik menggambar secara off-screen (offline), untuk menggurangi efek fliker (berkedip) pada gambar/animasi. Proses double buffering: 1.Buat off-screen image dengan fungsi static Image.createImage(int width, int height). 2.Dapatkan handle Graphics dengan menggunakan method getGraphics();. 3.Gambarkan/render semua object pada off-screen image. 4.Pada method pain(), gunakan drawImage() untuk memindahkan off-screen ke Canvas.

Ilustrasi Double Buffering

Multithreading and Animation Multithreading digunakan untuk menghandle user-interface dan menggambar di screen. Contoh saat tombol di tekan pada Canvas akan memanggil method keyPressed()

Review & Latihan W11 1.Buatlah flow diagram disamping 2.Object flashscreen berisi a.Title “Welcome” b.Picture 200 x 150 pixel c.Spash screen “Web Teknologi Java ME 3.Object form berisi: a.Title “Menu Utama” b.Command 1.exitCommand label “Exit” 2.MainkanCommand label “Mainkan”

4.Buat class W11 extend Canvas & implement CommandListener a.Title “Fun” b.Renderlah suatu image berukuran 40 x 40 pixel untuk background c.Gambarlah lingkaran warnai dengan warna kuning, 30 – 300 drajat. d.Key Action a.Tombol 2 untuk menggerakan objek ke atas b.Tombol 6 untuk menggerakan objek ke kanan c.Tombol 8 untuk menggerakan objek ke bawah d.Tombol 4 untuk menggerakan objek ke kiri