Rancang Bangun APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN dengan metode blended learning (studi kasus: LABORATORIUM KOMPUTER stikom surabaya) Edo Yonatan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Syamsul Arif NIM:
Advertisements

R ANCANG B ANGUN S ISTEM I NFORMASI L ABORATORIUM K LINIK B ERBASIS W EB P ADA L ABORATORIUM K LINIK U TAMA SAFIRAH S IDOARJO M ANDRIYAS (
RANCANGAN PENELITIAN BAB IPENDAHULUAN BAB IILANDASAN TEORI BAB IIIANALISIS SISTEM BAB IVPERANCANGAN SISTEM BAB VKESIMPULAN DAN SARAN.
Rancang Bangun Simulasi Penjadwalan dan Perwalian Berbasis Web di STIKOM Surabaya Adrian Hodianto.
SKRIPSI.
(Studi kasus: sman 1 driyorejo gresik)
LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS ANDROID PADA LABORATORIUM KOMPUTER
Aplikasi E-Learning Mikroorganisme berbasis Web Menggunakan PHP, My Nony Fitriani Mahasis Putri for further detail, please visit
PENILAIAN KUALITAS VIDEO SECARA SUBYEKTIF BERBASIS WEB PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK SISTEM for further detail, please visit
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELACAKAN DAN PEMANTAUAN PAKET KIRIMAN BERBASIS WEB DENGAN BANTUAN MOBILE ANDROID Putu Agus Yudisuda Indrakarna 1) S1 Sistem.
APLIKASI PARKIR MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA dan MYSQL
PEMBUATAN ANIMASI 3 DIMENSI UNTUK KEGIATAN PENGARAHAN Septiana Dewi
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BARANG INVENTARIS PADA CV
Rahayu Utami Jurusan Sistem Informasi
ACADEMIC SOCIAL NETWORK
Membuat Situs Pembelajaran On Line Mata Kuliah Grafik Komputer Dan Krisnovri Hartati for further detail, please visit
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGTING DI UNIVERSITAS PANCA MARGA.
Oleh : Reny Citra Nurani
Seminar Tugas Akhir SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PELAYANAN IMPOR MENGGUNAKAN METODE 360-DERAJAT (Studi kasus pada Kantor Pelayanan.
Nama : Irma Adeline Prayogianto NIM :
PENGEMBANGAN APLIKASI PENYEWAAN BUKU BERBASIS WEB Maria Ulfah
Rancang BANGUN APLIKASI PERSEDIAAN DARAH DAN REMAINDER DONOR PADA PMI UNIT DONOR DARAH SURABAYA BERBASIS MOBILE Bagus Mukti W.
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN BERBASIS JEJARING SOSIAL (STUDI KASUS PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM PEMBELAJARAN)
Penulisan Ilmiah, Fakultas Teknologi Industri, 2009 APLIKASI TEKA-TEKI SILANG MENGGUNAKAN JAVA for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI CUTI AKADEMIK UNIVERSITAS GUNADARMA Titis Wahyuningthyas for further detail, please visit
PEMBUATAN WEB E-LEARNING MICROSOFT WORD DAN MICROSOFT EXCEL Nursabrina
PROGRAM APLIKASI PEMBUATAN BANGUN MATEMATIKA UNTUK Ayub Marstyo Putro for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG Joko Purnomo,
APLIKASI PENGISIAN KRS DENGAN TEKNOLOGI WAP MELALUI Dede Agustina Muhajirin for further detail, please visit
Pembuatan Aplikasi Mobile Learning Pada Sistem Android
PEMBANGUNAN E-LEARNING DI SMP NEGERI 1 JAKARTA
PEMBUATAN VIRTUAL LAB LOGIKA DAN ALGORITMA ONLINE Tri Rahmayanti
Perancangan dan Pembuatan Web pada SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Tugas Akhir Disusun Untuk Memenuhi Persyaratan Guna Menyelesaikan Program Diploma.
Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web Untuk Persamaan Kuadrat Dengan Metode Accelerated Learning (Studi Kasus SMA Negeri 1 Sangatta Utara)
PEMBUATAN WEBSITE KONTEN LEARNING KOMUNIKASI DATA Bambang Setiawan
PEMBUATAN Eddy priadi for further detail, please visit
“Website Latihan Soal – Soal Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas
DENGAN MENGGUNAKAN PHP, MY SQL DAN EDITOR MACROMEDIA PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN BIOLOGI for further detail, please visit
Kelas : 3IA07 Nama : Agus Soetanto
DAN MYSQL APLIKASI PEMBELAJARAN PAHLAWAN NASIONAL DENGAN GAMBAS
for further detail, please visit
Aplikasi Web Tes Kepribdian Eneagram Dengan Menggunakan PHP dan Diah Nurrahmah, for further detail, please visit
“PEMBUATAN WEBSITE INFORMASI DATA NILAI MAHASISWA NURDIANTO
APLIKASI Iqbal Izzuddin
Website Panduan Dan Latihan English Grammar Septian Budi Praditya
”Pembuatan User Interface E-Learning Fisika Mekanika menggunakan CSS” Muhammad Ilham Syafaat, for further detail, please visit
Perancangan Web E-Learning Mata Pelajaran Sejarah Menggunakan Joomla
APLIKASI Ria Waryati for further detail, please visit
APLIKASI MODUL MATA KULIAH KOMUNIKASI DATA DALAM Agus Dwi Putra
Pemrograman Python dan MySQL Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis E-Learning Menggunakan Bahasa for further detail, please visit
Oleh : Ramadhani/ Sistem Informasi / S1
PEMBUATAN WEBSITE KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH Budi Rahmawanto
MODUL N. Bericho S for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG Rizal Subagja,
ANALISA DAN PERANCANGAN
Perancangan Sistem Informasi Penjualan DVD Anime Berbasis Web
APLIKASI ANEKA HIDANGAN MASAKAN LAUT (SEAFOOD) Hikmah Artarini ,
Sidang Skripsi 8 Februari 2012 Carli Darmansah
OLEH : SHENI TRESNANING AYU NIM
BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG
APLIKASI TENSES BAHASA INGGRIS BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA 2012
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI IV DUREN KARAWANG) Disusun oleh : Melfin Richard Sakul.
Hari, Tanggal Judul Tugas Akhir FONT 36 Jenis Ujian Nama Mahasiswa NIM.
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 5
MEMBANGUN KELAS VIRTUAL DENGAN MENGGUNAKAN PHP, JAVA Ilham Riyadi.
MENGGUNAKAN J2SE PEMBUATAN APLIKASI PERMAINAN
Macromedia Dreamweaver MX Aplikasi Web Simulasi Absensi Mahasiswa Menggunakan PHP, MySQL dan for further detail, please visit
PHP DAN MYSQL PEMBUATAN WEB E-LEARNING ROUTER DENGAN MENGGUNAKAN
Pembuatan Modul Statistika Dengan Menggunakan PHP, MySQL Dan Auliya Rahman for further detail, please visit
Transcript presentasi:

Rancang Bangun APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN dengan metode blended learning (studi kasus: LABORATORIUM KOMPUTER stikom surabaya) Edo Yonatan K. (07.41010.0009)

Latar Belakang Masalah

Rumusan Masalah Bagaimana merancang dan membangun aplikasi pembelajaran praktikum Bahasa Pemrograman/Algoritma dan Pemrograman II sebagai media pembelajaran dalam mendukung proses pembelajaran praktikum di STIKOM Surabaya Bagaimana merancang dan membangun aplikasi pembelajaran praktikum Bahasa Pemrograman/Algoritma dan Pemrograman II dengan menggunakan metode Blended Learning berbasis Web.

Batasan Masalah Aplikasi ini hanya berisi 8 bab dalam uraian pembahasan modul praktikum Bahasa Pemrograman di STIKOM Surabaya User yang dapat mengakses aplikasi ini: Koordinator mata praktikum Bahasa Pemrograman/Algoritma dan Pemrograman II Praktikan Bahasa Pemrograman/Algoritma dan Pemrograman II Co-Assistant Bahasa Pemrograman dan/atau Algoritma dan Pemrograman II Kepala Bagian Laboratorium Komputer STIKOM Surabaya. Koordinator bertugas sebagai admin dan merupakan salah satu Assistant Labkom.

Batasan Masalah Terdapat perbedaan hak akses pada: Koordinator mata praktikum Bahasa Pemrograman/Algoritma dan Pemrograman II Praktikan Bahasa Pemrograman/Algoritma dan Pemrograman II Co-Ass Bahasa Pemrograman dan/atau Algoritma dan Pemrograman II Kepala Bagian Laboratorium Komputer STIKOM Surabaya Materi video tutorial dan soal dibuat oleh Co-Ass secara bergantian dan diserahkan kepada koordinator mata praktikum Bahasa Pemrograman/Algoritma dan Pemrograman II

Batasan Masalah Bentuk soal yang digunakan untuk simulasi tes adalah pilihan ganda dan terdiri dari 10 soal setiap pertemuan dengan waktu pengerjaan adalah 5 menit Simulasi tes awal dalam aplikasi ini menjadi prasyarat bagi praktikan dalam mengikuti tes awal sewaktu praktikum Hasil nilai simulasi tes awal yang diperoleh melalui aplikasi pembelajaran Bahasa Pemrograman berbasis web ini tidak mempengaruhi penilaian terhadap mata praktikum

Tujuan Masalah Merancang dan membangun aplikasi pembelajaran praktikum Bahasa Pemrograman/Algoritma dan Pemrograman II sebagai media pembelajaran dalam mendukung proses pembelajaran praktikum di STIKOM Surabaya Merancang dan membangun aplikasi pembelajaran praktikum Bahasa Pemrograman/Algoritma dan Pemrograman II dengan menggunakan metode Blended Learning berbasis Web

Landasan Teori Konsep Belajar Tujuan Belajar Konsep Pembelajaran Jenis-Jenis Sumber Belajar Aplikasi Komputer Untuk Pendidikan Sumber Belajar On-Line Blended Learning Java Analisa dan Perancangan Sistem Desain Sistem

Context Diagram

Kesimpulan Telah dilakukan rancang bangun aplikasi pembelajaran praktikum Bahasa Pemrograman /Algoritma dan Pemrograman II sebagai media pembelajaran dalam mendukung proses pembelajaran praktikum di STIKOM Surabaya Keberadaan aplikasi ini ternyata dapat membantu menambah pemahaman praktikan untuk mata praktikum Bahasa Pemrograman/Algoritma dan Pemrograman II. Hal ini terlihat dari pendapat praktikan terhadap beberapa materi yang baru mereka ketahui ketika melihat video tutorial Bahasa Pemrograman. Telah dilakukan rancang bangun aplikasi pembelajaran praktikum Bahasa Pemrograman /Algoritma dan Pemrograman II dengan menggunakan metode Blended Learning berbasis Web

Saran Aplikasi ini diharapkan dapat ditambahkan pula fasilitas dalam melakukan tugas dan ujian praktikum Aplikasi ini diharapkan tidak hanya untuk mata praktikum Bahasa Pemrograman/ Algoritma dan Pemrograman II, tetapi juga dapat ditambahkan mata praktikum lainnya

Terima Kasih