DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB I – KONSEP PBO.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERTEMUAN 4 PEMROGRAMAN API OOP Concept mudafiqriyan.com.
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
By : Rizky Yuniar Hakun. Konsep Pemrograman Berorientasi Object.
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING in JAVA
BAB III – CLASS (1) DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom.
Konsep Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman Lanjut Ratnokustiawan.wordpress.com.
Pemograman beorientasi objek
Pemrograman Berorientasi Objek
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
1.Polymorphism Polymorphism adalah konsep yang memungkinkan mendefinisikan metod pada class anak (sub class) yang memiliki definisi sama dengan metod.
7 Rekayasa Sistem Konsep Utama OOP Dedy Alamsyah, S.Kom.
Konsep Pemrograman Berorientasi Objek
Perancangan dan pemrograman web Pertemuan 15
Encapsulation, Inheritance, polymorphism, dan interface
BAB 1 KONSEP OOP.
Encapsulasi ( Pengkapsulan )
Pemrograman Berorientasi Objek
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2C MATERI MINGGU KE-2 Pengenalan Teknik-teknik Bahasa Pemrograman Henny Medyawati.
OOP Java - Tj Konsep Dasar OOP.
OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING (OOP)
OOP pada pemrograman Web
CLASS, OBJECT METHOD, PROPERTIES Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Pertemuan ke 3 Algoritma dan struktur data
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Pengantar Perancangan Berorintasi Objek
Orientasi Object Pertemuan 2.
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Rekayasa Perangkat Lunak Konsep Orientasi Objek
11. Konsep Berbasis Object (Object-Oriented Concept)
OBJEK dan KELAS Sutrisno PTIIK-UB.
Object Oriented Programming
BAB 1 KONSEP OOP.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
Object Oriented Programming
Object Oriented Programming
Konsep Object Oriented
Inheritance (Turunan)
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Pemrograman Berbasis Objek Pengantar OOP
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB VII - INHERITANCE.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK
Dasar-dasar Pemrograman Objek dg Java
Pemrograman Berorientasi Objek
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Algoritma Pemrograman 3
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
(Object Oriented Programming)
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman Berorientasi Objek
TEORI DAN KONSEP PEMROGRAMAN BERBASIS OBJECT (OOP)
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Perkembangan Teknik Pemrograman
Pemrograman Berorientasi Objek
 Setelah mengikuti kegiatan belajar 1 ini siswa diharapkan dapat :  1) Memahami paradigma pemrograman berorientasi obyek  2) Menganalisis perbandingan.
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
 Setelah mengikuti kegiatan belajar 1 ini siswa diharapkan dapat :  1) Memahami paradigma pemrograman berorientasi obyek  2) Menganalisis perbandingan.
Transcript presentasi:

DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB I – KONSEP PBO

BAHASA PROSEDURAL Serangkaian tugas diselesaikan dalam bentuk fungsi atau prosedur. Cara pandang  program adalah suatu urutan instruksi. Adanya pemecahan program utama menjadi modul-modul kecil.

BAHASA PROSEDURAL Fungsi dan prosedur menjadi fokus utama. Fungsi dan prosedur digunakan untuk memanipulasi data. Data bersifat pasif.

Pemrograman Berorientasi Objek Fungsi dan data BUKAN menjadi dua hal yang terpisah. Fungsi dan data menjadi satu kesatuan yang disebut objek aktif. Cara pandang  program adalah serangkaian objek yang bekerja sama menyelesaikan masalah.

Prosedural VS OOP Fokus terhadap cara komputer menyelesaikan suatu tugas Fokus terhadap objek yang sedang digunakan PROSEDURAL OOP

PENGERTIAN OBJECT ORIENTED Suatu paradigma yang menggunakan objek dengan identitas yang membungkus propertis dan operasi, melewatkan pesan, dan inheritance untuk menyelesaikan domain permasalahan.

PENGERTIAN OO SYSTEM Sebuah sistem yang dibangun berdasarkan metode berorientasi objek.

OBJEK Semua benda di dunia nyata bisa dianggap sebagai objek. Contoh: kursi, meja, buku, sepeda, komputer. Penggambaran pemrograman berorientasi objek = penggambaran di dunia nyata.

OBJEK Abstraksi dari sesuatu yang mewakili sesuatu yang ada di dunia nyata dan harus dapat dibedakan dengan objek lain.

CLASS Kumpulan objek-objek yang memiliki atribut yang sama. Template untuk membuat objek . Prototipe atau blue print yang mendefinisikan variabel-variabel dan method-method secara umum.

CLASS Objek merupakan hasil instansiasi dari class. Proses pembentukan objek dari suatu class disebut INSTANTIATION. Objek disebut juga INSTANCES.

ANALOGI CLASS DAN OBJEK Di dalam proses memasak puding, class dianalogikan sebagai cetakan tempat puding dibentuk sedangkan objek dianalogikan sebagai puding-puding hasil cetakan tersebut. 1 CLASS = N BUAH OBJEK

ANALOGI CLASS DAN OBJEK CLASS VS OBJECT = DATA TYPE VS VARIABEL

ATTRIBUTES Data yang membedakan antara object yang satu dengan yang lain. Contoh: Manusia  Salah satu mahluk hidup. Atributnya: status, berat badan, dan tinggi badan. Di dalam class atribut disebut sebagai VARIABEL.

INSTANCE VARIABLE Atribut untuk tiap objek dari class yang sama. Tiap objek menyimpan dan mempunyai nilai atributnya sendiri. Tiap objek dari class yang sama boleh mempunyai nilai yang sama ataupun berbeda.

CLASS VARIABLE Atribut untuk semua object yang dibuat dari class yang sama. Semua objek mempunyai nilai atribut yang sama. Semua objek dari class yang sama mempunyai satu nilai yang sama.

BEHAVIOR Hal-hal yang bisa dilakukan sebuah object dari sebuah class. Digunakan untuk mengubah nilai atribut sebuah objek , menerima informasi dari objek lain, dan mengirim informasi ke objek lain untuk menyelesaikan suatu task.

BEHAVIOR Contoh pada objek manusia: Mengerjakan tugas kuliah, Mandi, Tidur, Makan. Dalam sebuah class, behavior sering disebut sebagai METHODS.

METHODS Serangkaian statements dalam suatu class yang menghandle suatu task. Cara objek berkomunikasi dengan objek lain adalah dengan menggunakan methods.

CONTOH

CONTOH class lagu{ char judul[35]; char penyanyi[25]; int durasi; void check_durasi(int durasi){ if(durasi>0) System.out.println(“Valid”); } NAMA CLASS INSTANCE VARIABLE METHOD

KONSEP DASAR OOP Enkasulapsi (Encapsulation). Pewarisan (Inheritance). Polimorfisme (Polymorphism).

ENKAPSULASI

ENKAPSULASI Pembungkusan variabel dan method dalam sebuah object yang terlindungi serta menyediakan interface untuk mengakses variabel tersebut. Variabel dan method yang dipunyai sebuah object bisa ditentukan hak aksesnya.

ENKAPSULASI Contoh: MOBIL. Mobil sangat dibutuhkan orang sebagai sarana transportasi tapi cara kerja tiap bagian di dalam mobil tersebut tidak penting untuk diketahui.

INHERITANCE

INHERITANCE Pewarisan atribut dan method dari suatu class ke class yang lainnya. Class yang mewarisi  Superclass. Class yang diwarisi  Subclass. Subclass bisa menjadi superclass bagi class yang lainnya  Multilevel Inheritance.

KEUNTUNGAN INHERITANCE Subclass bisa menyediakan behaviornya sendiri. Memungkinkan mempergunakan ulang souce code dari superclass. Bisa mendeklarasikan superclass yang bersifat generik  Abstact Class.

SINGLE INHERITANCE Satu class hanya diperbolehkan mempunyai satu superclass. Bahasa  JAVA.

MULTIPLE INHERITANCE Satu class diperbolehkan mempunyai lebih dari satu superclass. Variabel dan method yang diwariskan merupakan kombinasi dari para superclassnya. Bahasa  C++.

POLYMORPHISME

POLYMORPHISME Kemampuan suatu object untuk mempunyai berbagai bentuk.

TUGAS Carilah konsep PBO di web-web terkait lalu pelajari! Buatlah laporan tentang konsep PBO sesuai dengan poin-poin yang sudah dijelaskan! (perkelompok) Kumpulkan 2 minggu lagi.

ADT (Abstract Data Type) Pelajari struct (record)!!! EPISODE AKAN DATANG ADT (Abstract Data Type) Pelajari struct (record)!!!