PTI I (MKK103X) Minggu 5 Page 1 MINGGU 5 Pengantar TI (MKK103X) Pokok Bahasan: – Input & output Tujuan Instruksional Khusus: – Siswa dapat menjelaskan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Daisy Wheel Printer  Mencetak citra dengan kualitas tinggi karena karakter dibentuk dengan tekanan tunggal oleh roda cetak.  Sudah jarang diproduksi.
Advertisements

Pengantar Teknologi Informasi Fakultas Ekonomi UNPAR 1. Output Devices.
Peralatan Sistem Masukan (Input) dan Sistem Keluaran (Output)
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
KOMPUTER HARDWARE.
LOGO “ Add your company slogan ” Siswo Wardoyo, S.T., M.Eng. Siswo WardoyoJurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTIRTA2011/2012- Genap
PMK (Piranti Masukan dan Keluaran) Bobot 3 SKS
PERANGKAT INPUT OUTPUT (IO- STORAGE)
ALAT-ALAT INPUT.
PERANGKAT KERAS KELUARAN
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
PERANGKAT KERAS MASUKAN
Pengantar Teknologi Informasi
Pengantar Teknologi Informasi
Alat Input / Masukan Segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem
Perangkat Keras Multimedia
Output Devices.
H A R D W A R E K O M P U T E R.
LOGO DEDED RAMAD KAMDA,S.KOM PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI.
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
Pengantar Ilmu Komputer
BAB VI ALAT INPUT.
BAB X MEDIA INPUT ALAT YANG DI GUNAKAN UNTUK MENERIMA INPUT. INPUT :
H A R D W A R E K O M P U T E R.
KELOMPOK 1. ANGGOTA KELOMPOK 1. Bambang Oktara Engla Ikhsandro Herizal Jordian Naro Pratama Radius.
PERANGKAT KOMPUTER & KEGUNAANNYA
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
Hardware: Input and Output
PIRANTI INTERAKSI.
Pengantar Teknologi Informasi
TEKNIK ANTARMUKA.
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4.
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Pengolahan Data 3.1. Definisi 3.2. Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
BAB 3 PERANTI MASUKKAN.
Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
PERALATAN INPUT (Input Device)
Komponen Sistem Komputer: Input Output Device
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
PERKEMBANGAN HARDWARE KOMPUTER
OCTAVIANI ROCHIADITYA P ( ) PRADANA HERDIN S ( )
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
Peralatan Input (Input Device)
Input & Output Devices Bab V.
Pengantar Teknologi Informasi (Peralatan Output)
Pertemuan 7 Hardware.
Alat Input / Masukan Segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem
Pengantar Teknologi Informasi
Alat Input / Masukan Segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem
Piranti Keluaran (Output Device)
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
Teknologi perangkat keras
Pengantar teknologi informasi
PERANGKAT OUTPUT KOMPUTER KELOMPOK 1: MUSTIKA ( ) TAHRIM WARA WARIN ( MUH.IRSAN ( )
INPUT DEVICE.
TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI SUSUN OLEH KELOMPOK 1.
Komponen Sistem Komputer
Perangkat Input Dan Output Beserta Fungsinya
Pengolahan Data 3.1. Definisi 3.2. Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
PERANGKAT INPUT.  Perangkat yang dipergunakan untuk memberikan perintah atau data tertentu ke dalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan.
Transcript presentasi:

PTI I (MKK103X) Minggu 5 Page 1 MINGGU 5 Pengantar TI (MKK103X) Pokok Bahasan: – Input & output Tujuan Instruksional Khusus: – Siswa dapat menjelaskan hubungan pengguna dengan input & output komputer – Siswa dapat menjelaskan bagaimana data di input ke sistim komputer dan membedakan perangkat input. – Siswa dapat menjelaskan bagaimana monitor bekerja dan karakteristik yang menentukan kualitasnya. – Siswa dapat menjelaskan sejumlah metode output komputer. – Siswa dapat membedakan jenis printer. – Siswa dapatmenjelaskan fungsi komputer terminal dan tipe- tipenya.

Input & output dimata pengguna User memasukan input dan mendapatkan hasilnya –Instan output: ketik di keyboard -> muncul di monitor, taping menu -> muncul menu & sub menu –Terpisah waktu, jarak atau keduanya: cetak/print -> printer jaringan, kirim file -> ke pc lain.

Input Input hardware – suatu alat yang mengubah data dari pengguna menjadi bentuk yang dapat di proses oleh komputer Contoh: Keyboard, Pointing Devices

Keyboard Keyboard adalah sebuah alat yang mengubah huruf, angka maupun karakter lain menjadi sinyal elektrik sehingga dapat dibaca oleh prosesor komputer

Keyboard ergonomis Keyboard yang didesain secara ergonomis memberikan kenyamanan dan menekan resiko cidera pada pergelangan tangan

Alat penunjuk (pointing) Digunakan untuk memposisikan pointer pada layar Yang termasuk alat penunjuk: 1.Mouse 2.Trackball & Joystick 3.Touchpad & Pointing stick 4.Lainnya

Mouse Alat penunjuk yang umum. Sensor posisi 1.Mekanis 2.Optik 3.Cordless/wireless

Trackball & Joystick Trackball –Variasi dari mouse –Pergerakan pointer mengikuti bola –Umumnya buildin pada laptop Joystick –Berbentuk tongkat/tuas pendek –Pergerakan pointer mengikuti gerakan dan kecepatan tuas

Touchpad & Pointing Stick Touchpad –Berbentuk tatakan persegi yang sensitif terhadap tekanan –Pergerakan pointer mengikuti gerakan dan kecepatan jari pada pad –Pointing stick –Tuas kecil yang diletakan di tengah keyboard –Pergerakan pointer mengikuti gerakan dan kecepatan tuas kecil

Alat Penunjuk lainnya Graphics tablet –Pointer digerakan dengan stylus/puck Touch screen –Pointer digerakan dengan menyentuh item pada screen Pen based –Pointer digerakan dengan stylus

Source data automation Memasukkan data secara otomatis: mengurangi langkah untuk memasukkan data ke dalam komputer –Magnetic-ink character recognation (MICR) –Optical recognition devices –Other Contoh: Barcode

MICR MICR menggunakan mesin khusus untuk membaca karakter yang ditulis dengan menggunakan magnetik partikel. Biasa digunakan di Bank –Karakter prepprinted pada bagian bawah kiri cek –Nilai cek ditambahkan oleh MICR Inscriber saat cek dicairkan

Optical Recognition Menggunakan sinar untuk menscan data dan merubahnya menjadi sinyal elektronik Optical Recognition pada point of sales Digunakan untuk menscan barcode Optical Recognition pada dokumen Digunakan untuk mengkonversi gambar hasil scan kedalam bentuk karakter dan angka

Scanner Adalah perangkat pemindai gambar menjadi format yang dapat data komputer Menggunakan cahaya untuk menscan data dan mengubahnya menjadi sinyal elektrik sehingga dapat diproses oleh komputer (Optical Recognition)

Tipe Scanner 1.Flatbed scanner 2.Sheetfed scanner (Automatic Document Feeder / ADF) 3.Handheld scanner

Pengenal Optik lainnya OMR (Optical Mark Recognition) –Digunakan untuk memeriksa ujian OCR (Optical Character Recognition) Bar codes - sebuah kode nomor yang unik dalam bentuk grafis –QR Code

Input Suara Disebut juga pengenalan suara ( Speech Recognition) Alat pengenalan suara, menerima kata-kata yang diucapkan melalui mic dan mengubahnya menjadi data biner yang dapat dimengeri oleh komputer

Sumber input lainnya 1.Suara 2.Kamera digital 3.Video

Konversi input suara menjadi data

Pengenal ucapan Cara pengenalan ucapan: 1.Speaker dependent: system mempelajari patern bunyi dari pengguna untuk menterjemahkannya ke dalam data komputer 2.Speaker independent: system memiliki patern bunyi untuk menterjemahkannya kedalam data komputer Tipe dari sistim pengenal ucapan: 1.Discrete word systems: ucapan harus diberikan kata per kata 2.Continuous word systems: ucapan dapat diberikan sebagaimana kita berbicara normal

Kamera Digital Kamera digital: mengubah informasi yang diterima oleh pemindai digital kedalam bentuk sinyal digital untuk disimpan dalam suatu media Sebuah foto digital terdiri dari sejumlah titip-titik (pixel), yang berisi informasi warna & kecerahannya saat diitangkap oleh pemindai.

Video Input Video input: merupakan suatu rangkaian dari gambar-gambar diam, dari suatu waktu. Gambar-gambar tersbut di tampilkan sesuai dengan waktu sehingga tampak bergerak 30 fps (frame per second)

Output Output hardware: alat yang menterjemahkan informasi yang telah diproses oleh komputer ke dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh manusia Perangkat output: –Monitor/Layar –Printer –Voice output –Music Output –Microform (microfilm) Output dokumen digital: –Softcopy – informasi yang disimpan dalam bentuk file/data komputer. –Hardcopy – informasi yang ditampilkan suatu media seperti kertas, mikrofilm

Monitor/Layar Monitor/Layar digunakan komputer untuk menampilkan informasi ke pengguna Jenis monitor/layar: 1.CRT (Cathode Ray Tube) 2.Flat Screen / LCD (Liquid Crystal Display) / LED 3.Smart Displays

Monitor CRT Terdiri dari jenis warna & monochrome Kartu grafis: merubah bentuk gambar digital ke sinyal analog yang dapat di lihat pengguna Faktor penentu CRT 1.Scan rate: frekwensi/kecepatan refresh suatu gambar 2.Resolusi layar: banyaknya pixel pada gambar (dot per inch / dpi) 3.Dot pitch: jarak antar titik di gambar (makin kecil dot pitch, makin tajam gambarnya. 4.Video memory: memory yang digunakan kartu grafis untuk mengolah gambar-gambar video

LCD Monitor Awalnya digunakan pada untuk layar notebook maupu PDA Teknologi LCD: 1.Active matrix: Menggunakan Thin-Film Transistors (TFT) Menghasilkan gambar lebih terang dan sudut pandang lebar 2.Passive matrix: –Menggunakan lebih sedikit transistor –Lebih murah dan hemat energi. 3.Plasma –Mendukung ukuran layar sangat besar –Memiliki warna yang indah –Sudut pandang lebih lebar

Smart displays –Berbasis LCD –Telah memiliki processor secara build-in. –Memiliki perangkat jaringan sehingga terhubung dengan perangkat lain / internet.

Standar display analog Standar grafiis monitor CRT: SVGA (Super Video Graphic Adapter) Jumlah warna tergantung pada video memori

Standar display 4:3

Standar wide display 16:9 & 16:10

Perkembangan standar display

Printer Suatu alat yang mencetak teks maupun gambar pada kertas atau material lain Cara kerja printer 1.Impact printer 2.Non-impact printer

Impact Printer Impact printer membutuhkan kontak fisik untuk menghasilkan gambar. Jenis Impact printer: 1.Line printer: menjadi 1 baris dalam bersamaan 2.Dot-matrix printer: memiliki print heat dengan kolom yang terdiri dari sejumlah pin Contoh: dot-matrix printer

Non-impact Printer Mencetak karakter maupun gambar tanpa menyentuh kertas –Laser printer – menggunakan cahaya untuk mencetak gambar pada kertas –Inkjet menyemprotkan tinta dari beberapa lubang tinta ke kertas

Modern Printer Toner Base: printer laser, mesin fotocopy Liquid inkjet: Epson, HP, Canon Solid ink (thermal transfer printer): Tektronix Dye-sublimation: bisa mencetak plastik & kanvas Inkless: thermal printer pada cash register, mesin ATM

Plotters Printer berbasis Pen Plotter membutuhkan kontak dengan media yang digunakan tapi bukan “impact”

Output Suara Voice synthesizers: perangkat yang digunakan untuk mengkonversi suara dalam format digital ke sinyal / bunyi. 2 cara membuat komputer berbicara: –Synthesis by analysis: rekaman suara manusia –Synthesis by rule: melalui aturan linguistik (sintetis) Digunakan untuk mesin penjawab telpon

Output Musik Mengeluarkan suara dengan menggunakan speaker –Clips –Games –Video MIDI (Musical Instrument Digital Interface) –Berisi aturan memadukan instrumen musik, musik sintetis dan komputer –Memungkinkan home studio

Computer output microform (COM) Computer Output Microform (COM), menyimpan gambar pada microfilm atau microfiche Digunakan di perpustakaan atau penimpanan data besar/bersejarah

Terminal Terminal adalah sebuah alat yang menggabungkan kemampuan input dan output Jenis terminal: 1.Dumb terminal Tidak memiliki kemampuan processing Terminal tiketing 2.Intelligent terminal Memiliki memory dan processor terbatas Point-of-Sale (POS) terminal

Komputer grafis 1.Bisnis –Membuat grafis berwarna, peta & diagram sesuai data 2.Video grafis Membuat animasi Video game 3.Computer aided design/computer aided manufacturing (CAD/CAM) Membuat model 2/3 dimensi Simulasi pengujian beban Jembatan antara desain & manufaktur

Computer Graphics Video Graphics Computer Aided Design / Computer Aided Manufacturing (CAD/CAM) Computer Integrated Manufacturing (CIM)

Review & Latihan W05 Buat kelompok maksimal 5 orang 1.Sebutkan dan jelaskan 4 input pointing device, berikan contohnya. 2.Jelaskan bagaimana komputer menerima input dari pengguna melalui suara, sehingga menghasilkan dokumen. 3.Jelaskan perbedaan cara kerja line printer dengan dot matrik 4.Jelaskan penggunaan komputer grafis.