Searching As’ad Djamalilleil

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penyelesaian Masalah Dengan AI
Advertisements

TEKNIK PENCARIAN (SEARCHING)
Metode Pencarian Heuristik
Artificial Intelligent
Looping (perulangan) As’ad Djamalilleil
Depth First Search (DFS)
Lecture 3 State Space Search 2 Erick Pranata © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya 1.
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Searching CS3243 Kecerdasan Mesin dan Artifisial
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Problem Solving Search -- Uninformed Search
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Pencarian Heuristik.
METODE PENCARIAN HEURISTIK
Pencarian Tanpa Informasi
Hill Climbing Best First Search A*
Problem Space Dr. Kusrini, M.Kom.
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian. What is AI ? Sistem yang berpikir seperti manusia Thinking humanly Sistem yang berpikir secara rasional Thinking.
Breadth First Search (BFS)
Uniform-Cost Search (UCS)
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pertemuan 4 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Ruang Keadaan (state space)
Pencarian (Searching)
Penyelesaian Masalah Teknik Pencarian
Metode Pencarian/Pelacakan
Problem Solving Search -- Informed Search Ref : Artificial Intelligence: A Modern Approach ch. 4 Rabu, 13 Feb 2002.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pencarian Heuristik.
Informed (Heuristic) Search
Disampaikan Oleh : Yusuf Nurrachman, ST, MMSI
Pencarian Heuristik (Heuristic Search).
Pertemuan 3 Mendefinisikan Masalah dalam Ruang Keadaan
Pencarian Heuristik.
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Heuristic Search
Teknik Pencarian 1 Blind Search
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 3.
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Blind Search
Pencarian Buta (Blind Search).
Metode Pencarian dan Pelacakan
TEKNIK PENCARIAN & PELACAKAN
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Teknik Pencarian (Searching)
Metode Pencarian/Pelacakan
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pemecahan Masalah dengan Pencarian
Pertemuan 6 Pencarian Heuristik
Pertemuan 6 Pencarian Heuristik
Metode pencarian dan pelacakan - Heuristik
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Search.
Breadth First Search (BFS)
As’ad Djamalilleil Searching As’ad Djamalilleil
Artificial Intelegence/ P 3-4
TEKNIK PENCARIAN.
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Fakultas Ilmu Komputer
Informed (Heuristic) Search
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Depth Limited Search (DLS)
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Tugas Mata Kuliah Kecerdasan Buatan
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 4.
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Transcript presentasi:

Searching As’ad Djamalilleil

Langkah-langkah Searching Mendefinisikan ruang masalah –Kumpulan keadaan (state) dari keadaan awal (initial state) ke keadaan tujuan (goal state) Mendefinisikan aturan produksi –Mengubah satu state ke state lain Memilih metode pencarian –Untuk menemukan solusi terbaik

Contoh Kasus 3 galon 4 galon 2 buah embar tanpa skala, masing-masing berukuran 3 dan 4 galon. Terdapat pula sebuah kran air yang dapat mengeluarkan air dengan jumlah tak terbatas. Bagaimana caranya agar ember air yang berukuran 3 galon terisi tepat 2 galon ?

Ruang Masalah –x = 1, 2, 3 atau 4(isi ember 4 galon) –y = 1, 2 atau 3(isi ember 3 galon) Initial State  (0,0) –Menyatakan jumlah air kedua ember (x,y) masih kosong Goal State  (n,2) –Ember x berisi berapa pun, y berisi 2 galon

Aturan Produksi Aturan produksi  operasi yang mengubah suatu state ke state lainnya Contoh aturan produksi untuk kasus ember air di atas:

1if(x < 4)(x,y)  (4,y)Isi penuh ember 4 galon 2if(y < 3)(x,y)  (x,3)Isi penuh ember 3 galon 3if(x > 0)(x,y)  (x-d,y)Buang sebagian air dari ember 4 galon 4if(y > 0)(x,y)  (x,y-d)Buang sebagian air dari ember 3 galon 5if(x > 0)(x,y)  (0,y)Kosongkan ember 4 galon 6if(y > 0)(x,y)  (x,0)Kosongkan ember 3 galon

7if(x+y >= 4 and y > 0)(x,y)  (4,y-(4-x)) Tuangkan air dari ember 3 galon ke ember 4 galon sampai ember 4 galon penuh 8if(x+y >= 3 and x > 0)(x,y)  (x-(3-y),3) Tuangkan air dari ember 4 galon ke ember 3 galon sampai ember 3 galon penuh 9if(x+y 0(x,y)  (x+y,0) Tuangkan seluruh air dari ember 3 galon ke ember 4 galon

10if(x+y 0)(x,y)  (0,x+y) Tuangkan seluruh air dari ember 4 galon ke ember 3 galon 11(0,2)  (2,0)Tuangkan 2 galon air dari ember 3 galon ke ember 4 galon 12(2,y)  (0,y)Buang 2 galon air dalam ember 4 galon sampai habis

Metode Pencarian Pilih metode pencarian ????? Air pada ember 4 galon (x) Air pada ember 3 galon (y) Aturan produksi yang digunakan

Metode-metode Pencarian Blind/Un-informed Search –tidak ada informasi awal yang digunakan dalam proses pencarian Heuristic/Informed Search –memberikan perkiraan terhadap solusi yang akan dipilih

Blind/Un-informed Search Breadth First Search (BFS) Uniform Cost Search (UCS) Depth First Search (DFS) Depth-Limited Search (DLS) Iterative Deepening Search (IDS) Bi-directional search (BDS)

Heuristic Generate and Test Hill Climbing (Simple dan Steepest Ascent) Simulated Annealing Best First Search (Greedy dan A*)

Tugas 1 Pecahan koin yg tersedia: $1, $3, $5, $10, $25 Berapa jumlah koin minimal untuk nilai nominal uang $1799 ? Tentukan ruang masalah, initial state, dan goal state dari masalah di atas. Buatlah aturan produksi untuk penyelesaian masalah tersebut.