Grafika Komputer (TIZ10)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ARRAY.
Advertisements

PROGRAM APLIKASI DESAIN GRAFIS BERBASIS VEKTOR & BITMAP (CORELDRAW)
Menggambar dengan Macromedia Flash
Oleh : Novita Cahya Mahendra
Pertemuan 03: Grafika Komputer: Windows dan Viewport
GRAPHICAL SOLUTION OF LINEAR PROGRAMMING PROBLEMS
STRUKTUR DATA Struktur Data - Gerlan A. Manu, ST.,MKom 1.
PENGANTAR PROGRAM LINIER & SOLUSI GRAFIK
Teknik Pencarian Solusi Optimal Metode Grafis
Emirul Bahar – Riset Operasional 1 Kondisi Khusus PL (sambungan BAB 1) Sejumlah anomali dapat terjadi pada masalah PL, a.l. : –Solusi optimal bergantian.
PROSEDUR DAN FUNCTION PROSEDUR
Selamat Datang Dalam Kuliah Terbuka Ini 1. Kuliah terbuka kali ini berjudul “Pilihan Topik Matematika -I” 2.
Praktikum 9 Pemrograman Berbasis Obyek
Array Dimensi Banyak Gerlan A. Manu, ST.,MKom
Grafika Komputer (TIZ10)
PERTEMUAN II ARRAY DIMENSI 1 & 2.
Polinom dan Bangun Geometris.
Dasar Pembuatan Movie Flash R0312 – Grafik Komputer.
MATERI 11. TAS Tanggal 30 Nopember 2011 (RABU). Jam 7-9 TUTUP BUKU Materi : 1-11.
BAB VIII PEMROGRAMAN GRAFIK
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
Polygon Grafika Komputer.
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
Grafika Komputer (TIZ10) Grafik 3D Disusun oleh Teady Matius Prodi Teknik Informatika – Universitas Bunda Mulia.
Riset Operasi Ira Prasetyaningrum.
Komputer Grafik dengan openGL
Praktikum Grafika Komputer
Grafika Komputer (TIZ10)
Grafika Komputer (TIZ10)
DASAR-DASAR MENGGAMBAR Institut Teknologi Padang
ALGORITHMA GARIS Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom.
Akuntansi manajemen Analisis Titik Impas Ajang Mulyadi.
ARRAY Suatu array (larik) adalah tipe terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang mempunyai tipe yang sama. Komponen ini disebut dengan.
Grafika Komputer (TIZ10)
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
LOADING USAHA DAN ENERGI Disusun Oleh: EKA ERMA SURYANI Ayo Kita Belajar Fisika Cemangat.... Ya... Ayo Kita Belajar.
4. Zoom Zoom adalah command untuk memperbesar atau memperkecil tampilan tanpa merubah skala benda. Terdapat beberapa macam zoom: Zoom all, untuk melihat.
Antrian (Queue) Membentuk Antrian 5 4 Depan Belakang.
PEMBANGKITAN CITRA GRAFIK Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s
BENTUK-BENTUK GEOMETRI Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s
Objek Oriented Mengenal konsep Obyek di Processing
Persamaan Garis Lurus Latihan Soal-soal.
Fungsi Penerimaan.
Pemrograman Aplikasi Bergerak
ARRAY Suatu array (larik) adalah tipe terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang mempunyai tipe yang sama. Komponen ini disebut dengan.
D3 Manajemen Informatika S1 Sistem Informasi
Sesi 2: Primitive Drawing
JENIS PERULANGAN While.. Do Beda antara while..Do dengan repeat..Until
Pemrograman Database Nyimas Artina, S.Kom, M.Si.
TOOLBOX PADA COREL DRAW 12 BESERTA FUNGSINYA
Graphics Pertemuan 4 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
1 Membuat Obyek Gambar Gabungan Pertemuan 6 Matakuliah: R0364/Komputasi Desain Arsitektur I Tahun: 2006.
Menggunakan Form Pertemuan Ke-3.
Menggunakan Menu dan Ikon untuk Membuat Desain Sederhana.
Drawing tools Dan aplikasinya
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
PIXEL, WARNA, SISTEM KOORDINAT & BAHASA PROGRAM
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Toolbox Pada CorelDRAW Part 1
Membuat Bentuk (Shape)
Sistem Koordinat dan Bentuk Dasar Geometri (Output Primitif)
Disusun oleh: Hermansyah, S.Kom
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Pembangkitan Citra Grafik Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s
PROCESSING OUTPUT PRIMITIVE.
Menggunakan Form Pertemuan Ke-3.
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
MENGGAMBAR 2 DIMENSI DENGAN SISTEM CAD LOG OO
Pembuatan Obyek Pada Aplikasi Animasi 2 dimensi. Tujuan Pembelajaran. Setelah mengikuti kegiatan belajar ini diharapkan peserta didik dapat: Memahami.
Transcript presentasi:

Grafika Komputer (TIZ10) Primitive Drawing

Koordinat Canvas Delphi

Elemen Dasar Pemrograman Grafik TCanvas Bidang gambar. TForm mewarisi TCanvas, sehingga dapat properti dan method dari TCanvas dapat di eksekusi pada TForm TPen Pada TPen ini dapat ditentukan lebar garis, maupun warna garis yang akan digunakan untuk menggambar. properti pen pada canvas bertipe TPen TBrush Menentukan pola dan warna yang membentuk suatu bidang Properti Brush pada canvas bertipe TBrush.

Titik Pemberian titik pada canvas dilakukan dengan memberikan nilai warna pada property pixel pada koordinat tertentu Property Pixels[X, Y: Integer]: TColor Memberi warna pada pixel Canvas.Pixels[x,y] := warna; Mengambil informasi warna dari pixel variabelWarna := Canvas.Pixels[x,y];

Garis Untuk menggambar garis pada kanvas gunakan Method LineTo() Procedure LineTo(X, Y :Integer); Terlebih dahulu memindahkan PenPos ke titik awal (X,Y) dengan Method MoveTo() Procedure MoveTo(X, Y: Integer);

Contoh menggambar Garis procedure TFormUtama.Garis; Begin Canvas.Pen.Color := clRed; Canvas.Pen.Width := 5; Canvas.MoveTo(30,20); Canvas.LineTo(45,50); end; Garis warna merah dengan lebar garis 5 pixel akan di gambar mulai dari koodinat (30, 20) sampai koordinat (45,50)

Kotak Menggambar kotak dilakukan dengan method Rectangle() Procedure Rectangle(X1, Y1, X2, Y2: Integer); X1, Y1 adalah koordinat awal X2, Y2 adalah koordinat akhir

Contoh menggambar kotak procedure TFormUtama.Kotak; begin Canvas.Pen.Width := 5; Canvas.Pen.Color := clRed; Canvas.Rectangle(150,50,300,200); end; Akan menghasilkan kotak mulai dari posisi koordinat (150, 50) s/d (300,200)

Contoh menggambar kotak dengan brush procedure TFormUtama.KotakDenganBrush(); begin Canvas.Brush.Color := clBlue; Canvas.Brush.Style := bsCross; Canvas.Pen.Width := 5; Canvas.Pen.Color := clRed; Canvas.Rectangle(150,50,300,200); end;

Ellipse dan Lingkaran Method: Ellipse() X1, Y1 adalah koordinat awal Procedure Ellipse(X1, Y1, X2, Y2: Integer); X1, Y1 adalah koordinat awal X2, Y2 adalah koordinat akhir Pada dasarnya Elips dianggap digambar didalam suatu bidang segi empat, sehingga dapat dinyatakan dengan Rect Procedure Ellipse(const Rect: TRect);

Contoh Menggambar Elips procedure TFormUtama.Elips; begin Canvas.Pen.Width := 5; Canvas.Pen.Color := clRed; Canvas.Ellipse(450,50,550,200); end;

Contoh menggambar lingkaran procedure TFormUtama.Lingkaran; begin Canvas.Pen.Width := 5; Canvas.Pen.Color := clRed; Canvas.Ellipse(325,50,425,150); end;

Polygon Polygon adalah bentuk tertutup dari segmen-segmen garis yang dihasilkan dari menghubungkan sederetan titik-titik. Gunakan method Polygon(); Procedure Polygon(Points: array of TPoint); Parameter Points adalah kumpulan titik-titik koordinat pembentuk Polygon. Dibentuk dari Class TPoint. Dapat pula digambar dengan polyline, Polyline adalah sebuah garis yang disambung dengan garis lainnya. Polyline dapat dibuat dengan method LineTo()

Contoh menggambar Polygon procedure TFormUtama.Polygon; var P : Array[0..4] of TPoint; begin P[0] := Point(675,50); P[1] := Point(750,200); P[2] := Point(600,100); P[3] := Point(750,100); P[4] := Point(600,200); Canvas.Pen.Width := 2; Canvas.Pen.Color := clPurple; Canvas.Polygon(P); end;

Tugas 2 Buatlah sebuah program untuk menampilkan 10 buah lingkaran dengan warna yang berbeda-beda