ASESMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
TUJUAN: Melacak kemajuan siswa ( Keeping track) Mengecek Ketercapaian kemampuan (checking up) Mendeteksi Kesalahan (Finding Out) Menyimpulkan ( Summing up)
BAHAN: Melaksanakan observasi dan interview Merancang dan mengases tugas: individu, kelompok, proyek, proses maupun produk. Menyusun laporan hasil asesmen dan penilaian berbasis kelas. Analisis Hasil Ulangan Program Remidi dan pengayaan BAHAN: Asesmen dan evaluasi Prinsip Asesmen Jenis-jenis asesmen Taxonomi Bloom Tipe dan Bentuk tes Penyusunan Soal yang baik Merancang Pemecahan masalah dan soal Open-ended Porto Folio
PRINSIP ASSESMENT & PENILAIAN VALID OBYEKTIF ADIL TERBUKA BERMAKNA MENDIDIK MENYELURUH BERKESINAMBUNGAN
ACUAN PENILAIAN INDIKATOR: Prinsipnya semua siswa memiliki kemampuan yang sama dan bisa belajar apa saja, hanya waktu yang diperlukan untuk mencapai kemampuan tertentu berbeda. Standar ketuntasan harus ditentukan terlebih dahulu Hasil penilaian : Lulus dan Tidak Lulus INDIKATOR: Karakteristik, ciri –ciri, tanda-tanda, perbuatan atau respon yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan, untuk menunjukkan bahwa peserta didik telah mencapai KD tertentu.
PENYUSUNAN INDIKATOR Dikembangkan dari KD Menggunakan KKO dengan tingkat berpikir menengah dan tinggi Tiap KD dijabarkan menjadi beberapa indikator Untuk non tes, dijabarkan dari aspek: minat, motivasi belajar, disiplin, kerjasama, dsb.
SISTEM PENILAIAN BERKELANJUTAN Menilai semua KD Ujian dapat dilakukan pada satu atau lebih KD Hasil ujian dianalisis dan ditindaklanjuti melalui program remidial atau program pengayaan. Ujian mencakup aspek kognitif, psikomotor, dan afektif Aspek afektif diukur melalui pengamatan dan kuesioner
PROGRAM REMIDIAL Pemberian tugas Pembelajaran ulang Belajar mandiri Belajar kelompok Dan lain – lain, yang semuanya diakhiri dengan ujian
ASPEK YANG DIUKUR DALAM PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI TAXONOMY BS. BLOOM A. ASPEK KOGNITIF Pengetahuan ( Knowledge) Pemahaman (Comprehension) Aplikasi ( Application) Analisis (Analysis) Sintesis (Synthesis) Evaluasi (Evaluation)
B. ASPEK AFEKTIF Mencakup Penilaian: Sikap, tingkah laku, minat, emosi dan motivasi, kerjasama, koordinasi dari setiap siswa. Dilakukan melalui pengamatan dan interaksi langsung secara terus menerus Dibagi atas penilaian afektif secara umum ( budi pekerti) dan penilaian afektif per mata pelajaran
C. ASPEK PSIKOMOTOR Tidak semua mata pelajaran dapat dinilai aspek psikomotornya (disesuaikan dengan KD yang harus dicapai) Digunakan untuk pembelajaran yang banyak memerlukan praktek dan demonstrasi.
TAGIHAN: Tingkat kemampuan yang dituntut dari siswa setelah ia mempelajari KD tertentu yang ditunjukkan dengan berbagai perilaku hasil belajar. Tagihan dari hasil belajar siswa dapat diperoleh melalui berbagai cara atau jenis
BENTUK INSTRUMEN PENILAIAN: Tes Tertulis: - Obyektif : Pilihan ganda Menjodohkan,Benar Salah - Non Obyektif : Kuis/Jawa dan Singkat, uraian Tes Lisan - Pedoman Wawancara Tes Perbuatan - Daftar Cek, Lembar Pengamatan Non Tes - Angket, Kuesioner, Check-list, Inventori, Skala Sikap, dan Pengamatan. Produk - Daftar Cek/Pedoman Penskoran
LAPORAN PENILAIAN Laporan Hasil Belajar Menjawab keingintahuan orang tua seperti : Bagaimana siswa balajar di sekolah secara akademik, fisik, sosial maupun emosional Sejauh mana partisipasi anaknya dalam kegiatan di sekolah Kemampuan apa yang diraih siswa selama kurun waktu balajar tertentu Apa yang harus dilakukan orang tua untuk membantu mengembangkan potensi anaknya lebih lanjut
PENILAIAN KELAS Proses pengumpulan & penggunaan informasi oleh guru melalui sejumlah bukti untuk membuat keputusan ttg pencapaian hasil belajar/kompetensi siswa. Dilaksanakan terpadu dengan kegiatan belajar mengajar
CIRI PENILAIAN KELAS 1. BELAJAR TUNTAS 2. OTENTIK 3. BERKESINAMBUNGAN 4. BERDASARKAN ACUAN KRITERIA / PATOKAN 5. MENGGUNAKAN BERBAGAI TEKNIK & INSTRUMEN PENILAIAN
1. Belajar Tuntas Belajar tuntas (mastery learning): peserta didik tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya, sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang benar, dan hasil yang baik. Peserta didik yang belajar lambat perlu waktu lebih lama untuk materi yang sama, mereka dapat berhasil jika kompetensi awal mereka terdiagnosis secara benar dan mereka belajar dengan metode dan materi yang berurutan, mulai dari tingkat kompetensi awal mereka.
2. Penilaian Autentik Penilaian autentik adalah penilaian alternatif yang memungkinkan siswa dapat mendemonstrasikan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas dan menyelesaikan masalah. Menilai apa yang diketahui dan dapat dilakukan oleh siswa Siswa belajar bagaimana mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilannya ke dalam tugas-tugas yang otentik.
3. Berkesinambungan Memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil terus menerus dalam bentuk Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, dan Ulangan Kenaikan Kelas. Ulangan Harian : selesai satu atau beberapa Indikator. (tertulis, observasi, penugasan, atau lainnya) Ulangan Tengah Semester : selesai beberapa Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan Ulangan Akhir Semester : selesai semua Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan. Ulangan Kenaikan Kelas : selesai semua Kompetensi Dasar pada semester ganjil dan genap, dengan penekanan pada kompetensi dasar semester genap
4. Berdasar Acuan Kriteria/Patokan Prestasi kemampuan peserta didik TIDAK DIBANDINGKAN dengan peserta kelompok, tetapi dengan kemampuan yang dimiliki sebelumnya dan patokan yang ditetapkan
5. Menggunakan Berbagai Teknik & instrumen penilaian Bentuk Instrumen Lisan Daftar Pertanyaan Tulis Pilihan Ganda, B-S, Menjodohkan, isian singkat, uraian (subjektif dan objektif) Kinerja/Unjuk Kerja Skala penilaian (rating scale) atau daftar cek (check list) Proyek (Penugasan) Produk Observasi Lembar observasi Portofolio Penilaian Diri Lembar Penilaian Diri Penilaian Sikap Angket/kuisioner dan inventori
Unjuk Kerja (Performance): menilai keterampilan atau kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan yang sudah dimiliki meliputi mind-on activities dan hands-on activities misalnya: Memverbalkan permasalahan matematika Menterjemahkan permasalahan verbal ke dalam simbul- simbul matematika membuat sketsa gambar atau grafik Keterampilan memilih rumus yang sesuai Keterampilan mengerjakan Keterampilan membuat kesimpulan Keterampilan menggunakan media matematika
Penugasan (Proyek) : penilaian terhadap suatu tugas yang mengandung penyelidikan dan melibatkan banyak keterampilan memerlukan waktu yang relatif lama meliputi tahapan: perencanaan pengumpulan data pengolahan data penyajian data analisis dan kesimpulan
Hasil Kerja (Produk): penilaian terhadap kemampuan membuat produk (hasil fisik) menilai hasil akhir dan proses: hasil akhir, misalnya: - makanan - pakaian - hasil karya seni: gambar, lukisan, pahatan - barang-barang terbuat dari kayu, keramik, plastik, dan logam proses, seperti: - menggunakan teknik menggambar - menggunakan peralatan dengan aman - membakar kue dengan baik
PORTOFOLIO : Penilaian melalui karya terbaik siswa yang mencerminkan perkembangan proses belajar siswa pengumpulan dan penilaian secara terus menerus dilakukan refleksi (self assessment) memperlihatkan tingkat perkembangan kemajuan belajar siswa bagian terintegrasi dari proses pembelajaran untuk satu periode tujuan Diagnostik
Hal-hal yang perlu diperhatikan: Siswa merasa memiliki portofolio sendiri Tentukan bersama hasil kerja apa yang akan dikumpulkan Kumpulkan dan simpan hasil kerja siswa dalam 1 map atau folder Beri tanggal pembuatan Tentukan kriteria untuk menilai hasil kerja siswa Minta siswa untuk menilai hasil kerja mereka secara berkesinambungan Bagi yang kurang, beri kesempatan perbaiki karyanya, tentukan jangka waktunya Bila perlu, jadwalkan pertemuan dengan orang tua
Contoh Penskoran dengan Daftar Cek Tugas Penilaian Produk Tugas: Rancang dan buatlah mainan yang menggunakan roda. Daftar Cek: No Aspek yang dinilai Ya Tidak a Ada gambar rancangan model b Keberfungsian alat c Kerapian alat d Memperhatikan unsur estetika Contoh kriteria penskoran aspek (a): 1 = bila ya 0 = bila tidak Contoh perhitungan skor * skor maksimum: 4
Contoh Penskoran dengan Skala Penilaian Tugas Penilaian Produk Tugas: Rancang dan buatlah mainan yang menggunakan roda. Skala Penilaian: No Aspek yang dinilai Skor 1 2 3 a Gambar rancangan model b Keberfungsian alat c Kerapian alat d Unsur estetika Contoh kriteria penskoran aspek (a): 1 = Gambar rancangan tidak jelas dan tidak ada keterangan 2 = Gambar rancangan jelas tetapi tidak ada keterangan atau sebaliknya 3 = Gambar rancangan jelas dan ada keterangan Contoh perhitungan skor: * skor maksimum: 12
Penilaian terhadap perilaku dan keyakinan siswa terhadap obyek sikap PENILAIAN SIKAP Penilaian terhadap perilaku dan keyakinan siswa terhadap obyek sikap Cara: Observasi perilaku: kerja sama, inisiatif, perhatian Pertanyaan langsung: tanggapan terhadap peraturan/tata tertib baru Laporan pribadi: menulis pandangan ttg “Motivasi diri terhadap pelajaran matematika”
Contoh Format Penilaian Sikap Praktik Berdiskusi No. Nama Perilaku Nilai Keterangan Bekerja sama Berinisiatif Penuh Perhatian Bekerja sistematis 1. Ruri 2. Tono 3. ....
PENILAIAN DIRI Menilai diri sendiri berkaitan dengan status, proses, tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya.
PARTISIPASI DALAM DISKUSI KELOMPOK CONTOH PENILAIAN DIRI PARTISIPASI DALAM DISKUSI KELOMPOK Nama : ----------------------------------------------------- Nama-nama anggota kelompok : ----------------------------------------------------- Kegiatan kelompok : ----------------------------------------------------- Isilah pernyataan berikut dengan jujur. Untuk No. 1 s.d. 5, tulislah huruf A,B,C atau D di depan tiap pernyataan: A : selalu C : kadang-kadang B : sering D : tidak pernah 1. -------- Selama diskusi saya mengusulkan ide kpd klp utk didiskusikan 2. -------- Ketika kami berdiskusi, tiap org diberi kesempatan mengusulkan sesuatu 3. -------- Semua anggota kelompok kami melakukan sesuatu selama kegiatan 4. -------- Tiap orang sibuk dengan yang dilakukannya dalam kelompok saya 5. --------- Selama kerja kelompok, saya…. --------- mendengarkan orang lain --------- mengajukan pertanyaan --------- mengorganisasi ide-ide saya -------- mengorganisasi kelompok -------- mengacaukan kegiatan -------- melamun 6. Apa yang kamu lakukan selama kegiatan berlangsung? ------------------------------------------------------------------------------------------- SUMBER: Forster & Masters.1996.