BAB I. PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Sejarah Komputer :

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemograman berorientasi prosedur merupakan bahasa pemrograman yang melibatkan fungsi-fungsi atau prosedur-prosedur sebagai sub program untuk membentuk.
Advertisements

KOMPONEN DASAR KOMPUTER
Latar Belakang Penggunaan Komputer dan Sejarah Perkembangan
PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
Pengantar komputer dan ilmu komputer
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A Minggu ke 2. PENGENALAN KOMPUTER * Sejarah singkat komputer Computer berasal dari kata kerja to compute, yang berarti menghitung.
Komunikasi Dasar Manusia dan Komputer
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
Bahasa Pemograman.
Pengenalan Software (perangkat lunak)
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER Semangat Memperhatikan
} Program Aplikasi Perkembangan Komputer Grafik
P1. PENGENALAN KOMPUTER META MEYSAWATI, ST.  Latin “to compute”  menghitung  Alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DAN BAHASA-BAHASA PEMROGRAMAN
ASISTEN PTI 2011 Perkembangan Komputer. PERANGKAT LUNAK Perangkat Lunak Sistem Contoh: DOS, Windows, OS/2, dan UNIX Perangkat Lunak Aplikasi Contoh: Microsoft.
PERKEMBANGAN BAHASA KOMPUTER
SOFTWARE PENDUKUNG DAN PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI
Chip prosesor 4004 Chip prosesor 8008 Chip prosesor 8080.
PENERAPAN KOMPUTER BAGIAN 1. POKOK BAHASAN 1. PENGENALAN KOMPUTER 2. BAHASA BASIC DAN DIAGRAM ALIR 3. VARIABEL DAN KONSTANTA A. STATEMEN MENAMPILKAN DATA.
Dasar Pemrograman Pendahuluan.
Sistem adalah Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan.
By Adnan Purwanto, S.Kom.  Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah  Manusia harus menggunakan.
Sejarah Sistem Informasi
Dasar Komputer & Pemrograman 1 A
KOMPUTER PERANGKAT KERAS & KOMPUTER PERANGKAT LUNAK
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
Sejarah & Perkembangan Komputer
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Rifky Kurniawan, S.Kom, MTI
ELEMEN DASAR KOMPUTER.
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
PERTEMUAN I EVOLUSI KOMPUTER P1.
Pertemuan 3 Pengenalan Komputer.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Daniar Wikan Setyanto, M.SN
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
SEJARAH KOMPUTER DARI GENERASI PERTAMA HINGGA SEKARANG #2
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
KONSEP DASAR KOMPUTER Dedeng Hirawan, M.Kom.
KOMPUTER dan MANAJEMEN INFORMASI
SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI (KOMPUTER)
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Alur Sistem Dan flowchart.
SISTEM KOMPUTER Aplikasi Komputer 1.
Pertemuan 1.
Pengantar Teknologi Informasi
Oleh : Devie Rosa Anamisa
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Cucu Nur hayati & Pipit Melani XII A 2
PENGENALAN DASAR KOMPUTER (TIK 23103)
sistem komputer Fahrobby adnan s.kom., mmsi
Keterampilan komputer 1AB
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
PERANGKAT LUNAK Software.
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
3 HARDWARE KOMPUTER CHAPTER
Materi2.
Dasar Komputer & Pemrograman 1 A
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER PRINGSEWU
Algoritma pemrogaman komputer
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
Pengantar Teknologi Informasi
aplikasi komputer SEJARAH DAN PERKEMBANGAN KOMPUTER
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER OLEH : Sunti Eka Prawesti.
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER. PENGGOLONGAN ALAT PENGOLAHAN DATA 1. Peralatan manual : yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor.
Transcript presentasi:

BAB I. PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Sejarah Komputer : Komputer digital elektronoik pertama diciptakan oleh Prof. John V Atanasoff dari Iowa State University (USA) dan Asistennya Clifford Berry  Komputer ABC (Atanasoff-Berry-Computer)  Tabung-tabung hampa sebagai elemen logikanya (1945). Komputer generasi kedua : adalah komputer ENIAC (1948), Electronic Numerical Integrator and Computer ditemukan oleh Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, Jr. Sama menggunakan tabung-tabung hampa yang terintegrasi. Pada komputer 2 generasi ini, program untuk menjalankan komputer belum tersimpan.

Komputer generasi 3: Komputer dimana program yang diperlukan oleh komputer disimpan dalam suatu sistem penyimpan. Konsep ini ditemukan oleh Dr. John Von Neumann pada 1945. Konsep ini oleh Maurice V. Wilkers dikembangkan menjadi sebuah komputer dg penyimpan program pertama didunia pada th 1949 dari Cambridge University dan diberi nama EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator) Komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) ditemukan pada tahun 1951 Oleh Dr. John Von Neumann ENIAC, EDSAC dan EDVAC merupakan mesin komputer dalam tahap experimen dan hanya digunakan untuk pekerjaan perhitungan saja.

IBM (International Bussiness Machines Coorporation) memproduksi secara masal pada tahun 1956 sebuah komputer UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer) Untuk menjalankan komputer perlu program, dan penulisan program merupakan pekerjaan yang rumit dan sulit, disamping sering terjadi kesalahan-kesalahan dalam penulisan program. Hal ini terjadi karena penulisan instruksi program adalah ditulis dalam bahasa mesin komputer. Bahasa mesin merupakan gabungan dari angka, huruf dan karakter. Banyak waktu yang tersita menulis program dalam bahasa mesin, sehingga pada th 1950 dikembangkan metoda memprogram otomatis (Automatic programming) Cara ini menggunakan simbol notasi yang disingkat

Tahun 1954 kelompok IBM (John Backus) menyempurnakan pemrograman otomatis. Modifikasi ini disebut bahasa tingkat tinggi komputer. Bahasa pemrograman ini sangat sederhana, laiknya seperti penulisan dalam bahasa matematika namun bisa dimengerti oleh komputer dengan menggunakan Compiler atau Interpreter. Contoh : Fortran (Formula Translator) April 1957 Untuk bidang Engineering COBOL (Common Bussiness Oriented Language) 1960 untuk program diluar disiplin ilmu teknik dan sains BASIC (Beginer’s All Purpose Symbol Instruction Code) 1960 bersifat Umum. dll

Komputer = mesin pandai Komputer berdasarkan kapasitasnya dibagi menjadi berbagai tingkatan : - Komputer mikro (PC) - Komputer kecil (mini) - Komputer ukuran sedang (midi) - Komputer ukuran besar - Komputer ukuran Super Bagian yang penting berdasarkan perkembangannya Tabung hampa  Transistor  IC (komputer ukuran proses nano detik = 10-9 detik) Berdasarkan fungsi untuk memecahkan masalah komputer dapat dibagi menjadi 3 :

- Komputer digital : mampu melakukan pengolahan data kombinasi 1 dan 0, setiap karakter dinyatakan dengan 8 bit atau disebut byte (mis: termokontrol, mikrokontrol) - Komputer analog : mampu menampilkan bentuk-bentuk fungsi fungsi aritmatik dalam bentuk grafik - Komputer hibrid : mampu menghasilkan data dan gambar grafik (PC) Sistem Komputer terdiri 3 bagian yang penting : - Soft ware : Perangkat lunak merupakan program Terapan dan merupakan Sistem Operasi (yang mengatur kerja CPU dan lingkungan sekitarnya) (DOS,Windows,Linux,Unix dll) - Hard Ware : Sistem input dan output,CPU,perekam data - Brainware : manusia (Operator, Programer, Sistem analis)

Piranti Input dan Output Layar Tampilan dan Key bord CRT (Cathode Ray Tube), VDM (video Display monitor) Printer Pita kertas berlobang Kartu plong Pita magnetis Cakram magnetis (CD/DVD), USB, Diskette Unit Pengolah Utama (CPU) semua aksi komputer berlang sung. B. BAHASA KOMPUTER Komunikasi antara piranti dengan piranti dan antar komputer dengan manusia dilakukan dengan menggunakan suatu bahasa yang disebut bahasa Komputer. Bahasa komputer ada 2: Bahasa Tingkat Tinggi : adalah bahasa komputer yang dimengerti oleh orang awam (basic,fortran,pascal,d-base,delphi dll)

- Bahasa Tingkat Rendah (Bahasa Mesin) : Bahasa yang diguna- kan oleh komputer sendiri (komunikasi antara satu piranti dengan piranti yang lain)  Dipelajari khusus untuk para ahli komputer (Bhs assembler) Catatan : Instruksi yang dieksekusi oleh Komputer berasal dari bahasa tingkat Tinggi yang sebelumnya diterjemahkan oleh interpreter menjadi bahasa mesin yang dimengerti oleh komputer Tingkat Kompetensi manusia terhadap bahasa Program dapat dibagi menjadi 3 : a. Operator : orang yang sanggup menjalankan program aplikasi dengan baik dan benar. b. Programer : adalah orang yang mampu membuat program aplikasi dengan benar, baik untuk bahasa tingkat tinggi maupun bahasa tingkat rendah.

BAGAN ALIR (FLOW CHART) c. Sistem analisis : Orang yang mempunyai kemampuan untuk menganalisis hubungan antara bahasa program dengan perangkat keras yang digunakan, sehingga diperoleh sistem operasi yang optimal. BAGAN ALIR (FLOW CHART) Masalah pemrograman bisa sederhana atau komplek Permasalahan  Algoritma  Flow Chart  Penulisan Program  (Input Data) dan Exekusi program  Informasi yang dibutuhkan (Hasil dari proses pemrograman). Flow Chart adalah gambar yang memperlihatkan aliran kegiatan yg Harus dilaksanakan.

Kode : Bahasa Assembly Assembler Eksekusi : Bahasa Mesin Penerjemahan Oleh Assembler Kode : Bahasa Level Atas Compiler Eksekusi : Bahasa Mesin Proses Kerja Kompiler

Kode : Bahasa Level Atas Compiler Eksekusi : Bahasa Assembly Kode : Bahasa Assembly Assembler Eksekusi : Bahasa Mesin Proses Kerja Compiler + Assembler

Simbol-simbol yang digunakan pada flow Chart 1. Digunakan untuk menunjukan operasi yang dila- kukan untuk membawa data atau mengirimkan dari dan ke pranti input atau piranti output Digunakan untuk menggambarkan instruksi atau Proses pengolahan data 2. Digunakan untuk menggambarkan perintah Pilihan (testing) 3. Digunakan untuk menunjukan awal, akhir atau Titik interupsi pada sebuah program 4.

Instruksi atau sekumpulan instruksi yang akan mengubah program 5. Untuk menunjukan global operasi yang dilaksanakan 6. Digunakan untuk menunjukan sambungan dari Bagian flowchart dimana bagian tersebut ada Pada halaman yang sama 7. Digunakan untuk menunjukan sambungan dimana sambungannya pada hal yang berbeda 8.

Mulai Read A,B,C D=B^2-4*A*C B D>0 D<0 D=0 D=? Write “dua Akar berbeda” Write “akar imajiner Write “akar Kembar” D1=SQR(D) X =-B/(2*A) X1=(-B+D1)/(2*A) X2=(-B-D1)/(2*A) Write X1,X2 Write x A

A Ya Akan hitung lagi? B Tidak Selesai

D. DATA DAN INFORMASI Data adalah penggambaran fakta secara umum, yang dilukiskan dg simbol, tulisan atau angka. Obyek yang digambarkan bisa ide, kondisi, situasi dll Data : merupakan bahan dasar dari informasi Informasi : sbg hasil pengolahan data yang memberikan kejelasan suatu obyek yang berhubungan erat dg nilai dan Arti dari obyek tsb E. PROGRAM: Kumpulan dari beberapa statemen yang harus disusun dalam urutan yang benar menurut nalar untuk mendapatkan informasi dg memasukan data yang dibutuhkan. Didalam program mengandung Statemen-Statemen, Statemen disini ada 3 yaitu statemen matematik, logika,I/O

Contoh Program sederhana Rem contoh program sederhana Rem =================== A = 25 B = A*A Print “hasil B =“;B End hasil B = 625 F. STATEMEN Adalah suatu rangkaian instruksi yang akan memerintahkan Komputer untuk membentuk atau melakukan suatu operasi. Contoh : dalam bahasa Basic Print “laporan akhir” Dalam setiap jenis Bahasa pemrograman mempunyai bentuk statemen yang berbeda-beda

Contoh - contoh statemen Bahasa Qbasic : For-next Go to Read-data If-then If-then-else Dim dll Bahasa Turbo Pascal : Uses crt Var Begin-end Write Goto If-then dll

Contoh : Penulisan Program dalam Bahasa Visual Basic Private Sub Form_Click( ) Dim Nilai_Akhir As Integer Nilai_Akhir = InputBox(“Ketik Nilai Akhir”) Print “Nilai Akhir : &Nilai_Akhir If (Nilai_Akhir >= 55) Then Print “Keterangan : LULUS” Else Print “Keterangan : GAGAL” End If End Sub