DR. MA Muazar Habibi, S.Psi.,Psych.,M.Pd Psikologi Manusia DR. MA Muazar Habibi, S.Psi.,Psych.,M.Pd
Siapakah Aku?
t e o r i Carl Gustav Jung perilaku manusia yang normal memiliki pola tertentu dan dapat diramalkan pola perbedaannya dihasilkan oleh : perbedaan pada kecenderungan cara menggunakan pikirannya, yaitu dalam memperoleh informasi dan mengelolanya untuk menghasilkan kesimpulan
Myers - Briggs Katharine Cook-BRIGGS (1875-1968) dan putrinya, Isabel Briggs-MYERS (1897-1980)
Myers - Briggs didorong oleh kondisi potensi manusia dalam Perang Dunia II (1940-1945) yang kurang diperhatikan. sekitar tahun 1950-an : mempelajari dan memperluas pemikiran Carl Gustav Jung. mengembangkan Indikator untuk memberi manfaat yang luas pada individu melalui pengenalan tipe psikologis yang dimiliki.
cara memahami diri d i r i dalam konteks Diri yang berkembang DIRI SEJATI penyesuaian t i ngkah laku
PREFERENSI merupakan pilihan netral tidak ada cap moril baik dan buruk bersifat pembawaan kita memiliki ke-8 preferensi yang ada, hanya saja kita memilih 4 bertindak sesuai preferensi akan merasa lebih nyaman dan spontan
perbedaan preferensi E xtravert I ntrovert S ensing i N tuition arah pemusatan perhatian E xtravert I ntrovert cara memperoleh informasi S ensing i N tuition cara mengambil keputusan T hinking F eeling cara menyikapi dunia luar J udging P erceiving
ekstraver introver pengindera intuisi perasa pemikir penerima penilai sensing intuisi intuition perasa feeling pemikir thinking penerima perceiving penilai judging
menentukan Tipe Anda dari uraian mengenai ke-8 preferensi (4 pasangan), Anda memilih 4 preferensi. 4 preferensi yang dipilih menghasilkan 4 kombinasi huruf. kombinasi huruf yang mewakili preferensi akan menggambarkan proses mental yang cenderung digunakan dan mempengaruhi tingkah laku anda.
silahkan Anda memilih E atau I E xtrovert I I ntrovert
E I memperhatikan lingkungan eksternal menarik diri pada dunianya sendiri
E I cenderung untuk berkomunikasi secara verbal cenderung untuk berkomunikasi secara non-verbal / tulisan
E I belajar melalui perilaku atau diskusi belajar melalui refleksi diri
E I minat yang meluas minat yang mendalam
E I bicara/bertindak dulu, baru (kemudian) berfikir berfikir dulu, baru (kemudian) berbicara/bertindak
E xtrovert I ntrovert ekspresif dan mudah bersosialisasi menyendiri dan terkendali
berinisiatif dalam bekerja dan berhubungan dengan orang lain fokus
arah pemusatan perhatian anda E xtrovert I ntrovert arah pemusatan perhatian anda E I pendorong atau enersi utamanya adalah lingkungan - dunia luar, berupa orang lain maupun benda pendorong atau enersi utamanya berasal dari dalam dirinya - dunia dalam, berupa pikiran dan refleksi (perenungan)
E xtrovert I ntrovert bagi orang Introvert, para Extrovert terkesan sering berubah pikiran bagi orang Extrovert, para Introvert terkesan suka menahan informasi
E x t r o v e r t memperhatikan lingkungan eksternal cenderung untuk berkomunikasi secara verbal belajar melalui perilaku atau diskusi minat yang meluas bicara/bertindak dulu, baru (kemudian) berfikir ekspresif dan mudah bersosialisasi berinisiatif dalam bekerja dan berhubungan dengan orang lain
I n t r o v e r t menarik diri pada dunianya sendiri cenderung untuk berkomunikasi secara non-verbal/ tulisan belajar melalui refleksi diri minat yang mendalam berfikir dulu, baru (kemudian) berbicara/bertindak menyendiri dan terkendali perhatian terfokus
demi keseimbangan keduanya saling membutuhkan EXTROVERT INTROVERT demi keseimbangan keduanya saling membutuhkan
silahkan Anda memilih S atau N S ensing pengindera N i N tuitif intuisi
S N memusatkan pada apa yang nyata dan aktual memusatkan pada “gambaran umum” dan kemungkinan
S N menghargai aplikasi praktis menghargai pemahaman imajinatif
faktual dan konkrit, memperhatikan detail S N E=mc2 faktual dan konkrit, memperhatikan detail abstrak dan teoritis
S N mengamati dan mengingat secara berurutan melihat pola dan makna dibalik fakta
S N berorientasi pada saat ini berorientasi pada masa depan
menginginkan informasi 1 4 7 2 3 menginginkan informasi setahap demi setahap melompat-lompat, pindah dimana saja
S N mempercayai inspirasi mempercayai pengalaman
S N S ensing i N tuition mengumpulkan informasi melalui panca indera cara anda memperoleh informasi S N mengumpulkan informasi melalui panca indera mengumpulkan informasi dengan menggunakan “indera keenam”, firasat atau dugaan - dugaan
bagi orang Sensing, para Intuition terkesan plin-plan dan pemimpi bagi orang Intuition, para Sensing terkesan sangat berorientasi pada kenyataan, mencari bukti bagi orang Sensing, para Intuition terkesan plin-plan dan pemimpi
S e n s i n g memusatkan pada apa yang nyata dan aktual menghargai aplikasi praktis faktual dan konkrit, memperhatikan detail mengamati dan mengingat secara berurutan berorientasi pada saat ini menginginkan informasi setahap demi setahap mempercayai pengalaman
i N t u i t i o n memusatkan pada “gambaran umum” dan kemungkinan menghargai pemahaman imajinatif abstrak dan teoritis melihat pola dan makna dibalik fakta berorientasi pada masa depan melompat-lompat, pindah dimana saja mempercayai inspirasi
demi keseimbangan keduanya saling membutuhkan SENSING demi keseimbangan keduanya saling membutuhkan INTUITION
silahkan Anda memilih T atau F T hinking pemikir F F eeling perasa
kuat dalam memahami orang lain F kuat dalam analisa kuat dalam memahami orang lain
T F menggunakan ‘kepala’ menggunakan ‘hati’
T F menggunakan aturan berfikir sebab-akibat dibimbing oleh ‘nilai-nilai’ pribadi
T F “Teguh-pendirian” “Lembut-perasaan”
T F berjuang untuk kebenaran yang objektif berjuang untuk keharmonisan dan keyakinan individual
T F masuk akal kasih sayang
T F a d i l m e n e r i m a
cara anda mengambil keputusan T hinking F eeling cara anda mengambil keputusan T F pengambilan keputusan berdasarkan pada pertimbangan yang logis dan obyektif pengambilan keputusan berdasarkan pada pertimbangan nilai nilai pribadi yang subyektif
T hinking F eeling bagi orang Feeling, para Thinking terkesan dingin dan merendahkan orang lain bagi orang Thinking, para Feeling terkesan berpikir tidak jelas dan emosional
T h i n k i n g kuat dalam analisa menggunakan “kepala” menggunakan aturan berfikir sebab-akibat “teguh-pendirian” berjuang untuk kebenaran yang objektif masuk akal adil
F e e l i n g menggunakan “hati” dibimbing oleh ‘nilai-nilai’ pribadi kuat dalam memahami orang lain menggunakan “hati” dibimbing oleh ‘nilai-nilai’ pribadi “lembut-perasaan” berjuang untuk keharmonisan dan keyakinan individual kasih sayang menerima
demi keseimbangan keduanya saling membutuhkan THINKING FEELING
silahkan Anda memilih J atau P J udging penilai P P erceiving penerima
J P schedule terjadwal spontan
J P teratur berpikiran terbuka
J P menyukai batasan yang jelas dan kategori - kategori menyukai kebebasan untuk menjajagi tanpa batas
J P merasa nyaman dalam situasi yang pasti, ada batasan merasa nyaman dalam situasi yang terbuka
J P Plan terencana menyesuaikan diri
suka pada hal yang bebas dan terbuka pada perubahan J P suka pada hal yang bebas dan terbuka pada perubahan suka menutup perkara – mengambil keputusan
J P merasa bersemangat oleh tekanan ‘deadline’ menghindari tekanan ‘deadline’
J udging P erceiving cara anda menyikapi dunia luar J P gaya hidup Judging adalah pasti, terencana dan teratur gaya hidup Perceiving adalah luwes, mudah menyesuaikan dan spontan
J udging P erceiving bagi orang Perceiving, para Judging terkesan menuntut, kaku, gelisah atau tegang bagi orang Judging, para Perceiving terkesan tidak terorganisir, dan tidak bertanggung jawab
J u d g i n g terjadwal teratur menyukai batasan yang jelas dan kategori - kategori merasa nyaman dalam situasi yang pasti, ada batasan terencana suka menutup perkara, mengambil keputusan menghindari tekanan batas waktu
P e r c e i v i n g spontan berpikiran terbuka menyukai kebebasan untuk menjajagi tanpa batas merasa nyaman dalam situasi yang terbuka menyesuaikan diri suka pada hal yang bebas dan terbuka pada perubahan merasa bersemangat oleh tekanan batas waktu
demi keseimbangan keduanya saling membutuhkan JUDGING demi keseimbangan keduanya saling membutuhkan PERCEIVING
Ingin tahu lebih banyak tentang artinya??
Siapakah Kita?
Psikologi Perkembangan cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan dan perubahan aspek kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai dengan mati.
Sigmund Freud (1856-1939) psikiater Jerman
Perkembangan Psikoseksual Tahapan Oral (lahir – 1,5 tahun) Tahapan Anal (1,5 – 3 tahun) Tahapan Falik (3 – 6 tahun) Tahapan Laten (6 – pubertas) Tahapan Genital (setelah pubertas)
Tahapan Oral Pada tahap oral, sumber utama bayi interaksi terjadi melalui mulut, sehingga refleks mengisap adalah sangat penting. Bayi juga mengembangkan rasa kepercayaan dan kenyamanan melalui stimulasi oral. Konflik utama pada tahap ini adalah proses penyapihan, jika kurang tepat individu akan memiliki masalah dengan ketergantungan atau agresi. Juga dapat mengakibatkan masalah dengan minum, merokok makan, atau menggigit kuku.
2. Tahapan Anal fokus utama dari libido adalah pada pengendalian kandung kemih dan buang air besar. Konflik utama pada tahap ini adalah pelatihan toilet – anak harus belajar untuk mengendalikan kebutuhan tubuhnya. Mengembangkan kontrol ini menyebabkan rasa prestasi dan kemandirian. Kegagalan : - terlalu longgar : individu boros dan berantakan - terlalu awal : ketat, tertib, kaku dan obsesif.
3. Tahapan Falik fokus utama dari libido adalah pada alat kelamin. Anak-anak juga menemukan perbedaan antara pria dan wanita.
4. Tahapan Laten Periode laten adalah saat eksplorasi di mana energi seksual tetap ada, tetapi diarahkan ke daerah lain seperti pengejaran intelektual dan interaksi sosial. Tahap ini sangat penting dalam pengembangan keterampilan sosial dan komunikasi dan kepercayaan diri.
5. Tahapan Genital individu mengembangkan minat seksual yang kuat pada lawan jenis, kepentingan kesejahteraan orang lain tumbuh selama tahap ini. Jika tahap lainnya telah selesai dengan baik, individu hidup seimbang, hangat dan peduli.
Jean Piaget (1896-1980) Psikolog Swiss
Perkembangan Kognitif Tahap Sensorimotor (0-2 tahun), Tahap Preoperasional (2-7 tahun), Tahap Concrete operations (7-11 tahun), Tahap Formal operations (mulai 11-15 tahun ke atas).
Tahap Sensorimotor (0-2 tahun), bayi lahir dengan sejumlah refleks bawaan selain juga dorongan untuk mengeksplorasi dunianya
Tahap Praoperasional (2-7 tahun), Dalam tahapan ini, anak belajar menggunakan dan merepresentasikan objek dengan gambaran dan kata-kata. Pemikirannya masih bersifat egosentris: anak kesulitan untuk melihat dari sudut pandang orang lain. Anak dapat mengklasifikasikan objek menggunakan satu ciri, seperti mengumpulkan semua benda merah walau bentuknya berbeda-beda atau mengumpulkan semua benda bulat walau warnanya berbeda-beda.
3. Tahap Operasional Kongkrit (7-11 tahun), mempunyai ciri berupa penggunaan logika yang memadai. Proses-proses penting selama tahapan ini adalah: Pengurutan Klasifikasi Decentering Reversibility Konservasi Penghilangan sifat Egosentrisme
4. Tahap Operasional Formal (mulai 11-15 tahun ke atas) Karakteristik tahap ini adalah diperolehnya kemampuan untuk berpikir secara abstrak, menalar secara logis, dan menarik kesimpulan dari informasi yang tersedia. Dalam tahapan ini, seseorang dapat memahami hal-hal seperti cinta, bukti logis, dan nilai. Ia tidak melihat segala sesuatu hanya dalam bentuk hitam dan putih, namun ada "gradasi abu-abu" di antaranya.
Erik Erikson (1902- 1994) Psikolog Denmark
Perkembangan Psikososial Trust vs Mistrust (0-1 tahun) Autonomy vs Shame/Doubt (1-3 tahun) Initiative vs Guilt (3-5 tahun) Industry vs Inferiority (6 – remaja) Identity vs Identity confusion (10-20 tahun) Intimacy vs Isolation (20-30 tahun) Generativity vs Stagnation (40-50 tahun) Integrity vs Despair (Lansia)
James W. Fowler (1940 - 2000) psikiater asal Swiss
Perkembangan Iman iman intuitif-projektif (18-24 bulan - 7 tahun) iman mitis-literal (7 - 12 tahun) iman sintetik-konvensional (usia remaja dan selanjutnya) iman individuatif-reflektif (awal hingga pertengahan umur duapuluhan) iman konjuktif (usia paruh baya) iman universal (lanjut usia)
iman intuitif-projektif Pada tahap ini manusia hanya fokus pada kualitas secara permukaan saja, seperti apa yang digambarkan oleh orang dewasa dan tergantung pada luasnya fantasi dari manusia itu sendiri. Di sini konsep Tuhan direfleksikan sebagai sesuatu yang gaib
iman mitis-literal Pada tahap ini, fantasi sudah tidak lagi menjadi sumber utama dari pengetahuan, dan pembuktian fakta menjadi perlu. Pembuktian kebenaran bukan berasal dari pengalaman aktual yang dialami sendiri, tapi berasal dari sesuatu yang dianggap lebih ahli, seperti guru, orang tua, buku, dan tradisi. Kepercayaan di fase ini mengarah pada sesuatu yang konkrit dan tergantung dari kredibilitas orang yang bercerita.
iman sintetik-konvensional Pada tahap ini kepercayaan tergantung pada konsensus dari opini orang lain, orang yang lebih ahli. Mempelajari fakta masih menjadi sumber informasi, tapi individu mulai percaya pada penilaian mereka sendiri. Meskipun demikian mereka belum sepenuhnya percaya terhadap penilaian mereka tersebut.
iman individuatif-reflektif Pada tahap yang ketiga remaja tidak dapat menemukan area pengalaman baru karena tergantung pada orang lain di kelompoknya yang belum tentu dapat menyelesaikan masalah. Individu di tahap ini mulai mengambil tanggungjawab atas kepercayaannya, perilaku, komitmen, dan gaya hidupnya. Tapi individu pada tahap ini tetap masih membutuhkan figur yang bisa diteladani.
iman konjuktif Pada tahap ini individu mulai bisa memahami dan mengintegrasikan elemen spiritual seperti simbolisasi, ritual, dan kepercayaan. Individu di tahap ini juga menganggap bahwa semua orang termasuk dalam kelompok yang universal dan memiliki rasa kekeluargaan terhadap semua orang.
iman universal Fowler menganggap bahwa sangat sedikit orang yang mampu mencapai tahap ini
Siapakah Kamu? Siapakah Dia? Siapakah Mereka?