GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
Advertisements

Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Usulan Liputan Materi. Apakah Komputer Grafis itu?  Kreasi, Manipulasi, dan Penyimpanan obyek geometris (pemodelan) dan citranya (rendering)  Peragaan.
Bab 6 Multimedia.
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Pertemuan 8 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST., M.Eng
Video • Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
LOGO “ Add your company slogan ” Siswo Wardoyo, S.T., M.Eng. Siswo WardoyoJurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTIRTA2011/2012- Genap
PERBEDAAN PIXEL DAN VEKTOR
PERANGKAT LUNAK PEMBUAT GRAFIS
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Tugas Besar Input & Transformasi
Grafika Komputer 3 sks.
Grafika Komputer (TIZ10)
} Program Aplikasi Perkembangan Komputer Grafik
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
KOMPUTER GRAFIK KONSEP DASAR KOMPUTER GRAFIK
Ida Bagus Surya Dharma,S.Kom
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) DAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Output Devices.
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Pengenalan Grafika Komputer
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
19 Januari 2011 Grafika komputer.
10/5/2004 Pengantar Teknologi Informasi Pertemuan 5 Output Device.
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 3 SKS
Pengantar Komputer Grafik
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
Pertemuan 1 Introduction
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER
TEKNIK ANTARMUKA.
Grafis berbasis Vektor dan Bitmap
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
Part 1 PENGENALAN GRAFIKA.
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Grafika Komputer Edy Santoso, S.Si., M.Kom
VB.NET Berbasis pada Visual-basic
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
Pengantar Design Grafis
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
IF37325P - Grafika Komputer Silabus dan Rencana Perkuliahan
Pengantar Grafika Komputer
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
Komputer Grafis by Muhammad R Babo
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
KOMPUTER GRAFIK unindra
Grafika komputer 1.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pengantar Komputer Grafis MK. Komputer Grafis
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1)
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
Pengantar teknologi informasi
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENGENALAN CITRA DIGITAL
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
EDITING DAN KOMPUTER GRAFIS Pendahuluan. Komputer Grafis S uatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa.
Transcript presentasi:

GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221) Hilman Fauzi TSP, ST

SILABUS Pengantar grafika komputer; Primitif keluaran: algoritma dan metoda pembuatan primitif; Transformasi; Windowing dan Clipping; Kurva: Bezier, B-spline; ------------------------------------------UTS---------------------------------- Realism: Hidden line elimination, hidden surface removal, model Illuminasi, Gouroud Shading, Phong Shading, dithering, fractal objects, model-model warna; Geometric Modeling; Ray Tracing;  Pengantar Antarmuka Grafika.

UTS : 30% UAS : 30% PRESENTASI/TUGAS : 40% ATURAN NILAI UTS : 30% UAS : 30% PRESENTASI/TUGAS : 40%

IMAGE PROCESSING VS COMPUTER GRAPHICS Berorientasi pixel Berorientasi Vektor Mengolah data citra untuk mendapatkan interpretasi 2D/3D Menggunakan model 2D/3D  hasil realistik Titik berat pada memanipulasi citra sesuai dengan keperluan user Cenderung mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/animasi (2D/3D) Berawal dari citra digital  deskripsi objek pada citra Mendeskripsikan objek dengan primitif dasar grafis untuk mem-bentuk citra 2D/3D

IMAGE PROCESSING VS COMPUTER GRAPHICS (cont’d) 1 2 3 4 1 Image Processing Computer Graphics (3,Timur),(4,Selatan),(3,Barat),(4,Utara) [(0,1),(0,3)], [(0,3),(4,3)], [(4,3),(4,1)], (4,1),(0,1)] [(0,1),(4,3)] atau (0,1,4,3)  atribut informasi segi empat

GRAFIKA KOMPUTER Proses grafika komputer Deskripsi Citra / animasi objek Citra / animasi 2D / 3D

PENGOLAHAN CITRA Pengolahan citra Citra yang sesuai dgn kebutuhan awal

IMAGE PROCESSING VS COMPUTER GRAPHICS Berorientasi pixel Berorientasi Vektor Mengolah data citra untuk mendapatkan interpretasi 2D/3D Menggunakan model 2D/3D  hasil realistik Titik berat pada memanipulasi citra sesuai dengan keperluan user Cenderung mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/animasi (2D/3D) Berawal dari citra digital  deskripsi objek pada citra Mendeskripsikan objek dengan primitif dasar grafis untuk mem-bentuk citra 2D/3D

IMAGE PROCESSING VS COMPUTER GRAPHICS (cont’d) 1 2 3 4 1 Image Processing Computer Graphics (3,Timur),(4,Selatan),(3,Barat),(4,Utara) [(0,1),(0,3)], [(0,3),(4,3)], [(4,3),(4,1)], (4,1),(0,1)] [(0,1),(4,3)] atau (0,1,4,3)  atribut informasi segi empat

PENERAPAN GRAFIKA KOMPUTER Computer Aided Design (CAD) Presentasi Art HIburan Pendidikan dan Pelatihan Visualisasi GUI (Graphical User Interface)

PERANGKAT LUNAK GRAFIS Corel Draw Auto CAD 3D Studio MAX Visio

GRAFIKA KOMPUTER Fungsi Komputer  mempercepat perhitungan Jumlah data yang besar Penyajian data yang efisien dan efektif Penyajian secara grafis  munculnya computer graphics Computer Graphics  meningkatkan komunikasi manusia dengan mesin

SISTEM GRAFIKA KOMPUTER Data  Grafik, operator tidak dapat berinteraksi dengan komputer (statis) Diinginkan Interactive Computer Graphic  operator bisa mengendalikan : isi, format, bentuk, ukuran, warna. Sistem interaktif  mensimulasikan real world pada layar komputer

SISTEM GRAFIKA KOMPUTER Berdasarkan cara pandang pada layar : Motion dynamic  objek bergerak, kita sbg pengamat (diam) atau sebaliknya. ex : flight simulator Update dynamic  perubahan sifat pada objek (bentuk,warna). ex : simulasi tabrakan mobil

KLASIFIKASI PENERAPAN GRAFIKA KOMPUTER Berdasarkan tipe dari objek dan gambar yang dihasilkan Berdasarkan interaksi dan derajat pengendalian objek/gambar dalam layar Berdasarkan role of the picture Berdasarkan hubungan antara objek dan gambar yang tertampil.

MONITOR Komponen Utama Monitor : Display Frame Buffer  berbentuk matrix Display Controller/Display processor

MONITOR (cont.) Dari cara menampilkan gambar : Vector Display/Calligraphic Display/Stroke Display (60-An) Raster Display. (70-an)

VEKTOR DISPLAY

RASTER DISPLAY

MONITOR (cont.) Jenis Monitor : Layar Tabung (CRT = Cathode-Ray Tube) Layar Tanpa Tabung (LED, LCD, Plasma Display)

REFERENSI Hearn, Donald, M. Pauline Baker, Computer Graphics, Prentice Hall. Watt, Alan, 3D Computer Graphics, Pearson Education. Gonzalez, Rafael C dan Paul Wintz. 1987. Digital Image Processing. Addison-Wesley Publishing Company. Pitas, Ioannis. 1993. Digital Image Processing Algorithms. Prentice Hall International (UK) Ltd Kay, David dan John Levine. 1995. Graphics File Formats. Windcrest/McGraw-Hill