1 e-Commerce Komang Kurniawan W.,M.Cs.
Intro Mata Kuliah : e-Commerce Kode / SKS : MKB-114 / 3 Waktu (Durasi) : 2 jam 15 menit Metode Pembelajaran : Sharing Presentasi Kelompok Latihan
Bobot Penilaian Keaktifan (Max 15 %, Min 10% ) 10 % Tugas (Max 15%, Min 0 %) 15 % Quiz 15 % UTS ( Max 40, Min 20 %) 30 % UAS (Max 45%, Min 30 %) 30 %
Grade Penilaian Nilai Absolut Nilai Huruf Bobot Nilai 80 ≤ x ≤ 100 A 4 3 55 ≤ x < 65 C 2 40 ≤ x < 55 D 1 0 ≤ x < 40 E
Aturan Perkuliahan Batas Keterlambatan : 20 menit Tugas www.komangkurniawan.com Syarat ikut UAS kehadiran minimal 75%
Pokok Bahasan Sejarah perkembangan teknologi komputer Perkembangan software dan hardware Perkembangan teknologi internet Perangkat keras dan fungsinya Digital literacy dan Information Literacy E-Commerce dan e-Business Publikasi elektronik Intellectual Property Kejahatan komputer dan Sistem Keamanan Data Komputer dan Hukum Masyarakat dan Informasi Komputer dan Pemerintah Etika dan tanggung jawab profesi
Reference Purbo, Onno. W. 2001, Mengenal e-Commerce, Jakarta : Elek Media Komputindo Adams, Chris. 2003. Internet Strategy, Hot Banana Software Oetomo, Budi Sutedjo et all, 2003. Jargon e- Business, Yogyakarta : Graha Ilmu Ustadiyanto, Riyeke, 2002, e-Business Plan : Perencanaan, Pembangunan dan Strategi di Internet, Yogyakarta : Andi
Konsep aplikasi web sebuah aplikasi yang mengunakan teknologi browser untuk menjalankan aplikasi dan diakses melalui jaringan komputer
Bagan sistem aplikasi web
Sejarah aplikasi basis web Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (CERN). CERN organisasi dari 18 negara di eropa Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi
Sejarah aplikasi basis web 1993, Marc Andreesen dan team membuat Web browser untuk sistem Windows yang berbasiskan grafik. 1994 membangun sebuah browser Netscape, menggantikan kepopuleran Mosaic. CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Sejarah aplikasi basis web Aplikasi web dibangun dengan bahasa HTML HTML (HyperText Markup Language) merupakan sebuah bahasa markup (tanda) yang digunakan dalam membuat sebuah halaman web Aplikasi web dibagi menjadi 2, yaitu : Web Statis Web Dinamis
Perkembangan Web Web 1.0 Web 1.0 ini hanya berisikan segala informasi dan content yang di muat oleh administrator dan hanya bisa dilihat oleh para pengunjung tanpa bisa memberikan comment Web 2.0 Pengunjung web dapat memberi andil pada content web dengan memberi comment, polling, foto dan lain sebagainya. Contoh : friendster, youtube, dll Web 3.0 Tambahan bahasa mesin yang terintegrasi pada web dapat memungkinkan bagi mesin untuk memenuhi keinginan kita dan juga kita diberi keleluasaan untuk memodifikasi website