Mendefinisikan masalah dalam ruang sistem informasi berbasis kecerdasan buatan Pertemuan 2 Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI
Advertisements

Penyelesaian Masalah Dengan AI
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
TEKNIK PENCARIAN (SEARCHING)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelligent
KONSEP SISTEM INFORMASI
SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
ANALISA SISTEM INFORMASI
Rancangan Program Materi Pertemuan 13 Sumber : Slide Inayatullah,M.Si.
Analisis dan desain sistem
Depth First Search (DFS)
KOMPONEN SISTEM INFORMASI Materi Pertemuan ke-4.
Kecerdasan Buatan Materi 2 Masalah Ruang Keadaan.
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Searching As’ad Djamalilleil
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Analisis Sistem.
Himpunan Pertemuan Minggu 1.
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
SISTEM INTELEGENSIA BUATAN
Analisa dan Perancangan SI
PERANCANGAN KASUS UJI.
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian. What is AI ? Sistem yang berpikir seperti manusia Thinking humanly Sistem yang berpikir secara rasional Thinking.
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Breadth First Search (BFS)
WISNU HENDRO MARTONO,M.Sc
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian
Pendefinisian problema sebagai proses pencarian ruang keadaan
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
Kecerdasan Buatan Materi 2 Masalah Ruang Keadaan.
KOMPUTASI KECERDASAN BUATAN
Konsep Data, informasi, Sistem dan sistem informasi
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
ANALISA DAN DESAIN SISTEM INFORMASI
Pendefinisian problema sebagai proses pencarian ruang keadaan
MASALAH DAN RUANG KEADAAN
Pengantar Kecerdasan Buatan
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelligence
KONSEP SISTEM INFORMASI
Analisis dan Desain Sistem Informasi
Klasifikasi Sistem Informasi berbasis Komputer
Pertemuan 2 Diema HS, M. Kom
Pertemuan 2 Diema HS, M. Kom
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelegence/ P 3-4
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
Penyelesaian Masalah Berdasarkan Teknik AI.
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Ruang Masalah di Kecerdasan Buatan
MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
Pertemuan 2 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Analisis dan desain sistem informasi
KONSEP SISTEM INFORMASI
KOMPUTASI KECERDASAN BUATAN
Analisis dan desain sistem informasi
Analisis dan desain sistem informasi
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KONSEP SISTEM INFORMASI
Analisis dan desain sistem informasi
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
KONSEP SISTEM INFORMASI
Transcript presentasi:

Mendefinisikan masalah dalam ruang sistem informasi berbasis kecerdasan buatan Pertemuan 2 Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

KLASIFIKASI SISTEM A. DETERMINISTIK SISTEM. B. PROBABILISTIK SISTEM. Sistem dimana operasi-operasi (input/output) yang terjadi didalamnya dapat ditentukan/ diketahui dengan pasti. Contoh : Program komputer, melaksanakan secara tepat sesuai dengan rangkaian instruksinya. Sistem penggajian. B. PROBABILISTIK SISTEM. Sistem yang input dan prosesnya dapat didefinisikan, tetapi output yang dihasilkan tidak dapat ditentukan dengan pasti; (Selalu ada sedikit kesalahan/penyimpangan terhadap ramalan jalannya sistem). Sistem penilaian ujian Sistem pemasaran. Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

C. OPEN SISTEM. Sistem yang mengalami pertukaran energi, materi atau informasi dengan lingkungannya. Sistem ini cenderung memiliki sifat adaptasi, dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga dapat meneruskan eksistensinya. Contoh : Sistem keorganisasian memiliki kemampuan adaptasi. (Bisnis dalam menghadapi persaingan dari pasar yang berubah. Perusahaan yang tidak dapat menyesuaikan diri akan tersingkir) Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

D. CLOSED SISTEM. Sistem fisik di mana proses yang terjadi tidak mengalami pertukaran materi, energi atau informasi dengan lingkungan di luar sistem tersebut. Contoh : - reaksi kimia dalam tabung berisolasi dan tertutup. Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

E. RELATIVELY CLOSED SISTEM. Sistem yang tertutup tetapi tidak tertutup sama sekali untuk menerima pengaruhpengaruh lain. Sistem ini dalam operasinya dapat menerima pengaruh dari luar yang sudah didefinisikan dalam batas-batas tertentu Contoh : Sistem komputer. (Sistem ini hanya menerima masukan yang telah ditentukan sebelumnya, mengolahnya dan memberikan keluaran yang juga telah ditentukan sebelumnya. tidak terpengaruh oleh gejolak di luar sistem). Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

F. ARTIFICIAL SISTEM. G. NATURAL SISTEM. Sistem yang meniru kejadian dalam alam. Sistem ini dibentuk berdasarkan kejadian di alam di mana manusia tidak mampu melakukannya. Dengan kata lain tiruan yang ada di alam. Contoh : Sistem AI, yaitu program komputer yang mampu membuat computer seolah-olah berpikir. Sistem robotika. Jaringan neutral network. G. NATURAL SISTEM. Sistem yang dibentuk dari kejadian dalam alam. Contoh : - laut, pantai, atmosfer, tata surya dll. Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

Sistem yang menitik beratkan hubungan antar manusia. H. MANNED SISTEM. Sistem penjelasan tingkah laku yang meliputi keikut sertaan manusia. Sistem ini dapat digambarkan dalam cara-cara sebagai berikut : 1. Sistem manusia-manusia. Sistem yang menitik beratkan hubungan antar manusia. 2. Sistem manusia-mesin. Sistem yang mengikutsertakan mesin untuk suatu tujuan. Sistem mesin-mesin. Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

Sistem yang Populer Perancang sistem lebih banyak menggunakan metode " Relatively Closed dan Deterministik Sistem ", karena sistem ini dalam pengerjaannya lebih mudah meramalkan hasil yang akan diperoleh dan lebih mudah diatur dan diawasi. Contoh : Pada bidang sistem informasi, faktor komputer dan program computer biasanya " Relatively Closed dan Deterministik ", tetapi faktor manusia sebagai pengelolanya adalah " Open dan Probabilistik Sistem ". Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

Mengenal Komputasi Konvensional Vs. Komputasi Cerdas Kita memerintahkan komputer bagaimana menyelesaikan suatu masalah Terstruktur dan step by step sampai komputer menyelesaikan suatu masalah Berdasar suatu algoritma, tersusun jelas, kemudian algoritma tsb di terapkan pada komputer Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

Komputasi Cerdas Di dasar pada representasi dan manipulasi simbol Simbol bisa berupa huruf, kata, bilangan yang digunakan untuk menggambarkan objek, proses, atau hubungan objek dan proses tsb Objek bisa orang, benda, ide, peristiwa atau lainnya Algoritma masih tetap digunakan Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

Cara Software AI bekerja Ai dapat melakukan penalaran dan menarik kesimpulan dari pengalamannya Hal itu dilakukan dengan teknik tertentu, misal pelacakan (searching) dan pencocokan pola (pattern matching) Dari informasi awal software AI melacak basis pengetahuan untuk mencari pola- pola kondisi yang spesifik. Mencocokkan kriteria yang sesuai dengan basis pengetahuan yang dimilikinya. Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

Membangun sebuah sistem berbasis AI untuk menyelesaikan problem Mendefinisikan ruang masalah untuk masalah yang dihadapi spesifikasi kondisi awal dan solusi yang diharapkan Mendefinisikan representasi pengetahuan yang digunakan mengubah state ke state lainnya Memilih metode inferensia yang tepat sehingga menemukan solusi terbaik dengan usaha yang minimal Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

Mendefinisikan Ruang masalah Masalah utama dalam membangun sistem berbasis AI adalah bagaimana mengkonversi situasi yang diberikan ke dalam situasi yang lain yang di inginkan menggunakan sekumpulan operasi tertentu. Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

Contoh Permasalahan 1 Contoh klasik permasalahan dalam sistem pakar adalah masalah 2 ember air. "Diberikan 2 ember air yang berkapasitas 8 liter dan 6 liter. Kita dapat mengisi satu ember dari ember lainnya dan proses penakaran hanya dengan memakai 2 ember tersebut. Bagaimana kita bisa mengisikan tepat 4 liter dalam ember 8 liter ? Asumsikan tidak boleh ada air yang hilang dalam proses penakaran". Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

Langkah penyelesaian: Menentukan aksi-aksi (problem space) yang bisa mengubah kondisi pada kedua ember dalam bentuk rule atau tree-diagram, Contoh kemungkinan aksi-aksi. Isi ember 8 liter Isi ember 6 liter Kosongkan ember 8 liter Kosongkan ember 6 liter Isikan seluruh air dalam ember 8 liter ke 6 liter Isikan seluruh air dalam ember 6 liter ke 8 liter Penuhi ember 8 liter dari 6 liter Penuhi ember 6 liter dari 8 liter Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

2. Menentukan urutan aksi untuk menghasilkan solusi, seperti: Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

1.Definisikan masalah Contoh Permasalahan 2 Bagaimana mendapatkan 2 galon air dari suatu bejana yang berisi mak 4 galon dan 3 galon air dalam bejana yang berisi 3 galon 1.Definisikan masalah Initial State (x,y)= (0,0) X = bejana 4 galon Y = bejana 3 galon Goal state (n,2) Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

2.Aturan produksi Operasi yang mengubah suatu state ke state lainnya Semua aturan bisa mungkin karena pemikiran yang berbeda-beda Pertanyaannya bagaimana kita tahu bahwa aturan produksi yang kita pakai itu benar atau belum? Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

Isi penuh jurigen 4 galon 1. (x,y) (4,y) if x < 4 Isi penuh jurigen 4 galon 2. (x,y) (x,3) if y < 3 Isi penuh jurigen 3 galon 3. (x,y) (x-d,y) if x > 0 Buang sebagian air dari jurigen 4 galon 4. (x,y) (x,y-d) if y > 0 Buang sebagian air dari jurigen 3 galon 5. (x,y) (0,y) Kosongkan jurigen 4 galon 6. (x,y) (x,0) Kosongkan jurigen 3 galon 7. (x,y) (4,y-(4-x)) if x+y ≥ 4 and y > 0 Tuangkan air dari jurigen 3 galon ke 4 galon sampai jurigen 4 galon penuh 8. (x,y) (x-(3-y),3) if x+y ≥ 3 and x > 0 Tuangkan air dari jurigen 4 galon ke 3 galon sampai jurigen 3 galon penuh 9. (x,y) (x+y,0) if x+y ≤ 4 and y > 0 Tuangkan seluruh air dari jurigen 3 galon ke jurigen 4 galon 10. (x,y) (0,x+y) if x+y ≤ 3 and x > 0 Tuangkan seluruh air dari jurigen 4 galon ke jurigen 3 galon 11. (0,2) (2,0) Tuangkan 2 galon air dari jurigen 3 galon ke jurigen 4 galon 12. (2,y) (0,y) Buang 2 galon air dalam jurigen 4 galon sampai habis Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

SEARCHING (pencarian) Pilih metode pencarian yang tepat Jumlah Air dalam Jurigen 4 galon Jumlah Air dalam Jurigen 3 galon Aturan Produksi yang di aplikasikan - 3 2 9 4 7 Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

Contoh permasalahan 3 Seorang petani akan menyebrangkan seekor kambing, seekor serigala dan sayur mayur dengan sebuah perahu melalui sungai. Perahu hanya bisa memuat petani dan satu penumpang lain. Jika Petani menyebrangkan serigala, sayur akan dimakan kambing Jika Petani menyebrangkan sayur maka kambing akan dimakan serigala Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

Solve State space identification Permasalahan ini dapat dilambangkan dengan ( Jumlah kambing, jumlah serigala, jumlah sayuran, jumlah petani) Dalam sistem kendali, State space merupakan metode analisis untuk sebuah sistem kendali yang kompleks. Metode ini digunakan untuk menganalisa sistem kendali dengan input banyak dan output banyak atau disebut MIMO (Multiple Inputs and Multiple Outputs). Umumnya kita mengenal root locus, analisis Nyquist, diagram bode dll untuk menganalisa system kendali yang sederhana yang hanya memiliki satu input dan satu output atau disebut SISO (Single Input and Single Output). Metode-metode ini disebut metode klasik dan sulit digunakan untuk menganalisa MIMO. State space di nyatakan dalam bentuk matriks. Bentuk umumnya adalah: x ̇=Ax+Bu y=Cx+Du x ̇ adalah matriks turunan dari matriks x. u adalah matriks input. y adalah matriks output. A, B, C, D adalah matriks state space. Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

Keadaan Awal Daerah asal (1,1,1,1) Daerah seberang (0,0,0,0) Tujuan Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

Aturan-aturan Aturan ke Aturan 1 Kambing menyeberang 2 Sayuran menyeberang 3 Serigala menyeberang 4 Kambing kembali 5 Sayuran kembali 6 Serigala kembali 7 Boat kembali Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

Petani,kambing,sayuran,serigala Daerah Asal Seberang Aturan (1,1,1,1) (0,0,0,0) 1 (0,1,1,0) (1,0,0,1) 7 (0,1,1,1) (1,0,0,0) 3 (0,0,1,0) (1,1,0,1) 4 (1,0,1,1) (0,1,0,0) 2 solusi Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya

Terima Kasih Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya